alexa-tracking

(Awas..!!) 6 Modus Pencurian Lewat Mesin ATM

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5459a8181a9975d87a8b457b/awas-6-modus-pencurian-lewat-mesin-atm
(Awas..!!) 6 Modus Pencurian Lewat Mesin ATM
Perampokan di anjungan tunai mandiri (ATM) dengan berbagai modus masih marak terjadi. Salah satu korban perampokan terbaru adalah bos perusahaan penerbitan Mizan, M. Deden Ridwan, 42 tahun. Modus yang digunakan pencuri adalah menawarkan bantuan untuk menarik kartu yang tersangkut. Meski ditolak, kartu ATM bos Mizan itu tertukar dan uangnya Rp 30 juta raib. (Baca: Mesin ATM Macet, Uang Bos Mizan Raib Rp 30 Juta)

Berikut beberapa modus perampokan lewat mesin ATM:

1. Hipnotis
Pelaku biasanya menawarkan bantuan kepada korban, salah satunya dengan menarik kartu yang tersangkut di mesin ATM. Modus hipnotis ini mungkin saja terjadi jika korban bersentuhan dengan pelaku, seperti ditepuk atau bersalaman hingga membuat korban bingung dan tak menyadari kartu ATM-nya telah ditukar dengan kartu palsu.

2. Skimming
Modus ini tergolong canggih karena menggunakan sejumlah peralatan, seperti alat pemindai magnetik yang disebut skimmer, dudukan slok kartu di mesin ATM, serta kamera. Begitu korban bertransaksi, otomatis data yang dimiliki korban tercatat melalui alat pindai tersebut. Pelaku bisa dengan mudah mengakses data ATM korbannya. Data itu kemudian dimasukan ke dalam kartu palsu dan kemudian digunakan untuk bertransaksi.

3. Nomor Call Center Palsu
Pelaku menempelkan selebaran informasi berupa nomor panggilan darurat atau call center kepada nasabah bank. Pelaku terlebih dulu memastikan jika ATM dalam kondisi rusak atau sengaja dibuat rusak. Kondisi tersebut bisa membuat kartu ATM korban tertahan di dalam mesin. Korban yang panik akan langsung menghubungi call center palsu. Pelaku kemudian mengarahkan korban untuk melakukan perintahnya.

4. Penukaran Uang
Cara ini digunakan pelaku dengan berpura-pura memerlukan bantuan kepada korban. Pelaku memohon kepada korban untuk mentransfer sejumlah uang ke sebuah rekening. Sebagai gantinya, pelaku menyerahkan uang tunai kepada korban sebagai pengganti dengan nominal yang sama. Namun, uang tunai yang digunakan ternyata uang palsu.

5. Membakar dan Mengangkat Mesin ATM
Cara ini merupakan cara yang menggunakan kekerasan. Pelaku tak segan membakar mesin ATM yang menjadi target. Tujuannya agar mesin rusak dan brankas penyimpanan uang lebih mudah dibuka. Cara lainnya adalah dengan membawa kabur sekaligus mesin ATM tersebut.

6. Ancaman Fisik
Perampokan ini dilakukan pelaku dengan cara menunggu korbannya di sekitar mesin ATM. Targetnya cukup spesifik, yakni mesin ATM yang lokasinya sepi dan minim petugas keamanan. Cara yang digunakan pelaku adalah mengancam korban untuk menarik sejumlah uang sesuai keinginan pelaku. Cara yang lebih ekstrem adalah menjambret uang yang baru saja keluar dari mesin ATM.

Sumber
yang membakar atau merusk mesin ATM itu sadis banget. .
kadang mesin ATM segede gaban gitu di bawa kabur. . . emoticon-Ngakak

gile juga yah klo mesin ATM segede gtu dibawa kabur...
terima kasih inpohnya. gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
maling sekarang kreatip2 emoticon-Cape d... (S)
harus lebih berhati-hati nih
ajib yang nomor 5 omemoticon-Matabelo
yang model hipnotis lagi marak tuh akhir2 ini.
no 1 , 3 sama 6 thu kek na yg sering muncul emoticon-Hammer
waduh yang skimming udah ada kejadian belom ye gan? imba banget emoticon-Matabelo
Quote:

Kalau ini ane pernah ditawari tapi saya tolak, kemudian orang tsb mendekati ibu2 yg mau masuk ATM dan sama Ibu tersebut ditolak juga. operasinya dilokasi ATM yang sepi atau udah agak malam. karena waktu itu saya ke ATM jam 10 malam.
yg nomer 4 ane pernah di modusin tuh emoticon-Cape d... (S)
gara2 tengah malem pengen beli pulsa emoticon-Hammer
padahal di atm center-nya bank loh, ada satpam nya pula di depan, keknya kongkalikong sama satpamnya emoticon-Busa:
pas di modusin gue bilang ntar, kelar beli pulsa langsung gue tinggal pergi emoticon-Ngakak (S)

Quote:


Udah pernah gan emoticon-Embarrassment
sempet heboh beberapa taun yg lalu emoticon-Big Grin