alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54598c7398e31bb4178b4573/3-siswa-di-riau-dikeluarkan-karena-kritik-guru-di-fb-ini-reaksi-kpai
3 Siswa di Riau Dikeluarkan karena Kritik Guru di FB, Ini Reaksi KPAI
Jakarta- Tiga siswa SMA Negeri Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau, dikeluarkan karena mengkritisi
kebijakan sekolah lewat media sosial Facebook (FB).
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)
menyesalkan hal itu. "Nggak perlu dikeluarkan. Nggak tepat lah," Kata
Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Susanto saat
berbincang dengan detikcom via telepon, Rabu
(5/11/2014) pagi. Susanto berkata, KPAI belum mendapat laporan dan
mempelajari lebih jauh kasus itu. Namun ia berjanji
KPAI akan segera bersurat ke SMA Negeri Bungaraya
dan Dinas Pendidikan setempat. "Kami akan minta Dinas Pendidikan setempat
mengambil langkah cepat dan solutif dalam
penyelesaian. Harus dilihat secara utuh duduk
perkaranya seperti apa," imbuh Susanto. Susanto menilai, terlalu berlebihan jika sekolah harus
sampai mengeluarkan siswa karena mengkritik.
Apalagi jika kritik tersebut sifatnya membangun. "Kritik itu kan hal baik, indikator bahwa sekolah itu
mengembangkan sekolah yang demokratis dan ramah
anak," ucapnya. Tiga siswa kelas 2 SMA Negeri Bungaraya, Kabupaten
Siak, Riau, dikeluarkan karena persoalan sepele, yakni
mengkritisi kebijakan sekolah lewat status FB. Mereka
adalah Reksa Dirgantara Putra, Wiwit Dwi Santoro, dan Towil Maamun.
Ayah Reksa Dirgantara, Sudwi Harto, mengatakan,
putranya dikeluarkan dari sekolah sekitar sepekan
lalu. Anaknya dikeluarkan gara-gara mengomentari
status FB seorang rekannya yang bunyinya, "Murid
terlambat dihukum, guru terlambat tidak dihukum". "Anak saya lantas ikut mengomentari dengan kata
'bakar'. Inilah yang membuat marah pihak sekolah dan
membuat keputusan sepihak mengeluarkan anak saya
termasuk dua temannya," kata Dwi saat diwawancarai
detikcom, Selasa (4/11/2014). Sebagai orangtua, Dwi tidak terima atas keputusan
sekolah tersebut. Seharusnya, pihak sekolah
melakukan pembinaan atau memanggil orangtua siswa
jika memang muridnya dianggap tidak wajar
berkomentar di FB. "Masak main keluarkan begitu saja dengan alasan
bahwa status di FB itu sebagai puncaknya. Alasan lain,
katanya anak saya dan kedua rekannya sering
terlambat masuk, dan sering tidak masuk," kata Dwi. "Katakanlah anak saya nakal di sekolah. Tapi
kenakalannya hanya sebatas seperti yang disampaikan
pihak sekolah sering bolos dan terakhir soal komentar
di status facebook kawannya. Anak saya bukan pelaku
narkoba di sekolahnya. Masak urusan FB jadi
dikeluarkan," sambungnya. Ditambahkan Dwi, anaknya kini telah pindah ke salah
satu madrasah aliyah swasta di Siak. "Ya mau
bagaimana lagi, anak saya sudah dikeluarkan dari
sekolah. Kita sebenarnya tidak bisa menerima ini, tapi
mau gimana lagi," kata Dwi.
Sukurin deh...batasan kritik atau kurang ajar emang beda tipis
kritikan nya sebenarnya siih bagus, tapi ketika komentar nya main "bakar" aje, kemungkinan sekolah takut akan terjadi pemberontakan masal dan akhirnya di bakar tuh salah seorang guru atau bahkan bangunan sekolah yang dibakar

adduh gue ngemeng ape tadi ...................................................................emoticon-Ngacir
Guru gagal mengayomi. introspeksi coba. gimana caranya mengajarkan siswa siswa yg udah kebaanyakan nonton ganteng2 srigala :v
klau mau kritik datengin aja gurunya ngapain juga krtik lewat fb apa karena supaya kren gitu yak........emoticon-Ngakak
dibentak di kritik KPAI
dijewer di kritik KPAI
dikeluarin di kritik KPAI
emoticon-Cape d... (S)
ternyata tukang bolos toh.... emoticon-Malu (S)
Main bakar aje, dodol emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By agungdyo
Guru gagal mengayomi. introspeksi coba. gimana caranya mengajarkan siswa siswa yg udah kebaanyakan nonton ganteng2 srigala :v


salah, yg bener ganteng2 brengsek emoticon-Big Grin
Wah niru2 paduka nih ye emoticon-Big Grin
kritik itu sampein ke yang bersangkutan entah pakek surat ,email di FB atau hp..kalau pajang di status FB itu bisa melenceng ke pencemaran nama baik loh
Tu murid pasti sejenis panasbung emoticon-Ngakak
lingkupnya sempit kok maen di medsos
ga brani omong langsung ?
Jd sebernya gara2 kata "bakar" dong bykan kritik awalnya yg bikin dikeluarin.
itu anak kebanyakan nonton aksi fpi kali...
gara2 kebanyakan nonton GGS Kali ya emoticon-Hammer
Tadi sempet liat di tipi on* skrinsut statusnya ada komen kata kata kasar juga.. Kalo ga salah ada kata anj*ng..
Kalo udah gitu mungkin emang kasar kasar komennya.. Ditambah tu anak juga suka bolos..
Langsung di kick dari sekolah..