alexa-tracking

Alex Noerdin bantah Jokowi soal sulitnya izin pembangkit listrik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54598b59bdcb17236b8b4574/alex-noerdin-bantah-jokowi-soal-sulitnya-izin-pembangkit-listrik
Alex Noerdin bantah Jokowi soal sulitnya izin pembangkit listrik
Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan heran dengan proses perizinan pembangunan pembangkit listrik di Palembang, Sumatera Selatan. Padahal listrik di sana sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Merasa disebut daerahnya bermasalah, Gubernur Sulawesi Selatan Alex Noerdin langsung menanggapi. Di hadapan Jokowi, Alex mengatakan bahwa pernyataan Presiden itu salah.

"Sebenarnya Sumatera Selatan tidak kekurangan listrik. Kita surplus 545 mega Watt dan dibantukan kepada pembangkit tenaga listrik tetangga," ujar Alex dalam Rakorda Kabinet Kerja 2014, Selasa (4/11).

Menurut Alex, justru yang bermasalah sekarang adalah PLTGU Borang yang rusak. Alex mengatakan ada transfusi PLTGU rusak yang mengakibatkan pasokan listrik tidak maksimal.

"Nah untuk mensuplai gas untuk PLTGU Borang memerlukan izin sampai ke menteri ESDM, dan itu lama dulu pak, tapi menteri yang baru ini sekarang dia keluarkan izin itu hanya satu malam," ujar Alex.

Atas pernyataan Alex itu, Jokowi juga langsung meresponnya. Menurut Jokowi kemarin disampaikan izin listriknya sudah 6 tahun belum selesai.

"Yang kemarin Pak Gubernur menyampaikan izin listriknya 6 tahun itu belum selesai. Waktu saya ketemu terakhir 'pak saya ingin minta satu izin pembangkit listriknya bisa diselesaikan?' Bukannya ke Pak Gubernur langsung ke pak menteri, tapi juga sudah diselesaikan Alhamdulillah. Yang lain-lain kalau minta apapun ke menteri-menteri silakan, tapi kalau enggak rampung, menterinya enggak ngerampungin, langsung minta ke saya," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Alex juga meminta kepada Jokowi untuk memberikan kewenangan yang lebih pada Gubernur, yakni soal perizinan. Sebab, permasalahan perizinan adalah masalah yang kompleks karena tidak dipegang satu kepala daerah.

"Bapak Presiden, atas nama para gubernur berikanlah wewenang yang lebih kepada para gubernur walaupun tidak harus berlebihan. Banyak yang kami harus lakukan apabila kami diberikan wewenang yang lebih," ujarnya.

Jokowi menjawab terkait kewenangan perizinan itu akan lebih dulu didiskusikan bersama para menteri. Jokowi akan menghitung berapa perkiraan jika kewenangan hanya didelegasikan kepada satu kepala daerah yakni Gubernur.

"Kewenangan mengenai izin itu nanti akan dilakukan, akan dikalkulasikan dulu kalau memang bisa didelegasikan ya kenapa tidak, kan kita ga ada masalah. didelegasikan agar lebih simpel, lebih cepat. Tetapi kalkulasi dari kementerian dulu. beri saya waktu pak gubernur, kalau memang bisa didelegasikan itu akan kita berikan," pungkas Jokowi.

sumber

dari 6 tahun jadi satu malam emoticon-Ngakak kebanyakan berkas izin masukkan ke laci terus kunci nanti klo udah ada uangnya baru bongkar dari laci.

kaya berkas kenaikan pangkat para PNS yang susah diajak kong kalingkong zaman orba
image-url-apps
wkwkwk. yang penting ada manfaatnya bagi rakyat. ga usah saling menyalahkan.
Gubernur EO.. Dua peridoe ini gubernur kbnykan event.. sibuk bikin event terus.. emoticon-Najis (S)
KASKUS Ads
ah si Alex mah sepik-sepik aje surplus.....
masih inget siswa kabupaten MUBA (musi Banyuasin) prov SUmatera Selatan yg kmren menang lomba iptek Internasional????

tahu alasan merka buat kulkas/pendingin-ny karena apa???? (di artikel yg di post kaskuser ada)
miris alasanya... tapi itulah kenyataannya kok
FYI : kabupaten MUBA ini dipimpin Alex selama 2 periode sebelum naek jadi gubernur

sekali lagi surplus???? luar biasa sepik-sepiknya...
selama saya hidup di sumsel, merantau ke daerah lain dan balik lagi, kondisi listrik tempat saya sama aja. JIKA DALAM 1 HARI TIDAK TERJADI LISTRIK PADAM..... PASTI ADA HAL YANG SALAH DENGAN PLN TERCINTA.... minamal mati 3x lah sehari listriknya
FYI : jarak t4 saya tinggal kurang lebih 45 menit dari kota palembang, dan berada di pinggir jalan JALITIM.

gegera Borang aja ini masuk Nasional..... Kami Harap pemerintah Pusat memperhatikan daerah luar jakarta dan Jawa.... dan AUDIT ini kinerja Pemerintah SUMSEL.... listrikny benar2 parah perlu diaudit...

satu lagi... hati2 pak presiden/pemerintah pusat.... perlu pengkajian ulang dan mendalam tentang "kekuatan" perizinan oleh kepala daerah..... nanti takuny disalah gunakan.... krn ada aja kepala daerah yg berbisnis dalam hal2 tersebut (IYKWIM)
Quote:


rumah gw di bekasi aja 2 hari sekali mati lampu gan tapi bayar listrik sebulan sampe 200rb

emoticon-Ngakak
semua demi rakyat juga kok emoticon-I Love Kaskus (S)
pengen kewenangan gubernur dilebihkan ? pffft pasti disalah gunakan oleh manusia2 macam bgini
Quote:


jangan kau lur aku bae yg tinggal di tengah kota bisa 7 jam matinya , tapis ekarang bisa gua akalin dengan batre kering + UPS PC di modifikasi , lumayan bisa 10 jam nonstop pake kipas ama tv lampu , tapi kalo siang yg bikin repot punya pegawai 12 orang makan gaji buta semua emoticon-Ngakak

image-url-apps
Gitu2 suara si aleix espargaro eh alex nurdin lebih banyak daripada suara si hnw pas pilgub dki 2012 lalu.
emoticon-Ngakak

untung ga jadi gub dki dia.
6 tahun jadi 1 hari....kereeennn... emoticon-I Love Indonesia (S)
anjrit, 6 tahun. gubernur goblok plus pejabat terkait yang bobbrok hanya mementingkan perunya doang, tanpa memikirkan penderitaan rakyat banyak.
Quote:


PANASBUNG : Jokowi jangan otoriter, berilah gubernur kami kewenangan lebih, biar lebih maju... Daerah adalah urusan kami...

PANASTAK : Semakin besar wewenang izin untuk gubernur = duit semakin banyak mengucur... tiap izin gak perlu ke pusat, cukup gubernur, duitnya cukup lewat gubernur saja....

gile, perijinan untuk kepentingan orang banyak koq sampe 6 taun gak kelar emoticon-Ngakak
image-url-apps
Gw ud 3thn dipalembang, gada tuh yg namanya sebulan idup trs, sll ada aja pemadaman dgn alasan apalah. Tp kl utk pemasangan listrik dgn daya besar yg kudu menggunakan gardu sdri kyny emang sumsel ga byk halangan, oke lah mkn pasokan cukup, tp srg mati lampunya itu lho...
Quote:


emoticon-Ngakak ente bekasi mana gan?cb pondok gede / galaxy hampir ga pernah matlam emoticon-Cendol (S)
Quote:


cibitung pinggiran gan, 2 hari sekali mati lampu.

emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:

teriak2 di BP kaskus...
paling yg baca macem suheri cs.

Tereak sonoh langsung tembusan Presiden Menteri ESDM menteri BUMN Dir PLN dan Gubernur lu sekalian biar tahu ada yg teriak
Quote:


Kalo cibitung, cikarang mah iya emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)
Quote:


di jabar pasang gardu dari PLN 197 KVA biayanya 400an juta... padahal harga gardu baru, beli dari distributor cuma 60 juta dan hebatnya gardu tdk boleh bawa sendiri harus dari PLN...... emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

bagaimana industri kecil dan menengah bisa bertumbuh utk listrik aja sudah memakan biaya tinggi.
Quote:


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
makanya gw kaget yang dikalimantan treak2 mati lampu. lha wong yang di pulau jawa eh? Bekasi di planet terluar ya

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
×