alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5458954660e24b21628b4570/request-unlocked-thread-ca-guidance--lets-make-better-ca--now-enable-post
CA Rules, Report and Checklist
Quote:PENGUMUMAN PERATURAN
* berlaku mulai saat dibuatnya trit ini

1. Peraturan di forum CA secara umum berdasarkan peraturan yang ada di /root edu "Moderator Checklist, Rules, FAQ, Index Forum Education [Advertisement = Banned]", sedangkan peraturan yang lebih spesifik akan di update berdasarkan masukan kaskuser dan akan dipost di trit ini 'CA Guidance ~ Let's Make Better CA' (silahkan merujuk kepada post 5).

NB:
Apabila ditemukan ketidaksesuaian dengan peraturan umum forum Education, maka peraturan di forum Civitas Academica-lah yang digunakan.


2. Pendataan ulang akan dilakukan terhadap semua thread CA yang ada sekarang setelah diberlakukannya sistem 'Enable Post' kembali, proses pendataan ini diharapkan selesai selama sebulan dimulai "04-11-2014". Setiap trit dikehendaki memiliki keseluruhan syarat di bawah ini, kemudian akan dilabel [Official] di trit Index (silahkan merujuk kepada post 3).

Quote:-- Memiliki minimal 20 kaskuser yang aktif yang merupakan murid/alumni/kolega kampus tersebut
-- Mencantumkan alamat homepage/sosial grup/berita/artikel mengenai kampus berkenaan
-- Memajang galeri foto kampus berkenaan (disertai plang/logo/simbol)
-- Memasukkan info penting seputar kampus berhubungan, bisa berupa latar belakang, statistik, dlsbnya.



3. Setiap trit juga dikehendaki menyusun 'Anggota Eksekutif' yang terdiri dari 4 (empat) anggota utama dari kaskuser aktif di trit berkenaan, yaitu Ketua Utama, Anggota Kiri, Anggota Tengah dan Anggota Kanan dengan fungsi utama sebagai 'Tim Patroli dan Koordinator'. Sementara anggota tambahan boleh diajukan kepada moderator merujuk kepada keperluan tertentu dari kampus berkenaan, seperti koordinator penggalangan data, gathering, sayembara, dokumentasi, dlsbnya. Mengenai rentang waktu aktif fleksibel menyesuaikan kesepakatan masing-masing.

* Ketua Utama diharapkan menjadi TS trit, nantinya moderator akan berkoordinasi dengan anggota eksekutif demi memudahkan berbagai hal seputar pertanggung jawaban seperti frekuensi postingan, rencana gathering, rekues AKTB, permohonan merchandise, dlsbnya.

NB:
TS di harapkan mencantumkan daftar anggota eksekutif berikut link profile kaskusernya di post pertama trit.


4. Hanya diperbolehkan 1 (satu) trit perwakilan masing-masing kampus secara umum, yaitu mencakup Universitas, Institut, Akademi, Politeknik dan Sekolah Tinggi lokal (berada di Indonesia), sementara trit spesifik berupa grup/jurusan/komunitas/unit/angkatan ataupun pecahan dari salah satu universitas tidak diperkenankan. (1 entitas pendidikan = 1 trit perwakilan/official), sementara dalam pengecualian, kaskuser juga diperbolehkan membuat lounge yang bersifat umum (se-Indonesia) dengan pertimbangan tertentu berdasarkan kesamaan tema/topik yang akan diverifikasi dan dilabel [LOUNGE]:

contoh:
* diperbolehkan: Universitas Maju Tak Gentar, Institut Robot Negara, Akademi Kebidanan, dlsbnya.
* dilarang: Universitas Pribadi Jurusan Semanggi, Universitas Top Angkatan 2050, BEM Akademi Kimia Sukasuka


5. Dengan akan diberlakukannya PERATURAN INI, pengakomodasian trit yang berkaitan dengan pesantren, yayasan, pondok, bimbel, organisasi, SD, SMP, SMA, dlsbnya yang dirasa perlu dan penting diperbolehkan memiliki trit tersendiri dengan memenuhi syarat berikut, sementara trit yang sudah ada akan dievaluasi (keputusan mutlak dari moderator dan dapat dibanding melalui rekomendasi ulang di trit ini):

Quote:-- Sejarah Pendirian (post pertama): awal berdirinya entitas pendidikan
-- Tujuan dan Kontribusi Trit (post kedua): visi dan misi berkenaan pendirian
-- Program Kerja/ Kalender Akademik (dst): daftar kegiatan serta agenda kerja
-- Galeri Foto/Homepage/Sosial Media (dst)
-- Biodata Anggota (minimal 30 kaskuser aktif)
-- [hal lain yang dianggap perlu, seperti artikel, berita, dlsbnya]


NB:
1. Trit berkenaan hendaknya mengupdate post pada halaman pertama dengan menambah keterangan pada format laporan
2. Trit CA tidak dibatasi hanya kepada entitas pendidikan saja, namun juga tema-tema tertentu yang relevan.



6. Akan diberlakukan proses evaluasi terhadap keaktifan, keefektifan dan keefisiensian sejumlah trit yang berada di CA dalam rentang waktu tertentu dengan kriteria berikut, yang akan merujuk ke pada standard normal yang berlaku di forum Civitas Academica ini, dan trit yang tidak memenuhi kriteria dalam evaluasi dapat dijatuhkan hukuman sesuai dengan prosedur yang berlaku setelah proses pendataan ulang selesai, dan juga setelah proses pemberitahuan (dengan catatan) yang dilakukan di trit ini:

Quote:-- Rutinitas gathering
-- Ngabiburit berkala (futsal, basket, bioskop, study grup, dll)
-- Kegiatan Sosial
-- Update Informasi
-- Frekuensi Postingan
-- Kerja Tim Eksekutif
-- Agenda Program
-- Keselarasan Informasi
-- [Hal lainnya yang dianggap perlu]



7. Trit yang diketahui melakukan pelanggaran etika seperti junk, spam, tawuran dan hoax akan dikenakan penalti yang bervariasi/fleksibel, dimana moderator akan mutlak memberikannya secara berkala atau langsung (dapat mengajukan proses banding di trit ini) sesuai kadar pelanggaran, yaitu:

Quote:-- Surat Peringatan (SP) (1x-3x)
-- Skorsing (Trit ditutup selama 1 minggu atau 1 bulan)
-- Delete Trit atau Blacklist (Permanen)



8. Akan dipilih enthusiast dari forum CA yang berjumlah 4 (empat) orang yang berfungsi untuk membantu moderator melakukan proses pengecekan terhadap masing-masing trit dan melaporkan bila terjadinya pelanggaran terhadap peraturan yang telah disepakati bersama dalam rentang waktu 6 bulan dan dapat dipilih kembali untuk periode berikutnya. Syarat pemilihan enthu adalah berdasarkan keaktifan di trit-trit CA, komitmen terhadap tugas, pemenuhan tanggung jawab berdasarkan keaktifan di trit masing-masing dan secara umum dikenal dengan ide dan masukannya.


9. Trit ini berfungsi secara formal untuk menginformasikan 'Enable Post' dan kebijakan lainnya serta konsekuensinya, serta menampung kritik dan saran dari masing-masing civitas academica dan juga untuk mengakomodasi proses banding terhadap putusan yang telah dikeluarkan oleh jajaran moderator. Partisipasi semuanya sangat diharapkan dan terima kasih yang sebesar-besarnya. Sementara peraturan dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan masukan dari kaskuser dan mengikuti keperluan yang dirasakan penting oleh moderator. (silahkan merujuk post 6 mengenai mekanisme banding)

NB:
silahkan memberikan masukan baik saran dan pendapatnya di trit ini.


Hormat kami
samanosuke20, zhulato & mnemonix


Quote:PEMBERITAHUAN TAMBAHAN

1. Buat kampus/sekolah yang mau mengadakan event, bisa minta merchandise dari kaskus. tinggal request aja ke moderator untuk bantuannya, bisa lewat PM atau melalui trit ini.

2. Buat kampus/sekolah yang mau kaskus jadi sponsor, bisa hubungi kaskus langsung di http://cs.kaskus.co.id/

Diharapkan kedepannya penghuni CA bisa lebih aktif lagi baik online maupun offline dan kita dari moderator akan semaksimal mungkin membantu.

~ FAQ ~
Quote:
Q: Kenapa Thread kami di gembok tanpa pemberitahuan?
A: Saat ini sedang ada pendataan kembali setelah pemberlakuan 'enable post', jadi semua thread harus melengkapi syarat-syarat administrasi untuk mendaptkan tag [OFFICIAL]

Q: Seperti apakah kelengkapan dan format laporan yang musti dilakukan?
A: Format dapat di lihat pada post ke-3 dan kelengkapan dapat dilihat pada post ke-1

Q: Saya mau buat thread baru, perlu post di thread RULE semua kelengkapannya?
A: Tidak perlu, silahkan liat peraturan di post 1. Yang perlu laporan di thread ini hanyalah Thread yang digembok/yang sudah pernah ada

Q: Jadi apa yang harus dilakukan, masih belum mudeng dengan peraturannya?
A: Pertama rekues unlocked trit aja dulu sesuai format, setelah itu baru diskusikan tim eksekutif masing-masing, mengenai enthu nanti moderator yang mengurusnya.

Q: Apa maksud syarat evaluasi seperti frekuensi postingan, keselarasan informasi, dll?
A: Setelah pendataan ulang; trit yang tidak memenuhi persyaratan yang telah disebutkan akan ditutup kembali sampai waktu tertentu, sementara standar penilaian evaluasi akan merujuk kepada keumuman tujuan dan pembentukan trit di Civitas Academica sesuai keperluan.

MARI MENDATA ULANG ANGGOTA DARI CIVITAS ACADEMICA

THREAD YANG TIDAK DIDATA AKAN DI DELETE DEMI MERAMPINGKAN HALAMAN CIVITAS AKADEMIKA



Quote:Format Laporan:

- [link] trit kampus di kaskus forum Civitas Academica
- [link] who's post? atau biodata kaskuser
- [link] homepage/sosial grup/berita/artikel
- [link] galeri foto kampus (boleh plang, logo, simbol atau identitas lainnya)
- [link] info berkenaan kampus, latar belakang, publikasi, dlsbnya
Trit ini sebagai respons atas hasil diskusi dari:

[Diskusi] Request CA Enable Post Count
http://archive.kaskus.co.id/thread/9133377/

oleh karenanya dalam proses verifikasi, diharapkan TS atau kaskuser yang berkenaan mengirimkan link tritnya, sesuai dengan syarat2 yang tercantum di atas, tentunya dengan mengupdate post satu dan seterusnya sesuai poin 5 dan poin 6.


PROSEDUR PEMBUATAN GATH REPORT & REKUES AKTB
Quote:
Kami dari tim moderator CA tentunya sangat mendukung para civitas kaskus untuk berinteraksi secara Online maupun Offline. Oleh karena itu, kami akan memfasilitasi pembuatan thread Field Report di CA.

Untuk membuat thread Field Report ini, kamu cukup PM Moderator data berupa :


» Link ke thread 'CA'_kamu.
» Keterangan umum kegiatan gath (tanggal, lokasi, dsb)
» Link ke tiap account peserta gath (minimal 15 user, tolong aktivis/enthu ditandain kalo ada)
» Foto group peserta gath (peserta harus dilabel) dan scan Absensi


Jika semua kelengkapan ini telah terpenuhi dan moderator sudah memberikan tanda oke, maka kamu dipersilahkan untuk membuat thread FR. Thread FR yang telah dibuat akan kami sticky selama satu minggu (setelah itu thread diclose)

Perlu diperhatikan juga bahwa FR harus dibuat maksimal 2 Minggu setelah gath. Lebih dari itu, thread tidak akan disticky

Untuk pemberian AKTB (kaskus donatur), itu adalah Hak Prerogatif dari Management, jadi janganlah meminta-minta hal ini ke Moderator

Harap untuk diperhatikan dan dipahami, terima kasih emoticon-Smilie
>> Sebelum membuat trit pastikan terlebih dahulu melihat Index dan daftar trit yang telah ada disini, dan pastikan merujuk kepada peraturan forum education dan forum civitas academica:
?? Index Of All "Official Threads" On Civitas Academica ?? (Tempat Daftar Trit CA)

>> Tidak dibenarkan membuat trit berkaitan dengan conference, seminar, program, acara, agenda, kuis, sayembara, pertandingan, kompetisi dan yang sejenisnya, silahkan posting ke trit berikut, serta menginfokan kepada moderator melalui PM:
Civitas Agenda - Post semua Konferensi, Event, dan Seminar Disini

>> Tidak dibenarkan juga membuat trit berkaitan dengan beasiswa, rekues bantuan berupa sedekah atau infaq dan yang sejenisnya, silahkan posting ke trit berikut, serta menginfokan kepada moderator melalui PM
::Scholarship Lounge - Tempat Bertanya dan Berbagi Info Beasiswa::

>> Daftar inovasi, prestasi dan kreatifitas putra-putri indonesia dalam bidang pendidikan yang mengharumkan bangsa dan negara, silahkan post segala yang berkaitan dengan hal tersebut di trit berikut:
Inovasi, Prestasi dan Kreatifitas (IPK) Anak Bangsa Indonesia

DAFTAR LOUNGE JURUSAN & KOMUNITAS
  1. Guru dan Tenaga Pengajar di Indonesia
  2. Sekolah Penerbangan di Indonesia
  3. Mahasiswa Kedokteran di Indonesia
  4. Komunitas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
  5. BIMBEL Ganesha Operation
  6. Mahasiswa Pariwisata & Perhotelan se-Indonesia
  7. Anything about Hubungan Internasional
  8. Belajar Bareng Akademi Kebidanan
  9. Program Magister Manajemen
  10. Ngobrol bareng tentang Jurusan Arkeologi
ganti kabinet ganti aturan yak emoticon-Ngakak
yosuwes lah. emoticon-Ngacir


apalah ane ini, cuma junker usang yang bertebaran di CA

itu dikit banget 20 kaskuser mod. 2 aja gak boleh ya? emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By neoarm23
ganti kabinet ganti aturan yak emoticon-Ngakak
yosuwes lah. emoticon-Ngacir


apalah ane ini, cuma junker usang yang bertebaran di CA

itu dikit banget 20 kaskuser mod. 2 aja gak boleh ya? emoticon-Ngacir


kita bukan bagian dari kabinet kerja kok...

kita masih amunisi yang lama... emoticon-Ngakak (S)

postkan aja link who's post-nya, kan ntar kebaca kaskuser2 mana aja yang aktif ngepost, tentunya harus sampai 20, ntar siap2 konfirmasi juga yang rekues. emoticon-Smilie
agak sedikit kurang paham sama rules nya
anggota eksekutif ini dipilih dari TS masing2 thread?
recruitment enthusiast itu daftar atau otomatis dipilih dari momod?
req unlock harus TS nya?
Quote:Original Posted By samanosuke20


kita bukan bagian dari kabinet kerja kok...

kita masih amunisi yang lama... emoticon-Ngakak (S)

postkan aja link who's post-nya, kan ntar kebaca kaskuser2 mana aja yang aktif ngepost, tentunya harus sampai 20, ntar siap2 konfirmasi juga yang rekues. emoticon-Smilie

langsung di sini aja ya bro? emoticon-EEK!:

- [link] trit kampus di kaskus forum Civitas Academica
- [link] who's post? atau biodata kaskuser
- [link] homepage/sosial grup/berita/artikel
- [link] galeri foto kampus (boleh plang, logo, simbol atau identitas lainnya)
- [link] info berkenaan kampus, latar belakang, publikasi, dlsbnya
Quote:Original Posted By rootfit
agak sedikit kurang paham sama rules nya
anggota eksekutif ini dipilih dari TS masing2 thread?
recruitment enthusiast itu daftar atau otomatis dipilih dari momod?
req unlock harus TS nya?


itu proses berikutnya, yg pertama rekues unlocked dulu, abis itu baru laporkan anggota eksekutifnya, kalau boleh sih TS jadi ketuanya, nanti moderator koordinasi dengan ketua eksekutifnya, agar tiap trit tetap kondusif. Pengangkatan enthu nanti setelah urusan unlocked kelar.
Quote:Original Posted By neoarm23

langsung di sini aja ya bro? emoticon-EEK!:

- [link] trit kampus di kaskus forum Civitas Academica
- [link] who's post? atau biodata kaskuser
- [link] homepage/sosial grup/berita/artikel
- [link] galeri foto kampus (boleh plang, logo, simbol atau identitas lainnya)
- [link] info berkenaan kampus, latar belakang, publikasi, dlsbnya


yang homepagenya kok gak bisa kebuka yah... (apa karena gw akses dari malaysia emoticon-Nohope)

yup... berhubung ITB, segera dibuka... emoticon-Ngakak (S)
oya, jangan lupa disusun tim eksekutif di trit tersebut yah, ntar update di halaman pertama... kalau ditemukan junk dan sebagainya, maksimal hukuman adalah delete trit atau blacklist.

untuk trit jurusan dan lain sebagainya yang berkaitan dengan ITB tidak diakomodasi emoticon-Smilie

makasih
wahh mod, kaskuser Telkom University blom siap2 pindah mabes emoticon-Frown

on discuss ama sepuh2nya emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By samanosuke20


yang homepagenya kok gak bisa kebuka yah... (apa karena gw akses dari malaysia emoticon-Nohope)

yup... berhubung ITB, segera dibuka... emoticon-Ngakak (S)
oya, jangan lupa disusun tim eksekutif di trit tersebut yah, ntar update di halaman pertama... kalau ditemukan junk dan sebagainya, maksimal hukuman adalah delete trit atau blacklist.

untuk trit jurusan dan lain sebagainya yang berkaitan dengan ITB tidak diakomodasi emoticon-Smilie

makasih

emoticon-Kiss
ketjup basah untuk momod
emoticon-kiss
Jiahhh mod , makin rempong aja mod ....
emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By kaitookid
wahh mod, kaskuser Telkom University blom siap2 pindah mabes emoticon-Frown

on discuss ama sepuh2nya emoticon-Ngacir

diskusinya bisa nanti aja...
postkan aja dulu format rekues unlocked, tujuannya untuk mencegah duplikasi trit juga untuk mencegah univ abal2 ataupun kampus yang tidak aktif
Quote:Original Posted By neoarm23

emoticon-Kiss
ketjup basah untuk momod
emoticon-kiss


emoticon-Cape d... (S)
untung gw masih normal emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By Api.perdamaian
Jiahhh mod , makin rempong aja mod ....
emoticon-Cape d... (S)


rempong kenapa??
Quote:Original Posted By samanosuke20

diskusinya bisa nanti aja...
postkan aja dulu format rekues unlocked, tujuannya untuk mencegah duplikasi trit juga untuk mencegah univ abal2 ataupun kampus yang tidak aktif



DONE momod emoticon-shakehand
spoiler dibawah yaa emoticon-Malu
berhubung ane sebagai alumnus, sifatnya cuma bantu aja nih..
TS kampus ane (sepuh + alumnus juga) jadi anak band mod emoticon-Ngakak (S) jadi ane bantu request unlock trit dulu aja ya emoticon-siul

Quote:
Spoiler for :
Quote:Original Posted By kaitookid


DONE momod emoticon-shakehand
spoiler dibawah yaa emoticon-Malu
berhubung ane sebagai alumnus, sifatnya cuma bantu aja nih..
TS kampus ane (sepuh + alumnus juga) jadi anak band mod emoticon-Ngakak (S) jadi ane bantu request unlock trit dulu aja ya emoticon-siul



hmm... ini telkom bandung yah... i see..
dulu sempat praktikum di divisi multimedia divre medan... emoticon-Hammer
waktu itu sempat chat ama yang lulusan dari STT nya, katanya sekarang udah jarang telkom ngambil dari STTnya

eniwei aku buka yah tritnya, tapi dengan catatan
1. Rekues ganti TS dengan yang kaskuser aktif , terserah, boleh dari alumni ataupun yang masih mahasiswa
2. Galeri fotonya banyak yang udah expired, kalau bisa diupdate.

berikutnya silahkan lanjutkan ke poin 3, 4, dstnya...
nanti berikutnya akan dilanjutkan proses evaluasi mengenai kelengkapan anggota eksekutif masing2 kampus

have nice chat... emoticon-Smilie
- [link] trit kampus di kaskus forum Civitas Academica
- [link] who's post? atau biodata kaskuser
- [link] homepage/sosial grup/berita/artikel
- [link] galeri foto kampus (boleh plang, logo, simbol atau identitas lainnya)
- [link] info berkenaan kampus, latar belakang, publikasi, dlsbnya

====
request unlock tritnya Mod
Institut Pertanian Bogor
Oiya, FYI Mod
ID TS itu kami pegang bersama ( 7 orang) emoticon-Smilie
kalau TS gak aktif bisakah mengajukan diri menjadi TS yg abru ?