alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545747c9d44f9f91068b4578/5cm-dan-mahameru
Video & Image 
5cm Dan Mahameru
SELAMAT SORE BUAT AGAN /AGANWATI TREAD KALI ANE MAU BAHAS DUNIA PERFILMAN INDONESIA YA FILM UDAH LAMASIH SEBENERNYA 2 TAHUN YANG LALU LANGSUNG SAJA BERIKUT RANGKUMANNYA

5CM
Iya sesuai judul filmnya 5CM siapa sih yang gak kenal film ini yang dirilis tanggal 12-12-12 ? dari muda , tua , anak kecil pun tahu film ini film ini berkisah tentang persahabatan , impian ,dan cinta menyatu jadi satu dalam sebuah perjalanan hati . Kisah ini diangkat dari novel rizal mantovani dan menjadi novel best seller ditahunnya dan baru diangkat menjadi film .

Awalan
5 cm adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 12 Desember 2012. Film ini disutradarai Rizal Mantovani. Film ini dibintangi oleh Herjunot Ali dan Fedi Nuril. Film ini merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama.

Sipnosi
Genta (Fedi Nuril), Arial (Denny Sumargo), Zafran (Herjunot Ali), Riani (Raline Shah) dan Ian (Igor Saykoji) adalah lima remaja yang telah menjalin persahabatan sepuluh tahun lamanya. Mereka memiliki karakter yang berbeda-beda. Zafran yang puitis, sedikit "gila", apa adanya, idealis, agak narsis, dan memiliki bakat untuk menjadi orang terkenal. Riani yang merupakan gadis cerdas, cerewet, dan mempunyai ambisi untuk cita-citanya. Genta, pria yang tidak senang mementingkan dirinya sendiri sehingga memiliki jiwa pemimpin dan mampu membuat orang lain nyaman di sekitarnya. Arial, pria termacho di antara pemain lainnya, hobi berolah raga, paling taat aturan, namun paling canggung kenalan dengan wanita. Ian, dia memiliki badan yang paling subur dibandingkan teman-temannya, penggemar indomie dan bola, paling telat wisuda. Ada pula Dinda (Pevita Pearce) yang merupakan adik dari Arial, seorang mahasiswi cantik yang sebenarnya dicintai Zafran. Suatu hari mereka berlima merasa “jenuh” dengan persahabatan mereka dan akhirnya kelimanya memutuskan untuk berpisah, tidak saling berkomunikasi satu sama lain selama tiga bulan lamanya.

Selama tiga bulan berpisah penuh kerinduan, banyak yang terjadi dalam kehidupan mereka berlima, sesuatu yang mengubah diri mereka masing-masing untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan. Setelah tiga bulan berselang mereka berlima pun bertemu kembali dan merayakan pertemuan mereka dengan sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan. Sebuah perjalanan hati demi mengibarkan sang saka merah putih di puncak tertinggi Jawa yaitu di puncak Mahameru pada tanggal 17 Agustus. Sebuah perjalanan penuh perjuangan yang membuat mereka semakin mencintai Indonesia. Petualangan dalam kisah ini, bukanlah petualangan yang menantang adrenalin, demi melihat kebesaran sang Ilahi dari atas puncak gunung. Tapi petualangan ini, juga perjalanan hati. Hati untuk mencintai persahabatan yang erat, dan hati yang mencintai negeri ini.

Segala rintangan dapat mereka hadapi, karena mereka memiliki impian. Impian yang ditaruh 5cm dari depan kening.

Tentang Film
oh ya gan film ini mendapatkan penonton lebih dari 2 juta baru saja pemutaran filmnya sudah terjual ludes gan , dan mengejutkannya lagi ANAK MUDA TERHIPNOTIS SETELAH MENONTON 5CM DAN MEMBUAT RENCANA PENDAKIAN KE MAHAMERU
5cm Dan Mahameru
5cm Dan Mahameru

5cm dan Mahameru menyatu menjadi satu
Ya film 5cm ini menceritakan tentang persahabatan yang melakukan perjalanan menuju puncak tertinggi jawa GUNUNG SEMERU (MAHAMERU) berikut adalah foto2 screen nya mahameru dan 5CM
5cm Dan Mahameru
5cm Dan Mahameru
5cm Dan Mahameru
5cm Dan Mahameru
5cm Dan Mahameru
5cm Dan Mahameru
5cm Dan Mahameru
5cm Dan Mahameru
5cm Dan Mahameru
5cm Dan Mahameru
5cm Dan Mahameru

KEJANGGALAN FILM 5CM DAN AKIBAT FILM 5CM
1. Menggunakan celana jeans
Jeans, jika terkena air, akan menjadi sangat berat. Keringnya pun memakan waktu lama. Belum lagi saat di packing akan tidak efisien karena terlalu besar.

Mendaki gunung-gunung Indonesia yang notabene adalah hutan hujan tropis, tentu akan selalu bertemu dengan cuaca lembab dan hujan. Pakaian yang basah dan tidak lekas kering bisa mempersulit pergerakan, menyebabkan kedinginan hingga hipotermia, dan akan menambah berat beban yang dibawa pendaki.

Sebaiknya, gunakan celana yang terbuat dari bahan seperti polyster. Selain ringan, bahan tersebut juga cepat kering jika basah. Lebih baik lagi gunakan bahan yang bisa tahan air tetapi tetap breathable, walaupun mungkin dengan harga yang cukup mahal.

Menurut saya, film 5cm ingin tetap terlihat ‘fashionable’ sehingga penggunaan jeans lebih diminati. Ah, tetapi film-film adventure super keren seperti vertical limit atau 127 hours tetap menggunakan peralatan lengkap dan standar kok. Eh tapi katanya ini film tentang persahabatan ya? Sinetron kah?

2. Tidak membawa air yang cukup
Ini adegan yang cukup aneh. Gila lebih tepatnya. Saat tiba di kalimati, mereka malah meminta air kepada pendaki lain. Satu setengah liter air untuk berenam, dan mereka langsung naik ke Arcopodo!
Padahal, sumber mata air terakhir ya di kalimati itu. Saya sendiri waktu naik ke puncak membawa dua liter air untuk masing-masing orang.
Oh, porter-nya lupa di shoot mungkin, hehe.

3. Backpack/carrier yang terlihat sangat ringan
Saya nyengir-nyengir saat adegan di stasiun senen ini. mereka masing-masing muncul dengan backpack-nya yang terlihat kempes. Tas nya genta masih terlihat gulungan matras-nya yang melompong.
Dan, yang membuat saya tertawa adalah adegan Ian berlari mengejar kereta dengan membawa carrier besar dan satu kerdus indomie! Hebat banget tenaganya bro!

4. Terlalu memaksakan diri untuk pendaki pemula
Dalem tenda ada Dinda lagi manggil-manggil
Genta adalah seorang leader pendakian yang sangat ceroboh dan mengambil resiko terlalu besar.
Dengan membawa teman-temannya yang baru pertama kali naik gunung, ia langsung mengambil jalan menjuju kalimati, tanpa istirahat terlebih dahulu di Ranu Kumbolo.
Memang, dari ranupane (basecamp awal) ke ranu kumbolo hanya 4 jam, pun demikian dari ranukumbolo ke kalimati. Tapi, malam harinya mereka kan menempuh perjalnan ke puncak. Sekuat apapun, melakukan perjalanan dengan jalan kaki lebih dari enam jam menanjak dalam satu hari adalah penyiksaan, setidaknya menurut saya.

5. Informasi yang kurang tepat
“Kalo hujan abu begini apa kita boleh ke puncak, pak?” tanya riani ke salah satu pendaki di kalimati.

“Oh, boleh-boleh saja. Ini normal. Tapi jam 9 harus kembali ya,” ujar pendaki tersebut.

Kabarnya, setelah siang datang, awan beracun wedhus gembel akan mengarah ke area puncak mahameru mengikuti arah angin. Ini tidak sepenuhnya salah. Tapi, setelah perbincangan saya dengan pak Sinambela petugas taman nasional, angin bisa berubah kapan saja tanpa mengenal waktu. Saya sendiri mengalaminya di tengah perjalanan ketika naik ke puncak saat jam tiga pagi. Bau belerang tercium keras dan awan dari kawah terlihat hampir di atas kami. Setelah menunggu satu jam, arah angin baru berubah kembali.

Satu hal lagi, puncak Mahameru sebetulnya ditutup untuk pendakian. Tertulis jelas di peraturan TN semeru pendakian hanya dibolehkan sampai kalimati. Lebih dari itu, pihak taman nasional tidak bertanggung jawab. Kita bahkan diminta untuk menandatangani surat perjanjian di atas materai bahwa akan selalu menaati peraturan tersebut. Pada musim ramai, memang ada ranger yang menjaga pendaki agar tidak ke puncak. Selain itu, cuma kesadaran dan disiplin kita yang menentukan.

6. Berenang di Ranu Kumbolo
Jelas-jelas tertulis di peraturan pendakian, dan juga papan larangan disana. DILARANG BERENANG DI RANU KUMBOLO.

5cm Dan Mahameru

Pernah ada kejadian orang yang tenggelam di Ranu kumbolo ini. Pokoknya, keselematan itu yang utama. Tidak usah merasa sok-sok jagoan kalau digunung, atau dimanapun.

7.Adegan Ngejar kereta
adegan ini sangat aneh gan si ian ngejar2 kereta sampai ke pintu yang dimana arial sudah menunggu NAH ? aturan mah naik di pintu lain kan bisa lalu bertemu di atas gerbong , bukannya lari2 gitu kan capek

8.Trek Ranu Pane-Arcopodo-Puncak
Dalam film tersebut, pendakian dilakukan dari pos Ranu Pane dan langsung menuju pos Arcopodo. Sebagai pemula dan penduduk kota yang mengaku tak pernah berolah raga bisa melakukan perjalanan dalam sehari dari Ranu Panme-Arcopodo-dan langsung puncak Mahameru sungguh luar biasa. Saya tidak mengatakan tidak bisa. Bisa saja. hanya saja hal itu sangat jarang dilakukan oleh pendaki pemula. Ah, itu kan cuma film. Ok.

9.Tempat Angker dan Hujan Abu Vulkanik
Inilah adegan yang membuat geli. Ketika sampai di Kalimati, suasana yang awalnya menyenangkan dalam perjalanan mendadak menjadi horor saat mereka lewat di antara pepohonan yang dedaunannya meranggas. Itu jalur mana?? babat alas? Itu jalur yang dibuat sendiri menuju Pos Kalimati! Ah, sudahlah itu kan cuma film.
Yang lebih menggelikan lagi adalah ketika ada hujan abu vulkanik di Kalimati. Okelah, di kawah Jonggring Seloka, di puncak Mahameru, memang masih sering terjadi letupan-letupan kecil, tapi abu bisa sampai ke Kalimati? Itu hanya ada di film 5 cm.

10.Jalur Maut Menuju Mahameru
Nah, ini adalah adegan paling dramatis dan menegangkan dalam film 5 cm, dimana jalur berpasir menuju Mahameru digambarkan seperti jalur maut. Awalnya mereka baik-baik saja sebelum longsoran batu membuat Adinda dan Ian tersungkur di atas pasir. Dilihat dari proses bagaimana Ian tertimpa batu dan terlempar ke bawah, luka kecil di keningnya jelas menunjukkan kuasa Tuhan, dan perkara maut hanya Tuhan yang tahu.

Setelah tindakan penyelamatan yang heroik, akhirnya mereka pun sampai di puncak Mahameru dan melakukan pengibaran bendera merah putih. Selamat…


Kata bijak 5cm
1.Dengan kerja keras suatu hari nanti akan ada saat dimana impian akan menjadi kenyataan.

2. Puisi, musik, hidup semuanya adalah keindahan.

*Yang kita perlu sekarang cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya. Mata yang akan menetap lebih lama dari biasanya. Leher yang akan lebih sering melihat keatas. Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja. Hati yang akan berkerja lebih kerasa dari biasanya. Serta mulut yang akan selalu berdoa.

3. Semua cinta itu harus di ungkapkan, tidak ada cinta yang tidak di ungkapkan. Kecuali oleh orang yang terlalu mencintai dirinya sendiri.

4.Gak enak ya jadi cewe. Kalau cewe suka sama seseorang gak bisa langsung bilang, bisanya cuma nunggu doank.

5. Mungkin kita bisa nulis seindah mungkin, dan berbicara setinggi langit tentang arti persahabatan. Tapi malam itu mahameru memberikan arti sebenar-benarnya dari sebuah persahabatan dan atas nama sebuah persahabatan di tanah air tercinta ini. Di tanggal 17 agustus di mana sebuah impian menjadi layak diperjuangkan.

6. Semua yang berawal dari sini. Impian, persahabatan, cinta dan sebuah keajaiban tekad. Yang telah menjadikan kita bukan hanya seonggok daging yang hanya punya nama.

*Selama ribuan langkah kaki kita melangkah, selama hati yang berani bertekad hingga semuanya bisa terwujud sampai disini, jangan pernah sekalipun kita menyerah mengejar mimpi-mimpi kita. Berjuang, berusaha dan bercita-cita untuk kehidupan yang lebih baik.

*Saya akan mencintai tanah air ini seumur hidup saya. Saya akan menjaganya dengan apapun yang saya punya. Saya akan menjaga kehormatannya seperti saya menjaga kehormatan diri saya sendiri, seperti saya terus menjaga mimpi-mimpi saya terus hidup bersama tanah air tercinta ini. Yang berani nyela Indonesia, Ribut Sama Gw!!

*Hari itu kita berdiri di atas bumi, tapi dekat sekali dengan langit, dekat dengan sang pencipta. Sebuah persahabatan, impian, cita-cita, dan cinta. Tidak ada siapapun yang bisa membuktikan seberapa besar itu semua, tapi seperti sebuah mimpi, kita hanya harus mempercayainya.

*Perjalanan Mahameru itu bukan perjalanan alam,
tetapi perjalanan hati.

*Enakan di Indonesia. Dari lahir gw disini, gw pake tanahnya, gw minum airnya, masa gw gak ada terimakasihnya? Lebih baik disini, rumah kita sendiri.

*Kita berlima percaya pada satu hal, sederhana tapi luar biasa, ada dalam setiap diri manusia bila ia meyakini sebuah impian. Setiap kamu punya mimipi, keinginan atau cita-cita kamu taruh disini, didepan kening kamu. Jangan menempel, biarkan dia menggantung, mengambang 5 cm di depan kening kamu, jadi dia tidak akan pernah lepas dari mata kamu. Kamu bawa impian kamu itu setiap hari, kamu liat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa, bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh. Apapun hambatannya kamu bilang sama diri kamu sendiri kalau kamu percaya sama impian kamu dan kamu gak akan pernah menyerah. Belum pernah ada bukti-bukti nyata dalam angka yang bisa dipecahkan oleh ilmu pengetahuan tentang bagaimana keajaiban sebuah impian, persahabatan, cinta, dan keyakinan bisa membuat begitu banyak perbedaan yang bisa mengubah kehidupan manusia, belum pernah ada. Hanya mimpi dan keyakinan yang bisa membuat manusia berbeda dengan makhluk lainnya.

*Hanya mimpi dan keyakinan, yang membuat manusia menjadi sangat istimewa di mata Sang Pencipta dan yang bisa dilakukan seorang makhluk benama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya adalah mereka hanya tinggal mempercayainya. Percaya pada 5 cm di depan kening kamu.





*Sebagai penikmat film (dan bukan berarti pandai dalam mengapresiasi film), setidaknya saya masih bisa sedikit menikmati bagaimana film ini berusaha menunjukkan pentingnya persahabatan dan mencoba mengeksplorasi keindahan Semeru, namun ada banyak hal yang dilupakan oleh film ini, bahwa mendaki Semeru tidak semudah film 5 cm.
Dalam pendakian gunung manapun, diperlukan persiapan fisik, mental, dan perlengkapan yang cukup untuk menjaga keamanan diri sendiri dan kawan lainnya, dan itu yang tidak dicermati dalam film ini. Hal lain yang dilupakan oleh film ini adalah pesan moral tentang pendakian, termasuk tentang kebersihan alam dan ketaatan terhadap peraturan.

“Tidak ada nilai edukasi semisal kepedulian terhadap lingkungan. Bukan kurang namun tidak ada sama sekali yang bisa menggerakkan untuk peduli kepada kebersihan kawasan Gunung Semeru.”

Seiring banyaknya pendaki yang ingin menjenguk Semeru, terutama setelah film ini dirilis, kapasitas sampah juga semakin banyak. Kesalahan memang tidak bisa sepenuhnya dibebankan kepada film, melainkan dibutuhkan kesadaran masing-masing pendaki. Hanya saja, sebagai film yang diyakini menarik banyak penonton, seharusnya diselipkan pesan-pesan moral untuk tetap menjaga kebersihan alam indonesia tercinta kita. Salam Lestari

5cm Dan Mahameru

Oke itu aja yang bisa yangane bisa sajikan di sore hari ini semoga menambah wawasan agan2 tentang kepedulian lingkungan , persahabatan , cinta dan sebuah ketulusan hati emoticon-Kiss ane mengharapkan emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
Jujur aja FILM ini bagus banget gan...
tapi dampak negatif dari film ini adalah semakin banyaknya orang yang kesana dan tidak mematuhi aturan-aturan yang ada digunung, sehingga sekarang sampah dimana-mana gan....

ngeri liatnya
klo "5 cm per second" ane tau tapi klo "5cm" ane gak tau
bagus gan ini film, mengajarkan kalo jidat kita seukuran 5cm
Ane lebih nunggu Supernova gan

emoticon-Cool
Quote:Original Posted By gerobak1945
bagus gan ini film, mengajarkan kalo jidat kita seukuran 5cm


Hah jidat kita seukuran 5cm,,,emoticon-Ngakak
Okaay okayyy
bagus filmnya gan pertama ane kira jelek
terus penasaran ane download eh bagus juga
emoticon-Matabelo
film indo yg tergolong bgs gan
agan ts berpengalaman dalam hal pendakian gunung keknya emoticon-cystg
film lama nih... emoticon-Cool
intinya emang cuma film gan, yg janggal dr mata ane itu pas ian ngejar kereta. padahal ada pintu yg lain yakemoticon-Ngakak
mendaki semeru tuh ga semudah di film 5cm gan..
Jadi ini yang bikin gunung rame emoticon-Ngakak
Namanya juga pilem gan
Klo aslinya mana kuat tu cewe naik mahameru
dari dzawin ex-SUCI kompas soal 5cm: tujuan mendaki bukan puncak, tapi rumah yaitu kembali kerumah dengan selamat.
Mendaki hanya untuk gaya2an emoticon-Cape d...
Sampai dipuncak cuman foto2 doank emoticon-Cape d...
bahas nya telat,uda ga booming lagi gan emoticon-Ngakak
agan baru baik gunung kemaren ya makanya kepikiran sekarang emoticon-Ngakak
nyimak dulu kak emoticon-Matabelo
yg adegan lari2an ngejar kereta itu koplak abis padahal kan tinggal naik ke gerbong terdekat aja emoticon-Hammer2
Ane udah nonton kok, yg lucu tuh pas si Iannya lg ngedaki ke puncak terus ada batu kena kepalanya yg lain udah khawatir eh.. Masih aja bercanda emoticon-Ngakak
×