alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54573da7529a45ef138b456f/electronic-dance-music
Electronic Dance Music
Electronic Dance Music

Quote:
Electronic Dance Music


Quote:mau ke DWP ?
Spoiler for DWP:

pernah ke UMF?
Spoiler for UMF:

atau jangan-jangan pernah ke Tomorrowland?
Spoiler for Tomorrowland:



Quote:WAIT.. WAIT..WAIT !!
sebelum pergi kesana ente harus cinta dulu sama musiknya, tapi mau suka gimana kenal aja belum. kemon kenalan dulu apa itu EDM


Quote:DESKRIPSISebelumnya, kita berkenalan dulu dengan jenis musik satu ini. EDM banyak dikenal orang sebagai musiknya orang dugem, atau musik dance, atau juga diketahui sebagai musik yang diproduksi oleh para DJ (disc jockey). EDM atau kepanjangan dari electronic dance music memang berhubungan dengan kehidupan malam, lantai dansa, dan disc jockey (DJ) atau produser musik elektronik. Tapi, ada penjelasan lebih jauh tentang musik elektronik yang selalu menjamur di kalangan remaja di tiap zaman ini.

Electronic dance music adalah produksi musik melalui berbagai instrumen elektronik seperti synthesizer, midi keyboard, turntable, mixer, bass, dan sebagainya. Di masa kini, EDM bahkan bisa diproduksi melalui berbagai aplikasi komputer. Makanya, para DJ dan produser sering tampil dengan menggunakan laptop mereka. Musik-musik yang dihasilkan merupakan gabungan dari berbagai instrument elektronik tersebut.

EDM di tiap zaman
Quote:1960s

Ini adalah masa kelahiran musik elektronik. Pada era itu, instrumen elektronik yang dipakai antara lain bass dan beberapa synthesizer. Musik-musik pop dan rock mulai menambahkan instrumen tersebut ke dalam lagu-lagu mereka. Misalnya saja band legendaris The Beach Boys di lagu Good Vibrations (1966).

Artis: EDM memang belum akrab di telinga para pecinta musik pada masa itu. Tapi ada satu produser dari Australia, Val Stephen, yang merilis satu album penuh EDM di era itu. Setelah itu, banyak produser yang mulai memanfaatkan instrumen elektronik walau lebih digunakan untuk mengatasi masalah teknis suara.
Spoiler for cekidot:
Electronic Dance Music



Quote:1970s

Era ini terkenal banget sebagai kejayaan musik disko. EDM yang terkenal pada masa itu pun merupakan musik elektronik disko. Penyanyi seperti Donna Summer atau band seperti Bee Gees adalah artis disko yang populer di era ini. Mereka mulai menggunakan sentuhan musik elektronik di jaman itu. Enggak cuma musik disko, muncul pula subgenre synthpop yang mulai diminati masyarakat.

Artis: Di era 70an mulai muncul juga band yang berfokus pada musik elektronik dan synthpop yaitu Kraftwerk asal Jerman yang terkenal dengan salah satu albumnya, Autobahn (1974).
Spoiler for cekidot:
Electronic Dance Music



Quote:1980s

Setelah kepopuleran Kraftwerk di era 70-an, synthesizer pun jadi instrumen musik elektronik yang dominan pada era 80-an. Kemunculan genre alternatif seperti synthpop pun kemudian menggeser eksistensi musik disko 70-an.

Artis: Kraftwerk tetap mempopulerkan EDM mereka di era ini. Selain itu, di era ini juga mulai muncul sebuah budaya DJ dengan DJ-DJ terkenal seperti Larry Levan dan Frankie Knuckles.
Spoiler for cekidot:
Electronic Dance Music



Quote:1990s

Penggunaan komputer mulai banyak digunakan musik elektronik pada era ini. Dengan perkembangan teknologi dan komputer, membuat semakin banyak orang dapat memproduksi musik elektronik mereka sendiri. Wilayah Eropa terutama Jerman menjadi saksi kemunculan DJ dan produser musik elektronik ternama.

Artis: DJ seperti Paul Van Dyk jadi salah satu nama penting dalam dunia musik elektronik khususnya subgenre musik trance pada era itu. Beberapa musiknya yang terkenal adalah remix lagu Love Stimulation karya Humate dan hit single Paul yang berjudul For an Angel.Trance adalah jenis musik dance elektronik yang berkembang pada tahun 1990-an. Musik Trance umumnya memiliki karakteristik tempo antara 130 dan 160 BPM. Asal mula istilah ini ambigu, dengan beberapa menyatakan bahwa istilah ini berasal dari album Klaus Schulze Trancefer (1981), atau dari aksi trance pertama Dance 2 Trance. Musik ini sering dimainkan di klub-klub, dan kadang-kadang trance dianggap sebagai bentuk musik klub. Beberapa menyatakan Musik Trance yang pertama kali dirilis adalah The Age Of Love.
Beberapa sumber mengatakan bahwa Trance lahir di Frankfurt, Jerman.
Memang si pengertian umumnya music Trance ini music di club2 gitu dan biasanya di pake buat dugem ,tapi klo musik Trance itu ada seninya jg dan ada beberapa yg elegan.Trance merupakan jenis aliran tersendiri namun juga mengandung bebagai variasi dari musik electronik lain seperti misalnya techno, house, pop, chill out, bahkan musik klasik. btw musik Trance beda dengan music House lhoo. (It is usually more melodic than techno, and the harder styles usually have harder beats than house).
Spoiler for cekidot:
Electronic Dance Music



Quote:2000s

Di era ini, EDM makin berkembang. Mulai muncul juga berbagai sub-genre seperti trap (hip-hop elektronik), dubstep, nu-disco, dan electro house.

Artis: Salah satu artis EDM beraliran nu-disco adalah duo asal Prancis Daft Punk yang namanya mulai terkenal di akhir 1990-an dan awal 2000-an. Beberapa DJ lain yang mungkin namanya udah enggak asing lagi merupakan artis EDM nu-disco dan electro house era ini bahkan hingga sekarang yaitu Calvin Harris, David Guetta, Deadmau5, dan Avicii. Selain itu, ada pula genre trap yang mulai dikenal dengan kemunculan duo DJ Flosstradamus di era 2000-an.
Spoiler for cekidot:
Electronic Dance MusicElectronic Dance Music


Quote:2010s

Sekarang, EDM tetap menjamur. Sub-genre dubstep menjadi semakin dikenal di era ini. Begitu juga dengan electro house kian bermunculan di jaman 2010-an. Genre electro pop pun semakin dikenal masyarakat. Para DJ 2000-an terlihat sering melakukan kolaborasi dengan penyanyi-penyanyi ternama. Misalnya, Calvin Harris berkolaborasi dengan Rihanna dalam lagu We Found Love dan David Guetta feat. Usher dengan lagu Without You.

Artis: Di awal era ini, dubstep jadi musik yang cukup digemari berbagai kalangan. Apalagi dengan kepopuleran Skrillex dengan yang memproduksi musik dubstep di lagu First of the Year (Equinox).

Zedd adalah DJ asal Jerman yang belum lama ini manggung di Djakarta Warehouse Project 2013. Cowok bernama asli Anton Zaslavski ini punya musik yang enak banget seperti lagu hits-nya Clarity yang berkolaborasi dengan Foxes.

Selain itu, EDM juga kedatangan produser muda asal Inggris yaitu Disclosure. Settle, debut album duo bersaudara Guy dan Howard Lawrence ini bahkan langsung mendapat nominasi Best Dance Album untuk Grammy Awards 2014.
Spoiler for cekidot:

Electronic Dance Music

Electronic Dance Music


Quote:Quote:Sekian dari ane muga ada manfaatnya kalo berkenan boleh dong di cendolin emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Spoiler for sumur:
lagi tren nih genrenya emoticon-Kaskus Radio
Kumpulin semua personil SHM yang udah pada bubar gan..
Klo bisa sih emoticon-Big Grin
------------
Nih gan ane suka musik beginian awalnya dari lagu ini nih, btw agan udah tau belom klo yang ini:

youtube-thumbnail

keren nih EDM emoticon-2 Jempol
musik apaan nih gan blom pernah denger emoticon-Belo
zzzz next time broQuote:Original Posted By ularpiton
Kumpulin semua personil SHM yang udah pada bubar gan..
Klo bisa sih emoticon-Big Grin


cepet gan dengerin asik ko musiknya Quote:Original Posted By khoirulanvvar
musik apaan nih gan blom pernah denger emoticon-Belo


sejarahnya panjang amat gan
dulu EDM masih pke synth analog ya...emoticon-Ngakak
mantep itu EDM buat didengerin pas daki gunung, ane udah biasa... soalnya biasanya lagu-nya mantep nyentak2 emoticon-Matabelo
ane suka electronic doang
nih gan aliran EDM yg lg hits
TRAP






Jungle Teror






mampir juga ke thread ane gan Yellow Claw
keknya music nya asik nih emoticon-Matabelo
ane coba dengerin dulu..emoticon-Ngacir
kalo ane demennya zedd gan
apalagi pas konser UMF emoticon-Malu (S)
Entah kenapa baru sekarang EDM rame di indo :/ ane suka sub genre DnB, Trap, Drumstep
Rameses B, Stephen Walking, Varien, Pegboard Nerds !!
Yellow Claw lagi trending ya gan? emoticon-Ngakak

Ane lebih kearah Zedd, Hardwell, Guetta, Showtek, dan 1 lagi, Borgeous emoticon-Matabelo

Ane seneng dgerin calvin harris, zedd, avicii, daf punk, david guetta,nicky romero, afrojack.EDM bkin semangat kalo dgerin pagi-pagi.

Pgen ke DWP cma bakal ada yang heboh klo ane kesana.
top 10 song bergenre EDM apa gan?
ane juga penikmat edm gan emoticon-Embarrassment
lg ngetren nih EDM emoticon-Smilie
×