alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54562ef6a09a39f4208b4570/quotvirusquot
"Virus" ?
Dalam rentang waktu tidak lama sebelum saya menulis thread ini, saya sudah mempostingkan pendapat saya mengenai "virus"( pada forum lain), dimana sifat yang dimilikinya terwarisi hingga tahap yang lebih kompleks (aka manusia).

Getol, intense, dan tajam mungkin tulisan saya ... sehingga hal tersebut mungkin dapat menyinggung perasaan "beberapa" orang.
Saya tidak akan minta maaf mengenai apa yang telah tulis, karena kebenaran memang pahit terasa (mungkin beberapa orang menyebutnya sebagai pain in the a**. Namun saya bukan tanpa sebab mengatakan hal tersebut ..., ada "virus lama", yang sekarang sedang mencoba untuk "berkembang biak" lagi.

Saya memaklumi dan menghargai akan adanya perbedaan pendapat mengenai hal tersebut ... pro maupun kontra, selagi hal itu tidak membawa pengaruh negatif bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara di tanah air kita. Karena bila hal tersebut mewabah, dan mulai memakan korban baik nyawa atau benda, apakah ada yang ingin mendaftar sebagai korban pertama ?

Demikian ..., maka saya tuliskan uraian di bawah ini, yang kiranya berguna untuk menetralisir keadaan.

----------
Perkembangan jaman telah membawa kita kembali mengetahui hal-hal mendasar mengenai kehidupan ini. Dalam pengetahuan itu sendiri, ada beberapa area yang "licin" ... dan dapat membawa kita terjerumus pada pertanyaan mengenai keberadaan Sang Pencipta.

Kita mengetahui adanya kesamaan sifat tertera pada semua mahluk hidup, begitu pula halnya juga dengan mereka yang tidak hidup. Kita amati pula terjadinya proses-proses di alam, dimana atas dasar rumus kesetimbangan/kekekalan ... terlihat semuanya berjalan secara otomatis dan "terlihat/teramati" ... kekal. Dalam suatu "sistim yang kekal" ... tidak akan kita dapati kehadiran Sang Pencipta, dan begitu pula halnya dalam "sistim random".

Namun ...

Coba anda tersenyum.
Coba anda tersenyum lebar.
Coba anda meringis lebar.

Kemudian bila kita telaah ...
Pada saat/situasi/kondisi lain, hal itu mungkin berhubungan dengan survival instinct yang kita punyai; dimana kita melakukan hal-hal tersebut semata untuk bertahan hidup.
Namun saat kita berada dalam keadaan sendiri/menyepi, ... apakah itu berhubungan dengan survival instict ?
Disinilah kita mulai menginjak masalah kendali diri, dimana hal itu yang kemudian membedakan kita dengan segala material/mahluk lain yang ada di sekitar (yang masih mengandalkan naluri alamiah mereka).

Kemudian ...
Ketika kita mencoba untuk mengerti dan memahami masalah kendali diri itu, tidakkah secara iseng ada pertanyaan muncul.
Apakah hanya diri ini, yang mengalami hal tersebut ?
Apakah dalam bentuk wujud seperti yang sekarang dimiliki, hal tersebut (kendali diri) dapat terwujud ?
Bila ego itu sudah ditala pada tingkat nol; apakah ... ada sesuatu, pada "masa yang sangat lampau" ...kiranya ... memiliki kemampuan yang sama ... dengan intensitas yang berbeda ?

emoticon-I Love Indonesia
emoticon-Peace

Apa yang saya tulis ini, mungkin juga akan saya tulis di media net lainnya (terkait penyebaran info). Mohon dimaklumi.
BTW, ini masuk di cinta tanah air atau supra natural cocoknya ? Newbie nih soalnya. emoticon-Big Grin
Salam kenal, buat para kaskuser lainnya.
A: Eyang, mengapa yang ini bisa "berbunyi" sendiri, meski aku tidak "menabuh/memukul"-nya ?
B: Uhuu..., pada jaman sekarang ... itu biasa disebut dengan otomatis.
A: Wah, bila itu otomatis ...; bila pada suatu ketika aku menginginkan tiada "bunyi" terdengar atau hening, bagaimana caranya ?
B: Semuanya kembali pada dirimu, 'le.

emoticon-Hammer2
Nyimak emoticon-No Sara Please
nyimak dulu gan. butuh pemahaman nih emoticon-Smilie

edit : ane tetep gak mudeng ganemoticon-Bingung (S)
wah saya gagal paham nih
malah jadi bingung
Berhubungan dengan pemikiran manusia, agan-agan; juga egonya.
Saat kita belajar fisika/ kimia/biologi, kita diajarkan mengenai masalah kekekalan energi, kekekalan massa dan sebagainya. Kita juga diajar bahwa proses-proses yang terjadi di alam semesta ini tidak terlepas dari berlakunya hukum-hukum tersebut. Begitu pula halnya dengan proses yang terjadi di dalam tubuh dan otak kita.

Banyak orang kemudian menganggap bahwa semua yang terjadi pada manusia tak lain dan tak bukan adalah pemberlakuan hukum-hukum tersebut. Pembunuhan, perampokan, perang, perkosaan termasuk diantaranya, dan dianggap bahwa semua itu termasuk di dalam survival instinct manusia ... yang tidak bisa dielakkan untuk tidak terjadi.

Yang dilupakan oleh mereka yang beranggapan seperti hal tersebut, bahwa manusia dikaruniai kemampuan untuk mengontrol/mengendalikan.

Peeeace.
jd maksudnya piye gan ?
virus = melakukan hal yg tidak baik
( merugikan org lain / diri sendiri ).
dan sebenarnya kita di anugrahi akal untuk menghindari virus tsb.
jd sebenarnya manusia bisa memilih yg baik ( dgn akalnya ) , atau yg buruk ( terkena virus ).
cmiiw
menyimak dulu gans
Quote:Original Posted By retero02
jd maksudnya piye gan ?
virus = melakukan hal yg tidak baik
( merugikan org lain / diri sendiri ).
dan sebenarnya kita di anugrahi akal untuk menghindari virus tsb.
jd sebenarnya manusia bisa memilih yg baik ( dgn akalnya ) , atau yg buruk ( terkena virus ).
cmiiw


Mengenai akal/pikiran manusia ... telah banyak pihak mencoba untuk mengorek dan mengoprek serta menerapkannya pada hal lain.
Akal
Komputer

Memilih ...;
setelah agan membaca apa yang ada dilink yang saya cantumin, hal itu juga bisa dilakukan pula oleh AI (Artificial Intellegent).
Kendali/kontrol diri lebih terfokus pada kehendak kita untuk melaksanakan atau tidak pilihan yang telah kita buat, dan bukan sekedar proses otomatis ala AI.

"Virus" tidak selamanya harus dikaitkan dengan hal yang negatif, hal yang positif pun juga bisa termasuk. "Berbahaya" tidaknya si "virus" itu, dilihat dari motivasi yang melatarbelakanginya.


Peeeace


kagak ngarti ini bahas apaan sih emoticon-Cool
trit copas
emoticon-Repost
bahasany berat bnget gan. coba dikasi mulustrasi biar entengan dikit... emoticon-Thinking
Quote:Original Posted By blackmonkeyz
trit copas

Kalau yang nulis sama, khan nggak papa. emoticon-I Love Indonesia (S)
Lagian, "rujak di Surabaya" belum tentu sama dengan "rujak di Jakarta" atau tempat lainnya.
....
Quote:Original Posted By mereneheze
bahasany berat bnget gan. coba dikasi mulustrasi biar entengan dikit... emoticon-Thinking


Saya lagi 'nyebar "virus bahasa berat". emoticon-Malu (S)
Itu sudah saya coba sederhanakan, soalnya kalau pakai format aslinya ... saya sendiri juga bisa puyeng. emoticon-Hammer2

Peeeace.



maksudnya apaan ini gan ?
Quote:Original Posted By bdgkotakembang
kagak ngarti ini bahas apaan sih emoticon-Cool


Thread ini saya buat berdasar threat yang terlihat banyak bermunculan di sekitar kita, mulai dari masalah sepele (ada yang minta dientengkan emoticon-Takut (S)) seperti kriminalitas ataupun perang.
Dari situ kita seharusnya bisa mendeteksi, ada sesuatu ketidakberesan sedang terjadi.
Saya secara pribadi berpendapat bahwa itu semua dapat berlangsung disebabkan kurangnya pemahaman mengenai masalah kendali diri beserta prakteknya jua.

Nah ...., bagaimana pendapat agan-agan ?

Peeeace.


Quote:Original Posted By moderator.jahat
maksudnya apaan ini gan ?


Uhm..., yang mana ?

Peeeace.

bentar gan, mkn dibaca agak maleman baru masuk ke otak nih emoticon-Matabelo
Ya, topiknya mungkin terlampau "ringan", membuatnya sulit untuk ditangkap. emoticon-Smilie
Menambahkan ...
Sekalipun masalah kontrol diri itu banyak pihak telah memasukkannya dalam segi keagamaan, aye tidak bermaksud mendirikan mushola disini. Sekalipun itu bisa membawa berkah juga. emoticon-Big Grin
Sebab lainnya ... kalau sudah menyangkut agama yang berbeda, nanti berbuntut pada perdebatan abadi. Akar masalahnya sendiri nanti tidak ketemu.
Aye lebih cenderung untuk membawanya ke dalam segi pengetahuan umum, sehingga kesimpulan atau pengetahuan yang nantinya didapat, bisa "ditularkan" kepada khalayak umum dan membawa kebaikan bersama (mengurangi angka kriminalitas/resiko perang dsb).

Sudah banyak pihak atau thread lain yang mengupas masalah kontrol diri dan juga masalah kehendak, karena itu aye kagak mau ikut-ikutan; sekalipun ... posting awal dalam thread ini memuat masalah tersebut.

Harapan aye, nantinya thread ini berkembang pada pencarian penyebab dari minimnya kontrol/kendali diri.
Dimana hal tersebut bisa saja berasal dari sifat alami manusia sebagai mahluk hidup atau ada error dengan software di otak kita atau memang hardware-nya yang error (pengaruh polusi mungkin).

Dan tidak perlu khawatir, nanti kalau jawabannya ketemu ... patennya (kalau mau dipatenkan) nanti jadi milik kaskuser semua. emoticon-Smilie

Peeeace.


agak pusing ane gan, bentar baca lagi emoticon-Big Grin
×