alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5455960ba1cb17e00d8b456d/agan-tau-ga-kabupaten-banjarnegarabagi-yang-belum-tau-silahkan-disimak
Agan tau ga Kabupaten Banjarnegara?bagi yang Belum tau silahkan disimak
Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah


Banjarnegara Jantung Jawa
Tengah
Kabupaten Banjarnegara merupakan salah
satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.
Secara astronomis kabupaten ini terletak di
antara 7 0 12’ – 7 0 31’ Lintang Selatan dan
109 0 29’ – 109 0 45’ Bujur Timur. Kabupaten
Banjarnegara beribukota di Kecamatan
Banjarnegara, yang letaknya bukanlah tepat di
bagian tengah kabupaten ini, namun
cenderung ke arah selatan kabupaten ini.
Kabupaten ini awalnya hanya terdiri dari 18
kecamatan, namun pada tahun 2004 jumlah
kecamatan dimekarkan menjadi 20
kecamatan, karena adanya dua kecamatan
baru, yaitu: (1) Kecamatan Pagedongan yang
terletak di bagian selatan kabupaten ini, dan
(2) Kecamatan Pandanarum yang terletak di
bagian utara kabupaten ini.
Secara geografis, Kabupaten Banjarnegara
terletak di bagian tengah, pusat, atau
jantungnya Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten
Banjarnegara berbatasan: Pertama , di
sebelah utara dengan Kabupaten Pekalongan,
dan Kabupaten Batang. Kedua , di sebelah
timur dengan Kabupaten Wonosobo. Ketiga,
disebelah selatan dengan Kabupaten
Kebumen. Keempat , disebelah barat dengan
Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten
Banyumas.
Oleh karena posisi geografisnya itu, maka
Kabupaten Banjarnegara layak disebut “The
Heart of Central Java” atau “Jantungnya Jawa
Tengah”. Adakalanya sebutan simbolis (secara
geografis) bertolak belakang dengan fakta
lapangan (secara sosial-ekonomi).
Hal ini terjadi pula pada Kabupaten
Banjarnegara, sebutan sebagai “The Heart of
Central Java” atau “Jantungnya Jawa Tengah”,
ternyata menjadi ironi ketika dikaitkan dengan
fakta lapangan. Secara faktual, sebagai
“Jantungnya Jawa Tengah”, Kabupaten
Banjarnegara justru berpeluang
mengakibatkan “jantungan” para pemimpin
Jawa Tengah, atau pihak manapun yang
menaruh perhatian pada kesejahteraan
masyarakat.
Betapa tidak, karena Kabupaten Banjarnegara
adalah kabupaten termiskin di Provinsi Jawa
Tengah sejak tahun 1996 hingga tahun 2007.
Pada tahun 1996, ketika persentase
kemiskinan Provinsi Jawa Tengah hanya
mencapai 20 %, dengan ikon-nya, yaitu Kota
Tegal, yang persentase kemiskinannya hanya
mencapai 4,21 %, maka Kabupaten
Banjarnegara memiliki persentase kemiskinan
sebesar 45,45 %.
Sementara itu, pada tahun 1999, ketika
persentase kemiskinan Provinsi Jawa Tengah
hanya mencapai 26,07 %, dengan ikon-nya,
yaitu Kota Tegal, yang persentase
kemiskinannya hanya mencapai 6,29 %, maka
Kabupaten Banjarnegara memiliki persentase
kemiskinan sebesar 43,57 %.
Sebutan sebagai kabupaten termiskin di
Provinsi Jawa Tengah bahkan terus disandang
oleh Kabupaten Banjarnegara hingga tahun
2007. Meskipun pada tahun 2007 persentase
kemiskinan di Kabupaten Banjarnegara
mengalami penurunan (38,66 %), namun
kabupaten lain di Provinsi Jawa Tengah juga
mengalami penurunan, sehingga tetap saja
sebutan sebagai kabupaten termiskin di
Provinsi Jawa Tengah terus digelarkan kepada
Kabupaten Banjarnegara.
Dengan kata lain, penurunan angka
kemiskinan kabupaten ini belum mampu
mengimbangi penurunan angka kemiskinan
kabupaten lainnya di Provinsi Jawa Tengah.
Oleh karena itu, Kabupaten Banjarnegara
tetap memerlukan perhatian khusus dari
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah , agar
kabupaten ini dapat memposisikan diri sebagai
jantungnya Jawa Tengah, dan bukannya
membuat jantungan para pemimpin Jawa
Tengah.
Kondisi Kabupaten Banjarnegara yang seperti
ini, hendaknya mendorong Kantor Pertanahan
Kabupaten Banjarnegara untuk bekerja lebih
semangat, terutama dalam kegiatan
pemberdayaan masyarakat.
Jajaran Kantor Pertanahan Kabupaten
Banjarnegara perlu memahami, bahwa pasar
bebas tidak mengarah pada pencapaian
kemakmuran yang meluas, melainkan lebih
banyak memperlihatkan kemiskinan dan
eksploitasi besar-besaran. Suatu masyarakat
akan tumbuh dan berkembang secara “sehat”,
bila: (1) kebutuhannya dapat dipenuhi, dan (2)
ketika ketidak-setaraan serta eksploitasi di
bidang ekonomi dan relasi sosial dapat
dieliminasi.
Oleh karena itu, kemiskinan bukanlah
fenomena individual melainkan fenomena
struktural. Kemiskinan terjadi karena adanya
ketidak-adilan dan ketimpangan sosial,
sebagai akibat tersumbatnya akses kelompok
tertentu terhadap sumberdaya. Dengan
demikian strategi penanggulangan kemiskinan
haruslah bersifat institusional (melembaga).
Selamat merenungkan, semoga Allah
SWT meridhai...
Ane paling cuma tau namanya aja gan..
Klo daerahnya kurang begitu tau seperti apa emoticon-Smilie
cepet banget atas ane emoticon-Cape d... (S)

kalo bisa kasih pict kotanya gan emoticon-I Love Indonesia (S)
dirapihin lagi threadnya gan..:atabelo:
hampir sama kayak kota asal ane..kurang maju dibanding kota lain.. tpi sekarang lagi proses dan pembangunan..emoticon-Matabelo
gan tambahin ilustrasi gambar dong
udah tau emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ularpiton
Ane paling cuma tau namanya aja gan..
Klo daerahnya kurang begitu tau seperti apa emoticon-Smilie

Daerahnya pegunungan gan
tunjukin hal unik juga dari Banjarnegara gan. misal.kuliner atau apa gitu. biar lebih menarik tambahin pic kota nya.
Quote:Original Posted By silentgoess
cepet banget atas ane emoticon-Cape d... (S)

kalo bisa kasih pict kotanya gan emoticon-I Love Indonesia (S)



Lain kali gan ane kasih pict ini pake hp ribet
Quote:Original Posted By danteottaya
dirapihin lagi threadnya gan..:atabelo:
hampir sama kayak kota asal ane..kurang maju dibanding kota lain.. tpi sekarang lagi proses dan pembangunan..emoticon-Matabelo


Iya gan ini pake hp soalnya maaf kl kurang rapi
Iya gan cuma kl banjarnegara masih gitu2 aja emoticon-Malu (S)
baru tau nih gan, izin nyimak dulu......
Quote:Original Posted By pompompom
tunjukin hal unik juga dari Banjarnegara gan. misal.kuliner atau apa gitu. biar lebih menarik tambahin pic kota nya.


Iain kali ane bikin trit soal kuliner,tempat wisata dan yg unik2 lainnya yg ada di Banjarnegara gan,maaf ga ada picnya ini pake hp soalnya
oh ini ngebahas banjarnegara yg kota dawet ayu y?
ane kirain banjar ciamis
tetangga kabupaten kita gan...tambahin dikit ah mohon koreksi kalo salah, sebenrenya komplek wisata dieng sebagian besar masuk wilayah banjarnegara, yang masuk wonosobo hanya sebagian kecil...
ane kurang tau gan banjarnegara.
tapi kalo denger namanya sering.

btw, tambahin pic sama dirapihin dikit gan tritnya emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By redsindo
Lain kali gan ane kasih pict ini pake hp ribet
sip gan. sama kelebihannya
wah si agan bisa aja

kayaknya mungkin sekarang udah ngga miskin lagi loh gan..memang dimanapun kemiskinan memang ada

memang dibanjarnegara masih banyak kebon..bulak..jadi keliatan nya miskin orangnya ,juga ngga mementingkan penampilan(ngga kaya si itu..tuh..yg ngerti pasti ngerti yang ngga diem aja ha..ha..)

tapi lebih mementingkan kerja ..banyak ditempat ane juragan gula jawa gan..juragan telor..juragan ayam potong..juragan kebon budin ...juragan konter (ane gaN kecil2 an heheheh)..ada juragan kayu gan..masih banyak juragan di desa lho gan...ya memang yg masih dibawah jg banyak

memang gan kita hidup didesa serba "susah" jalan rusak aja lamaaaaaa dibenerin nya..akses kekota ya jauh

ni sy ada contoh kejadian dibanjarnegara lama direspon sy masukin yutub alhamdulilah langsung clear

bantu tongolin gan
https://www.youtube.com/watch?v=kw-p7yq9I1U
Quote:Original Posted By redsindo



Lain kali gan ane kasih pict ini pake hp ribet


Siip gan. di tunggu pictnya emoticon-I Love Indonesia (S)

© Copyright
All Rights Reserved
QiWe
Banjarnegara tempat leluhur ane yang melahirkan Ibu dan alm Bapak, jadi mewek inget Bapak di alam kubur. emoticon-Belomatabelo
ts orang banjarnegara?
kebetulan ane dinas dibanjarnegara. dan hari ini adalah hari terakhir ane disini.
→orang banjarnegara tu asik asik Gan. kalo diajak ngobrol gk bosenin. secara "ngapak ngapak" bikin ane ketawa terus. { sori emoticon-Big Grin }
→ ane skg mess didaerah bawang.
daerahnya aman. ajib bgt. motor lupa gk dimasukin dgn kunci masih nempel tetep aman. daerah prigi juga aman.
→ makanan yg ane sukai tu tempe mendoan.
→ apa lg ya?
yg belum kesampaian tu arumjeram maklum. lg dines. gk ada waktu.

Spoiler for banjarnegara: