alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54558a14a1cb1786438b457c/ancang-ancang-menuju-era-buku-digital
Ancang-Ancang Menuju Era Buku Digital
Ancang-Ancang Menuju Era Buku Digital


Ancang-Ancang Menuju Era Buku Digital
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penerbit Indonesia digawangi oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) tengah berancang-ancang menghadapi era buku digital. Pada era tersebut, produksi buku tidak hanya dicetak melalui kertas, tapi dipasarkan dalam bentuk buku digital.

“Kedatangan era digital harusnya tidak menjadi ancaman bagi sistem print, tidak menafikan tapi saling mendukung, keduanya diharapkan berjalan paralel,” kata Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Lucya Andam Dewi ditemui di sela kegiatan pameran pada Sabtu (1/11).

Makanya, yang terpenting bagi industri penerbitan adalam memperkuat konten, bukan fokus pada print atau digital. Sebab percuma saja, dengan sajian dalam bentuk apapun tapi pembacanya tidak ada.

Terlebih, kata dia, indeks membaca masyarakat Indonesia masih rendah setara dengan Myanmar. Maka adalah tugas penerbit bersama dengan penulis, illustrator dan editor serta elemen pendukung penerbitan buku lainnya untuk memproduksi buku berkualitas dan menarik minat baca.

Di samping menjadi tugas penerbit, membangkitkan minat baca juga harus melibatkan pemerintah, jika tujuannya agar masyarakat pintar. “Saat ini bahkan harus ada sedikit pemaksaan dari pemerintah, dalam artian pemerintah mewajibkan kepada anak didik untuk banyak membaca dengan mekanisme tertentu,” katanya.

Misalnya, siswa diwajibkan membaca sekian buku dalam sebulan atau per semester dan ada pelaporannya juga pengujian hasil baca. Hal tersebut menurutnya efektif dalam mendorong minat baca masyarakat.

Sebab pada akhirnya, jika seorang anak Indonesia sejak kecil gemar membaca, ia akan mendapatkan keuntungan dari segi materi maupun keilmuan, baik bagi dirinya sendiri, keluarganya, tetangganya juga untuk Negara.

Sementara itu, untuk kalangan penerbit sendiri, Lucya menyebut, para penerbit sejak awal telah sadar akan kedatangan era buku digital.

“Mereka masih memantau, sudah ada belum marketnya di Indonesia, wait and see tapi baru sedikit yang melakukan langkah pasti dalam persiapannya,” tuturnya.

Disebutkan Lucya, dari 1300 anggota IKAPI dengan jumlah delapan ratus orang yang aktif, baru satu sampai dua persen saja yang dengan serius mempersiapkan penerbitan buku digital. Di tengah ancang-ancang, IKAPI juga tengah memikirkan sistem keamanan yang tepat, agar pemasaran buku digital aman dari pembajakan.

sumber
http://trendtek.republika.co.id/beri...a-buku-digital
biar lebih mudah emoticon-rose
Ane malah lebihnyaman klo baca itu melalui buku...
Klo via Tab/HP atau komputer itu rasainya ga enak banget mata ane gan
Buku digital ?
Ppt / ebook ?
Saya sih setuju aja, lebih enak baca ebook emoticon-Big Grin
nice share gan........emoticon-Blue Guy Cendol (S)
ancang-ancang tuh kalo diterjemahin dalam bahasa indonesia apa ya kak
siap-siap kali yak emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
enakan make buku gan.....tapi buku di gital lebih hemat di kertas
Wah ane masih nyaman baca buku cetak walaupun lebih mahal.
Kalo baca yg versi digital kadang mata suka pedih gara2 sinar layarnya
klo buku digital ntar perpustakaan dirumah ane kgk keisi lagi dong, masa perpustakaan kecil dirumah ane diisi tablet pc
tantangan terbesar nantinya adalah pembajakan, apalagi klo digital gampang banget
kalo ane lebih enak baca di buku kertas, lebih nyaman di mataemoticon-Shakehand2