alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54554f5131e2e6d5108b456a/info-mengenal-lebih-dekat-tahu-boen-keng---tahu-sumedang
[INFO] Mengenal Lebih Dekat Tahu Boen Keng / Tahu Sumedang
[INFO] Mengenal Lebih Dekat Tahu Boen Keng / Tahu Sumedang

[INFO] Mengenal Lebih Dekat Tahu Boen Keng / Tahu Sumedang


Spoiler for Tahu Sumedang:



Tahu Boen Keng Atau yang lebih di kenal dengan nama Tahu Sumedang Telah ada di Sumedang, Jawa
Barat, sejak hampir 100 tahun lalu. Bagaimana
bisa? Inilah ceritanya.


Berdasarkan buku Tokoh-
tokoh Etnis Tionghoa di Indonesia karangan Sam
Setyautama, pembuatan tahu Boen Keng dimulai
tahun 1917 oleh seorang imigran China bernama
Ong Kino.
Sumber lain mencatat, pembuatan tahu ini
dimulai tahun 1911 untuk konsumsi rumah tangga
Ong Kino.


Awalnya, menurut buku tersebut, Ong Kino
membuat tahu sekadar untuk menyenangkan istri
tercintanya. Belakangan, tahu itu juga disukai
teman-temannya. Ong Kino pun memutuskan
menjajakan tahu yang dalam bahasa China
disebut daging tak bertulang itu di Sumedang.
Tahu ini kemudian menjadi cikal bakal tahu
sumedang yang kita kenal sekarang.


Suatu ketika, kemasyhuran makanan yang
tergolong baru di Sumedang sampai juga ke
telinga Pangeran Soeriaatmadja. Dalam
perjalanannya ke Situraja, pangeran itu mampir
ke Tegal Kalong, tempat Ong Kino memproduksi
tahu. Seusai mencicipi tahu itu, sang pangeran
berkata, (Wah, ini) benar-benar enak. Pasti
makanan ini bakal laku (kalau dijual).


Seperti mantra, kata-kata sang pangeran benar-
benar menjadi kenyataan. Tahu yang diolah
keluarga Ong Kini itu laku keras, bahkan menjadi
ikon Sumedang hingga sekarang. Namun, tahu ini
baru menggunakan merek Boen Keng pada tahun
1960-an. Ketika itu, Ong Kino kembali ke China
dan usaha pembuatan tahu diteruskan anaknya,
Boen Keng.


Dari tangan Boen Keng, usaha ini kemudian
beralih kepada salah seorang dari lima anaknya,
yakni Ukim. Sejak tahun 1995 hingga sekarang,
usaha tersebut dipegang Suriadi, salah seorang
dari tujuh anak Ukim. Jadi, boleh dikata, Suriadi
adalah generasi keempat pengelola tahu Boen
Keng.


Suriadi yang lulusan Fakultas Ekonomi
Universitas Maranatha, Bandung, mengelola
usaha ini dengan cara yang tidak jauh berbeda
dari leluhurnya. Dia tidak berambisi untuk
mendirikan cabang-cabang usaha di kota lain.
Itu sulit dilakukan karena air di kota lain berbeda
dengan air di Sumedang. Rasanya pasti akan
berbeda. Buat kami, begini saja sudah cukup,
katanya.


(Sumber: Kompas)

[INFO] Mengenal Lebih Dekat Tahu Boen Keng / Tahu Sumedang
tahu sumedang yak?
yg byk sayur"an nya itu
sih, ternyata tahu sumedang ada sejarahnya to

biasanya yang dijual asongan ada boraksnya
Quote:Original Posted By okto95
sih, ternyata tahu sumedang ada sejarahnya to

biasanya yang dijual asongan ada boraksnya

agan penjual tahu sumedang yang ada boraksnya yak? emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By defecat

agan penjual tahu sumedang yang ada boraksnya yak? emoticon-Ngakak (S)


liat reportase inpestigasi gan,ane buyer
Tahu sumedang enak gan
jadi pengen ngemil tahu sumedang emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By defecat

agan penjual tahu sumedang yang ada boraksnya yak? emoticon-Ngakak (S)


Akakakaka Belinya Di Toko Yg Gede Gan jangan Di Asongan Kalo Yg di asongan Biasanya Pake Boroks, eh boraks,, emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By defecat
tahu sumedang yak?
yg byk sayur"an nya itu


Akakakaka Masa sih kaga tau tau sumedang gan,,?? Ane aja Punya lagunya,, emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By givinup
jadi pengen ngemil tahu sumedang emoticon-Matabelo


Hu'uh Gan Enak Pisan Euy.. emoticon-Matabelo
oohhh...banyak juga yah makanan hasil serapan budaya tionghoa.....
ane tinggal di sumedang gan emoticon-Cool
Tahu favorit ane tuh gan..emoticon-Matabelo
wah tahu sumedang itu enak banget gan , favorit ane banget gan
daging tak bertulang <-emoticon-Ngakak paling enak tuh makan tahu sumedang pake lepetnya..sedapppp kwkwkwkw
tahu sumedang memang enak
cocok di pakai makan dengan nasi emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By dewilita
ane tinggal di sumedang gan emoticon-Cool


Abdi di darmaraja sist.. ente dmana? emoticon-Ngakak

Ah gan, di dahar na ngenah pad hujan, haneut² make sambel.... :2thumb

Biasa ane bawa oleh" jang brudak d kosan.. maklum dlu ane kuliah rantau gan... tahu bungkeng hal wajib nu kdu dibawa. emoticon-Ngakak
Kalo bahasa mandarinnya tahu itu takhoah Gan ?
Sumedang asup kaskus euy emoticon-2 Jempol
×