alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54548dd10f8b463c6c8b456f/inilah-penyebab-warna-daging-berbeda-beda
Inilah Penyebab Warna Daging Berbeda-Beda
Inilah Penyebab Warna Daging Berbeda-Beda

Jangan Lupa emoticon-Rate 5 Star
Atauemoticon-Blue Guy Cendol (L)


Spoiler for Cek Repost:


Jika agan bukan tergolong vegetarian, agan tentu pernah, bahkan mungkin sering dan suka sekali makan daging. Ya, banyak jenis daging yang biasa dikonsumsi manusia, mulai dari daging sapi, ayam, kambing, sampai ikan dan hewan laut lainnya.

Bagi yang suka makan daging, tentu tidak susah untuk membedakan daging-daging tersebut karena warnanya berbeda-beda. Sebagian daging cenderung berwarna kemerahan saat mentah dan berubah menjadi kecoklatan saat dimasak.

Inilah Penyebab Warna Daging Berbeda-Beda

Sebagian lagi berwarna merah muda saat mentah dan menjadi putih setelah dimasak. Hmm, kok bisa ya daging-daging hewan ini beda-beda warnanya?

Secara umum, daging hewan itu berwarna kemerahan. Pasti ini karena terdapat kandungan darah hewan dalam daging itu ya? Eh, ternyata bukan itu penyebabnya. Lalu apa dong penyebab warna merah ini?

Penyebab warna kemerahan dalam daging adalah sebuah zat bernama myoglobin. Apakah ada hubungannya dengan zat hemoglobin yang terdapat dalam darah?

Ya, keduanya sama-sama zat yang mengikat oksigen, mengandung zat besi, dan berwarna kemerahan. Bedanya, myoglobin akan mengikat oksigen dan menyimpannya di dalam otot.


Inilah Penyebab Warna Daging Berbeda-Beda

Dengan adanya myoglobin ini, otot dapat menggunakan oksigen kapanpun ia perlu, tanpa harus menunggu pasokan oksigen dari hemoglobin terlebih dahulu. Hal ini sangat menguntungkan terutama saat otot harus melakukan gerakan yang cukup menguras tenaga.

Tiap hewan memiliki kadar myoglobin yang berbeda-beda. Umumnya, semakin aktif hewan tersebut bergerak, semakin banyak pula kandungan myoglobin dalam ototnya. Sapi dan kambing mengandung myoglobin yang cukup banyak, sehingga dagingnya kemerahan.

Beda dengan daging ikan yang mengandung myoglobin lebih sedikit sehingga dagingnya lebih putih. Meski demikian, ikan tertentu yang tergolong perenang aktif memiliki myoglobin yang lebih banyak daripada ikan pada umumnya sehingga dagingnya lebih kemerahan.


Inilah Penyebab Warna Daging Berbeda-Beda

Sementara itu, ayam juga memiliki myoglobin yang sedikit sehingga dagingnya berwarna putih. Akan tetapi, di bagian paha dan leher ayam, myoglobin-nya cukup banyak karena kedua bagian tersebut sering digunakan untuk bergerak. Itulah mengapa daging paha dan leher ayam berwarna kemerahan dibandingkan bagian lain.

Semoga bermanfaat gan emoticon-Toast
Nice share emoticon-Cool
jadi itu
penyebabnya emoticon-Belo
Yang merah banget biasanya dikasih wantek buat baju tuh gan.
Beneran.
ane jadi laper gan emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By cantfly
Yang merah banget biasanya dikasih wantek buat baju tuh gan.
Beneran.


Yang kayak gitu biasanya gak dilalerin ya? emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By damarjp


Yang kayak gitu biasanya gak dilalerin ya? emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Nggak, soalnya laler gasuka wantex.
Kalo sirup marjan masih suka.
Quote:Original Posted By cantfly
Yang merah banget biasanya dikasih wantek buat baju tuh gan.
Beneran.

Woh, ini pelaku pasarnya ya. emoticon-EEK!
Quote:Original Posted By khoirulanvvar
jadi itu
penyebabnya emoticon-Belo


apa gan penyebabnyemoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
nice share gan emoticon-2 Jempol
ikan tuna agak merah gan emoticon-Smilie
oo jadi kalo hemo banyak itu karna faktor kadar oksigen
tapi kalo myog faktor gerak
gitu oom gan emoticon-Big Grin

#cmiiw = cendols me if i'm wrong emoticon-army
gitu yah? trus knapa gambar emot emoticon-Betty harus hijau??