alexa-tracking

Pusak/ Jamah - Tradisi Menjumput Makanan di Komunitas Melayu Kayong Utara

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5454053f1cbfaa07428b456c/pusak--jamah---tradisi-menjumput-makanan-di-komunitas-melayu-kayong-utara
Pusak/ Jamah - Tradisi Menjumput Makanan di Komunitas Melayu Kayong Utara
Quote:

Quote:


Quote:


CEKIDOT

Quote:


Quote:


Spoiler for Bonus:


Spoiler for Bonus 2:

emoticon-I Love Indonesia
emoticon-I Love Indonesia

Quote:


Ane bukan kolektor ijo-ijo gan, tapi ane juga doyan sih kalau ada yg ngasih. emoticon-Malu (S) emoticon-Cendol (S)
pertamax - utk mengenal Bhinneka Tunggal Ika emoticon-I Love Indonesia (S)
Pejwan dong om emoticon-Cool
wiiih, petualangan keren emoticon-Big Grin
Harus terus dilestarikan budayanya sampai anak cucu nih gan emoticon-Matabelo
keren
baru tau ada tradisi pusak
ane bantu emoticon-Rate 5 Star gan
Wah tradisi nya unik gan. Ane setuju dengan prinsip agan yang menghormati yang buat makanan. Jadi walaupun nggak sempat makan banyak, setidaknya tuan rumah udah senang liat kita mencicipi hasil masakannya.
wow
bagus gan, tradisi unik
jalan-jalan nusantara ceritanya nih gan, salut gue
Ane warga kab. kayong utara gan, walopun kaskus regional ane ikut kab. ketapang emoticon-Big Grin Dan tradisi pusak bukan cuma di kayong utara, tapi dg, ketapang juga, pontianak juga, bahkan mungkin seluruh kalbar gan, karena suku melayu tersebar di semua penjuru kalbar, . Pusak itu kalo menurut ane adalah doa gan. Menolak pusak berarti menolak doa, sederhana saja. . . Ngomong2, maen ke tempat ane gan, di kec. Seponti, desa telaga arum emoticon-Smilie . . Ane juga warga kab. ketapang emoticon-Big Grin
Quote:


Iye gan. Nusantara itu sumpah indah banget dari budaya, alam dan orang-orangnya. Jangan sampai yang begini rusak karena hal-hal gak penting. emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


emoticon-Matabelo makasih gan.. ayok jalan-jalan

Quote:

Bener gan. Gak pake basa-basi. Kalopun ikut makan, di sini juga sudah biasa. Hehehe.. Kalo ane cobain pusak dulu, tapi kalo enak lanjotin makan beneran. emoticon-Malu (S)

Quote:


Iye gan. Ane juga baru tahu dimari.
Quote:

Yuk gan, jalan-jalan bareng ane.
Quote:


Widihh.. ada orang dari Kalbar yang nongol. Iye gan. Ane seneng banget bisa ke sana. Udah 3 kali ane main ke Ketapang dan Kalbar. Mungkin tahun depan main lagi pas musim duren. Hehehe.. Duren Gunung Palung kan paling ajib tuh.
Oh gitu ya. Berarti pusak hampir ada di seluruh komunitas Melayu ya. Kalo agan biasa pusak gak? emoticon-Malu (S)
Siap gan. moga2 bisa main lagi kesana. Kalo di Ketapang ane demen soalnya banyak cafe-cafenya.emoticon-Malu (S)

emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


Iya gan, duriannya emang enak gan, daus mini aja sampe ke ketapang buat nyobain durian emoticon-Big Grin , tapi kalo ente ke ketapang tapi blm nyobain makanan yg namanya ale-ale (sejenis kerang), artinya ente belum ke ketapang gan emoticon-Big Grin, kata orang sih gitu emoticon-Big Grin . . Pokoknya banyak kuliner di ketapang & kayong utara gan. . Amplang juga makanan khas dari ketapang. . Oh iya, yg penting ente jgn minum air sungai pawan, . Kalo ente minum, ente bakalan berat banget buat ninggalin ketapang emoticon-Big Grin
Ini tradisi menghargai si pembuat masakan nya
Quote:


Ampe tahu ada Daus Mini gan. emoticon-Malu (S)
Iye, ane sering ke Ketapang tapi belon kesampean makan ale-ale, baru sempet foto di tugu ale-ale. Kalo amplang udah sering makan. Sarang walet juga ajib tuh, tapi mahal gila..
Ane gak tahu tuh ada mitos begituan di Sungai Pawan. Ntar deh, ane cobain minum tuh air, tapi airnya bagus kan. emoticon-Malu (S)
Quote:


Iye gan.
Pernah denger belon gan? Critain di mari dong. emoticon-Malu (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
namanya pusak ya, gan? ane baru tau kl namanya itu.
tp om ane yg tinggal di sekadau, kalbar pernah ngalamin sendiri, gan.
jadi waktu itu dia baru pindah sekeluarga kesana dr jakarta.
pas mampir ke rumah warga lokal, doi ditawarin makanan, tp gak dijamah makanannya. padahal sebelimnya udh ada yg ingitin kl ditawari makanan seenggaknya nyicipin dikit kl gak nanti akan sial.
krn gak percaya jd di diemin aja.
gak lama pulang dr situ om ane ditabrak babi, gan. lukanya lumayan parah. padahal om ane dlm kondisi mengendarai motor dan babinya jalan kaki -_-
trs cerita ke sodaranya yg udh lama tinggal disana katanya lain kali jgn melanggar lg.
tp om ane msh ga percaya. besoknya diulang lg.
eh pas pulang doi nyungnsruk diselokan, entah gimana ane gak ngerti.
pas dr situ barulah percaya.
Kalau di banjarmasin istilahnya "merasani/merasai sedikit, biar kada kapuhunan"... Nah kapuhunan ini istilah kesialan yang diakibatkan tidak merasai makanan yg sdh ada didepan Mata tadi, sama dengan pusak....
Ragam budaya Indonesia gan...
(pejwan klo boleh)
Quote:


Yang bener gan? Ajib bener inih Pusak sakti! Ceritanya susah dipercaya yak. Tapi menurut orang2 sih emang sudah banyak kejadian, sperti juga Om agan itu, bisa2 ditabrak babi.
Memang seharusnya dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Pasti sekarang om agan ga berani lagi langgar pusak.
emoticon-I Love Indonesia