alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5453efe7118b46267f8b4567/5-mitos-keliru-yang-berkembang-di-masyarakat-mengenai-suku-dayak
5 Mitos Keliru yang Berkembang di Masyarakat Mengenai Suku Dayak
Seperti halnya kebudayaan yang lainnya, mitos merupakan sesuatu yang tidak bisa di pisahkan dalam kehidupan berbudaya, entah itu mitos tentang hal gaib atau mitos tentang kehidupan sehari-hari. Begitu juga suku dayak di kalimantan, banyak cerita yang berkembang di masyrakat khususnya masyakarat di luar kalimantan yang salah mengira mengenai suku dayak , dalam arti bahwa mitos tersebut adalah sebuah kekeliruan sehingga menyebabkan membangun sebuah paradigma yang juga keliru mengenai suku dayak, oleh karena itu melalui tulisan saya ini , saya akan memverifikasi kekeliruan mengenai mitos suku dayak.

5 Mitos Keliru yang Berkembang di Masyarakat Mengenai Suku Dayak

Berikut 5 Mitos Keliru yang Berkembang di Masyrakat Mengenai Suku Dayak :


#1 Jangan Macam-Macam dengan orang dayak, Orang dayak Sakti ?
5 Mitos Keliru yang Berkembang di Masyarakat Mengenai Suku Dayak
Dayak itu sakti ? mitos tentang hal ini menjadi sangat populer semenjak kejadian di sambas dan sampit. Tapi benarkah bahwa orang dayak itu sakti ? Ya benar tapi tidak sepenuhnya benar. Sama halnya dengan sesepuh-sesepuh suku lainnya, pasti mereka juga memiliki kekuatan yang bisa di katakan sakti, begitu juga suku dayak , hanya segelintir orang dayak saja yang bisa di katakan sakti telebih jika mereka merupakan menganut kepercayaan kaharingan. banyak teman2 yang notabene sebagai orang dayak, tidak meiliki kekuatan apa-apa, yang kami miliki adalah kekuatan untuk percaya kepada Tuhan , karena kekuatan Tuhan lebih besar dari segalanya. Kesimpulannya , hanya sebagian kecil saja orang dayak yang sakti.



#2 Suku Dayak Bringas dan Kejam
5 Mitos Keliru yang Berkembang di Masyarakat Mengenai Suku Dayak
Nah, mitos ini juga berkembang seperti halnya mitos pada poin pertama. Apakah benar suku dayak it u bringas dan kejam ? Jika anda kepasar ketemu banyak preman terus malak anda ? Anda bisa mengatakan bahwa mereka kejam, ketika anda tahu bahwa meraka adalah suku jawa, apakah suku jawa itu kejam ? tidak, saya rasa suku paling sopan di Indonesia adalah suku jawa. Begitu juga dg suku dayak, hanya karena kelakuan segelintir orang yang melakukan tindakan kekejaman , banyak yang menghakimi bahwa suku dayak adalah kejam. Padahal tidak begitu, jika anda benar-benar memahami suku dayak , maka di kalimatan secara khususnya anda akan menilai bahwa suku dayak adalah suku paling ramah setelah suku jawa. Adapun ketika orang dayak marah , ngamuk dan sebagainya, itu merupakan bentuk perlawanan , mungkin hal itu juga terjadi kepada anda, jika anda tidak salah, tiba-tiba anda di pukul, di hajar dan di tendang, apakah anda diam saja, pasti ada bentuk perlawanan yang akan anda lakukan bukan.Intinya adalah jika anda ingin merasakan keramahan hati orang dayak, cobalah ke kalimantan dan rasakan tali persaudaraan. Jadi jangan takut ke kalimantan.



#3 Pola pikir suku dayak masih primitif , ketika nyawa di bayar nyawa
5 Mitos Keliru yang Berkembang di Masyarakat Mengenai Suku Dayak
Kejadian sambas dan sampit merukan sebuah kejadian yang banyak sekali menimbulkan mitos-mitos yang keliru ya, ketika saya berada di forum , saya banyak menemukan banyak yang berpendapat bahwa suku dayak itu primitif ketika nyawa di bayar nyawa. Sekali saya tegaskan bahwa hal ini adalah adanya oknum-oknum yang senang sekali melihat pertikaian antar suku khususnya yang menyangkut dengan suku dayak yang sedang bertikai dengan suku lain. Di dayak ada namanya hukum adat, dan di hukum adat tersebut ada sebuah penyelesaian secara damai ketika 2 kubu yang bertikai dapat bertemu dan berbesar hati. Tidak ada yang namanya nyawa di bayar nyawa, ini mitos yang di buat-buat yang membuat paradigma bahwa suku dayak ini masih primitif.



#4 Tidak bisa Pulang ke kampung halaman karena gadis dayak
5 Mitos Keliru yang Berkembang di Masyarakat Mengenai Suku Dayak
Nah, ini konyol, ada mitos yang mengatakan bahwa ketika ke kalimantan dan bertemu gadis dayak, maka si laki-laki tersebut tidak bisa pulang ke kampung halaman sehingga jadi linglung dan bingung, tapi benarkah ? benar, jika di liat dari sisi postif. Sudah bukan hal umum jika wanita dayak itu cantik-cantik sehingga banyak laki-laki yang sangat menikmati hidup di kalimantan sehingga banyak yang enggan pulang ke kampung halamannya. Hal itu bukan berarti bahwa gadis dayak itu angker sehingga tidak bisa pulang ke kampung halamannya.


#5 Mr. P bisa hilang jika macam-macam dengan Gadis Dayak
5 Mitos Keliru yang Berkembang di Masyarakat Mengenai Suku Dayak
Ini juga salah satu mitos keangkeran gadis dayak yang juga keliru. di suku lain juga bisa melakukan hal ini yang biasa di sebut santet. Bayangkan jika di jawa, anak anda wanita di apa-apain dan ketika anda kalap maka bisa saja anda kedukun untuk menghilangkan mr. P . Hal ini bisa saja terjadi di manapun bukan karena gadis dayak yang menyebabkan hal ini dan selama di kalimantan saya belum pernah mendengar informasi secara nyata mengenai Mr. P yang hilang karena gadis dayak. Jadi ini mitos yang sangat keliru .

Intinya adalah banyak sekali mitos dan pandangan yang berkembang di masyakarat. Teserah anda mau percaya atau hanya menganggapnya hoax saja , namun yang pasti anda tidak akan pernah tahu kebenarannya terlebih tentang mitos mengenai suku dayak jika anda benar-benar tidak hidup di lingkungannya .

oh ya gan satu lagi gan, dikalimantan bahasa yang umum digunakan adalah bahasa banjar bukan bahasa dayak yang merupakan suku mayoritas di kalimantan. Dan TS ga tw kenapa hal itu bisa terjadi emoticon-Ngakak

Terakhir saran ane, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung.
dimana pun agan agan berada taatilah aturan2 dan adata istiadat yang berlaku di daerah tersebut, karena ga hanya di kalimantan aja yang punya segudang mitos tapi daerah lain termasuk jawa pun juga banyak mitos2 mengerikan yang ada di kehidupan masyarakatnya


dan inilah keindahan binian dayak mulai dari yg alus, sedang, dan acil2 emoticon-Ngakak
5 Mitos Keliru yang Berkembang di Masyarakat Mengenai Suku Dayak

5 Mitos Keliru yang Berkembang di Masyarakat Mengenai Suku Dayak

5 Mitos Keliru yang Berkembang di Masyarakat Mengenai Suku Dayak

5 Mitos Keliru yang Berkembang di Masyarakat Mengenai Suku Dayak

5 Mitos Keliru yang Berkembang di Masyarakat Mengenai Suku Dayak
Ngamanin pertamax, baru nyimak
emoticon-Cape d...sue
gadis dayak cantiknya kaya mana sih gan?penasaran emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By ricoeka
gadis dayak cantiknya kaya mana sih gan?penasaran emoticon-Matabelo


yang jelas putih2 gan
emoticon-Ngakak
njiiir yang terakhir baru denger ane gan, si otong bisa lenyap gara-gara macem-macem ama cewek emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
tambahin gan
dayak biasa makan musang / daging anjing

ga sepenuhnya bnr, ane prnah tinggal di pontianak emang ada yg makan itu, tapi ga semua emoticon-Big Grin
biarpun cuman mitos, tapi ngeri dah kalo udah tentang suku dayak 5 Mitos Keliru yang Berkembang di Masyarakat Mengenai Suku Dayak
Quote:Original Posted By piusalim
njiiir yang terakhir baru denger ane gan, si otong bisa lenyap gara-gara macem-macem ama cewek emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


mitos aja sih tu gan,
mitos tu ada biar lelaki pendatang ga ada yang macem2 ma cewek dayak
Quote:Original Posted By navy0333
tambahin gan
dayak biasa makan musang / daging anjing

ga sepenuhnya bnr, ane prnah tinggal di pontianak emang ada yg makan itu, tapi ga semua emoticon-Big Grin

kalo anjing mah banyak gan yang makan ga cuma suku dayak

Quote:Original Posted By iput96
biarpun cuman mitos, tapi ngeri dah kalo udah tentang suku dayak 5 Mitos Keliru yang Berkembang di Masyarakat Mengenai Suku Dayak

ngeri kenapa gan?
kalo banjar itu dayak bukan gan ? mantan ane masih ada keturunan banjar, cakep, putih + mulus gan emoticon-Genit tapi sayang, doi dah sama yg lain emoticon-Turut Berduka
Quote:Original Posted By l.l.l.l

kalo anjing mah banyak gan yang makan ga cuma suku dayak


oh iya kah gan? emoticon-Bingung (S) kirain di ponti dominan dayak sama orang kota pindahan emoticon-Big Grin
emoticon-Big Grin orang pontianak yah ? gue juga orang pontianak, tapi bukan dayak emoticon-Embarrassment
yg terakhir ngeri tuhh emoticon-Takut
Quote:Original Posted By anton276
kalo banjar itu dayak bukan gan ? mantan ane masih ada keturunan banjar, cakep, putih + mulus gan emoticon-Genit tapi sayang, doi dah sama yg lain emoticon-Turut Berduka

kalo banjar kayaknya ada hubungan juga gan sama dayak, kalo di kalteng dayak yang muslim umumnya menyebut dirinya melayu .
cmiiw

Quote:Original Posted By navy0333


oh iya kah gan? emoticon-Bingung (S) kirain di ponti dominan dayak sama orang kota pindahan emoticon-Big Grin

ga maksud ane yg makan begituan dari suku lain juga banyak gan, contoh manado

Quote:Original Posted By l.l.l.l


yang jelas putih2 gan
emoticon-Ngakak


malah jadi penasaran nih ane gan
boleh minta pict nya ganemoticon-Ngakak
om ane itu suku dayak asli gan dan masih keturunan raja disana. di kalimantan perdalaman itu asik bgt gan orang orangnya, ane pertama kesana takut gan. tapi setelah ane teliti disana itu orangnya asik semua. mereka orang pendalaman paling ngga suka sama orang yg padahal mau tapi bilang ngga mau anggep munafik lah, mereka suka orang yg apa adanya. ane disana sering ditawarin minuman keras gan. nah kalo ditawarin minuman kaya gitu ente terima gan. kalo kaga ente bakal dijauhin dan ngga bakal ada teman. karna mereka memegang erat kesolidaritasan. jadi saran ane kalo ke sana jgn jadi orang yg munafik. mereka terima kita apa adanya, mau jahat mau baik semua dimata mereka sama dan kalo ente mau memberikan sesuatu ke mereka cukup yg sederhana aja gan. dikasih kaca aja senengnya bukan main mereka. kalo dikasih yg mewah mewah sayang gan. kaga ngerti mereka juga haha. paling cuma sedikit yg paham.
mau dong kaka kenalan sama ciway dayak... emoticon-Matabelo
Mulustrasinya kurang nih gan emoticon-Cool
Om nya temen ane nikah sama wanita suku dayak, dia bilang mr P nya ngga bisa bangun kalo bukan sama bininya gan.
×