alexa-tracking

Kalongking - atraksi dari seniman Kabupaten Bojonegoro

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54537ca1c0cb1783458b4567/kalongking---atraksi-dari-seniman-kabupaten-bojonegoro
Kalongking - atraksi dari seniman Kabupaten Bojonegoro - Ngeriii......
Spoiler for Bismillahirrohmanirrohim, semoga tidak repost, :


apakah ANda sudah mengenal kalongking, kalongking itu berasal dari nama hewan yaitu kalong, atau hewan berwujud kelelawar yang ukurannya lebih besar, ya kalongking namanya, mari kita baca sejenak tentang kesenian Sandur dan atraksi Kalongkingnya ...

Semoga Pemerintah Daerah dan Pusat memperhatikan Budaya Lokal, mumpung belum terlanjur dicuri sama Negara tetangga....

Berani mencuri kesenian sandur ??? siap berhadapan dengan masyarakat Bojonegoro. INdonesia pada umumnya emoticon-I Love Indonesia (S)

Spoiler for Kalongking Pemberani:


Spoiler for Berputar di atas ketinggian:



Spoiler for Turun dengan menjungkir badan:


Spoiler for Lirik Lagu Kalongking:

Kalongking - atraksi dari seniman Kabupaten Bojonegoro

Alunan tembang dengan iringan musik tradisional kesenian sandur, menyisir bengawan penuh semangatnya. Konsistensi penampilan sepanjang rute Parade Perahu Hias, membuat warga Bojonegoro tidak mengedipkan mata. Sorak sorai dari pinggir Bengawan Bojonegoro diberikan kepada peserta dari Desa Ledok Kulon tersebut.

Atrakasi di atas perahu itu sebut saja kalongking, ya kalongking adalah atraksi kesenian tradisional sandur. Biasanya dimainkan ketika pentas sandur akan berakhir. Sandur merupakan kesenian asli berasal dari daerah Bojonegoro. Sandur dari kata mesiSAN ngeDUR yang artinya sekalian sampai tuntas. Pada zaman dulu pementasan ini biasanya dimainkan setelah isya hingga menjelang pagi. Begitulah ceritanya mengapa kesenian ini dinamakan kesenian sandur.

Spoiler for Kalongking menyisir Bengawan dalam Festival Bengawan Bojonegoro:


Kesenian sandur dimainkan oleh 5 tokoh utama yaitu, Germo, Tangsil, Petak, Balong dan Cawik, dengan didukung oleh panjak hore. Pembukaan dalam pentas sandur dibuka dengan kesenian jaranan, dan diakhiri dengan atraksi kalongking. Kalongking berasal dari kata Kalong yaitu hewan yang menyerupai kelelawar tetapi dalam bentuk dan ukuran yang lebih besar. Digambarkan bahwa hewan tersebut sedang menikmati hasil bumi, mencuri hasil panen milik warga. Naik di atas pohon, makan, tidur, dan bergelantungan, itulah karakter yang dimiliki hewan tersebut.

Spoiler for Atraksi di atas perahu:


Pada atraksi kali ini berbeda seperti yang sebelumnya. Karena pentas sandur biasanya dimainkan pada lapangan yang terbuka, datar dan luas. Atraksi yang dilakukan kalongking kali ini adalah menyisir Bengawan Bojonegoro. Parade perahu hias dijadikan momen oleh para seniman sandur untuk memperkenalkan kepada masyarakat Bojonegoro. Atraksi di atas perahu tersebut dilakukan oleh para ahli, yang mana dalam beratraksinya seniman kalongking tidak menggunakan pengaman. Naik dengan memanjat, berputar, bergelantungan dan turun dengan cara badan terjungkir.

Spoiler for Peserta Perahu Hias:


Angin yang semilir, arus air yang mengalir melengkapi Indahnya Bengawan Bojonegoro. Membuat masyarakat sejenak ibarat di hipnotis oleh bengawan dan beberapa perahu hias yang lewat. Terlebih saat rombongan Kesenian Sandur dari Desa Ledok Kulon sedang menunjukkan keahliannya.


sumber : http://www.masnonok.com/2014/10/kalo...ojonegoro.htmlemoticon-I Love Indonesia (S)
keren
bisa ga jatuh ya
sudul... emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss
Quote:


ia gan,,, padahal tanpa pegangan, itu kalau masuk finish malah putar2 badannya di atas tali
Bener-bener kaya kalong ya gan..
sesuai sama namanya,,,
tapi ngeri juga tuh klo sampe jatoh gan
Quote:


ia gan,,,, mitosnya yang bisa atraksi kalongking itu hanya anak muda dari desa ledok kulon, saya tinggal di desa pacul pengen atraksi kalongking jadi minder takut jatuh,,,, soalnya bukan domisili desa ledok kulon
ngeri juga ya gan emoticon-Matabelo

emoticon-frogemoticon-televisi
Quote:


ia gan... takut dech kalau mw atraksi naik di ketinggian
kalo jatuh bahaya tuh
bahaya juga nih kalo ga belajar dulu
Quote:


alhamdulillah ndak pernah jatuh mas... mari kita warisi budaya leluhur
Quote:


btw ini masih belom terekspos ya gan?
belom pernah anu di tipi gitu?
kok ane baru tau soalnya emoticon-Hammer

emoticon-frogemoticon-televisi
Quote:


ya harus belajar gan.... kayaknya sih seniman kalongking sudah terbiasa, dan keliatannya ndak pernah belajar, bakat alam mungkin gan...
Quote:


ekstrim ya gan.... emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
Ane pernah tinggal disana, tp kok gak pernah tau ya gan emoticon-Hammer2
Quote:


belum gan... sedikit melemah di daerah bojonegoro, tapi akhir-akhir ini banyak para pelajar SMA yang latihan kesenian sandur...

EKSTRIM SEKALI
Quote:


kalau mampir ke bojonegoro, sms aja gan 08563213002, ntar kalau ada kesenian sandur lagi performance ayo liat bareng emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


ekstrim apa eskrim gan, hehehehe, just kd...
Quote:


moga2 kalau atraksi gak jatuh gan... heheheheemoticon-Ngakak