alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54532f4a0d8b46e41e8b456e/sejuta-kenangan-krl-ekonomi
Thumbs up 
Sejuta Kenangan KRL EKONOMI
[img]https://fbcdn-sphotos-b-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/1004815_551237854933656_1957404465_n.jpg[/img]

SEJUTA KENANGAN KRL EKONOMI emoticon-Sorry emoticon-I Love Indonesia (S)

Ekonomi ya namanya saja ekonomi pasti terjangkau sekali mungkin di benak ente saat di stasiun dari bogor - jakarta kota membayangkan jika KRL EKONOMI KEMBALI BEROPRASI ? KRL EKONOMI SIAPA SIH YANG GAK KANGEN ? DIA ANTARA AGAN2 PASTI ADA YANG RINDU SEKALI NAIK KERETA INI MESKIPUN SANGAT MINIM TAPI MENYIMPAN BANYAK KENANGAN Pintunya tidak dapat menutup, keretanya gelap karena lampunya hilang, kipasnya sebagian besar sudah tidak terdapat baling-balingnya, atapnya penuh tambalan, dan lantainya kotor, seperti itulah wajah KRL kelas ekonomi yang beberapa waktu lagi akan ditarik dari lintas Bogor dan Bekasi.

PENJELASAN
KRL Ekonomi, atau beberapa orang menyebutnya Rheos mulai didatangkan pada tahun 1976,fresh dari pabrik Nippon Sharyou di Jepang. Petualangannya di Jabotabek sangat panjang, dimulai dari era PJKA yang dilanjut ke era PERUMKA, PT KA, dan akan segera berakhir di PT KAI. Livery silih berganti, penumpang dari generasi ke generasi, kondisinya dari pintu otomatis masih berfungsi hingga pintunya macet seperti sekarang ini.

Bagi para pengguna setianya, KRL ekonomi bukanlah sekadar kereta, banyak cerita dan kenangan di KRL tanpa AC tersebut. Mulai dari kenangan lucu, menyebalkan, hingga menakutkan pun ada. Bagi saya pribadi krl ekonomi sangat mengasikan gan terutama saat melaju cepat dan angin dari luar masuk ke dalam gerbong rasanya semeriwing gan emoticon-Peluk

Tetapi kenangan pahit kereta ini juga ada apalagi saat jam2 sibuk kantor kereta ini penuh sesak sekali sampai ada yang naik ke atap gan contohnya ini
Sejuta Kenangan KRL EKONOMI

bisa dibilang KRL ini punya keunikan sendiri, dimana KRL ini lebih mirip pasar berjalan daripada kereta. Begitu banyak orang yang berjualan; mulai dari minuman, tahu sumedang, casing HP, karet rambut, lem, dan bahkan salak dan anggur pun dijajakan didalamnya. Tidak hanya pedagang, pengamen pun silih berganti wara-wiri di dalam kereta, tidak hanya bermodal gitar saja, bahkan ada yang ngamennya sangat niat, mereka membawa gitar listrik, keyboard, hingga equalizer ke dalam kereta untuk mengamen selama 3-5 menit.

FAKTA KERETANYA
Suasana di dalam KRL ini bisa dibilang lebih cair dibandingkan dengan KRL ber AC, yang karena dinginnya AC orang lebih suka tidur atau menyumpal telinganya dengan earset mereka. Di dalam rheos, orang dengan bebas mengobrol, tertawa, atau bahkan di level absurd yang sangat tinggi mereka bermain kartu atau gaple meskipun KRL dalam kondisi penuh, hal yang tidak dapat dijumpai dalam KRL ber AC. Satu hal lagi yang membuat KRL ini lain dari yang lainnya: atapers! Sampe Jakarta Cuma 2ribu perak, siapa yang ga mau naik? Orang berbondong-bondong masuk ke dalam rangkaian, memenuhi ruangan kereta hingga pintu diganjal, dan bila ruangan kereta sudah penuh, mereka dengan cekatan bak spiderman memanjat body kereta dan duduk atau bahkan tidur dengan nyaman di atap kereta, tidak sedikit korban kena setrum atau jatuh, tapi mereka tidak pernah kapok!

KRL INI JUGA sudah sangat tua dan sering “mogok” di tengah rel sehingga kereta lain juga ikutan tersendat akibat KRL yang sering mogok. Banyak kenangannya kereta ini. Bagi saya, kereta ini sudah berjasa mengantarkan para mahasiswa yang kurang mampu untuk beli tiket KRL Ekonomi AC (yang saat itu masih berlaku, harganya Rp5500 dibanding Rp1000-Rp2000 untuk KRL Ekonomi Non-AC). Pengalaman saat itu benar-benar susah-sedihnya saya kuliah. Kondisi kereta yang sudah dari stasiun Bogor dan Cilebut penuh sesak dengan penumpang, saya nekat naik demi tidak terlambat kuliah. Kondisi di dalam gerbong pun sangat sesak. Boro-boro bisa pegangan, bergerak saja susah karena dari segala arah penumpang sudah mengepung saya sehingga tidak bisa berbuat apa-apa selain diam dan tetap memegang tas saya.KRL ekonomi rawan kejahatan, sudah dua kali saya kecopetan.

KERETA INI PERNAH KECELAKAAN GAN
*Tragedi Bintaro 19 Oktober 1987
Selarik penggalan lagu 1910 yang dilantunkan Iwan Fals mengingatkan publik terhadap Tragedi Bintaro pada Senin pagi 19 Oktober 1987. Kala itu kereta api ekonomi nomor 225 jurusan Rangkasbitung-Tanah Abang bertabrakan dengan KA 220 rute Tanah Abang-Merak di Bintaro, Pondok Betung, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
Jumlah korban tewas yang mencapai 156 orang dan sekitar 300 penumpang terluka jelas meninggalkan catatan kelam bagi dunia perkeretapian di Indonesia. Peristiwa pada 26 tahun silam itu bahkan turut menyita perhatian publik dunia.
Penyelidikan setelah kejadian menunjukkan adanya kelalaian petugas Stasiun Sudimara yang memberikan sinyal aman bagi kereta api dari arah Rangkasbitung. Padahal tidak ada pernyataan aman dari Stasiun Kebayoran. Hal ini dilakukan karena penuhnya jalur di Stasiun Sudimara.

*Tragedi Bintaro II 9 Desember 2013
Kini, tragedi Bintaro berulang. Pada Senin (9/12/2013) sekitar pukul 11.15 WIB di lokasi yang tak jauh dari Tragedi Bintaro 1987 atau berjarak 200 meter, truk pengangkut BBM milik Pertamina dihantam KRL (commuter line) jurusan Serpong-Tanah Abang.
Awalnya, truk pengangkut bahan bakar tersebut diduga mengabaikan sirene. Kemudian, kendaraan itu melintasi perlintasan Pondok Betung, Jakarta Selatan dan dihantam KRL (commuter line) jurusan Serpong-Tanah Abang.
Akibatnya, truk dan gerbong khusus wanita di bagian depan rangkaian kereta terbakar. Tercatat 8 orang tewas dan sekitar 50 orang lainnya terluka dalam insiden yang mengejutkan masyarakat itu.
Selain 2 peristiwa tersebut, ada 3 kecelakaan kereta di jalur Jabodetabek atau Jakarta Depok Bogor Tangerang yang juga menimbulkan jatuhnya korban jiwa.

*Tabrakan Kereta di Ratu Jaya, Depok, 2 November 1993
Ketika itu, 2 KRL ekonomi bertabrakan di Desa Ratu Jaya, Depok, Jawa Barat. Benturan keras membuat kedua kepala KRL mencuat ke atas, hampir setinggi 3 meter. Sebelum tabrakan, KRL 520 berhenti di Stasiun Depok Lama, sedangkan KRL 531 di Citayam. Sebanyak 20 penumpang tewas dan 100 orang lebih luka-luka.
2 Stasiun kecil itu dihubungkan dengan rel tunggal (single track). Dalam persidangan terbukti petugas pengatur perjalanan kereta api (PPKA) Stasiun Depok Lama dan PPKA Stasiun Citayam itu dinilai lalai, sehingga terjadi tabrakan 2 kereta. Masing-masing dihukum 3 tahun penjara.
Semenjak tabrakan kereta di Depok itulah, pemerintah kemudian memutuskan membangun double track atau jalur ganda yang dimulai dari jalur Jakarta-Bogor.

*Tabrakan Kereta di Bogor, 4 Oktober 2003
Saat itu kereta Jabotabek nomor 490 menubruk KRL 488 yang berhenti mendadak di Kelurahan Kebon Pedes, Kota Bogor. 2 Kereta itu sama-sama dari arah Bogor dengan tujuan Jakarta dengan waktu keberangkatan berselang 10 menit. Kecelakaan ini menelan 1 korban jiwa, sedangkan 45 orang mengalami luka berat dan ringan.
Penyebabnya seorang penumpang menarik tuas rem darurat, sehingga kereta kereta 488 berhenti mendadak lalu akhirnya ditubruk kereta nomor 490. Selain itu, sinyal di Blok 104 tidak berfungsi.


*Tabrakan Kereta di Ratu Jaya, Depok, 20 September 1968
Jauh sebelumnya, tepatnya 20 September 1968, tabrakan kereta terjadi di Desa Ratu Jaya, Depok, Jawa Barat, sehingga menewaskan 116 orang. Tabrakan itu melibatkan kereta api Bumel dengan sebuah kereta api cepat.
Dalam rentang 3 dekade terakhir, banyak terjadi tabrakan serupa yang terjadi di jalur kereta Jabodetabek. Kendati, tak sampai mengakibatkan nyawa melayang.
Dan boleh dibilang, unsur kesalahan manusia mendominasi 5 kecelakaan maut di jalur kereta yang sehari-hari dipadati kaum komuter tersebut. Mulai dari menerobos palang pintu perlintasan kereta hingga kelalaian petugas.


Nostagia Foto kenangan
Sejuta Kenangan KRL EKONOMI
Sejuta Kenangan KRL EKONOMI
Sejuta Kenangan KRL EKONOMI
Sejuta Kenangan KRL EKONOMI
Sejuta Kenangan KRL EKONOMI
Sejuta Kenangan KRL EKONOMI
Sejuta Kenangan KRL EKONOMI
Sejuta Kenangan KRL EKONOMI
Sejuta Kenangan KRL EKONOMI
Sejuta Kenangan KRL EKONOMI

NAH ITU GAN YANG BISA ANE TULIS DI TREAD ANE SEMOGA AGAN BERNOSTAGIA MENGENANG MASA LALU KERETA EKONOMI DAN MAJU TERUS PERKERETAAPIAN INDONESIA SEMOGA MENJADI LEBIH BAIK DARI SEBELUMYNYA #SALAM KRLMANIA ANE HARAPKAN emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star



wahwahawh
w biasany naik bus gan
sekarang cuma jd gunungan sampah rongsokan gan di purwakarta emoticon-Matabelo
tragedi bintaro ngeri tuh.. yg kepala vs kepala ihhh emoticon-Takut
sekarang lebih tertib dan nyaman
ga da lagi atapers, dagangers, ngameners di Comlin
KAI sudah berbenah....!!
Kenangan yang tak terlupakan. Semoga Threadnya jadi HT ya gan. emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By R 3 X
Kebanyakan kenangn kecelakaan ganemoticon-Takut


maksudnya hamil gan? diatas kereta gitu?
sekarang udah rapi gan comuterline udah bagus kali...emoticon-Cape d...
ane gk pernah naik kereta gan , karna dlu kan gk gitu aman.
tpi kata temen ane skrng uda bagus dan aman yah kereta di Jakarta, mungkin lain kali ane mau jalan2 naik kereta aja emoticon-Big Grin
naik KRl ampe segitunya, ampe ke atap emoticon-Cape d... (S) apa ga bahaya tuh
emoticon-Matabelo
itu orang semua...
ga sayang ma nyawa ya
skr lebih baik gan dan sudah agak k urus sedikit di stasiun/gerbongnya. daripada dulu sebelum CL, ampun deh emoticon-Cape d...
ane ga pernah naek krl lebih sering pake bus gan. emoticon-Sorry
Kereta Sarang nya COPET nih gan emoticon-army
Sejuta Kenangan KRL EKONOMI
kenangan buruk bagi bangsa Indonesia melihat SDM nya seperti itu emoticon-Cape d... (S)
Syukur deh udah gak ada lagi serperti itu
emoticon-Angel
Gak pernah naik kreta emoticon-Mewek
Awak pernah naik kereta ini waktu tinggal di Jakarta dua bulan. Seru juga, walau desak2an kayak ikan asin di dalam gerbong dikala pagi hari, saat awak berangkat menuju peraduan demi sesuap nasi.

---SUPERBONDAGE---
mending krl skrg yg commuter line gan emoticon-Shakehand2
lebih tertib dan manusiawi
ga ada asep, ga ada preman, pengamen, lebih nyaman lagi
harganya pun ga terlalu mahal sekitar 7000-10000 termasuk tiket kartu jaminan yg bisa dikembalikan seharga 5000
nais share
mwahahahahah kreta zaman ane bgt ni...

ngrasain bgt naik kreta gratis..
naik kreta 2 gerbong dpn or belakang d tutup pintu masuk nya biar bs pd main gaplek..
bs ada 5 lebih tanding gaplek..
kadang klo malem smp ada yg joget dangdut d gerbong itu..
cwo mayoritas duduk d lantai kreta..bangku khusus buat wanita..
khusus d buka buat anggota aja..

kereeeeen ni bikin ane jg gagal move on...