alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54530a01de2cf24c118b4578/sayang-bangetwarga-tak-tahu-stasiun-tanjung-priok-tak-beroperasi
[Sayang Banget]Warga Tak Tahu Stasiun Tanjung Priok Tak Beroperasi
TEMPO.CO, Jakarta - Penghentian operasional Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, oleh PT Kereta Api Indonesia sejak 25 Oktober lalu belum banyak diketahui para penumpang. Sejumlah warga masih mendatangi stasiun itu untuk membeli tiket.

Salah satunya adalah Suratmi, 60 tahun, warga Jalan Warakas 9 RT/RW 09/11, Jakarta Utara. "Saya mau beli tiket kereta Bengawan tujuan Kutoarjo, tapi dikasih tiket Kutojoyo dari Pasar Senen," kata Suratmi di Stasiun Tanjung Priok pada Senin, 27 Oktober 2014.

Suratmi mengatakan dia biasa berangkat minimal dua bulan sekali dari stasiun itu menuju kampung halamannya di Kutoarjo. Menurut Suratmi, saat dia menumpang kereta Bengawan, cukup banyak penumpang yang naik dari Stasiun Tanjung Priok. Begitu pula saat kembali. Sedikitnya, kata Suratmi, ada 50 penumpang dari stasiun itu.

Meski harga tiket kereta Kutojoyo dari Pasar Senen lebih murah, yakni Rp 40 ribu, Suratmi tetap lebih memilih kereta Bengawan dari Stasiun Tanjung Priok yang harganya Rp 50 ribu. "Pasar Senen jauh sekali dari rumah saya, harus berangkat pagi-pagi sekali," ujar dia.

Selain itu, dia juga harus mengeluarkan ongkos yang lebih banyak untuk mencapai Stasiun Pasar Senen di Jakarta Pusat. Biasanya cukup dengan Rp 3.000, Suratmi sudah sampai di stasiun. Dengan perubahan ini, dia harus menyambung angkutan umum hingga tiga kali. "Belum lagi kalau anak dan cucu saya ikut mengantar, lebih banyak lagi pengeluaran," ujar Suratmi.

Dia pun tidak tahu-menahu perihal perubahan itu hingga mendatangi langsung Stasiun Tanjung Priok. Sosialisasi hanya dilakukan PT KAI dengan menempel pemberitahuan melalui satu spanduk ukuran 2 x 3 meter di stasiun.

Penumpang lain, Riris Damayanti, 31 tahun, turut menyayangkan ditutupnya Stasiun Tanjung Priok. Dia mengkhawatirkan pengalihan penumpang ke Stasiun Pasar Senen akan membuat stasiun semakin padat. "Saya berharap ada peningkatan kualitas pelayanan di Stasiun Pasar Senen dan antisipasi kepadatan jalur kereta," katanya.

Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi Satu (Daop I) Agus Komarudin mengatakan pengalihan itu dilakukan untuk mengoptimalkan waktu perjalanan kereta jarak jauh. Selain itu, jumlah penumpang yang berangkat dari atau menuju Stasiun Tanjung Priok tidak signifikan. "Sehari hanya ada 40-50 orang yang berangkat dari Stasiun Tanjung Priok. Bahkan, untuk kedatangan, kereta yang menuju stasiun itu sudah kosong," kata Agus.

http://www.tempo.co/read/news/2014/1...tak-beroperasi

sayang banget gan stasiun terbesar dan termegah se indonesia akhirnya dihentikan operasional KA penumpang jarak jauhnya emoticon-Berduka (S)
bakalan di kuasain sama gembel, preman & jablay lagi kayaknya nih stasiun

padahal kemaren2 ane pulkam PP dari priok ke kebumen masih banyak bgt koq yang naek turun disini!