alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5452ee8e1cbfaaf47a8b4577/mengapa-dunia-usaha-umumnya-mendukung-pencabutan-bbm-bersubsidi
Mengapa Dunia Usaha Umumnya Mendukung Pencabutan BBM Bersubsidi?
Setiap rencana kenaikan harga BBM bersubsidi pasti menghasilkan pro kontra yang luar biasa tajam. Namun satu hal yang menarik adalah dari media kita lihat para pengusaha umumnya selalu kompak mendukung (kecuali pengusaha selundup BBM tentunya emoticon-Ngakak). Padahal bukankah dengan adanya kenaikan harga otomatis mereka akan kena imbasnya juga karena karyawan pasti akan meminta kenaikan gaji imbas dari kenaikan harga-harga kebutuhan pokok? Namun mengapa kebijakann ini tetap didukung?
Mungkin beberapa hal berikut menjadi latar belakangnya:

1. BBM untuk industry harganya berbeda dengan BBM yang kita gunakan untuk transportasi, sehingga biaya produksi tidak akan berubah dengan kenaikan BBM subsidi.

2. Jika BBM tidak naik, maka pemerintah akan berburu di kebun binatang, artinya pemerintah akan mencari-cari lagi potensi pajak yang belum optimal atau menaikkan lagi pajak yang sudah ada (cara yang paling mudah tentunya). Industri tembakau biasanya menjadi korban pertama.

3. Jika BBM naik, subsidi akan dialihkan ke sektor lain, misalnya infrastruktrur. salah satu biaya terbesar industri di negara kita adalah biaya logistik, hal ini diakibatkan oleh infrastruktur jalan yang sangat parah. Lancarnya pengiriman barang akan menurunkan biaya logistik yang tentu saja sangat menguntungkan pengusaha.

4. Pemerintah akan menambah hutang. hal ini berkaitan dengan no 2 diatas. jika pemerintah mengalami defisit anggaran solusi lainnya adalah dengan menambah hutang, solusi jangka pendek tapi efeknya jangka panjang, karena energy pemerintah akan terkuras untuk membayar bunga. Sehingga pemerintah akan melirik kembali no.2 diatas

5. Jika BBM naik, pembiayaan ekonomi sektor ril akan bertambah, yang tentu saja berakibat pada peningkatan pendapatan. Peningkatan pendapatan tentu saja peningkatan konsumsi yang pastinya menguntungkan dunia usaha (perlu dicatat bahwa Negara kita merupakan salah satu Negara terkonsumtif didunia)

Namun dalam jangka pendek memang kebijakan kenaikan BBM bersubsidi akan menyebabkan inflasi yang cukup besar, oleh karena itu biasanya pemerintah akan menunggu timing yang tepat untuk melaksanakannya....

Demikian analisa dari newbie yang tak seberapa.kurang lebihnya mohon dianalisa dan dimaafkan....mohon ditambah dari agan-agan sekalian......
Pertaaamaax Gan! emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

It's all about the money dan kelangsungan hidup. Semoga setiap kenaikan biaya bisa memberi kenaikan pendapatan untuk semua ikhtiar yang dilakukan masyarakat. Serta kualitas hidup makin membaik.

Jika tidak.. Wassalam!
kalau ane naik berapapun, belinya tetep 10rebu kakak emoticon-Big Grin

Mengapa Dunia Usaha Umumnya Mendukung Pencabutan BBM Bersubsidi?
analisa ekonom nih emoticon-Belo
Yang ane takutin itu kira2 nanti JNE bakal naik gak yaa...
Klo naik bisa berabe uga soalnya nih emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
Tapi semoga aja enggak deh emoticon-Big Grin
Ini mantap, bisa menganalisa dengan baik. emoticon-I Love Indonesia (S)
pemerintah kurang kreatif, ngandelin pajak melulu
Keren analisanya gan kalo dipikir pikir bener juga ya gan
ane jg termasuk yang pro si gan... emoticon-Cool
pemikiran yang bagus,tapi emg bbm disini yg paling murah sih gan klo di banding sm negara lain
kalo buat kemajuan negara indonesia ane dukung ganemoticon-I Love Indonesia (S)
mending dibangun jalan daripada subsidi yang kebanyakan salah sasaran
Quote:Original Posted By barus

1. BBM untuk industry harganya berbeda dengan BBM yang kita gunakan untuk transportasi, sehingga biaya produksi tidak akan berubah dengan kenaikan BBM subsidi.


biaya produksi g naik sih tp biaya distribusi yg naik gan, biaya bahan mentah'a jg naik (karena biaya distribusi naik)
alhasil ya produk'a ttp naik2 jg karena biaya distribusi'a naik emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By zofana
kalau ane naik berapapun, belinya tetep 10rebu kakak emoticon-Big Grin

Mengapa Dunia Usaha Umumnya Mendukung Pencabutan BBM Bersubsidi?


kalo naek jadi 15 ribu gimana kak? emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By riyanflush


biaya produksi g naik sih tp biaya distribusi yg naik gan, biaya bahan mentah'a jg naik (karena biaya distribusi naik)
alhasil ya produk'a ttp naik2 jg karena biaya distribusi'a naik emoticon-Big Grin


setuju gan....karena memang satu rantai....cuma hal itu bisa dikalkulasi besarannya. agak berbeda dengan defisit anggaran yang angkanya bisa berubah-ubah sehingga besaran pajak yang akan dicari dan dan dinaikkan amenjadi kurang pasti juga. intinya disini dibutuhkan kepastian...jika pemerintah misalnya tidak menyubsidi BBM lagi, pengusaha tidak terus-terusan dipusingkan hal yang sama steiap tahunnya (untuk menutup deficit anggaran)....
Quote:Original Posted By ularpiton
Yang ane takutin itu kira2 nanti JNE bakal naik gak yaa...
Klo naik bisa berabe uga soalnya nih emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
Tapi semoga aja enggak deh emoticon-Big Grin


Setau ane, JNE naik bukan ente yang berabe kok... Pembeli ente yang berabe...
emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By gl.kuukai


Setau ane, JNE naik bukan ente yang berabe kok... Pembeli ente yang berabe...
emoticon-Big Grin


Nah itu dia gan, klo pembeli udah berabe takutnya yang beli online malah makin menurun peminatnya emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By ularpiton


Nah itu dia gan, klo pembeli udah berabe takutnya yang beli online malah makin menurun peminatnya emoticon-Malu (S)


Bertahun-tahun ane jualan gan, ane ga pernah pusingin masalah BBM naik gan... Logika-nya itu begini gan, ketika orang benar-benar bekerja dan harga barang-barang naik... Pendapatan juga bisa naik (*Ga akan ketinggalan sampai ga sanggup beli apa-apa)... Apalagi, ane juga menaruh harapan di era pemerintahan baru ini, pengalihan dana Subsidi bakalan dialihkan ke hal-hal yang lebih berguna dan tepat... Jadi, tentunya kalau beneran terjadi... Orang-orang yang benar-benar bekerja (*Bukan yang cuma bisa demo mulu) bakalan meningkat taraf kehidupan dari segi pendapatannya...
emoticon-Big Grin

IStilah kata, Allah tidak pernah menutup mata untuk orang yang bekerja kok... (*Buat apa beragama, tapi cuma bisa tereak-tereak kaya OMAS sebelah itu)
jelas biar naikin harga produk
dengan embel-embel biaya produksi dan distribuso naik
Quote:Original Posted By gl.kuukai


Bertahun-tahun ane jualan gan, ane ga pernah pusingin masalah BBM naik gan... Logika-nya itu begini gan, ketika orang benar-benar bekerja dan harga barang-barang naik... Pendapatan juga bisa naik (*Ga akan ketinggalan sampai ga sanggup beli apa-apa)... Apalagi, ane juga menaruh harapan di era pemerintahan baru ini, pengalihan dana Subsidi bakalan dialihkan ke hal-hal yang lebih berguna dan tepat... Jadi, tentunya kalau beneran terjadi... Orang-orang yang benar-benar bekerja (*Bukan yang cuma bisa demo mulu) bakalan meningkat taraf kehidupan dari segi pendapatannya...
emoticon-Big Grin

IStilah kata, Allah tidak pernah menutup mata untuk orang yang bekerja kok... (*Buat apa beragama, tapi cuma bisa tereak-tereak kaya OMAS sebelah itu)


Wuiih sadis nih sia agan,,,
Minta cendol ya gan emoticon-Big Grin
emoticon-2 Jempol emoticon-Blue Guy Cendol (L)
×