alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5452e37fdc06bd56098b4569/kasus-izin-landasan-pacu-susi-air-dipersoalkan
[kasus] Izin Landasan Pacu Susi Air Dipersoalkan
Quote:Pejabat Bupati Pangandaran Endjang Naffandy mengatakan, pihaknya sedang mengkaji dan meneliti perizinan landasan pacu Susi Air di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Menurut dia, maskapai penerbangan milik milik Menteri kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti itu akan membahas ihwal perizinan tersebut awal November nanti.

"Sesuai jadwal yang diberikan pihak Susi, awal November akan ada pertemuan. Jadwal ini diatur sebelum Bu Susi diangkat menjadi menteri," kata Endjang saat ditemui Tempo di Pangandaran, Kamis 30 Oktober 2014. Namun, selama menjabat di Pangandaran, ia mengakui belum memproses izin apa pun terkait landasan pacu tersebut.

Endjang menjelaskan, pihaknya akan melihat hasil kajian atau pertemuan untuk memverifikasi soal perizinan itu. Pemerintah Pangandaran belum dapat menentukan sanksi apa pun sampai ada kejelasan dari pihak Susi Air. "Mungkin ada argumen atau ada payung hukum lain yang menjadi pedoman dari Susi Air sehingga membangun landasan pacu."

Penanggung jawab PT ASI Pudjiastuti Marine, Rustam Effendi, mengatakan, pihaknya hanya memanfaatkan tanah milik negara yang tidak bermanfaat untuk landasan pacu pesawat. Biaya pembangunan landasan ini, kata dia, murni seluruhnya dari Susi Air. "Hanya memanfaatkan tanah negara yang tidak bermanfaat," kata Rustam di kantornya.

Rustam tidak memungkiri bahwa tanah di pinggir pantai tersebut sebagian besar dipakai untuk kepentingan Susi Air. Namun, landasan itu juga pernah dipakai untuk kepentingan lain. Ia mengatakan selama ini landasan pacu itu juga dipakai untuk kepentingan lain seperti aktivitas olahraga paralayang sampai pertandingan pesawat dengan remote.

Ia menegaskan, selama ini izin landasan pacu hanya untuk pemanfaatan. "Kalau izin menguasai tidak mungkin, itu tanah negara. Kami hanya izin pakai, tapi boleh juga dipakai orang lain," katanya. Zaenal Mustofa, kepala desa Wonoharjo, lokasi landasan pacu berada mengatakan, Susi Air sedang bergiat membenahi landasan pacu tersebut.
GD13

kisah sebelum nya....

Quote:Bagi nelayan di Cianjur selatan, Susi Pudjiastuti sangat berjasa. Selain membuka infrastruktur pendukung usaha penjualan hasil laut, Susi juga mendirikan sekolah menengah kejuruan jurusan kelautan. Berikut catatan wartawan Kompas.com yang pernah meliput Susi saat uji coba pesawat menuju Cianjur selatan.

Nadin Pascale kecil merengek. Anak perempuan Susi Pudjiastuti ini ingin pergi ke Cidaun, Cianjur, Jawa Barat, satu pesawat bareng sang ibu. Melihat itu, Susi mendekati sang anak.

Dengan lembut ia mendekati sang anak, memeluk, dan mendudukkannya di pangkuan. Dalam bahasa Inggris, Susi menjelaskan kenapa Nadin tidak boleh berada dalam satu pesawat dengan dirinya.

“Penerbangan kali ini berbeda. Kita akan uji coba mendaratkan pesawat di runway yang baru selesai dibangun. Jadi, setelah pendaratan kali ini berhasil, baru Nadin akan dijemput untuk menyusul,” tutur Susi di Bandara Nusawiru Pangandaran, Agustus 2005 silam.

Setelah berhenti merengek dan dihadiahi senyuman serta kecupan sang ibu, Nadin mengantarkan sang ibu, ayah, dan enam orang wartawan naik pesawat dengan lambaian tangan. Di perjalanan, Susi menjelaskan kekayaan laut di Jawa Barat. Sesekali ia pun menunjukkan biota laut yang terlihat dari atas pesawat.

“Potensi ikan di lautan Jabar itu besar dan berkualitas ekspor. Tapi potensi itu belum dimanfaatkan optimal karena nelayan sulit memasarkannya,” ungkap Susi.

Ia menjelaskan, infrastruktur darat di Cianjur selatan yang belum mendukung berimbas pada rendahnya harga ikan. Kondisi ini diperparah dengan kesegaran ikan. Jika terlalu lama di darat tanpa pembekuan yang bagus, ikan akan cepat busuk yang ujungnya akan berpengaruh pada harga. Jadi, sebesar apa pun potensi ikan, nelayan tidak banyak diuntungkan karena banyak faktor.

Hal itulah yang menarik Susi untuk membuat runway di Cianjur. Keputusan Susi disambut baik para nelayan dan warga Cianjur selatan. Sebab, begitu Susi masuk, harga ikan naik dua kali lipat. Seperti ikan layur, yang tadinya hanya dihargai Rp 10.000 per kilogram, naik menjadi Rp 30.000 per kilogram.

“Buat nelayan, Susi sangat membantu,” ungkap Taufik Maulana, tokoh pemuda Cidamar, Cidaun, Rabu (29/10/2014).

Sambutan hangat warga ini diperlihatkan begitu pesawat berhasil mendarat dengan mulus. Berbagai macam makanan disediakan oleh warga. Susi pun tampak akrab bercengkerama bersama nelayan dan keluarganya. Tak ada batas sedikit pun.

“Buat kami mah, Bu Susi teh penyelamat. Berkat beliau, saya jadi punya tabungan. Asalnya mah enggak,” ujar Yuli, warga Cidaun.

Susi memang dikenal warga Cidaun sebagai seorang dermawan. Siapa pun yang membutuhkan bantuannya, dengan tangan terbuka ia akan menolongnya. Termasuk ketika ia melihat perjuangan warga Cidaun untuk mengenyam pendidikan.


dan mendirikan SMK kelautan

Quote:Berada di ujung Cianjur membuat Cidaun seperti daerah terisolasi. Untuk pergi ke Cianjur kota, warga membutuhkan waktu enam jam dengan menggunakan kendaraan dan melintasi jalanan bebatuan yang melelahkan.

Karena akses yang sulit, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menjual hasil bumi, terkadang warga Cidaun lebih memilih Ciwidey, Kabupaten Bandung. Jarak keduanya lebih dekat, meskipun kondisi jalan saat itu belum terlalu bagus. Bagi orang yang belum terbiasa, perjalanan ini bisa membuat badan remuk redam.

Begitu pun dalam hal pendidikan. Banyak anak Cidaun yang tidak melanjutkan pendidikan karena terbentur biaya. Setidaknya, bagi orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya, ia harus menyiapkan uang puluhan ribu untuk naik ojek atau angkutan umum. Namun, jangankan untuk menyekolahkan, kebutuhan hidup sehari-hari pun sulit untuk mereka penuhi.

Hingga akhirnya Susi mendirikan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang fokus di bidang kelautan. Warga pun semringah, apalagi ketika Susi menjanjikan lulusan SMK tersebut akan bekerja di perusahaan yang dimiliki Susi.

Kebahagiaan warga bertambah tatkala warga yang tidak mampu tidak dibebankan biaya. Yang penting anak tersebut bersedia sekolah.
GD13

sudah jadi mentri pasti urusan beginian beresemoticon-shakehand


Quote:Original Posted By WAMIN
Bandar Udara Nusawiru adalah bandar udara yang terletak di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Nusawiru merupakan bandara terdekat ke kawasan wisata Pangandaran. Berjarak sekitar 6 km dari Green Canyon, 12 km dari Pantai Batu Karas, dan 30 km dari Pananjung, Pangandaran.

Susi Air melayani penerbangan dari Nusawiru ke Jakarta (Bandara Halim Perdanakusuma), Cilacap (Bandara Tunggul Wulung), dan Bandung (Bandara Husein Sastranegara).

https://www.google.co.id/maps/place/...7f2a7dd1?hl=id

keren emoticon-Matabelo

[kasus] Izin Landasan Pacu Susi Air Dipersoalkan





Quote:Original Posted By guskhan
landasan memakai tanah negara :

nilai +:
- pemerintah tidak keluar biaya
- menguntungkan perusahaan bu susi
- mensejahterakan masyarakat di sekitarnya
- mengurangi pengangguran di daerah sekitarnya
- bisa dipakai untuk kegiatan2 positif yang lainnya

nilai -
- tidak ada izin /menyalahi prosedur
- tidak ada pendapatan daerah


dari dulu bu susi bener2 pekerja keras dan merakyatemoticon-Matabelo
wahhh pak bupati ini ada ada aja deh
beneren tuh bu susi dulu buat sekolah SMK??emoticon-Bingung (S)
Yaelah, masalah ijin lagi. Taulah kalo masalah ijin ama Pemda memang ruwet.
Pernah ada di daerah ane mau bangun pabrik rokok ga jadi gara2 ijin awalnya buat gudang. Padahal paling ga bisa menyerap 1000an pegawai. Akhirnya pindah deh pabriknya ke daerah lain.
nah loh, susi bakalan keluar duit nih buat perijinan dan macam2
Quote:Original Posted By colostrum
Yaelah, masalah ijin lagi. Taulah kalo masalah ijin ama Pemda memang ruwet.
Pernah ada di daerah ane mau bangun pabrik rokok ga jadi gara2 ijin awalnya buat gudang. Padahal paling ga bisa menyerap 1000an pegawai. Akhirnya pindah deh pabriknya ke daerah lain.


yang ane heran nya knapa baru sekarang muncul kasus ini. apalagi bu susi udah jadi mentri,pasti lebih gampang urusan nya.
Dah mengaku memakai tanah negara yang terbengkalai....
Tapi siapa yang kasih izin, ini yang jadi misteri....

bupatinya sendiri lagi cari tau.....

Panastak yang ngegoblok-goblokin neh bupati, kelaut aja yee....
Quote:Original Posted By colostrum
Yaelah, masalah ijin lagi. Taulah kalo masalah ijin ama Pemda memang ruwet.
Pernah ada di daerah ane mau bangun pabrik rokok ga jadi gara2 ijin awalnya buat gudang. Padahal paling ga bisa menyerap 1000an pegawai. Akhirnya pindah deh pabriknya ke daerah lain.


itu tuh tanah negara.....
mo pemdanya korupsi mo ruwet dah ada peraturan yang ngatur....
atau mo bikin pemda tandingan gegara nggak mo sesuai prosedur??
Quote:Original Posted By gembaladomba13


yang ane heran nya knapa baru sekarang muncul kasus ini. apalagi bu susi udah jadi mentri,pasti lebih gampang urusan nya.


"Sesuai jadwal yang diberikan pihak Susi, awal November akan ada pertemuan. Jadwal ini diatur sebelum Bu Susi diangkat menjadi menteri," kata Endjang saat ditemui Tempo di Pangandaran, Kamis 30 Oktober 2014. Namun, selama menjabat di Pangandaran, ia mengakui belum memproses izin apa pun terkait landasan pacu tersebut.

gua gedeeein tuh.......
Quote:Original Posted By wasitnya.mantap


itu tuh tanah negara.....
mo pemdanya korupsi mo ruwet dah ada peraturan yang ngatur....
atau mo bikin pemda tandingan gegara nggak mo sesuai prosedur??


pagi2 gini sensi amat ente brayemoticon-Ngakak
Bu susi kurang bnyak kali ngasih by entertain nya ke pejabat birokrat nyaemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By gembaladomba13


pagi2 gini sensi amat ente brayemoticon-Ngakak


tanggal tua coy..... emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By gamunaf1k
Bu susi kurang bnyak kali ngasih by entertain nya ke pejabat birokrat nyaemoticon-Big Grin


Hahahha itu sih sudah jadi rahasia umum.

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By wasitnya.mantap


"Sesuai jadwal yang diberikan pihak Susi, awal November akan ada pertemuan. Jadwal ini diatur sebelum Bu Susi diangkat menjadi menteri," kata Endjang saat ditemui Tempo di Pangandaran, Kamis 30 Oktober 2014. Namun, selama menjabat di Pangandaran, ia mengakui belum memproses izin apa pun terkait landasan pacu tersebut.

gua gedeeein tuh.......


mksd ane itu landasan pacu kan udah lama bgt.knp ga drdulu di persoalkan??di tahun2 sebelum nya.emoticon-Malu (S)
Quote:Pejabat Bupati Pangandaran Endjang Naffandy


Wooyy selama ini kemane aje luuh ?? baru permasalahin hal kaya ginian. bapak nggak pernah tahu kan di lapangan seperti apa.

sukur sukur ada warga yang mau membangun fasilitas. bukannya berterima kasih dan kasih apresiasi gitu kek dengan bentuk perizinan yang langsung tanpa ada biaya. iih benar benar kebangetan bapak satu ini.
Penanggung jawab PT ASI Pudjiastuti Marine, Rustam Effendi, mengatakan, pihaknya hanya memanfaatkan tanah milik negara yang tidak bermanfaat untuk landasan pacu pesawat. Biaya pembangunan landasan ini, kata dia, murni seluruhnya dari Susi Air. "Hanya memanfaatkan tanah negara yang tidak bermanfaat," kata Rustam di kantornya.

Rustam tidak memungkiri bahwa tanah di pinggir pantai tersebut sebagian besar dipakai untuk kepentingan Susi Air. Namun, landasan itu juga pernah dipakai untuk kepentingan lain. Ia mengatakan selama ini landasan pacu itu juga dipakai untuk kepentingan lain seperti aktivitas olahraga paralayang sampai pertandingan pesawat dengan remote.


buat daratin alat pertahanan bisa dong emoticon-Ngakak
oh ternyata sudah lama tau emoticon-Ngakak


Lanjut Adi, pihaknya akan berusaha untuk mendorong agar Susi dapat membantu Kabupaten Pangandaran, terutama di bidang kelautan dan perikanan.

"Ini merupakan peluang bagi pemerintah untuk memajukan kesejahteraan nelayan, kita akan berusaha untuk mendorong ibu menteri supaya lebih memperhatikan nelayan kita," ungkapnya.

Kebanggaaan juga disampaikan Penjabat Bupati Pangandaran Dr Endjang Naffandy MSi. "Kita bersama jajaran Pemkab Pangandaran merasa bangga ada putra daerah Kabupaten Pangandaran menjadi menteri," ungkapnya.

Lanjut Endjang, pihaknya juga berencana untuk melakukan pertemuan dengan Susi Pudjiastuti.


"Kita akan meminta bantuannya dalam pengembangan kelautan dan perikanan di Kabupaten Pangandaran," pungkasnya

http://www.jpnn.com/read/2014/10/29/...inta-Bantuan-#
Quote:Original Posted By RedRafa


Hahahha itu sih sudah jadi rahasia umum.

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Heheh..emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin coba aja tuh tnya perush tambang yg site nya di daerah sulawesi sama halmahera..brp Milyar sehari bisa abis cm buat ngasih bupati2 sama jajaran birokrat nyaemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
wah kok gitu sh yah.
Quote:Original Posted By gembaladomba13


mksd ane itu landasan pacu kan udah lama bgt.knp ga drdulu di persoalkan??di tahun2 sebelum nya.emoticon-Malu (S)


baru ketauannya kan sekarang...

coba kalo nggak ketauan, siapa yang kasih izin di tanah negara..... ampe sisusi selesai jadi menteri juga nggak akan kelacak....

bupatinya aja bilang dah direncanakan buat bicara ama pihak susi air sebelum jadi menteri, apalagi sisusi, nggak pernah digadang-gadang jadi menteri sebelumnya...