alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5452b09fa09a39c6238b4571/awal-mula-tradisi-halloween
Awal Mula Tradisi Halloween
Awal Mula Tradisi Halloween

Quote:Halloween
Perayaan Halloween bagi sebagian orang merupakan perayaan yang unik yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Meski perayaan yang identik dengan kalimat “trick or treat” ini tidak diadakan secara meriah di Indonesia, namun perayaan ini dinikmati oleh beberapa kelompok yang memang sengaja menunggu untuk sekedar berpesta bersama teman-teman dengan menggunakan dress code unik bertema Halloween. Namun acara yang biasa diperingati setiap tanggal 31 Oktober di sebagian besar negara-negara barat ini bisa menjadi sebuah momen yang unik yang menarik perhatian. Bagaimana perayaan Halloween ini dimulai? Apa saja tradisi dalam Halloween? Popid bakal ceritain sedikit kisah tentang si Halloween ini.. emoticon-Big Grin



Quote:Ternyata Semuanya Diawali oleh Seorang Petani

Spoiler for halloween:
CENTER]

Banyak versi yang menceritakan awal mula Halloween, ya namanya juga legenda, cerita rakyat dari mulut ke mulut. Popid cuman ceritain salah satunya aja ya.

Ceritanya bermula di dataran Irlandia, konon katanya seorang petani bernama Jack mampu membuat perjanjian dengan setan untuk tidak memasukkan dirinya ke dalam neraka. Padahal si Jack yang cerdas (atau licik) ini ternyata hanya menipu si setan dengan salib. Singkat cerita, Jack meninggal. Jack tidak diterima oleh Tuhan di surga dan masuk neraka pun tidak diizinkan oleh setan. Jack tidak boleh masuk surga karena sesama hidup dia banyak melakukan dosa. Begitu pula tidak diizinkan masuk neraka karena terikat perjanjian. Karena dirinya terombang-ambing di antara surga dan neraka, Jack membuat lentera dari lobak besar yang di dalamnya berisi lilin yang apinya berasal dari neraka. Nah, konon katanya hingga tulisan ini diterbitkan, arwah penasaran Jack masih berkeliaran sambil membawa lentera apinyanya itu untuk mencari tempat peristirahatan terakhir. Karena Jack keliling dunia sambil membawa lentera apinyanya, maka si arwah penasaran Jack ini dikenal sebagai Jack O’ Lentern atau singkatan dari “Jack of The Lentern” (Jack si pembawa lentera).


Quote:Teruuus?

Spoiler for halloween:


Hubungannya dengan perayaan Halloween adalah Masyarakat Irlandia jadi memasang lobak ukir berapi di depan rumahnya setiap Halloween untuk menjauhkan rumah mereka dari arwah si Jack O’ Lentern. Selain itu, perayaan ini sangat dipengaruhi oleh acara festical panen di Eropa Barat dan Festival orang mati yang berasal dari tradisi kaum Samhain Celtic. Hal ini diperkuat oleh Nicholas Rogers yang merupakan sejarawan yang secara khusus meneliti asal-usul Halloween, menuliskan bahwa Halloween berasal dari pesta romawi untuk menghormati Dewi Pomona, dewi buah-buahan dan biji-bijian. Nah, masih berasal dari catatan beliau, perayaan ini sering dikaitkan dengan festival “Samhain” dari bangsa Celtic. Samhain itu artinya “akhir musim panas”. Di Irlandia, masyarakatnya pergi sebelum malam tiba untuk mengumpulkan makanan untuk pesta samhain.

Halloween pun identik dengan dengan hari-hari suci umat Kristen dan All Saint Day yang dirayakan setiap tanggal 1 November. Awalnya, perayaan yang dikhususkan untuk menghormati dan mendoakan orang-0rang yang sudah meninggal ini diperingati setiap tanggal 13 Mei, namun atas perintah Paus Gregorius IV dipindahkan menjadi 1 November. Umat kristen meyakini orang-orang mati berjalan di antara mereka dan para penyihir terbang berseliweran di tengah-tengah mereka. Namun saat ini perayaan tersebut bergeser menjadi bagian peribadatan dan kebiasaan dalam suatu keluarga.

Kemudian, Halloween mulai dirayakan di Amerika ketika imigran dari Eropa Barat membawa berbagai macam kostum Halloween. Amerika kemudian mengadopsi tradisi halloween Bangsa Irlandia ini menjadi tradisi “trick or treat“, di mana anak-anak akan menghampiri rumah tetangga untuk mendapatkan permen. Orang-orang dewasa di setiap rumah akan memberikan permen supaya anak-anak tersebut tidak menjahili mereka.


Quote:Hal-hal yang Berkaitan dengan Tradisi Halloween
Spoiler for halloween:


Ada beberapa hal yang berkaitan dengan kegiata Halloween ini, yaitu Labu, Samhainophobia, Hantu, Samhain Holiday, Kostum, Oranye dan Hitam, dan Permen. Setiap perayaan Halloween selalu identik dengan buah labu yang tujuan awalnya adalah untuk mengusir hantu Jack O’Lentern. Labu yang digunakan adalah labu berwarna oranye yang kemudian di ukir. Samhainophobia adalah orang-orang yang memiliki ketakutan terhadap perayaan Halloween. Hantu berkaitan dengan kepercayaan umat kristen bahwa orang-orang mati berjalan di antara mereka dan para penyihir terbang berseliweran di tengah-tengah mereka, tentunya berkaitan juga dengan hantu Jack O’ Lentern. Saat Halloween, semua orang berdandan menirukan penampilan makhluk menyerempak seperti zombie, dracula, suster ngesto, pocong dan hantu lainnya. Namun saat ini kostum halloween tidak hanya seram saja, banyak kostum unik yang digunakan seperti manusia kardus, iron man, dan tokoh lainnya. Warna oranye dan hitam sangat identik dengan perayaan ini, hal ini karena kedua warna tersebut merupakan lambang unsur kegelepan dan musim panen. Dan permen adalah imbalan untuk anak-anak yang berkostum yang mengetuk pintu-pintu rumah. Faktanya, 25% dari penjualan permen di Amerika terjual saat perayaan Halloween.


Tertarik untuk mengikuti perayaan terbesar ketiga di Amerika setelah perayaan tahun baru dan Superbowl Sunday? emoticon-Big Grin

sumber: popid
Ada yang mau share foto-foto perayaan halloween? emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
awas gan setiap hallowen ada michael myers emoticon-Takut (S)
d sini mah paling kecil2an doang kaya party gitu..
bukan budaya asli kita sih,
tapi ya kita mesti tau juga,,,
emoticon-Malu (S)
Halowen tanggal berapa gan
bukannya buah labu ? kok lobak sih ?
Quote:Original Posted By trialham
awas gan setiap hallowen ada michael myers emoticon-Takut (S)


myers vs jason menang mana gan?

Quote:Original Posted By linggglinggg
d sini mah paling kecil2an doang kaya party gitu..
bukan budaya asli kita sih,
tapi ya kita mesti tau juga,,,
emoticon-Malu (S)


ngedugems gan kalo di sini.. banyak mahasiswi gahol

Quote:Original Posted By silatt2346
Halowen tanggal berapa gan


nah ini nih. 31 oktober

Quote:Original Posted By anton276
bukannya buah labu ? kok lobak sih ?


aslinya dari irlandia lobak gan. masuk us, banyakan labu daripada lobak. makanya yg ngetren sekarang labu ..
aku sih no
ga tau kalo bawah ane
Gak suka yg kayak ginian, soalnya saya penakut
ane mh tau nya halloween band doang emoticon-Ngakak
kayaknya seru sih ya
saya sih tidak ^^
Quote:Original Posted By indah.houseware
saya sih tidak ^^

emoticon-Selamat emoticon-Selamat emoticon-Selamat
jadi petani ya awal dari terjadi nya halloween
luar biasa ok juga emoticon-Angkat Beer
salah 1 festival plng asik ni hallowenemoticon-Big Grin
×