alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5452626460e24b0e258b456c/jokowi-sebut-penerimaan-pajak-di-era-sby-cuma-naik-01-persen
Jokowi sebut penerimaan pajak di era SBY cuma naik 0,1 persen
Jokowi sebut penerimaan pajak di era SBY cuma naik 0,1 persen

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini menggelar sidang kabinet terbatas bidang perekonomian dengan pokok bahasan perihal subsidi, pembiayaan dan menumbuhkan optimisme pasar. Di saat bersamaan, Jokowi juga mengeluhkan rendahnya penerimaan pajak di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kalau dilihat rasio sepuluh tahun terakhir ini hanya naik 0,1 persen. Sejak tahun 2005-2013 penerimaan pajak tidak pernah tercapai. Kemudian juga tax coverage rasio hanya 53 persen," ungkap Jokowi saat membuka sidang kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (29/10).

Menurut mantan gubernur DKI Jakarta ini, potensi pajak sebagai pemasukan negara masih sangat besar, salah satunya dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN), namun hanya menyumbang 50 persen. Atas alasan itu, Jokowi meminta para pembantunya bekerja keras demi meningkatkan pendapatan negara.

"Sudah beberapa kali kita hitung hal-hal yang berkaitan dengan perpajakan ternyata dari segi potensi masih sangat besar sekali peluangnya. Sehingga itulah yang harus kita kerjakan," lanjutnya.

Jokowi mengaku sangat optimis penerimaan negara bisa ditingkatkan, mengingat jumlah wajib pajak di Indonesia mencapai 24 juta jiwa. "Yang menyampaikan SPT hanya 17 juta, dan hanya 10 juta atau 60 persen," keluh Jokowi.

sumur


apa ya jawaban sby ntar emoticon-Big Grin
jawaban sby : "Saya turut prihatin"
beda ya ngos sm di era mega yg naiknya banyak krn ditambah pajak hasil penjualan aset2 bumn emoticon-Ngakak
Itu maksudnya 0,1 persen dari apa ya?
banyakan pengangguran atau banyak yg sengaja ga bayar pajak?

emoticon-Big Grin
perasaan jamannya sby iklan pajak plg sering nongol di tv sampai ada siaran khusus, itu upaya juga, naeknya 0,1 sukur krn pajak itu musuhnya pengusaha emoticon-Ngakak
apah? emoticon-Belo
itu maksudnya tax ratio terhadap PDB ya? mungkin kalo secara rasio emg cuma naik 0.1%, tp secara "nominal" nya kan naik ratusan trilyun emoticon-Big Grin
btw anggaran dirjen pajak buat tahun 2015 dipotong 400M, tapi target penerimaan dinaikin 200T, IQ??
Quote:Original Posted By FallenAngel153
apah? emoticon-Belo
itu maksudnya tax ratio terhadap PDB ya? mungkin kalo secara rasio emg cuma naik 0.1%, tp secara "nominal" nya kan naik ratusan trilyun emoticon-Big Grin
btw anggaran dirjen pajak buat tahun 2015 dipotong 400M, tapi target penerimaan dinaikin 200T, IQ??


kalo utang negara dibahas nominalnya, penerimaan pajak juga harusnya nominal dong..

Siap2 bakal ada terobosan2 baru untuk jenis jenis obyek pajak baru nih...
heemmmmm... yg sering ngemplang n manipulasu pajak bkalan ketar ketir nih...
emoticon-Ngacir
mungkin bulan bulan ke depan akan banyak kasus orang dipenjara karena
tidak punya NPWP, tidak menyetor sesuai peraturan. meski orangnya gak mampu menyetor sebesar yang dijadikan aturan
Yg ngemplang byk coba tanya gayus emoticon-Big Grin

Ya mudah2an peningkatkan penerimaan pajak.. bkn krn kenaikan pajak emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By FallenAngel153
apah? emoticon-Belo
itu maksudnya tax ratio terhadap PDB ya? mungkin kalo secara rasio emg cuma naik 0.1%, tp secara "nominal" nya kan naik ratusan trilyun emoticon-Big Grin
btw anggaran dirjen pajak buat tahun 2015 dipotong 400M, tapi target penerimaan dinaikin 200T, IQ??


Secara nominal udah meningkat 2 kali lipat malah.

Itu yg ane bingung gan, target ditambah 200 T tapi malah anggarannya dikurangi, dikiranya lagi main sulapan kah emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By FallenAngel153
apah? emoticon-Belo
itu maksudnya tax ratio terhadap PDB ya? mungkin kalo secara rasio emg cuma naik 0.1%, tp secara "nominal" nya kan naik ratusan trilyun emoticon-Big Grin
btw anggaran dirjen pajak buat tahun 2015 dipotong 400M, tapi target penerimaan dinaikin 200T, IQ??


berarti fix DJP itu extremis, and harus kerja rodi
pak jokowi, dari pada mencekik rakyat kecil untuk memperbesar APBN dengan cara mengurangi atau menghapus subsidi, meningkatkan pajak gila2#an seperti pbb dijakarta

Lebih baik jika pro rakyat benaran, bukan kedok2-an

-potong gaji pejabat negara, mereka & bapak presiden orang2 kaya

-tuntaskan kasus2 korupsi & rampas/miskinkan koruptor

begitu saja bakal membikin Pendapatan negara jadi gemuk

Jangan lupa, enyahkan petral
Quote:Original Posted By ruuuruuu
Yg ngemplang byk coba tanya gayus emoticon-Big Grin

Ya mudah2an peningkatkan penerimaan pajak.. bkn krn kenaikan pajak emoticon-Ngacir


Rekam jejak jokowi di solo dan jakarta ,berkata lain

Naikkan pajak,bukan begitu emoticon-Big Grin
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:Original Posted By FallenAngel153
apah? emoticon-Belo
itu maksudnya tax ratio terhadap PDB ya? mungkin kalo secara rasio emg cuma naik 0.1%, tp secara "nominal" nya kan naik ratusan trilyun emoticon-Big Grin
btw anggaran dirjen pajak buat tahun 2015 dipotong 400M, tapi target penerimaan dinaikin 200T, IQ??


Keknya lebih dari 0,1% deh emoticon-Big Grin
Jokowi sebut penerimaan pajak di era SBY cuma naik 0,1 persen
Quote:Original Posted By FallenAngel153
apah? emoticon-Belo
itu maksudnya tax ratio terhadap PDB ya? mungkin kalo secara rasio emg cuma naik 0.1%, tp secara "nominal" nya kan naik ratusan trilyun emoticon-Big Grin
btw anggaran dirjen pajak buat tahun 2015 dipotong 400M, tapi target penerimaan dinaikin 200T, IQ??

anggaran 2015 yg bikin siapa??
IQ?
Quote:Original Posted By widya poetra
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi




Keknya lebih dari 0,1% deh emoticon-Big Grin
Jokowi sebut penerimaan pajak di era SBY cuma naik 0,1 persen


Jadi pajaknya bukan 0,1% tapi lebih dari 10%?

Maaf ane ga bisa baca diagramnya
masih ada 5 tahun untuk bekerja n evaluasi.. rakyat menunggu