alexa-tracking

Awal Tahun 2015, 125 Kelurahan di Jakarta Terancam Banjir

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54520afc148b4631318b4575/awal-tahun-2015-125-kelurahan-di-jakarta-terancam-banjir
Awal Tahun 2015, 125 Kelurahan di Jakarta Terancam Banjir
Awal Tahun 2015, 125 Kelurahan di Jakarta Terancam Banjir

Memasuki musim hujan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai bersiap menghadapi banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pun sudah memetakan lokasi-lokasi rawan banjir.
Kepala Seksi Informasi BPBD DKI Jakarta Bambang Surya Putra memperkirakan saat puncak musim hujan pada Januari 2015 akan ada 125 kelurahan yang kemungkinan terendam banjir.
"Kita memperkirakan ada 125 kelurahan terkena banjir. Paling banyak (kelurahan) di Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Kemudian Jakarta Timur dan Jakarta Selatan jumlahnya seimbangan (sama)," kata Bambang saat ditemui di kantornya, Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (30/10/2014).
Selain itu, daerah-daerah yang di lalui sungai-sungai besar seperti Kali Ciliwung, Kali Angke, Kali Krukut, dan Kali Sunter yang merupakan wilayah langganan banjir. Dari 125 kelurahan yang diperkirakan banjir, kemungkinan ada 615 RW yang terendam.
Jumlah tersebut baru sebatas perkiraan dikarenakan pihak BPBD DKI Jakarta belum mendapatkan informasi secara detail dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).
"Itu untuk prediksi kontijensi. Tetapi kita belum dapat informasi detail deri BMKG apakah curah hujan tahun ini lebih besar atau tidak," ungkapnya.
BPBD DKI Jakarta pun sudah mengambil langkah-langkah menghadapi musim hujan. Pertama, BPBD DKI Jakarta sudah menyusun rencana kontijensi tingkat Provinsi.
Kedua, melakukan gladi penanggulangan bencana yang hingga kini masih berlangsung. Ketiga, melakukan pelatihan-pelatihan menghadapi banjir seperti menyiapkan kader-kader untuk tanggap darurat yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat (TRC).
"Setiap kelurahan ada dua orang. Hingga kini sudah ada empat angkatan. Untuk tahun ini dilatih kira-kira 200-an orang," ungkapnya.
Selain itu, pengecekan sarana dan prasarana penanggulangan banjir pun terus dilakukan mulai dari perahu karet, pompa pengendali banjir, dan kendaran operasional penanggulangan bencana.
Di samping berkoordinasi dengan sembilan intansi yang akan terlibat dalam penanggulan banjir tersebut diantaranya Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Energi, Dinas Kebersihan, Dinas Pertamanan dan Pemakaman, serta Dinas Pemadam Kebakaran.
"Terkait dengan simulasi tingkat Provinsi kita rencakan di pertangahan november ini, itu jadi puncak geladi kesiapan penanggulangan banjir," ujarnya.

Pemerintah takkan bisa mengatasi banjir, kalau masyarakatnya sendiri tidak bisa menjaga lingkungan emoticon-I Love Indonesia (S)
sepertinya link beritanya ketinggalan gan emoticon-Malu
Nunggu ad yg comment:

Ooooohhh ini pasti krn jokowi. Azaaab azaaaab pasti laaahhhh
Quote:


Kok nyalahin pak jokowi? pngen kya tukang sate? itu Krna msyarakatx koprohhh buang smph smbrangan
Tahun ini terdampak banjir berapa kelurahan ya...

Biar kita bandingin riilnya berapa ntar...
sebagian masyarakatnya juga gk tau diri,gk bisa jaga lingkungan sekitar emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah
ngapain marahin gubernurnya,toh dia bukan tuhan dengan sekejap mata bisa berubah.setidaknya dia sudah berusaha emoticon-Belomatabeloemoticon-Matabelo
Quote:


Itu cm sindiran. Sarcasm
Salah satu solusinya adalah menggeser buruh miskin ke luar Jakarta. Krn mayoritas mrk itu bandeL dan ga punya otak utk jaga lingkungan didalam jakarta


Quote:


Quote:


sebenarnya bukan bandel dan gk punya otak,mereka cuman minim informasi akibat dampak yang mereka perbuat dan tidak sadar lingkungan.Contoh:buang sampah di sungai,kebanyakan dari mereka menganggap "buang di sungai aja,kan airnya mengalir" sehingga mereka melupakan dampak hal tersebut.
Andai bener begitu gan emoticon-Belo
Bukankah mrk juga pantau berita ditv waktu banjir?
Dan berita banjir kan berulang kali menjelaskan kalo banjir Jakarta itu sah satunya karena sampah yg menyumbat?


Kalo gue sih ga mau ambil pusing dgn percaya alasan mereka gan. Org2 gitu terlalu bnyk alasan macam dprd kalo udah salah masih cari alasan

Quote:


Quote:


yah ini lah Indonesia gan,"welcome to the real Indonesia peole".sekarang tergantung kita yg memilah,mau jadi rakyat yg bikin Indonesia jadi tempat sampah atau jadi orang yg lebih berkualitas untuk Indonesia kedepan yg lebih maju.tergantung agan dan kita-kita memilihnya,yg pasti ane tetep cinta Indonesia gan,mau seburuk dan sebagus apapun itu emoticon-I Love Indonesia
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Quote:


Drpd blg mereka ga tau akibat2nya sih gw lebih menganggap mereka ga peduli dgn org lain dan lingkungan jd no prob sama2 kebanjiran LOL.
Yg penting kalo dah ngendon di BP kaskus mesti ngerti soal kebersihan dan membantu penyuluhan lingkungan diri Kita ya ganemoticon-Smilie



Quote:


Quote:


oyi sam,thats right men emoticon-Cool
Quote:


emoticon-Jempol
Quote:


Pemerintah akan bisa mengatasi banjir kalau tidak sibuk ngebacot...

di masa banjir januari 2015 gubernur dan wakilnya ngebacot nyalahin daerah lain sampe bersitegang dengan pemda depok, bogor dan tangerang. akhirnya mentri PU turun tangan untuk mempertumukan beberapa pemda dan hasilnya adalah ada kesepakatan untuk bangun waduk di ciawi dengan dana dari pemda jakarta.

HASILNYA ???? sampe oktober ini enggak ada cerita lagi tuh, padahal dulu ngebacot banget nyalahin daerah lain...


kemudian bacotan lain :

- sodetan bawah tanah dari ciliwung ke BKT ????
- sodetan bawah tanah dari ciliwung ke kali di tangerang ???
- waduk baru di pluit ???
- pemasanga pile sheet ??

ah semuanya cuma bacot doang... dana 72T enggak ada yang ngalir untuk pembangunan, cuma untuk bayar gaji karyawan aja.... bayar listrik aja terlambat emoticon-Cape deeehh
Ya lah,....kalo bukan ber perilaku sebagai manusia ber budaya ya diri Kita makin suram dimasa yg Akan datang emoticon-Angkat Beer


Quote:


Quote:


Taiwaan juga sering banjiir......
Tp masarakatnya nga ada tuh yg nyalahiin pejabatnya.....
Bencana itu nga bisa di elakaan....
Cm berusaha menjaganya.....
tenang saja, jkw datang semua bencana hilang.
banjir??? langsung kering bray emoticon-Recommended Seller
Quote:


Jangan kering nntar ga ada air emoticon-Ngakak