alexa-tracking

Kapal CPO Dibajak, ABK Dibuang ke Laut

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5451fbc50f8b463d7b8b4577/kapal-cpo-dibajak-abk-dibuang-ke-laut
Kapal CPO Dibajak, ABK Dibuang ke Laut
Radar Politik, Sampit – Sebuah kapal bermuatan minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) yang bertolak dari Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, dirompak saat dalam perjalanan menuju Gresik.

“Kapal Srikandi 515 mengangkut 3.100 ton minyak sawit berangkat pada 8 Oktober dan digiring kapal pandu ke luar muara pada 9 Oktober. Seharusnya, paling tiga hari sudah sampai Gresik, tapi kemudian kami dikonfirmasi pada tanggal 17 Oktober lalu bahwa kapal itu belum sampai ke Gresik,” kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Sampit, Benny Noviandinudin di Sampit, Sabtu malam.

Sejak mendapat kabar tersebut, KSOP Sampit langsung melaporkan kejadian itu kepada Kementerian Perhubungan yang kemudian menyebarkan informasi itu ke seluruh pelabuhan dan instansi terkait di seluruh Indonesia.

Penelusuran beberapa hari oleh seluruh pelabuhan belum juga ada perkembangan positif terkait hilangnya kapal tersebut. KSOP Sampit juga berkoordinasi dengan pihak lain untuk mencari informasi terkait keberadaan kapal yang diawaki sebelas orang itu.

Kabar terbaru, Benny mengaku mendapat informasi dari pusat pada 24 Oktober kemarin yang menyebutkan bahwa nakhoda dan anak buah kapal ditemukan oleh nelayan Malaysia. Mereka semua dalam keadaan selamat dan sudah dihubungkan dengan perwakilan pemerintah Indonesia di Malaysia.

Informasinya, kapal tersebut cegat para perompak yang kemudian membawa kabur kapal beserta CPO yang ada di dalamnya, sementara nakhoda dan para ABK dibuang ke laut. Untungnya mereka dibuang bersama perlengkapan keselamatan sehingga mereka bisa bertahan, sampai kemudian ditemukan oleh nelayan Malaysia.

“Komunikasi terakhir saya dengan pemilik kapal tadi sore, pemilik kapal sedang menuju Malaysia untuk menjemput nakhoda dan ABK. ABK kemungkinan bukan berasal dari Kotim. Sedangkan kapal bermuatan minyak sawit itu hingga kini belum ditemukan,” sambung Benny.

Saat ini pencarian kapal tersebut terus dilakukan. Dia berharap kapal itu bisa ditemukan dan para perompak segera ditangkap agar kejadian seperti ini tidak berulang dan mengganggu aktivitas perekonomian tidak terganggu.

SUMBER SUMBER

sangat sulit mendeteksi kapal yang dibajak jika laporan pembajakan datang terlambat dan pengawas di laut kurang koordinasi tentang jalur-jalur kapal khususnya kapal tanker CPO
untunglah nahkoda & ABK nya selamat.. semoga cepat ditangkap aja pembajaknya emoticon-I Love Indonesia (S)
image-url-apps
hoki pembajaknya cuma niat nyolong ga ngambil nyawa
KASKUS Ads
image-url-apps
emoticon-Matabelo
×