alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5451f8ed1cbfaadb448b456a/ump-yogyakarta-di-tahun-2015-paling-rendah-se-indonesia
UMP Yogyakarta di Tahun 2015 Paling Rendah se-Indonesia
Quote:UMP Yogyakarta di Tahun 2015 Paling Rendah se-Indonesia


Penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2015 di Yogyakarta menuai sindiran dari sejumlah aktivis buruh di Yogyakarta. Hal ini karena, UMP yang ditetapkan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X paling rendah dari semua provinsi di Indonesia yaitu sebesar Rp 1.302.500. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari Rp 1.173.300.

Menurut sekjen Aliansi Buruh Yogyakarta, Kirnadi, upah tersebut menjadi tragedi kemanusiaan di Yogyakarta. Menurutnya jumlah tersebut jauh dari kata layak untuk hidup seorang buruh di Yogya.

"Bayangkan, di Bantul kenaikannya hanya 3 persen, ini jadi tragedi kemanusiaan," kata Kirnadi, Kamis (30/10).

Kirnadi mengatakan, persoalan soal upah ini harus segera diselesaikan. Pasalnya hampir setiap tahun permasalahan yang sama terjadi berulang-ulang.

"Yang kita harus jawab adalah merevisi kebutuhan hidup layak, sekarang KHL kita masih 60 item, harus kita tambah, direvisi menjadi 84 usulan buruh," jelasnya.

Dengan UMP yang ditetapkan dan tidak ada perubahan KHL, Kirnadi mengatakan akan menurunkan daya beli buruh yang sama artinya buruh harus kembali hidup dalam kondisi serba mepet bahkan kekurangan.

"Sama saja menjadikan buruh semakin miskin, kebutuhan yang serba pas-pasan belum lagi nanti BBM naik," tandasnya.

Sementara itu UMK masing-masing kabupaten/kota juga mengalami kenaikan namun tidak signifikan. UMK di Sleman naik dari Rp 1.127.000 pada 2014 menjadi Rp1.200.000, di Bantul naik dari Rp 1.125.000 pada 2014 menjadi Rp1.163.300 pada 2015, di Kulonprogo naik dari Rp 1.069.000 pada 2014 menjadi Rp 1.138.000 pada 2015, di Gunungkidul naik dari Rp 988.500 pada 2014 menjadi Rp 1.108.249 pada 2015.


SUMBER



UMP Cuma segitu emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
disono juga murah kok om apa apa
Memang masih terlalu rendah untuk sekelas kota kalau segitu
Karna disini harga apa2 masih murah .. disini 20rbu bisa bwt makan 3x .. di jakarta 1x doank ... di jogja nasi padang ama rendang paling 8rbu .. kmrn makan di jakarta 45rebu emoticon-Ngakak
biaya hidup di jogja cenderung murah gan..tp memang harus ada klasifikasi tiap kabupatenny/kotamadyanya sih,jangan dipukul rata satu provinsi..

di jogja ane msh nemuin kost 700k setahun,msh ga berbeda jauh sejak ane keluar jogja 2006
biaya hidup di yogya murah kan??

gw inget pas kuliah nasi+ayam + gudeg = 2000 perak apa 1500 ....emoticon-Big Grin

tahun '98
Quote:Original Posted By aortanesia
biaya hidup di jogja cenderung murah gan..tp memang harus ada klasifikasi tiap kabupatenny/kotamadyanya sih,jangan dipukul rata satu provinsi..

di jogja ane msh nemuin kost 700k setahun..

700 kalau di Jakarta sebulan tu gan emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By TrueBluez
Karna disini harga apa2 masih murah .. disini 20rbu bisa bwt makan 3x .. di jakarta 1x doank ... di jogja nasi padang ama rendang paling 8rbu .. kmrn makan di jakarta 45rebu emoticon-Ngakak


Enak yah om murah2 emoticon-Matabelo
Di bandung udah pada mahal, gara2 org jkt pada ke bdg, karena mikirnya makanan di bdg murah2, jadi penjual makanan kaya resto, rumah makan pada naikin harga emoticon-Berduka (S) kasian yg org bandung bli makanan harganya mirip2 sm yg dijkt emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By fr91

700 kalau di Jakarta sebulan tu gan emoticon-Matabelo


terakhr ane kesana bulan mei thun .ini,ane juga Speechless dengernya gan emoticon-Smilie
gw kok bngung yah, knapa di jogja makanan bisa murah2 emoticon-Embarrassment

padahal di garut aja apah2 dah sama kaya dimarih (jakarta) emoticon-Embarrassment
ini gara gara jogja "di jual"
jogja ini jadi terlalu ekstrim antara si kaya dan si miskin
pemasukan berbanding dengan pengeluaran kayaknya gan.
Quote:Original Posted By L0v3|2_B0y


Enak yah om murah2 emoticon-Matabelo
Di bandung udah pada mahal, gara2 org jkt pada ke bdg, karena mikirnya makanan di bdg murah2, jadi penjual makanan kaya resto, rumah makan pada naikin harga emoticon-Berduka (S) kasian yg org bandung bli makanan harganya mirip2 sm yg dijkt emoticon-Berduka (S)

Sama gw ke bandung jajan mie ayam kena 25rbu seporsi wkwkwk.

Mahasiswa2 luar jogja pada makmur disini.. biasanya ditempat asal uang saku nya mepet.. kuliah dijogja jadi berasa banyak wkwkwk
makannya jgn jadi buruh masbro,, gaji ga seberapa aja, cari rejeki yg lain
Di jogja makan berdua + tambah + tahu tempe satu porsi = 30rbu

Di bandung siomay di jalan 1 porsi = 35rbu

Thn 2014

Di jogja kontrakan ada 5.5jt di daerah kampus/setahun
Di bandung dgn spek yg sama 15jt

Jadi yg mau kuliah s2 di jogja aja
dari semua daerah di Indonesia yg masyarakatnya paling tdk hedon materialistis adalah Jogja
mau cari RM padang paling murah? ya di jogja..padang murah,nasi "sebakul" ambil sendiri lauk pake ayam cuma 7-8 ribu emoticon-Big Grin
1.100.000? emoticon-Matabelo
kecil amed emoticon-Amazed
Jogja sama purwokerto sama murahnya,,ente makan pake telor cuman 3500 - 4000 an,_dah kenyang emoticon-Big Grin
apa iya gan ? setau ane yg terendah purwerejo keknya cmiiw
tahun lalu aja blum tembus 1 jt