alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5451f8a11a9975946d8b456e/menteri-nyentrik-itu-bernama-susi-pudjiastuti
Menteri Nyentrik Itu Bernama Susi Pudjiastuti
Kontroversi menteri Kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla terus bergulir, salah satunya adalah Susi Pudjiastuti. Bos Susi Air itu ramai dibicarakan karena hobi merokok dan memiliki tato di kaki. Bahkan, Susi nekat merokok di halaman Istana usai Jokowi mengumumkan nama-nama menteri. Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang kini menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) itu tampil nyentrik dibandingkan dengan 33 menteri lainnya. Rambutnya berwarna coklat. Gaya bicaranya ceplas ceplos, dan tak sungkan duduk di tangga Istana saat akan diwawancarai media massa. Susi juga gemar menghisap cerutu Kuba. Selain karena rokok dan tato, perempuan yang tak lulus SMA ini juga jadi pembicaraan di media sosial karena hanya lulus SMP.

Susi Pudjiastuti dikenal merintis usahanya dari nol, yaitu dimulai dari menjual ikan di daerah Pangandaran, Jawa Barat, yang juga dikenal sebagai salah satu sentra nelayan di Tanah Air. Menurut Presiden Jokowi, sosok Susi Pudjiastuti juga merupakan wirausaha pekerja keras yang berhasil membangun usahanya dari nol. Presiden juga mengingatkan bahwa keberhasilan usaha yang dirintis Susi antara lain dalam jasa perhubungan dan maritim. Untuk itu, Jokowi juga meyakini bahwa Susi akan dapat banyak melakukan perbaikan kebijakan.

Praktisi Sektor Perikanan dan Kelautan, Hasanuddin Atjo menilai bahwa penunjukan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri KP adalah sebuah kejutan bukan hanya karena perempuan, melainkan juga latar belakangnya sebagai profesional dan pekerja keras. Penunjukan Susi Pudjiastuti sebagai Menteri KP adalah kesadaran penuh dari Presiden Jokowi bahwa nilai tambah sektor KP harus didorong dengan menyediakan sarana angkutan yang memadai, khususnya angkutan udara. Menteri KP baru dalam jangka pendek perlu segera meningkatkan konsolidasi terkait instrumen perhubungan dengan peningkatan produktivitas dan daya saing sektor KP.

Sepuluh tahun terakhir, masyarakat disuguhi sebuah pemerintahan yang serba rapi, halus-lembut dan santun, tetapi lebih banyak berakhir dengan kinerja yang biasa-biasa saja atau bahkan terlibat kasus korupsi. Berbeda dengan Susi yang tampil apa adanya, blak-blakan, tidak perlu mematut-matutkan diri sebagai pejabat tinggi. Karena ia tahu, yang dibutuhkan sebagai Menteri dari seorang Jokowi yakni kerja keras yang sudah sejak dulu ada pada dirinya. Susi tidak lulus SMA, pun halnya dengan kehidupan rumah tangganya yang jatuh-bangun. Tapi masalah pribadi bukan permasalahan yang menggangu kinerjanya. Buktinya ia berhasil membangun bisnis di dunia yang tidak lazim bagi seorang perempuan, bisnis ikan dan transportasi udara. Dalam kalimat lain, Presiden Jokowi telah memilih sosok yang tepat di sektor Kelautan dan Perikanan.
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
×