alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5451f461bdcb17fe448b456d/uu-perkimpoian-ancam-hak-konstitusi-perempuan
UU Perkimpoian ancam hak konstitusi perempuan
Quote:Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkimpoian dinilai mengancam hak konstitusi perempuan. Hal itu lantaran syarat usia dibolehkannya perempuan kimpoi pada usia minimal 16 tahun, seperti tertuang dalam Pasal 7 ayat (1).

Pemerhati masalah perempuan, Misiyah mengatakan pemberlakuan pasal tersebut menimbulkan beberapa akibat yang merugikan perempuan. Salah satunya adalah diskriminasi karena ada pembedaan usia perkimpoian, yaitu 16 tahun bagi perempuan dan 21 tahun bagi laki-laki.

"Anak perempuan hanya dapat mengakses kesempatan pendidikan sampai usia 16 tahun atau setara tamat SMP atau tidak tamat SMA, sementara laki-laki mempunyai kesempatan sampai perguruan tinggi," ujar Misiyah saat memberikan keterangan sebagai ahli dalam sidang di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (30/10).

Di samping itu, Misiyah mengungkapkan ada dampak lain muncul akibat penerapan pasal tersebut. Menurut dia, pasal tersebut berpotensi menjerumuskan perempuan ke dalam jurang kemiskinan lantaran tidak memiliki akses yang luas terhadap pendidikan.

"Angka putus sekolah perempuan lebih tinggi daripada anak laki-laki," kata dia mengutip Indeks Kesenjangan Gender Indonesia yang diterbitkan Komisi Nasional Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Tidak hanya itu, kata Misiyah, pasal ini juga membuka peluang semakin besarnya tindak kekerasan yang diterima perempuan akibat pernikahan dini. Sehingga, menurut dia, ketentuan usia perkimpoian yang termuat dalam pasal dimaksud harus diubah menjadi lebih tinggi.

Pada kesempatan yang sama, Guru Besar Ilmu Sosial UGM Muhadjir Darwin mengatakan perkimpoian dini terjadi lantaran masih kuatnya nilai di masyarakat, yang menganggap anak perempuan sebagai beban. Fakta itu banyak terjadi pada sebagian besar keluarga yang tergolong miskin.

"Bagi masyarakat strata rendah, kemiskinan merupakan alasan utama pernikahan dini, sehingga memastikan mereka untuk mengurangi orang untuk diberi makan," ungkap dia.

Pasal 7 ayat (1) UU Perkimpoian dipermasalahkan ke Mahkamah Konstitusi oleh Indry Oktaviani, Fr Yohana Tantria W, Dini Anitasari Sa Baniah, serta Yayasan Kesehatan Perempuan. Ini karena pasal dimaksud mencederai hak asasi perempuan dalam memperoleh pendidikan dan kesejahteraan.

Mereka menyatakan perempuan usia 16 tahun masih dalam masa rentan sehingga belum layak untuk menikah. Atas hal itu, mereka mengajukan petitum kepada MK untuk membatalkan pasal tersebut.
[ GD13 ]

idealnya cewe nikah minimal di usia 17 aja dan max 26 tahun.emoticon-Malu (S)
pada setuju ga nih??emoticon-Big Grin
gawat dong omemoticon-Matabelo
UU Perkawinan
16 tahun terlalu muda kali...pasti ga akan enak jugaemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By bekun
gawat dong omemoticon-Matabelo


gawat apa nya ??emoticon-Bingung (S)

baca2 dulu dong beritanya baru komentemoticon-Nohope
UU itu mensyaratkan usia minimal, sekali lagi minimal : 16 thn, maksudnya justru untuk melindungi perempuan,,,, aneh sama yg gk setuju!!!
Klo gak mau putus sekolah, ya jangan kаwin umur 16 th! Zaman SMAku malah byk siswa perempuan drpd laki2.
emoticon-Big Grin
ya intinya secara naluriah, si Jantan bisa membuahi si Betina ketika memang sudah masuk masanya. gak peduli umurnya berapa.

soal ngurusin efek setelahnya, itu lain cerita.

mau nikah muda boleh, asal udah siap duit sama punya warisan banyak.

tapi kalo sampe akhirnya menyesal gak bisa urus tanggung jawab karena nikah muda, ya goblok aja sih namanya.

buat apa melakukan sesuatu yang secara jelas adalah sebuah pilihan dan kemudian menyesal setelah mengambil pilihan tersebut secara sadar di masa dahulu?
Kan minimal, bukan berarti yang umur dah 16 harus segera kawin emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By president.tvone
16 tahun terlalu muda kali...pasti ga akan enak jugaemoticon-Ngakak

udah jago mah emoticon-Big Grin
12taun aja uda main jari kl anak skarang emoticon-Big Grin

antara kimpoi resmi dan kimpoi tak resmi... emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By gembaladomba13


gawat apa nya ??emoticon-Bingung (S)

baca2 dulu dong beritanya baru komentemoticon-Nohope


beneran gawat kokemoticon-Cape d... (S)

gimana nasib cabe2an yang rata2 banyak yang hamil duluan di bawah umur 17 tahun ? emoticon-Matabelo
kagak boleh dikimpoiin dong om emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By bekun


beneran gawat kokemoticon-Cape d... (S)

gimana nasib cabe2an yang rata2 banyak yang hamil duluan di bawah umur 17 tahun ? emoticon-Matabelo
kagak boleh dikimpoiin dong om emoticon-Hammer2


Harus ada suatu wadah nihh buat para kimpoi lovers emoticon-Ngakak (S)
Si misyiah ini punya otak gak sich ....... apa hubungannya coba usia minimal pernikahan sama hak melanjutkan pendidikan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Girl.In.Bikini
Kan minimal, bukan berarti yang umur dah 16 harus segera kawin emoticon-Cape d...


mksdnya itu biar ortu ga bisa memaksa anaknya nIkah di usia 16thn. krna banyak juga di pedesaan yg menyuruh anaknya kimpoi cepet2 di umur muda.
lha sapa suruh juga kimpoi umur 16 emoticon-Cape d... (S)
itu kan usia minimal buat kimpoi
Quote:Original Posted By jurigkuris
Si misyiah ini punya otak gak sich ....... apa hubungannya coba usia minimal pernikahan sama hak melanjutkan pendidikan emoticon-Ngakak


hubungan tetep ada, masa masih sekolah udah bunting emoticon-Hammer2
perempuan kan gak wajib kimpoi setelah umur 16 th. Kalau dia ingin sekolah, jangan kimpoi dulu. Justru perempuan diberikan hak istimewa utk kimpoi setelah umur 16 th, Laki2 gak punysk tersebut.
Quote:Original Posted By dewa.uchiha91


Harus ada suatu wadah nihh buat para kimpoi lovers emoticon-Ngakak (S)


ntar dituduh pedopil lho om emoticon-Ngakak