alexa-tracking

DPR Terbelah, Cukup Genting untuk Presiden Terbitkan Perpu?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5451c75ea1cb1789748b456a/dpr-terbelah-cukup-genting-untuk-presiden-terbitkan-perpu
DPR Terbelah, Cukup Genting untuk Presiden Terbitkan Perpu?
DPR Terbelah, Cukup Genting untuk Presiden Terbitkan Perpu?
Ahmad Toriq - detikNews

Jakarta - Persaingan dua kubu di DPR makin meruncing. Kerja legislasi, penganggaran, dan pengawasan pun terhambat. Cukup genting kah kondisi ini sehingga Presiden harus menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perpu)?

Hal terbaru yang diributkan oleh anggota DPR adalah soal pembagian kursi pimpinan komisi-komisi di DPR. Koalisi Merah Putih (KMP) tak mau berbagi kursi melalui mekanisme pemilihan musyawarah. Sedangkan Koalisi pendukung Jokowi-JK, ingin kursi dibagi secara proporsional melalui jalan musyawarah.

KMP yang terdiri dari Golkar, Gerindra, PAN, PKS, dan Partai Demokrat memaksakan pemilihan dilakukan lewat voting, karena secara jumlah lebih besar dibanding koalisi lawannya. Menyadari jalur musyawarah yang diupayakan sulit tercapai, koalisi pendukung Jokowi-JK menempuh jalan lain, memecah diri dengan mendeklarasikan pimpinan DPR tandingan.

Perpecahan ini tentu menghambat kerja para wakil rakyat. Kebijakan suatu kubu tak diakui oleh kubu lain, maka suasana kerja kondusif tak mungkin tercapai. Pembuatan Undang-undang tak akan bisa jalan, kinerja pemerintah tak terawasi, dan anggaran untuk program-program kerja untuk rakyat tak bisa tercairkan. Ujung-ujungnya yang dirugikan adalah rakyat.

Anggota terbaru koalisi pendukung Jokowi-JK, PPP, muncul dengan usulan terobosan, meminta presiden menerbitkan Perpu untuk Undang-undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3). PPP meminta UU MD3 dikembalikan seperti sebelum direvisi oleh 'KMP', yaitu pembagian pimpinan DPR dan komisi secara proporsional.

"Mendesak pemerintah segera menerbitkan Perpu tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD yang lebih demokratis dan berkeadilan antara lain dalam hal menemukan pimpinan alat kelengkapan dewan," kata Ketum PPP Romahurmuziy saat membacakan hasil keputusan Rapimnas partainya di Hotel Crown Plaza Jalan Gatot Subroto, Jaksel, Rabu (29/10) kemarin.

Jika Perpu ini diterbitkan, maka akan langsung berlaku menggeser UU MD3. Bisa jadi pimpinan DPR yang sudah terbentuk sekarang, dan dikuasai KMP, tak mungkin bisa diubah. Namun ada harapan bagi koalisi pendukung Jokowi-JK untuk mendapat bagian kursi di komisi-komisi.

Tapi ada syarat penting untuk penerbitan sebuah perpu, yaitu kondisi kegentingan negara. Kondisi genting itu tentu menjadi subjektifitas Presiden, dan akan dinilai oleh DPR. Dengan kondisi DPR seperti ini, cukup genting kah bagi Presiden untuk menerbitkan Perpu?

http://news.detik.com/read/2014/10/3...erbitkan-perpu

(Sebenarnya) ini kan persoalan intern legislatif (aja).., diselesaikan aja lah baik-baik (oleh internal dewan)..., yang rukun rukun aja lah.., ndak enak dilihat (oleh rakyat) karena ribut melulu hehehehe.

Ya (kami) siap siap saja (dimintai bantuan).., jangankan cuma (menerbitkan) Perpu (MD3), semuanya akan kami lakukan (untuk membantu legislatif), ndak ada masalah lah.., biasa biasa aja hehehehe. Ndak ada yang istimewa pokoknya.., kita semua (bekerja) untuk rakyat kok. Iya tho?
daripada terbitkan perpu lebih baik terbitkan kartu indonesia tandingan

emang makluk peminum air kobokan kaki megatron ini tidak ada tandingan gobloknya

emoticon-Ngakak
Buat bapak Presiden: kami ikut aja apa kata bapak, yang penting Indonesia jadi lebih baik baik.

Buat bapak-bapak/ibu-ibu di DPR: sudah pak/bu, jangan ribut terus. Kalo ribut sendiri terus kapan suara kami didengarnya oleh bapak/ibu sekalian?
KMP katanya didukung rakyat emoticon-Big Grin


RAKYAT YG MANA ????????
PALING GEROMBOLAN TUKANG SATE
MK sudah mendefiniskan apa itu "kondisi darurat" (waktu itu pas SBY bikin Perpu Pilkada) yaitu: sebuah kondisi yang bisa ditetapkan secara subyektif oleh presiden sesuai hak dan kewenangan yang melekat pada dirinya.
Quote:


bukan kartu parlemen tandingan?
bubarkan saja dpr emoticon-Nohope drpd bikin tandingan" segala ... baru x nih terjadi kek gini ... 2014 tahun yg fenomenal emoticon-Hammer (S)
Quote:


ya setidak nya orang yg ente bilang goblok berhasil lah jadi presiden negara anda emoticon-Big Grin

Btw, tgl gajian udah dekat perbanyak cacian nya kali aja dapat uang tambahan emoticon-Malu (S)
Langkah tolol apalagi wahai PDI-P emoticon-Busa:
kalo kondisinya semakin aut autan lebih baik buat perpu aja rakyat pasti mendukung.
KMP katanya berlindung di ketek rakyat

hahahahahah ngelawak banget emoticon-Ngakak
menang gertakan doang emoticon-Ngakak
Yth. Bapak Presiden.

Perkenankan saya mengusulkan kepada bapak agar bapak dapat mempertimbangkan sebuah keputusan yang baik untuk membantu para anggota dewan keluar dari kekisruhan serta kebuntuan tersebut Pak.

Jika Dewan mengalami deadlock bagaimana caranya mereka bisa menjadi wakil kami pak? Suara kami siapa yang akan memperjuangkan nantinya? Jadi pak, usul saya tolong bapak instruksikan ke para aparat hukum agar segera mengusut tindak pidana anggota - anggota dewan pak, terutama pimpinan dewan.

Terimkasih Pak.
Quote:


cup cup cup dek ... terguncang yang tertib ya

emoticon-Ngakak
Quote:


hahahaha KMP bentar lagi bubar
Quote:


emang sejak kapan mereka bisa dengarkan suara rakyat ?
Yg ada suara bos partai yg musti di dengarkan, ya sukur2 itu bos parte mereka paham ama keinginan kita
Quote:


ini lagi terguncang yang tertib ya

emoticon-Ngakak
Quote:


Kamu baru gabung dauroh ya bro? emoticon-Malu

Cek lagi bro, tahun 2004 ini pernah terjadi kaleeeee. Ketahuan banget ente masih ingusan ya broww? emoticon-Ngakak (S)
anggota dpr belum mulai kerja aja udah ribut2.. emoticon-Cape d...
yang banting meja lah,yang bikin dpr tandingan lah.. emoticon-Cape d...
kerja dulu pak buk..
Quote:


tinggal keluarin perpu membatalkan UU MD3 beres
Daripada ribut terus ya seharusnya terbitkan saja PerPu nya emoticon-Recommended Seller
×