alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5451b320dc06bd9a7f8b4576/pembubaran-dpr-secara-konstitusional
Pembubaran DPR secara Konstitusional...???.....

Peluang pembubaran DPR
Pembubaran parlemen secara teoritis maupun dalam praktek di Indonesia ternyata hanya terjadi dalam sistem pemerintahan parlementer. Dan sepertinya tidak masuk akal dilakukan secara konstitusional dalam sistem presidensil.
Penting untuk dicermati bahwa kondisi politik maupun sistem ketatanegaraan Indonesia sangat berbeda dengan tahun 1959. Sehingga apabila Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tetap berkeras untuk mengeluarkan Dekrit dengan mengacu pada Dekrit 1959, tindakan itu tidak akan dapat dibenarkan secara legal maupun secara politis.
Secara legal, tidak ada wewenang apapun yang dimiliki oleh presiden untuk melakukan hal tersebut. Berbeda dengan UUDS 1950, UUD 1945 menyatakan bahwa hubungan DPR dan presiden adalah sejajar. Sementara undang-undang keadaan bahaya yang sempat diduga akan menjadi dasar hukum bagi tindakan ini juga ternyata tidak memberikan kewenangan kepada presiden untuk membubarkan DPR.
Sedangkan secara politis, harus terlebih dahulu diciptakan kondisi politik yang kemudian dapat melegitimasi tindakan tersebut. Tanpa adanya kondisi yang dapat melegitimasinya, maka sejarah akan mencatat tindakan itu sebagai tindakan inkonstitusional dari seorang diktator daripada suatu revolusi. Kondisi politik yang dapat melegitimasi tindakan itu adalah adanya keadaan darurat yang memaksa presiden untuk membubarkan DPR. Untuk itu, jelas dibutuhkan dukungan dari militer.
Reaksi langsung yang dapat dimunculkan oleh DPR adalah dengan melakukan pembangkangan, yang kemudian dapat berujung pada pengiriman memorandum kepada MPR untuk melaksanakan Sidang Istimewa (SI) guna menjatuhkan presiden dengan alasan melanggar konstitusi. Walaupun untuk sampai pada SI dibutuhkan waktu setidaknya empat bulan sejak dikirimkannya memorandum pertama, implikasi politik yang ditimbulkannya akan cukup kuat untuk membalikkan kedudukan antara MPR dan Presiden.
Namun terhadap tindakan pembangkangan MPR ini, ada cara yang umum (berlaku di dunia ketiga) untuk mencegahnya, yaitu dengan penghentian secara militeristik segala aktivitas resmi parlemen dan mungkin juga aktivitas politik pada umumnya. Menurut para ahli tata negara, ini berarti suatu tindakan coup d'etat.
Hal yang paling mungkin dilakukan secara konstitusional adalah pembubaran DPR oleh para anggota DPR. Namun untuk sampai pada hal ini, perlu ada penggembosan di kalangan DPR sendiri untuk selanjutnya menyatakan mosi pembubaran DPR. Cara yang tidak umum terjadi dalam sistem presidensil, tapi juga tidak ada larangan yang menghambatnya secara konstitusional.
Selama masih ada kalangan anggota DPR yang tidak menyetujui pembubaran ini, maka DPR tidak dapat bubar secara institusional. Namun setelah ini, fungsi DPR tidak akan berjalan sebagaimana seharusnya, yang akhirnya akan menyebabkan DPR akan kehilangan legitimasi. Kemacetan politik yang dihasilkan akan mengarah pula pada kondisi yang memungkinkan presiden membubarkan DPR. Akibat sampingannya, konflik antara presiden dan DPR telah berhasil dipindahkan menjadi konflik internal DPR.
Apabila hal ini yang terjadi, maka akan terjadi konflik politik yang berkepanjangan. Dan karenanya, akan berujung pula pada nasib seluruh bangsa ini. Oleh karena itu, meski langkah ini memang tidak mudah karena membutuhkan kekuatan politik yang besar, segala upaya politik yang menuju ke arah itu perlu dicermati.
Akhir dari seluruh uraian di atas, mungkin prinsip dasar demokrasi yang klasik perlu kembali diingat dalam hal ini. Keputusan akhir (harus) ada di tangan rakyat. Bukan hanya pemimpin dan wakil rakyat, bukan cuma rakyat yang terdidik dan terorganisir, melainkan rakyat Indonesia secara keseluruhan.
http://www.hukumonline.com/berita/ba...konstitusional
...................... ............................... .......................................
klo emang menghambat program presiden untuk membangun bangsa..ane mah nurut aja dah emoticon-Big Grin
inilah dampak kebanyakan partai
di amerika partai cuma 2 doank, makanya efektif
di indonesia partai seabrek abrek, banyak suara banyak keinginan, yah gimana mo jalan pemerintahan ??
Ulah PeKaeS ea?
Fahri aja mau buat presiden tandingan ea..
kalau emang dah kagag ada manpaatnya ya monggo klo mau dibubarin.
Quote:Original Posted By stonecrash
klo emang menghambat program presiden untuk membangun bangsa..ane mah nurut aja dah emoticon-Big Grin


tanya ke KIH
Apakah ngk bisa lewat referendum dulu, untuk melihat apakah rakyat setuju dilakukan pemilihan ulang khusus untuk DPR ...... ?
Referendum ada dasar hukumnya kagak sih ... Timtim lepas karena dilakukan referendum juga kan ?

emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By stonecrash
klo emang menghambat program presiden untuk membangun bangsa..ane mah nurut aja dah emoticon-Big Grin


Kesejajaran Presiden dan DPR terlalu berharga untuk dikorbankan bagi seorang idola. emoticon-Cape d... (S)

Kalo dibikin voting.. rakyat jg lbih milih dpr dibubarin .. citra dpr udah buruk kok dimata rakyat
Aku si yesss'.. Coba aja liatt dari reformasi sampe sekarang bisa kasi tau apa manfaat ni DPR? Selain tiap hari adu bacot gk jelass.. Tukang tilep uang rakyat .. Main perempuan.. Da bubarin aja banyakan mudarat nya .. Indonesia jadi nya cuma punya presiden .. Mentri.. MK. Ma KPK sebgai badan pengawas.. Mayan menghemat berapa triliun tu buat bayarin babi babi senayan yg cuma kerja makan dan tidur
dari dulu bukanya drp emang udah ga guna ya emoticon-Bingung
kenapa ga dibubarin dari dulu aja
Quote:Original Posted By justmeonly
Apakah ngk bisa lewat referendum dulu, untuk melihat apakah rakyat setuju dilakukan pemilihan ulang khusus untuk DPR ...... ?
Referendum ada dasar hukumnya kagak sih ... Timtim lepas karena dilakukan referendum juga kan ?

emoticon-Sorry


Di negara demokratis, seharusnya rakyat bisa berinisiatif meminta referendum, sebagai cara terakhir untuk menabok DPR dan pemerintah (sebelum melakukan makar). Tapi di UUD 1945, referendum cuma bisa kalo ada inisiatif dari DPR.

Salah satu pasal khianat yang dibuat berdasarkan usul Soekarno. emoticon-fuck2

Quote:Original Posted By brokeheard
Aku si yesss'.. Coba aja liatt dari reformasi sampe sekarang bisa kasi tau apa manfaat ni DPR? Selain tiap hari adu bacot gk jelass.. Tukang tilep uang rakyat .. Main perempuan.. Da bubarin aja banyakan mudarat nya .. Indonesia jadi nya cuma punya presiden .. Mentri.. MK. Ma KPK sebgai badan pengawas.. Mayan menghemat berapa triliun tu buat bayarin babi babi senayan yg cuma kerja makan dan tidur


Lha mereka kan loe yang milih ... makanya lain kali kalo milih, milih yang bener, milih yang ati-ati ... dapet jelek kok mewek. emoticon-Ngakak (S)
bisa kagak sih, itu mereka2 yang udah masuk ke gedung langsung wajib keluar dari partai mereka masing2.
dan penting nya itu soal koalisi koalisi mestinya di larang, biar gak rnacu mulu tiap masuk ke sidang pari purna
secepatnya !

emoticon-Cool
sebenarnya masalah besar yang terjadi di DPR saat ini, akibat ulah satu orang saja koq, yaitu orang ini:
Pembubaran DPR secara Konstitusional...???.....

orang ini sekarang cuma bisa cuci tangan dengan apa yang terjadi di DPR, tinggal ongkang ongkang kaki di atas meja, ketawa ketiwi nyaman di kantornya di MK
Ohh ada ya konstitusi buat rakyat gulingin dpr? Gw kira ga ada.
gimana kalau yang suka ribut direcall aja. Ganti sama Big Show, Rey Misterio, Triple H, John Cena, The Rock, Rob Van Dam, The Great Khali, sama Undertaker emoticon-Cool emoticon-Cool
Quote:Original Posted By peyotpetot


Lha mereka kan loe yang milih ... makanya lain kali kalo milih, milih yang bener, milih yang ati-ati ... dapet jelek kok mewek. emoticon-Ngakak (S)


Sotoy ente mas broo.. emoticon-Ngakak
Ane dari pertama x megang KTP dan dapet hak. Milih ane selalu golput kalo pemilihan anggota DPR ma DPR-D.. emoticon-Cool
Yg pertama
1. mang ane gk pernah respek ma ni yg nama nya wakil" rakyat ..
2.Ane juga pusing karna telalu banyak partai dan nama anggota hewan
3. Terahir Tu wakil gk pernah ane kenal banyakan dr luar dari daerah ane, apaa yg mau diwakilin ..
Jadi ane tetep yess buat bubarin DPR ma DPR-D gk pake mewek emoticon-Cool
Quote:Original Posted By brokeheard


Sotoy ente mas broo.. emoticon-Ngakak
Ane dari pertama x megang KTP dan dapet hak. Milih ane selalu golput kalo pemilihan anggota DPR ma DPR-D.. emoticon-Cool
Yg pertama
1. mang ane gk pernah respek ma ni yg nama nya wakil" rakyat ..
2.Ane juga pusing karna telalu banyak partai dan nama anggota hewan
3. Terahir Tu wakil gk pernah ane kenal banyakan dr luar dari daerah ane, apaa yg mau diwakilin ..
Jadi ane tetep yess buat bubarin DPR ma DPR-D gk pake mewek emoticon-Cool


Yeee parah loe ... kalo loe ga ikutan milih, ya ga boleh protes kalo pilihannya ga sesuai dengan selera loe ... emoticon-Hammer (S)