alexa-tracking

Pakar Hukum: Kalau Tak Mau Dibully, Lebih Baik Jadi Tukang Gorengan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54518db0a3cb17a35a8b456b/pakar-hukum-kalau-tak-mau-dibully-lebih-baik-jadi-tukang-gorengan
Pakar Hukum: Kalau Tak Mau Dibully, Lebih Baik Jadi Tukang Gorengan
Hukum Hanya Tajam terhadap Rakyat Kecil



Pakar Hukum: Kalau Tak Mau Dibully, Lebih Baik Jadi Tukang Gorengan



Pakar Hukum Pidana dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, Khairul Huda berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut gugatan terhadap seorang buruh tusuk sate, karena membullying Jokowi di sosial media facebook saat kampanye di akun miliknya dalam pilpres lalu.

Apapun yang dilakukan buruh tusuk sate itu menurut Khairul, adalah bagian dari demokrasi dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat dan bukan serangan pribadi.

"Saya berharap Jokowi mencabut gugatan tersebut karena apa yang disampaikan masyarakat pada saat hingar-bingar kampanye pada pilpres kemarin adalah bagian dari proses demokratisasi dan partisipasi masyarakat untuk menyuarakan keyakinannya mendapatkan pemimpin terbaik," kata Khairul kepada wartawan di Jakarta, Rabu (29/10), dilansir JPPN.

Selain itu, Khairul juga minta masyarakat tidak serta-merta menyalahkan pihak kepolisian yang langsung menangkap sang pem “bully”, karena pihak kepolisian hanya menjalankan tugasnya. Dia jelaskan, berdasarkan pasal 72 KUHP dimana hanya yang dirugikan yang bisa memberikan pengaduan, maka dia yakin Jokowi yang melaporkan hal ini secara pribadi.

"Ini delik aduan dan pihak kepolisian hanya menjalankan tugas atas laporan masyarakat. Yang mengadukan itu kalau deliknya pencemaran nama baik, hanya bisa dilakukan oleh yang dirugikan. Itu menurut pasal 72 KUHP. Jadi yang bisa melaporkan hal ini adalah Jokowi dan pihak kepolisian hanya menjalankan laporan Jokowi. Kecuali kalau Jokowi belum cukup umur maka laporan bisa diwakilkan," jelasnya.

Menurut Khairul, apapun yang diposting bersangkutan harus dilihat dalam konteks membangun suasana demokrasi ketika setiap orang bisa menyampaikan pendapatnya dan pikirannya dan harus diterima sebagi sebuah kenyataan. Karena itu ujar Khairul, sikap Jokowi yang melaporkan sang buruh tusuk sate adalah tidak pada tempatnya karena direspon dengan sebuah proses hukum.

"Memang tidak salah, tetapi alangkah lebih bijaksananya, kalau apa yang dilakukan itu adalah bagian dari pesta demokrasi. Kalau seseorang tidak mau di bully sebagai capres, maka lebih baik orang tersebut jadi tukang gorengan saja," sarannya.

Apalagi si tukang tusuk sate itu tidak punya kepentingan pribadi terhadap Jokowi. Si tukang tusuk sate bukanlah saingan Jokowi dalam pilpres dan bukan juga bagian dari tim kampanye capres. Apa yang dipostingnya seharusnya dilihat sebagai kerangka demokrasi untuk mendapatkan pemimpin menurut keyakinan dia yang terbaik.

"Kalau Prabowo yang menyatakan, boleh lah dia menuntut. Tapi itu pun harus dilihat sebagai sebuah langkah politik bukan satu hal yang menyangkut pribadi. Prabowo juga bisa menuntut kepada pendukung Jokowi yang menuduh dia pelanggar HAM. Dia hanya berusaha untuk berpatisiapsi dalam rangka memenangkan calonnya dan dalam rangka memberikan informasi siapa calon presidennya," tegasnya.

Jika Jokowi terus memaksakan agar kepolisian memproses kasus ini, maka menurutnya ini akan menjadi sebuah langkah mundur dari suasana demokrasi yang berhasil dinikmati rakyat Indonesia selama ini pasca tumbangnya rezim orde baru. “Walaupun itu menyinggung pribadi pada Jokowi, tapi toh tidak ada nilainya ketika dia jadi presiden. Sebenarnya tidak elegan-lah kalau perkara diteruskan,” pungkasnya. (fas/jpnn)

Koreksi Jualan sate Kodok saja pak, Upps keceplosan ane kira kira ada polis yang datang nga ya emoticon-Big Grin

Quote:




Quote:

image-url-apps
Quote:


Kualitas pakar hukum kita ...
jokowi mencabut gugatannya? Yg menggugat siapa?
KASKUS Ads
lebih baik dipikirkan dulu sebelum menghina, apalagi beliau sudah menjadi presiden sekarang emoticon-Cendol (S)
lihat laporannya

pasal pornografi... jelas dan jelas

masa ada politik dicampur pornografi emoticon-Big Grin

wis, hukum aja!!!!!
image-url-apps
@antikritik
Selamat datang Orba?

Loe gak salah? Orba tidak menangkap orang dengan polisi .. Tapi pakai tentara emoticon-Cape d... (S)
Dan apakah dasar hukum penangkapan warga oleh tentara seperti yg pernah dilakukan oleh kopasuss dulu jaman Soeharto? Dan siapakah komandan kopassus dulu jaman Soeharto yg terlibat penangkapan aktivis? emoticon-Cape d... (S)
prabowo dan pendukungnya ternyata lebih legowo emoticon-Belo

tpi bener juga operator warnet aja dibully apalagi pejabat


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
image-url-apps
Pakar hukum dongok, omongan taik

Kalau gk mau dipenjara, jangan ngebully
yups setuju
ane yakin Jokowi lah yg melaporkan hal itu secara pribadi ke polisi, tapi berlindung di balik henry yoso itu
ternyata jokowi tidak paham apa itu reformasi dan demokrasi yang sejati
semoga jokowi di bukakan mata hati nya
jangan ngurusin yg bully bully begitu lah, gak usah jadi rpesiden saja kalo gak mau di bully, masih banyak hal penting yg kudu dikerjakan ktimbang ngurusin tukang sate, gak malu apa????
jika jokowi terus melakukan hal seperti itu (memenjarakan wong cilik hanya karena ketidaksukaan personal), siap2x aja bertahan cuma 2,5 tahun aja
image-url-apps
fix partai banteng partai diktator ga ada kebebasan berpendapat awas ntar kita2 yg kritik banteng bisa di munirin nih.. hahahahahaha.. emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
pakar goblok.. itu sudah emoticon-Big Grin
Quote:


kritik kok pakai pornografi

otak mana otak emoticon-Big Grin
image-url-apps
gak ngerti ini dapet gelar pakar dari mana?
jelas2 bukan delik aduan emoticon-Cape d...
image-url-apps
Quote:

Apa hubungannya omongan gue dengan elu yah??emoticon-Bingung

Loe turunan babik jalang jgn sok dekat dekat ama gueemoticon-Marah
image-url-apps
pakar hukum itu pun langsung dihina2.. "salah sendiri ngebully..bla..bla...klo ngak mau dilaporin ya jangan ngebully taik...bego.."

tapi pada lupa
Pakar Hukum: Kalau Tak Mau Dibully, Lebih Baik Jadi Tukang Gorengan
image-url-apps
fix partai banteng partai diktator..,bisa2 para dpr dan masyarakat yang kritik kinerja banteng bisa dipenjara atau di munirin nih..,jadi ke inget era hitler nih.. hehehehehehehe.... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:

Kayaknya loe yg babikemoticon-Ngakak
Dasar cina babi loe emoticon-Ngakak
image-url-apps
Pengalaman presiden SBY dulu dibullly terus. Jd presiden skr sdh dilarang ya?
image-url-apps
tukang gorengn jg sering koh di kritik
klo dagangan nya ngk enak, udh dingin semua n pake minyak item bngt
psti di kritik
ada yang aneh dg bangsa ini, penegakan uu anti pornografi malah dikecam.
Seharusnya presiden mencabut uu anti pornografi karena tidak mungkin di tegakkan, kasus tukang sate ini contoh kecilnya.
×