alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5451636b118b4617148b456e/terancam-krisis-listrik-ri-perlu-bangun-pembangkit-25000-mw
Terancam Krisis Listrik, RI Perlu Bangun Pembangkit 25.000 MW
Indonesia diproyeksikan akan mengalami krisis listrik pada 2016. Pasokan listrik yang ada saat ini tidak cukup untuk menjangkau kebutuhan yang mencapai 5.000 Mega Watt (MW) per tahun.

Direktur Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia Joko Winarno mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut diperlukan pembangunan pembangkit baru. Setidaknya dalam 5 tahun ke depan, kebutuhan listrik Indonesia mencapai 25.000 MW. Dibutuhkan dana sedikitnya Rp 47 triliun agar target tersebut bisa tercapai.

"Statement Pak JK (Jusuf Kalla, Wakil Presiden) kemarin di seminar ketenagalistrikan, akan membangun pembangkit listrik selama 5 tahun 25.000 MW. Kalau dikalikan US$ 1.500 per KW, kira-kira butuh Rp 47 triliun. Itu supaya rasio elektrifikasi mencapai hampir 100%, saat ini baru 75%," paparnya dia saat ditemui di Menara Bank Mega, Jakarta, Rabu (29/10/2014).

Joko menjelaskan, jika kebutuhan tersebut tidak segera dipenuhi, tidak menutup kemungkinan Pulau Jawa akan terkena krisis listrik.

"Kita siap-siap 2016 akan krisis listrik karena proyek-proyek transmisi sudah tidak mampu menampung listrik. Butuh penampung baru," kata Joko, yang juga Dewan Pembina Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia.

Di luar Jawa saja, kata Joko, krisis listrik sudah terjadi. Pemadaman listrik sudah menjadi pemandangan biasa.

"Di luar Jawa krisis karena kebanyakan masih banyak pakai diesel, begitu minyaknya mahal ya listriknya mati. Itu orang Medan, Lampung, hampir tiap hari demo karena lsitriknya mati," kata Joko.

Untuk itu, lanjut Joko, pemerintah perlu mempercepat pembangunan pembangkit listrik. Kendala pembebasan lahan yang menghambat proses pembangunan perlu segera diatasi.

"Kita agak ketinggalan. Kita baru 10 ribu MW pada 2010 kemarin," tandasnya.

http://finance.detik.com/read/2014/1...00-mw?f9911023

Jangan boros menggunakan listrik, hemat energi hemat biaya











Quote:Share terjemahan Al Qur'an, gan. Ayat ini tidak berhubungan dengan artikel di atas ya. Trims.

Mutiara Al-Qur'an Surat Al-A'raf Ayat 52-53

52. Sungguh, Kami telah mendatangkan Kitab (Al-Qur'an) kepada mereka, yang Kami jelaskan atas dasar pengetahuan, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.

53. Tidakkah mereka hanya menanti-nanti bukti kebenaran (Al-Qur'an) itu. Pada hari bukti kebenaran itu tiba, orang-orang yang sebelum itu mengabaikannya berkata, "Sungguh, rasul-rasul Tuhan kami telah datang membawa kebenaran. Maka adakah pemberi syafaat bagi kami yang akan memberikan pertolongan kepada kami atau agar kami dikembalikan (ke dunia) sehingga kami akan beramal tidak seperti perbuatan yang pernah kami lakukan dahulu?" Mereka sebenarnya telah merugikan dirinya sendiri dan apa yang mereka ada-adakan dahulu telah hilang lenyap dari mereka.
Banyak bacot ahh...

Ini listrik di medan udah 10 tahun lebih gak pernah beres..

Mau dahlan iskan kek yg jadi dirut pln mau siapa kek ya tetap aja sama..

Gua ketawa" aja kalau ad yg mendewakan Dahlan..
wkkkkkkkkkkkk bantulah diri sendiri maka orang lain akan membantumu........lahan az g boleh dibeli buat pltu trus gmn mau ada listrik stabil di daerahmu wkkkkkkkkemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Butuh kesabaran untuk bangun pembangkit baru
Bangun nuklir langsung, nggak usah ragu
bangun nuklir, beres..

yg gak setuju.. gak usah pake listrik dari PLTN


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
ngebangun sih jelas gampang.

asal ada lahannya.

kalau mau pembebasan lahan aja ribetnya minta ampun ya susah juga mo kasih you punya tempat buat dialirin listrik kan ya?
jangan dari china lagi kontraktornya pak JK...


di FTP 1 problem semua yang kontraktornya dari china............ emoticon-Ngacir
gimana nih listrik di ind.
suka padam

emoticon-Cape deeehh
Listrik mati, internet mati
Ini gimana ini
Nuklir untuk masa depan cerah
Quote:Original Posted By ForeverAlone.
Banyak bacot ahh...

Ini listrik di medan udah 10 tahun lebih gak pernah beres..

Mau dahlan iskan kek yg jadi dirut pln mau siapa kek ya tetap aja sama..

Gua ketawa" aja kalau ad yg mendewakan Dahlan..


jangan salahkan dahlan, salahkan menhutnya baru ngasih izin setelah proses perizinannya mandek selama 8 tahun
kalau indonesia ini kayak cina atu masih kayak orde baru dimana pemerintah bisa menekan rakyatnya pastilah proyek2 infrastruktur kayak jalan, jalur kereta sama pembangkit listrik ini cepat jalan..
masalah yang paling sulit di proyek infrastruktur itu justru lebih di hal non teknis.. (izin, pembebasan lahan, penolakan masyarakat dll)
Harus gerak cepat sebelum krisis
secara eksplisit dapat diartikan mau naikin tarif listrik lg buat bangun pembangkit emoticon-Ngakak
penasaran, kalo tidak dimonopoli pln, kira2 listrik mahal atau murah?
programnya jk nih..
Rakyat butuh listrik murah
Jangan ada dusta di antara kita
Quote:Original Posted By winular
Harus gerak cepat sebelum krisis


Dprd lagi dikacaukan kmP masalahnya.
Suka tidak suka rakyat mesti rebut kembali suara diparlemen dr kmP