alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54513866118b46a0638b456f/emang-niat-dari-awal-banyak-kelemahan-yappika-akan-uji-uu-md3
[EMANG NIAT DARI AWAL] Banyak Kelemahan, Yappika Akan Uji UU MD3
Banyak Kelemahan, Yappika Akan Uji UU MD3
Mantan Anggota Pansus bantah UU MD3 untuk jegal pemenang pemilu.

Quote:Jelang berakhirnya masa jabatan, DPR periode 2009-2014 menelurkan sebuah undang-undang kontroversial yakni UU tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3). Yayasan Penguatan Partisipasi, Inisiatif dan Kemitraan Masyarakat Indonesia (Yappika)menilai UU MD3 mengandung sejumlah persoalan.

Manajer Divisi Advokasi, Riset dan Kampanye Yappika, Hendrik Rosdinarmengatakan UU MD3 terkesan ingin menjegal PDIP di parlemen. Padahal, PDIP adalah pemenang Pemilu Legislatif 2014. Menurut Hendrik, kubu pendukung Prabowo sepertinya berniat menguasai parlemen, jika Jokowi terpilih sebagai presiden.

UU MD3 yang baru memang telah menutup peluang bagi partai pemenang pemilu untuk menempatkan orangnya di kursi Ketua DPR. Diatur dalam UU MD3, pemilihan Ketua DPR melalui mekanisme voting. Mengingat jumlah kursi partai pendukung Jokowi kalah banyak dari Prabowo, maka kader PDIP mudah dijegal untuk menjadi Ketua DPR.

“Juga ada sejumlah perubahan, seperti memberi perlindungan ekstra kepada anggota DPR ketika berhadapan dengan hukum, utamanya kasus korupsi,“ujarnya dalam Program Talkshow Reformasi Hukum dan HAM KBR.

UU MD3 yang baru, kata Hendrik, memberikan hak imunitas kepada DPR jika menghadapi masalah hukum. Dalam kasus korupsi, misalnya, penegak hukum diharuskan meminta izin Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) jika ingin melakukan pemeriksaan terhadap anggota DPR.

“Mahkamah kehormatan sudah terlalu jauh bergerak hingga ke ranah hukum. Harusnya mereka bergerak di ranah etik saja. Kami sedang melakukan kajian terkait kerugian konstitusional soal lahirnya UU MD3 ini. Ada kemungkinan akan kita ajukan ke MK,” ujarnya.

Hendrik berpendapat aturan tentang prosedur izin ke MKD aneh, karena anggota DPR menjadi tidak tersentuh oleh hukum. Padahal, Konstitusi telah menegaskan bahwa semua orang kedudukannya sama di mata hukum.

Ditambahkan Hendrik, UU MD3 terbaru juga akanmenjadikan DPR tidak transparan dan akuntabel, karena kewajiban fraksi mengevaluasi kinerja anggotanya dan melaporkan kepada publik dihapus.Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) sebagai alat kelengkapan DPR yang mempertajam fungsi pengawasan terhadap penggunaan keuangan negara juga dibubarkan.

“Yang paling parah adalah dihapusnya ketentuan yang menekankan pentingnya keterwakilan perempuan, khususnya terkait dengan Alat Kelengkapan DPR,“ ujarHendrik.

Perbaikan Politik
Menanggapi hal tersebut, bekas Anggota Pansus RUU MD3, Azhar Romli dari Fraksi Partai Golkar membantah kalau tujuan revisi UU MD3 ini untuk menjegal partai pemenang pemilu legislatif. “Latar belakang direvisinya UU MD3 ini ialah sebuah konsekuensi untuk memperbaiki perpolitikan Indonesia. Undang-undangini juga nantinya akan memperkuat komunikasi antara pemerintah dengan DPR,” ujarnya.

Mengenai penghapusan BAKN, menurutnya, karena selama ini lembaga tersebut tidak berjalan baik dan tidak menghasilkan apapun. Azhar menegaskan bahwa penghapusan BAKN hanya sebatas kelembagaan, sementara tugasnya nanti akan tetap ada di tiap komisi.

Tentang perubahan ketentuan pemilihan ketua DPR, Azhar Romli juga menampik tudingan ingin menjegal PDI Perjuangan sebagai pemenang pemilu legislatif. Dalam ketentuan sebelumnya, jabatan Ketua DPR dipegang oleh partai pemenang pemilu. Tapi hasi revisi UU MD3 menyatakan pemilihan Ketua DPR dilakukan dengan suara terbanyak.

Menurut Azhar Romli, ketentuan itu justru menandakan kalau demokrasi dalam tubuh DPR berjalan dengan baik. “Bohong sekali soal anggapan UU ini untuk menghambat pilpres atau partai pemenang pemilu. Undang-undangini justru menyuarakan suara rakyat untuk bebas berpolitik kedepannya,” ujarnya.

Azhar Romli juga menolak tudingan DPR ingin mendapat kekebalan hukum lewat UU MD3 terbaru. “Hak ini justru bukan berarti membuat seorang anggota dewan kebal hukum, melainkan untuk menjalankan prosedur hukum sesuai dengan aturan yang ada. Jangan sampai kita termakan praduga tak bersalah terhadap salah satu kasus,” ujarnya.

Dan sekali lagi, Azhar Romli juga membantah tudingan UU MD3 tidak pro perempuan. “Kita harus akui kalau tidak semua partai politik memiliki kader perempuan yang kompeten, namun bukan berarti dengan ini malah menghambat perempuan untuk unjuk gigi dalam dunia perpolitikan di DPR,” ujarnya.

Artikel ini sebelumnya disiarkan pada program Reformasi Hukum dan HAM KBR. Simak siarannya setiap Senin, pukul 09.00-10.00 WIB di 89,2 FM Green Radio.



Komeng :

(Bold biru ) menyuarakan suara rakyat? emoticon-Ngakak Suara Rakyat Mayoritas kalah dgn suara Rakyat minoritas modal nggandol emoticon-Ngakak

[EMANG NIAT DARI AWAL] Banyak Kelemahan, Yappika Akan Uji UU MD3

Rakyat lebih byk milih PKB untuk mewakili suara malah kalah dgn PKS ( dpt wakil dan komisi ) .....emoticon-Ngakak.

DEMOKRASI emoticon-Tai

UUMD 3 sengaja di cipatakan DEMOKRAT buat mengacau DPR....skrg terbukti hasilnya DPR bentrok dan pecah....

Demokrat gak bingung....bukan masanya lagi emoticon-Ngakak

UU itu di bahas/sah.... kl wacana DPR di setujui Pemerintah aka PRESIDEN

UU itu di bahas/sah...kl wacana Pemerintah/PRESIDEN di setujui DPR...

Bullshit Pemerintahan SBY gak tau efek samping dr UU MD 3.....

Strategi SBY memecah belah DPR memang TOP BGT emoticon-I Love Indonesia (S)
klo soal mekanisme pemilihan pimpinan DPR ini khan sudah diputuskan oleh MK gan, dan MK tetap teguh dg pendirian nya tidak mau mengurusi permasalahan politik. kita wajib hargai itu.
Tp klo misalnya ada yg mau mengajukan uji materi ttg hal2 kontroversial lain yg ada di MD3 misalnya soal kuota perwakilan perempuan atau permasalahan penanganan apabila terjadi anggota DPR yg korupsi, ane yakin MK pasti bakal terima dan mengabulkan nya...
oh cairan yang bisa melicinkan pakaian saat digosok dan sekaligus membuat pakaian jadi wangi itu toh , menurut wa ini lumayan membantu bagi anak anak kost karena wa dah test ga pake panas pun tuh pakaian cukup digosok gosokin aja strikaannya dah rapih seketika emoticon-Smilie
cacat banget tuh uu md3

menguntungkan salah satu pihak, kenyataannya memang begitu terbukti tidak satupun jabatan ketua disandang KIH
Quote:Original Posted By t1s
cacat banget tuh uu md3

menguntungkan salah satu pihak, kenyataannya memang begitu terbukti tidak satupun jabatan ketua disandang KIH


itu khan akibat ketidakluwesan politikus2 di KIH juga. masa lawan ical dan wowok aja kalah??
emang kerjaan SBY kasih PR ke pemerintahan sekarang biar sibuk sendiri dan ga ada waktu buat ngorek2 koreng busuk pemerintahan terdahulu spt century, hambalang dll, yg pasti mas ibas bisa aman sementara waktu karena pemerintahan sekarang lg ga bisa fokus mikirin yg laen2 emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By ariean17
itu khan akibat ketidakluwesan politikus2 di KIH juga. masa lawan ical dan wowok aja kalah??


bukan karena KMP memang menutup diri tidak mau kompromi sedikitpun dgn KIH ?

KMP itu kaku seperti batu maunya menang terus. KMP busuk
Quote:Original Posted By t1s


bukan karena KMP memang menutup diri tidak mau kompromi sedikitpun dgn KIH ?

KMP itu kaku seperti batu maunya menang terus. KMP busuk


there's no such a thing like that in politics. banyak cara yg bisa dipakai utk melunakkan hati oposisi, bisa cari yg soft atau yg hard. contoh nya lihat saja bagaimana SBY mempreteli koalisi Kebangsaan di tahun 2004 lalu...
Quote:Original Posted By monyet2012
emang kerjaan SBY kasih PR ke pemerintahan sekarang biar sibuk sendiri dan ga ada waktu buat ngorek2 koreng busuk pemerintahan terdahulu spt century, hambalang dll, yg pasti mas ibas bisa aman sementara waktu karena pemerintahan sekarang lg ga bisa fokus mikirin yg laen2 emoticon-Embarrassment


emoticon-Shakehand2 ada benernya....DPR gak kerja gak ngurusi century dll emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By ariean17
there's no such a thing like that in politics. banyak cara yg bisa dipakai utk melunakkan hati oposisi, bisa cari yg soft atau yg hard. contoh nya lihat saja bagaimana SBY mempreteli koalisi Kebangsaan di tahun 2004 lalu...


kali ini beda bos, KMP pegel karna kalah dengan jokowi, dan gara2 mega melanggar perjanjian batu tulis (menurut versi gerindra)
dan bertekat melakukan aksi bumi hangus, dengan dendam yg tidak main2.

Dan itu sudah direncanakan scr terstruktur dan masif. Sebelum lengser DPR lama memaksakan mensahkan UU MD3, Pilkada utk menjegal PDIP dan koalisi2nya. Keliatan banget sepak terjang KMP, untungnya KIH sekarang sedikit cerdas mengatur strategi.

Dengan membuat DPR tandingan menandakan mulainya perang terbuka di tubuh DPR, adu kuat
Tidak akan berhenti perang tsb mungkin sampai bertahun2, dan akan membuat DPR tidak berfungsi secara normal
Quote:Original Posted By ariean17


there's no such a thing like that in politics. banyak cara yg bisa dipakai utk melunakkan hati oposisi, bisa cari yg soft atau yg hard. contoh nya lihat saja bagaimana SBY mempreteli koalisi Kebangsaan di tahun 2004 lalu...


Susahnya itu KIH berniat menutup lubang2 korupsi. Ini yg gak bs di termia oleh KMP emoticon-Cape d... (S) mknya deal2 kesepakatan pasti buntu.
Quote:Original Posted By ariean17


itu khan akibat ketidakluwesan politikus2 di KIH juga. masa lawan ical dan wowok aja kalah??


Bukan ketidak luwesan bray. Ini semua karena kegigihan KIH yg gak boleh lagi parpol2 mencari duit dr kementrian, DPR, dan pos2 pemerintahan lainnya.
kemaren waktu digugat malah ditolak sama MK, emoticon-Malu

artikel di atas malah mau digugat lagi...
Quote:Original Posted By puma2000
kemaren waktu digugat malah ditolak sama MK, emoticon-Malu

artikel di atas malah mau digugat lagi...


MK mah tidak tau prakteknya gimana, taunya teori maklum MK hanya manusia juga
Prakteknya KMP berlaku sewenang2 menjadikan KIH sebagai hewan yg disembelih tanpa perlawanan
Quote:Original Posted By cassanova588


Bukan ketidak luwesan bray. Ini semua karena kegigihan KIH yg gak boleh lagi parpol2 mencari duit dr kementrian, DPR, dan pos2 pemerintahan lainnya.


sorry gan meski kmrn ane memilih jokowi tp ane sangsi partai2 atau bahkan menteri2 yg terlibat di pemerintahan sekarang gak akan korupsi. bukan bpkir jelek tp ane realistis aja lah krn kekuasaan bisa membuat siapa pun gelap mata, moga2 ane salah dan yg ente bilang benar....
Quote:Original Posted By puma2000
kemaren waktu digugat malah ditolak sama MK, emoticon-Malu

artikel di atas malah mau digugat lagi...


yg kmren di gugat hanya sebagian kecil masalah2 yg ada d UU MD3 gan. liat postingan awal ane.
Quote:Original Posted By ariean17


sorry gan meski kmrn ane memilih jokowi tp ane sangsi partai2 atau bahkan menteri2 yg terlibat di pemerintahan sekarang gak akan korupsi. bukan bpkir jelek tp ane realistis aja lah krn kekuasaan bisa membuat siapa pun gelap mata, moga2 ane salah dan yg ente bilang benar....


Niat Jkw-JK menutup lubang2 yg sering di manfaatkan untuk korupsi. Berhubung Presiden dan wapres bertujuan begitu otomatis semua parpol pendukung bakal mengikuti... mao gak mao, pahit gak pahit harus di telan.

Sistem yg akan di bangun Jokowi nantinya semua birokrasi bakal di buat sistematis lewat perbankan. Gak ada lagi transaksi tunai. Ini sistem yg di takuti parpol2 oposisi terutama KMP....mknya mrk sepakat menguasai komisi DPR spy msh bs nyari2 fee/proyek wkt menyusun anggaran emoticon-Malu (S)
mau sehebat apapun rencana KMP di DPR, kalo DPRnya pecah sama saja dengan lumpuh
boleh dibuktikan perkataan ane.
Quote:Original Posted By cassanova588


Niat Jkw-JK menutup lubang2 yg sering di manfaatkan untuk korupsi. Berhubung Presiden dan wapres bertujuan begitu otomatis semua parpol pendukung bakal mengikuti... mao gak mao, pahit gak pahit harus di telan.

Sistem yg akan di bangun Jokowi nantinya semua birokrasi bakal di buat sistematis lewat perbankan. Gak ada lagi transaksi tunai. Ini sistem yg di takuti parpol2 oposisi terutama KMP....mknya mrk sepakat menguasai komisi DPR spy msh bs nyari2 fee/proyek wkt menyusun anggaran emoticon-Malu (S)


let see gan, moga2 aja yg ente bilang bener krn terkadang niat gak sejalan lurus dg kenyataan....
Quote:Original Posted By t1s


MK mah tidak tau prakteknya gimana, taunya teori maklum MK hanya manusia juga
Prakteknya KMP berlaku sewenang2 menjadikan KIH sebagai hewan yg disembelih tanpa perlawanan


Hedeh kalo gagal lobi jangan nyalahin musuh deh, introspeksi aja emoticon-Smilie
Masih banyak medan laga selain uu md3, gantilah jendralnya, ganti formasi serang, perbaiki skill pasukan, itu akan lebih baik buat KIH daripada cuman bisa nyalahin musuh emoticon-Smilie
Sepeninggal TK, pdip emang lemah di hubungan eksternal emoticon-Smilie