alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5450ec25529a45f32f8b4570/susi-pudjiastuti-gara-gara-berhenti-sekolah-bapak-saya-satu-tahun-tidak-ngomong
Susi Pudjiastuti: Gara-gara Berhenti sekolah Bapak Saya Satu Tahun Tidak Ngomong
Penulis Herry Sinamarata
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla, mendapat sorotan publik.
Presiden Jokowi sendiri ketika mengumumkan kabinetnya, memperkenalkan Susi Pudjiastuti sebagai seorang wirausahawati yang memulai usahanya dari nol dan mencapai sukses dengan bekerja keras. Dia juga dikenal sebagai pengusaha kreatif karena banyak melakukan terobosan bisnis.
"Saya yakin (ketika mengemban tugasnya sebagai menteri), ibu Susi nanti akan banyak melakukan terobosan di bidang kelautan dan perikanan,"ujar Presiden Jokowi tentang pengusaha perikanan dan pemilik Susi Air dari Pangandaran tersebut.
Jauh sebelum dikenal publik sebagai menteri, Susi Pudjiastuti sudah cukup dikenal di kalangan pengusaha UKM. Dia sering diundang untuk memberikan sharing, berbagi pengalaman sukses mengembangkan bisnis, antara lain, dihadapan komunitas bisnis Tangan Di Atas (TDA).
Susi memulai bisnisnya dengan berdagang bed cover keliling di Pangandaran dengan modal Rp 750.000 dan kini pengusaha tangguh ini telah menikmati kesuksesannya lewat kerajaan bisnis perikanan dan penerbangan yang diperkirakan telah mencapai omset puluhan juta dollar AS.
Perempuan kelahiran 15 Januari 1965 itu, hanya tamatan SMP karena dia memutuskan untuk berhenti sekolah pada kelas 2 SMA di Jogyakarta. Tentu saja keputusan itu ditentang orang tuanya.
"Gara-gara berhenti sekolah, bapak saya sempat satu tahun tidak ngomong dengan saya. Walaupun tinggal satu rumah," ujar Susi yang menguasai bahasa Inggris dengan baik.
Susi beruntung tinggal di lingkungan keluarga yang sangat demokratis. Bahkan sejak kecil, dia dibebaskan untuk membaca buku-buku tentang apa saja, mulai dari buku-buku tentang tokoh-tokoh terkenal, demokrasi hingga filsafat. "Semua bacaan itu membuka wawasan saya," ujar Susi.
Tidak heran, bila sejak remaja Susi terbiasa untuk bersikap independen; mandiri; bertanggungjawab serta bekerja keras. Sikap-sikap positif itulah yang membantunya dalam mengembangkan bisnisnya di bidang perikanan dan penerbangan.
Nyatanya, Susi tidak pernah takut untuk memulai bisnis baru dan tidak pernah patah semangat bila menghadapi kegagalan serta selalu memperbaiki diri untuk mencapai kesuksesan.
Pada tahun 1985, Susi mengambil keputusan penting dalam hidupnya, yakni, pindah ke Cirebon. Dia pindah ke kota udang itu mengembangkan bisnis ikannya yang dirintisnya di Pangandaran. Dia pindah hanya membawa anak dan pembantunya, tanpa suami. Alasannya, untuk urusan bisnis dia tidak mau ada dua nakhoda dalam satu perahu.
"Di Cirebon saya memulai sesuatu yang baru. Saya beli udang dan kodok, lalu dijual ke Tanjung Priok. Udang dan kodok itu dibawa dengan truk dan saya ikut dalam truk tersebut. Begitulah kehidupan saya setiap hari. Tapi, saya menjalani dengan enjoy saja," ujar Susi.
Berkat kerja kerasnya, usaha perikanan Susi terus berkembang. Dia merambah sampai ke Sumatera untuk mendapatkan pasokan udang lebih banyak dan lebih baik.
Dari segi pemasaran, dia mulai merambah pasar ekspor dengan berkaloborasi dengan pengusaha Jepang. "Saya dapat L/C pertama untuk ekspor ke Jepang pada bulan Mei 1996 lalu, senilai 270 ribu dollar AS," ujar Susi.
Selain bekerja keras, Susi juga bekerja cerdas. Dia selalu mencari terobosan bisnis agar nilai tambah bisnisnya terus meningkat.
Kalau bicara soal ekspor perikanan berarti Susi harus mengupayakan agar dia dapat menjual ikan-ikannya dalam keadaan hidup; segar. Bayangkan, udang lobster kalau dalam keadaan hidup bisa dijual Rp 400 ribu/kg; tapi kalau dalam keadaan mati hanya Rp 100.000/kg.
"Tapi tantangannya berat. Yakni, bagaimana mengupayakan agar udang itu bisa sampai ke tangan pembeli dalam waktu 24 jam sejak penangkapan. Sedangkan infrastrukturnya di Indonesia masih belum memadai. Dari Pangadaran ke Jakarta saja menghabiskan waktu sekitar 12 jam. Dalam perjalanan itu, 10 sampai 25 persen udangnya mati. Kalau mati harga udangnya menjadi murah. Kalau udang mati, busuk, malah tidak bisa dijual. Di sinilah perlu terobosan," ujar Susi.
Menurut Susi, terobosan yang dimaksud dia harus punya pesawat sendiri. Pesawat kecil yang bisa landing di bandara lapangan rumput dan bisa menjemput ke tempat-tempat nelayan sehingga bisa mengurangi angka kematian udang serta dapat memenuhi tuntutan standar mutu produk yang diminta pembeli di luar negeri.
"Setelah keliling ke bank-bank, baru pada tahun keempat ada bankir yang percaya dan mau membiayai pembelian pesawat untuk mengangkut udang dan ikan-ikan lainnya. Saya dapat kredit 4,7 juta dollar AS untuk membeli dua pesawat kecil. Syukur dalam waktu tujuh tahun kredit tersebut dapat dilunasi,"ujar Susi yang kini memiliki sekitar 45
pesawat dengan puluhan pilot asing.
Mungkin kegigihan, semangat pantang menyerah serta keberanian melakukan terobosan bisnis itulah yang menggoda Presiden Jokowi untuk mempercayai Susi Pudjiastuti menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

wih keren nih orang emoticon-Matabelo

ada bonus buat agan

Susi Pudjiastuti: Gara-gara Berhenti sekolah Bapak Saya Satu Tahun Tidak Ngomong

sumur
emang apa yah maksud TS pasang gambar si atut?
anak juragan sapi
di sekolahin jauh2 ke jogja.
eh DO emoticon-Big Grin digampar bokap ya wajar lah emoticon-Big Grin
coba lulusan S1 ITB ada yg udah bisa bisnis pake L/C?? emoticon-Embarrassment
emoticon-Matabelo
buat kasih tau agan, mending yang mana? emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By H.A.M
emang apa yah maksud TS pasang gambar si atut?


Quote:Original Posted By demit.ayu
buat kasih tau agan, mending yang mana? emoticon-Ngakak





ana ga akan membandingkan apel to apel.

Kalau bu Susy muslimah,mendingan bu susy yang jilbaban seperti atut karena bu susy sebagai public figure di samping menjaga nama bangsa, bu susy membawa nama agama dan nama keluarganya.



Jual harga mahalnya ke orang jepang aja ya bu emoticon-Big Grin...ke orang lokal jangan mahal2 lobsternya bu emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By H.A.M
emang apa yah maksud TS pasang gambar si atut?


pilih mana gan emoticon-Ngakak
Mending nakal tp tulus..emoticon-Big Grin

Dr pada sok alim tp munafikemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By reale


pilih mana gan emoticon-Ngakak


dari segi casing ane pilih bu atut (pakaian rapi,jilbaban,terawat) akan tetapi dari segi mentalitas ane pilih bu susy emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By H.A.M
emang apa yah maksud TS pasang gambar si atut?


mungkin ngefans
emoticon-ToastQuote:Original Posted By gamunaf1k
Mending nakal tp tulus..emoticon-Big Grin

Dr pada sok alim tp munafikemoticon-Big Grin


emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
Quote:Original Posted By H.A.M


dari segi casing ane pilih bu atut (pakaian rapi,jilbaban,terawat) akan tetapi dari segi mentalitas ane pilih bu susy emoticon-Big Grin



Susi Pudjiastuti: Gara-gara Berhenti sekolah Bapak Saya Satu Tahun Tidak Ngomong

Susi Pudjiastuti: Gara-gara Berhenti sekolah Bapak Saya Satu Tahun Tidak Ngomong

Susi Pudjiastuti: Gara-gara Berhenti sekolah Bapak Saya Satu Tahun Tidak Ngomong

Susi Pudjiastuti: Gara-gara Berhenti sekolah Bapak Saya Satu Tahun Tidak Ngomong

Susi Pudjiastuti: Gara-gara Berhenti sekolah Bapak Saya Satu Tahun Tidak Ngomong

Susi Pudjiastuti: Gara-gara Berhenti sekolah Bapak Saya Satu Tahun Tidak Ngomong

Agan suka casing licin yah emoticon-Big Grin Seleranya unik
Emang sih Atut bener-bener "jidat licin"
Quote:Original Posted By SeTECH


Agan suka casing licin yah emoticon-Big Grin Seleranya unik
Emang sih Atut bener-bener "jidat licin"


pahami tulisan ane di atas,adakah ane menulis masalah fisik?
Quote:Original Posted By H.A.M


pahami tulisan ane di atas,adakah ane menulis masalah fisik?


Quote:Original Posted By H.A.M


dari segi casing ane pilih bu atut (pakaian rapi,jilbaban,terawat) akan tetapi dari segi mentalitas ane pilih bu susy emoticon-Big Grin


modal nekat tu bisnis nya ibu susi.. kredit sana sini.. emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By handratas
modal nekat tu bisnis nya ibu susi.. kredit sana sini.. emoticon-Matabelo


lebih nekat si atut, korupsi sama sini
salut juga sama bu susi, btw meski spiritual bu susi rendah, bukannya bu susi sering ngebantu bangun mesjid? menurut gue penilaian terhadap spiritual seseorang itu privasi gan, lagian bu susi dibanding lo belum tentu dosanya bu susi lebih banyak daripada lo, buat apa sering sembahyang tapi tindakan lho sering korupsi? sama aja munafik emoticon-Cape d... (S)
Susi Pudjiastuti: Gara-gara Berhenti sekolah Bapak Saya Satu Tahun Tidak Ngomong