alexa-tracking

Sistem Penyaluran Kartu Jakarta Pintar (KJP) Diubah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5450c45c1a9975fd758b456e/sistem-penyaluran-kartu-jakarta-pintar-kjp-diubah
Sistem Penyaluran Kartu Jakarta Pintar (KJP) Diubah
Sistem Penyaluran Kartu Jakarta Pintar (KJP) Diubah
Quote:Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengubah cara penyaluran dan usul tentang penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP). Ketua Tim Perencanaan dan Pengendalian Kartu Jakarta Pintar Dinas Pendidikan DKI Jakarta Waluyo Hadi mengatakan dalam sistem yang baru guru harus mensurvei secara langsung ke rumah siswa calon penerima KJP. Setelah itu sekolah akan memutuskan layak-tidaknya siswa menerima santunan dana pendidikan tersebut. Jika layak maka sekolah harus mengeluarkan surat layak menerima KJP, tutur Waluyo kemarin. Rekomendasi dari sekolah ini akan digunakan untuk meminta surat keterangan tidak mampu dari kelurahan.

Selama ini, sistem penerimaan KJP tidak jelas, guru tidak dilibatkan dalam proses seleksi. Asal punya surat keterangan tidak mampu, semua siswa bisa mengajukan permohonan KJP. Akibatnya, program yang di gagas oleh Joko Widodo semasa menjadi Gubernur DKI Jakarta bersama Basuki Tjahaja Purnama ini rawan penyimpangan. Salah satunya temuan lembaga Indonesia Corruption Watch berupa banyaknya alamat penerima KJP yang ternyata palsu. Dinas pendidikan juga menemukan adanya 20 persen penerima ganda yang tidak layak menerima KJP karena cukup mampu.

Waluyo menututrkan, Dinas sudah bekerja sama dengan Biro Tata Pemerintahan dengan tujuan memberitahu kelurahan bahwa surat keterangan tidak mampu hanya bisa dikeluarkan jika ada rekomendasi dari sekolah. Perubahan lainya, KJP akan diberikan secara langsung untuk 12 bulan pada awal tahun. Namun siswa hanya bisa mengambil sebesar Rp 100 ribu perpekan, sehingga lebih terkontrol. System ini akan diterapkan lewat kerjasama dengan Bank DKI Pembelian peralatan sekolah juga hanya bisa dilakukan dalam acara Jakarta Fair, dengan uang elektronik bukan tunai.

Perubahan sistem ini diterapkan guna memastikan penerimaan dan penggunaan uang dengan tepat. Apalagi, pelaksana tugas Gubernur Basuki Tjahaja Purnama menaikkan alokasi dana pendidikan ini hingga dua kali lipat pada 2015. Anggaran tahun ini, sebesar Rp 1,4 Triliun, ditujukan bagi 611.507 siswa. Tahun depan, besaran dana diusulkkan Rp 3 triliun. Kenaikan tersebut, Waluyo menjelaskan, terjadi karena dana KJP akan mencakup 100 persen kebutuhan siswa, dari yang sebelumnya hanya 40 persen. “Pak Ahok minta agar 100 persen”, tutur Waluyo.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, memberikan beberapa catatan soal KJP. Salah satunya, adanya nama penerima ganda. Menurut dia, pemerintah mesti mempertimbangkan catatan ini sebelum menaikkan nilai anggaran. “KJP bukan soal jumlah, melainkan apakah tepat sasaran dan efektif.”

Sekretaris Jendral Forum Serikat Guru Indonesia, Retno Listyarti, meminta dinas meningkatkan pengawasan, berkoordinasi dengan sekolah, dan secara rutin melakukan evaluasi. “Selalu ada celah untuk nakal,” katanya. Ratih orang tua murid SD Negeri 8 Kebon Sirih, mengaku semakin tertolong jika besaran dana KJP dinaikkan. “Selama ini cukup, kadang masih nombok,” ujarnya. Kebutuhan paling banyak adalah peralatan sekolah.


Sumber : http://charles-honoris.com/read/2014...-pintar-diubah
Sumber blog ?
semoga system ini bisa lebih akurat dlm membantu yang kurang mampu
Sistem Penyaluran Kartu Jakarta Pintar (KJP) Diubah
Quote:Original Posted By victimofgip21
Sumber blog ?

Sumber dari koran mas..
cek website sumber.. karena disana detail tertulis sumber tulisan.
Terima Kasih

yes guru dapat job sampingan dari orang tua muridemoticon-Ngakak

mau layak dapat KJP? wani piro??emoticon-Ngakak


nah berarti harus ditetapkan sanksi buat si guru kalau berlaku beginiemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By satlonely
yes guru dapat job sampingan dari orang tua muridemoticon-Ngakak

mau layak dapat KJP? wani piro??emoticon-Ngakak


nah berarti harus ditetapkan sanksi buat si guru kalau berlaku beginiemoticon-Big Grin

Masuk akal sih..
Tapi dengan sistem baru ini gua rasa malah lebih bisa termonitor..
Jadi kalau ada guru yang nakal yah pihak murid/ orang tua murid bisa langsung lapor ke gub gub kita hihihi
Apapun itu semoga teman-teman yang kurang mampu bisa mendapatkan pendidikan yang layak !!
Salam hehehe
emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By ancel45

Masuk akal sih..
Tapi dengan sistem baru ini gua rasa malah lebih bisa termonitor..
Jadi kalau ada guru yang nakal yah pihak murid/ orang tua murid bisa langsung lapor ke gub gub kita hihihi
Apapun itu semoga teman-teman yang kurang mampu bisa mendapatkan pendidikan yang layak !!
Salam hehehe
emoticon-Matabelo

nah kalau itu juga harus dipikirkan lagi, gimana kalau ada orang tua murid main mata ama guru, berarti orang tua murid mesti dikasih sanksi juga nih
Quote:Original Posted By satlonely

nah kalau itu juga harus dipikirkan lagi, gimana kalau ada orang tua murid main mata ama guru, berarti orang tua murid mesti dikasih sanksi juga nih

Kalau menurut ane..
Ngutip kata-kata dia yang masalah rusun sih..
si anak dari ibu nakal itu kmungkinan gak akan dapat dana bantuan emoticon-Berduka (S)
emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)

tapi yah harus ada sanksi jelas untuk para pihak yang nakal lah.. hehehe
Kira2 bank yg bersangkutan bisa buat sistem yg lbh aman gk ya. Misalnya saat dana di transfer ke kjp siswa. Langsung di potong otomatis dan masuk otomatis ke rekening skolah pada tanggal yg udah ditetapkan.. Jadi ad data berlapis. Stelah dipotong. Pihak bank tinggal kirimin surat lunas ke sekolah dan pihak skolah yg serahkan surat lunas utk murid2 atau ad laporan lunas dari pihak bank ke skolah melalui email.. Pihak skolah tinggal kluarin surat lunas utk siswa... Pada saat hari pembelian buku dan seragam. (Kalau mmg dananya ada utk itu). Wali murid Tinggal menuju bank terkait dengan membawa kjp dan ktp wali utk pengambilan dana.. Trus dr pihak bank yg mentransfer ke rekening skolah seharga buku dan seragam. Stelah di tf pihak bank kasi surat lunas(yang ad Id atau barcode yang bisa di cek keasliannya di skolah) ke ortu siswa trus surat lunas itu dibawa kesekolah utk ditukar dengan buku dan seragam... Ane g ngerti. Itu butuh modal yg gede ap gmn. Tp kyknya lbh aman mnrt ane.
×