alexa-tracking

Demi Nelayan Cianjur, Susi Bikin Landas Pacu dan SMK Kelautan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5450a837c1cb17b97c8b456e/demi-nelayan-cianjur-susi-bikin-landas-pacu-dan-smk-kelautan
Demi Nelayan Cianjur, Susi Bikin Landas Pacu dan SMK Kelautan
Demi Nelayan Cianjur, Susi Bikin Landas Pacu dan SMK Kelautan


Bagi nelayan di Cianjur selatan, Susi Pudjiastuti sangat berjasa. Selain membuka infrastruktur pendukung usaha penjualan hasil laut, Susi juga mendirikan Sekolah Menengak Kejuruan jurusan Kelautan. Berikut catatan wartawan Kompas.com yang pernah meliput Susi saat uji coba pesawat menuju Cianjur selatan.

Nadin Pascale kecil merengek. Anak perempuan Susi Pudjiastuti ini ingin pergi di Cidaun, Cianjur, Jawa Barat, satu pesawat bareng sang ibu. Melihat itu, Susi mendekati sang anak.

Dengan lembut ia mendekati sang anak, memeluk, dan mendudukkannya di pangkuan. Dalam bahasa Inggris, Susi menjelaskan kenapa Nadin tidak boleh berada dalam satu pesawat dengan dirinya.

“Penerbangan kali ini berbeda. Kita akan uji coba mendaratkan pesawat di runway yang baru selesai dibangun. Jadi, setelah pendaratan kali ini berhasil, baru Nadin akan dijemput untuk menyusul,” tutur Susi di Bandara Nusawiru Pangandaran, Agustus 2005 silam.

Setelah berhenti merengek dan dihadiahi senyuman serta kecupan sang ibu, ia mengantarkan sang ibu, ayah, dan enam orang wartawan naik pesawat dengan lambaian tangan. Di perjalanan, Susi menjelaskan kekayaan laut di Jawa Barat. Sesekali ia pun menunjukkan biota laut yang terlihat dari atas pesawat.

“Potensi ikan di lautan Jabar itu besar dan berkualitas ekspor. Tapi potensi itu belum dimanfaatkan optimal karena nelayan sulit memasarkannya,” ungkap Susi.

Ia menjelaskan, infrastruktur darat di Cianjur selatan yang belum mendukung, berimbas pada rendahnya harga ikan. Kondisi ini diperparah dengan kesegaran ikan. Jika terlalu lama di darat tanpa pembekuan yang bagus, ikan akan cepat busuk yang ujungnya akan berpengaruh pada harga. Jadi, sebesar apapun potensi ikan, nelayan tidak banyak diuntungkan karena banyak faktor.

Hal itulah yang menarik Susi untuk membuat runway di Cianjur. Keputusan Susi disambut baik para nelayan dan warga Cianjur selatan. Karena begitu Susi masuk, harga ikan naik dua kali lipat. Seperti ikan layur, yang tadinya hanya dihargai Rp10.000 per kilogram, naik menjadi Rp 30.000 per kilogram.

“Buat nelayan, Susi sangat membantu,” ungkap tokoh pemuda Cidamar, Cidaun, Taufik Maulana, Rabu (29/10/2014).

Sambutan hangat warga ini diperlihatkan begitu pesawat berhasil landing dengan mulus. Berbagai macam makanan disediakan oleh warga. Susi pun tampak akrab bercengkrama bersama nelayan dan keluarganya. Tak ada batas sedikit pun.

“Buat kami mah, Bu Susi teh penyelamat. Berkat beliau saya jadi punya tabungan. Asalnya mah nggak,” ujar Yuli, warga Cidaun.

Susi memang dikenal warga Cidaun orang dermawan. Siapapun yang membutuhkan bantuannya, dengan tangan terbuka ia akan menolongnya. Termasuk ketika ia melihat perjuangan warga Cidaun untuk mengenyam pendidikan.

Dirikan SMK Kelautan

Berada di ujung Cianjur, membuat Cidaun seperti daerah terisolasi. Untuk pergi ke Cianjur kota, warga membutuhkan waktu enam jam dengan menggunakan kendaraan dan melintasi jalanan bebatuan yang melelahkan.

Karena akses yang sulit, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menjual hasil bumi, terkadang warga Cidaun lebih memilih Ciwidey, Kabupaten Bandung. Jarak keduanya lebih dekat, meskipun kondisi jalan saat itu belum terlalu bagus. Bagi orang yang belum terbiasa, perjalanan ini bisa membuat badan remuk redam.

Begitupun dalam hal pendidikan. Banyak anak Cidaun yang tidak melanjutkan pendidikan karena terbentur biaya. Setidaknya, bagi orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya, ia harus menyiapkan uang puluhan ribu untuk naik ojek atau angkutan umum. Namun, jangankan untuk menyekolahkan, kehidupan sehari-hari pun sulit untuk mereka penuhi.

Hingga akhirnya Susi mendirikan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang fokus di bidang kelautan. Warga pun semringah, apalagi ketika Susi menjanjikan lulusan SMK tersebut akan bekerja di perusahaan yang dimiliki Susi.

Kebahagiaan warga bertambah tatkala warga yang tidak mampu, tidak dibebankan biaya. Yang penting anak tersebut bersedia sekolah.


Sumber


Susi memang luar biasa emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
image-url-apps
beuh mantap banget gagasannya.
sayangnya, rakyat melihat bu susi kaya buku. cover jelek = isi jelek.
image-url-apps
Mantap tante
KASKUS Ads
Susi Pudjiastuti: Menteri Terbaik di Era Kabinet Kerja

buat dosen dosen kelautan / perikanan: buang ijasah kalian ke laut!
image-url-apps
mantap mamih, udah jadi menteri mamih bisa bngun d seluruh wil. indo ya mam.. biar kmpung nelayan pada makin maju..
Quote:


meninggikan org lain itu bagus

tapi merendahkan org lain tidak bagus

Quote:


termasuk merendahkan orang lain yang telah terlebih dahulu merendahkan Ibu Susi terlebih dahulu?
kalau saya sih menunggu dulu gimana kinerjanya +- 100 hari minimal atau setahun...... baru menentukan pendapat

ga tau kalau mas Anang sama Dani emoticon-Big Grin

image-url-apps
Kayanya paling terkenal neh menteri di banding menteri2 lainnya emoticon-Big Grin
Quote:


ada berapa sekolah tinggi perikanan di indonesia,, semua dosen2nya suruh buang ijazahnya kelaut gitu emoticon-Cape d... (S)
Quote:


gue gak tau ada berapa banyak, tapi yang pasti selain suruh ijasahnya buang ke laut, mentalitasnya juga harus di-upgrade...

Ijasah buat apa gan?? hanya secarik kertas... selama ini toh si dosen simpen ijasah di lemari atau digantung di dinding doang.

jgn2 susi diplot wiwi jd mentri biar kamera media gak nyorot puan

emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir
gak lulus SMA tapi bisa bikin SMK emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
Quote:


pemikiran taiemoticon-Tai:

emang tanpa buang ijasah, gak bisa jadi yang terbaik yah??emoticon-Ngakak
TS kok ganti avataremoticon-Mad

Quote:


Kalau aku sih Oke.. nggak tahu kalau Mas Dani

image-url-apps
Quote:

Pemikiran yang saya rasa cukup baik untuk lulusan SMP..emoticon-Big Grin
Yang lulusan tinggi apa iya berpikiran seperti ini.? emoticon-Thinking
image-url-apps
Bah dopost..emoticon-No Hope
emoticon-Sorry
hatur nuhun bu susi, sugan cianjur te jadi daerah maju jeung masyarakatna berpikiran ke depan...jadi ekonomi tiasa majuna
beda jauh sama prof ITB apa kontribusinya
×