alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54507f0714088dfa158b4567/aer-suci-gan-ribuan-warga-solo-rela-berebut-air-cucian-pusaka
(aer suci gan) Ribuan warga Solo rela berebut air cucian pusaka
Merdeka.com - Ribuan warga Solo dan sekitarnya berebut sisa air yang akan digunakan untuk memandikan pusaka di Istana Mangkunegaran, Solo, Jumat (24/10) malam. Empat wadah besar air pencucian pusaka berasal dari sumber mata air di istana dan sejumlah sendang yang ditaburi kembang setaman, ludes diambil warga dalam waktu singkat.

Sejumlah warga bahkan ada yang langsung meminum atau membasuhkan ke muka. Lainnya memasukkan air tersebut ke dalam botol air mineral dan dibawa pulang.

"Ini saya bawa pulang, untuk dimasukkan ke sumur, biar berkah," kata Anto Asmoro, warga Semin, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Anto yang datang ke istana sejak sore mengaku bangga bisa memperoleh air yang dianggap suci tersebut. Ia juga menyisakan air tersebut untuk diminum agar selalu dikaruniai kesehatan.

Sementara itu, warga Pracimantoro, Sujirah (56 tahun) terlihat berseri-seri wajahnya. Dia mendapatkan sebotol air mineral dan sejumlah kembang. Dia yakin air tersebut akan membawa keberuntungan saat ditabur di lahan sawah atau ladangnya.

"Semoga nanti hasil panen saya bisa banyak dan bagus," ujar Sujirah.

Pengageng Wedono Satriyo Istana Mangkunegaran, Kanjeng Raden Mas Tumenggung Lilik Priharso Tirto Tiningrat mengaku senang saat digelar kirab hari ini tidak terjadi hujan seperti biasanya. Dia berharap pada pelaksanaan tahun berikutnya akan lebih baik.

"Pusaka yang kami kirab ini merupakan perwujudan kekuatan di Mangkunegaran. Pusaka dikelilingkan di luar istana supaya kita terlindungi semua. Sehabis itu malamnya kita semedi (berdoa) untuk introspeksi diri serta mengharap ke depan lebih baik," kata Lilik.

Dalam kirab yang dimulai pukul 19.30 WIB tersebut hanya tiga pusaka berbentuk tombak yang dibawa keliling istana. Tetapi mengenai nama-nama pusaka tersebut, Lilik tak mengetahuinya. Penentuan nama atau jenis dan jumlah pusaka, sepenuhnya menjadi hak prerogatif Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Sri Paduka Mangkunegara IX.

"Kita hanya menyiapkan beberapa parogonya. Sesaat kirab akan dimulai, baru kanjeng gusti (Mangkunegara) perintah iki, iki, iki (ini, ini, ini)," tandasnya.

Lilik menjelaskan, jumlah pusaka, nama dan jenis pusaka yang dikeluarkan saban tahunnya selalu berbeda. Jika tahun ini ada tiga pusaka, tahun sebelumnya bisa lima, tujuh, atau sembilan pusaka.

"Kalau pusakanya sudah keluar, baru kita yang meraba-raba, kok pusaka ini dikeluarkan, mau ada apa ya ?" sambung Lilik.

Lebih lanjut Lilik menerangkan, memandikan pusaka baru akan dilaksanakan pada keesokan harinya. Seluruh pusaka yang dipunyai Mangkunegaran akan diguyur dengan air suci, sama seperti air yang diperebutkan warga.

sumber http://www.merdeka.com/peristiwa/rib...an-pusaka.html

airnya ada yg jual gak ya???
dari dulu ane gagal paham dengan yang beginian.
toh itu kan air cucian? emoticon-Najis


ada yang bisa menjelaskan ke ane kenapa masih percaya?
air cucian direbutin emoticon-Hammer
air kobokan kaki megatron emoticon-Ngacir
campur daki tuh airemoticon-Ngakak
stupid people emoticon-Big Grin
Sebagian dr adat istiadat, mau dinalar pake apaan juga bakal susah dilogika, karena yg melakukan ini hanya orang2 yg berada dan terikat dlm adat tsbemoticon-Big Grin

Kl dibalik, kenduri dlm Islam itu hrs nya musyrik lho, tp krn bagian dr adat ya ttp tidak ada yg protes kan? IMHO CMIIW yesemoticon-Kiss
bid'ah!!!!!!
mereka belum tahu kesaktian dari air kobokan kaki megatron... emoticon-Cool
Orang china udah bikin space station di luar angkasa, sementara inlander masih rebutan air kobokan pecel lele.
Eh marah2, iri n rasis sama yg katanya menguasai ekonomi indo. Punya cermin gak sih?
Quote:Original Posted By dr.Merokok.Sp.P
mereka belum tahu kesaktian dari air kobokan kaki megatron... emoticon-Cool


Bapak ini sudah membuktikannya gan. emoticon-Hammer2

(aer suci gan) Ribuan warga Solo rela berebut air cucian pusaka
Ga ngurus selama ga merugikan aja emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By simeoneinter


Bapak ini sudah membuktikannya gan. emoticon-Hammer2

(aer suci gan) Ribuan warga Solo rela berebut air cucian pusaka


air kobokan kaki megatron emang jos
emoticon-Ngakak
beda kelas lah ama kobokan kaki megatron emoticon-Cool

Quote:Original Posted By capres.boneka
air kobokan kaki megatron emoticon-Ngacir


MEMANG INI MASUK KATEGORI AIR PUSAKA YA BRO?
Quote:Original Posted By simeoneinter


Bapak ini sudah membuktikannya gan. emoticon-Hammer2

(aer suci gan) Ribuan warga Solo rela berebut air cucian pusaka



pak pulisi tangkaaaaaaappppppppemoticon-Mad (S)



emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
asal tidak mengandung kutu aer

Quote:Original Posted By yuiri.murayama
bid'ah!!!!!!

emoticon-shakehand:

jangannya air cucian, emoticon-Tai: kebo bule saja diperebutkan, untuk dimakan katanya

Di jogja juga ada rebutan kok

Di partai anu, ada yang minum cucian kobokan kaki,
boleh sebut tidak ? Nanti dilaporkan emoticon-Takut
Quote:Original Posted By grafuse1
Orang china udah bikin space station di luar angkasa, sementara inlander masih rebutan air kobokan pecel lele.
Eh marah2, iri n rasis sama yg katanya menguasai ekonomi indo. Punya cermin gak sih?


Jadi orang mbok jangan bangga pamer kegoblokan

Tahayul di mana saja ada, bukan cuma di indonesia, blok

Di cina, jepang,usa, eropa dsb, ada