alexa-tracking

Menteri Pariwisata: Bandara Harus Ada Wifi-nya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54505844925233d02c8b4573/menteri-pariwisata-bandara-harus-ada-wifi-nya
Menteri Pariwisata: Bandara Harus Ada Wifi-nya
JAKARTA, KOMPAS.com - "Di airport harus ada wifi-nya". Menteri Pariwisata Arief Yahya melontarkan pernyataan itu saat serah terima jabatan (sertijab) dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II Mari Elka Pangestu, di Jakarta, Selasa (28/10/2014). Pernyataan tersebut memang terkesan erat dengan latar belakang Arief yang sebelumnya adalah CEO PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Namun, seperti diungkapkan Arief, salah satu kelemahan Indonesia adalah kesiapan teknologi dalam hal ini infrastruktur di bidang informasi, komunikasi, dan teknologi. Hal ini terlihat dari The Global Competitiveness Index (GCI) yang dikeluarkan World Economic Forum.

Pada daftar GCI, persaingan Indonesia dibanding negara-negara lainnya di dunia menempatkan Indonesia berada di peringkat 34 dari 144 negara. Ada beberapa sektor yang menjadi penilaian suatu negara dalam GCI. Menurut Arief, dari daftar tersebut ada tiga sektor yang nilai skornya lemah untuk Indonesia yaitu, infrastruktur, kesiapan teknologi (infrastruktur informasi, komunikasi, dan teknologi), serta kesehatan dan higienitas.

"Perbaikan infrastruktur ICT (information, communication, technology) bisa lebih mudah dan lebih murah, dibanding perbaikan hard infrastructure seperti perbaikan jalan," ungkapnya.

Salah satu contohnya perbaikan infrastruktur adalah penyediaan WIFI di bandara-bandara seluruh Indonesia. Selain itu juga, penggunaan teknologi informasi untuk kemudahan para turis. Arief memberi contoh kartu Octopus yang diterapkan di Hongkong. Dengan kartu ini, warga Hongkong maupun turis bisa memakainya untuk membayar kereta cepat, bus, sampai kapal feri, bahkan belanja di supermarket.

Di Indonesia, Arief menuturkan sinergi antara Telkom dan PT KAI (Kereta Api Indonesia) berupa penggunaan kartu pra bayar untuk commuterline. Hasilnya adalah peningkatan jumlah penumpang dan pendapatan.

Digital marketing

Arief mengungkapkan pemasaran pariwisata Indonesia juga tidak bisa lepas dari dunia digital atau teknologi informasi. Walaupun ia mengakui, pemasaran yang konvensional akan tetap dikerjakan.

"Thailand lebih banyak iklannya daripada kita. Tapi itu tidak murah. Kita akan introduce digital marketing," ungkapnya. Konsep pemasaran yang akan ia jalankan adalah pemasaran digital yang lebih sosial dengan penggunaan media sosial dan terpersonalisasi.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menuturkan di era teknologi informasi, harus digunakan berbagai sarana untuk mempromosikan produk. "Penggunaan teknologi informasi merupakan cara ekonomis dan menyebar cepat untuk mempromosikan pariwisata," katanya.

Oleh karena itu, lanjut Mari, ia yakin Arief bisa mempromosikan dan memajukan pariwisata Indonesia melalui teknologi informasi. Apalagi ia sendiri sudah melihat salah satu hasilnya. "Saya pernah me-launching produk Pak Arief, aplikasi Android wisata di Banyuwangi, peta untuk ke desa wisata. Itu produk dari Telkom," kata Mari.

http://travel.kompas.com/read/2014/1...s.Ada.Wifi-nya

saya rasa lebi penting kebersihan tempat wisata,wc,kamar mandi,makanan biar ga keracunan yg prioritas drpd inet..
klo ada inet tapi masi bermasalah malah masalahnya gampang disebarluaskan sedunia.mendingan bagusin dulu baru promosi.klo promosi duluan malah promosiin buruknya....
paling gampang semua tempat wisata mesti sesuai standar bali yg uda internasional.

biasanya bule ke tempat selain pulau bali pasti mencret makan makanan kotor& susa beol karna mesti wc jongkok sirem pake ciduk....blon lagi wc nya biasanya suasannya horor...bau,kotor,dinding lantai item pula....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Yg kurang tuh informasi mengenai tmpat wisata, tmpat kuliner, tempat belenja d bandara setempat
kalo bisa dibikin web page yg langsung nongol waktu akses wifi bandara
bikin seatraktif, sejelas mungkin informasinya.
Bandara Juanda Surabaya sdh, Bandara Ngurah Rai Dps jg sudah
KASKUS Ads
perlu ditambah fasilitas umum lainnya agar nyaman
Quote:


bahkan petunjuk ditempat wisata pun biasanya minim bgt seperti pelang petunjuk arah/keterangan.. turis lokal aja yg 1 bahasa aja mesti tanya" sama org lokal baru dpt info.klo bule bakal pusing 7 kliling deh
Quote:


iy gan,,kali aja nih eks marketing telkomsel bisa bikin gebrakan
Sedapnya... Berasa punya dua Menkominfo
Quote:

Ane pernah punya pengalaman naik KA extf, sebelah tempat duduk anek sibuk jalan-jalan, kemudia dia tunjukin foto kesaya, sambil bilang kamar kecilnya jorok dan kotor.

Kayaknya harus ada kerjasama dengan menhub emoticon-Smilie
image-url-apps
ide bagus. tapi mending benerin dulu soetta lah. setidaknya beresin jaringan pengutil bagasi yang ganas2 itu..
Quote:


yg perna gw alamin lagi perna ketempat murah kan ada wc ada bak mandinya kan?nah biasanya bak mandi cuma semen doang.lampunya pun kaya 5 wat an gitu.horor banget kan klo pas malem mo beol....
plus air nya ga keliatan bening/ butek/dasarnya ga kliatan....
gimana gw nga ngeri mo guyur tu air ke fantat ane...takutnya tau" ada belut di air nyasar mana tau coba.....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
alhasil tiap kali ane standby bawa tisu basah,kering dah...
image-url-apps
jadi inget pas di bangkok seharian keliling2, 80 % jalan kaki berkilo2 ketempat2 wisatanya, nyaman2an aja.

tapi di indo mau ke mal deket rumah aja hampir keserempet motor, trotoar cuma setengah meter, antara ada dan tiada, kadang bolong, kadang ada tukang es buah, kadang juga ada motor lewat. emoticon-Ngacir
Quote:


emoticon-Matabelo juga menyingkirkan preman2 baik di bandara maupun tempat wisata. Sekalian penyuluhan ke warga setempat, wisatawan tuh jangan diperes/di'palak' kalau mau daerahnya rame (jadi inget dejavu 'rumah makan di anyer' - sesama indonesia aja dipalak, apalagi yang bule emoticon-Embarrassment

ngomong2 kereta bandara taripnya jangan mahal2 ya pak
image-url-apps
emoticon-Matabelo
menyediakan internet itu mudah yang sulit itu menjaga bandara agar selalu bersih ..emoticon-Big Grin
boro2 wifi, parkiran bandara bau pesing begitu, banyakin titik2 restroom buat supri2, biar gak kencing sembarangan tuh emoticon-Mad (S)
kalo bisa tambahin lagi space parkir baik di terminal 1 atau 2, kalau weekend ampun deh cari parkirannya, katanya bandara internasional, tapi kok rasa2nya nggak jauh beda sama terminal pulogadung emoticon-Berduka (S)
×