alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545041c0138b46ae318b4571/ngeri-gan-kala-smartphone-joshua-wong-picu-revolusi-hong-kong
Ngeri Gan, Kala Smartphone Joshua Wong Picu 'Revolusi' Hong Kong
Ribuan demonstran kembali membanjiri sejumlah ruas jalan diDistrik Central, Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong, Selasa (28/10), memperingati satu bulan unjuk rasa menuntut reformasi demokrasi dengan menggelar pemilihan umum universal pada 2017 mendatang.

Di balik gelombang massa itu, selama sebulan terakhir terdapat sosok yang berperan penting menggerakkannya. Dialah Joshua Wong. Percaya atau tidak, senjata Wong menggerakkan massa itu adalah sebuah telepon pintar (smartphone).

Dilihat dari tongkrongan fisiknya, sepertinya Joshua tidak punya potongan seorang revolusioner. Ia kurus dan berkacamata. Keseharian tidak jauh beda dengan penampilan remaja kebanyakan.

Namun, sekiranya sebuah kesalahan besar jika meremehkan nyali remaja yang genap berusia 18 tahun pada 13 Oktober lalu. Mendirikan gerakan mahasiswa ‘'Scholarism'' pada usia 15 tahun, sejak dua tahun lalu Joshua tidak asing lagi dengan demonstrasi massa.

Pada 2012, ia menyatukan lebih dari 100 ribu orang untuk memprotes rencana Hong Kong mewajibkan ‘'pendidikan patriotik'', semacam pendidikan bela negara, di sekolah. Lewat aksi mogok makan, Joshua dan kawan-kawannya memaksa CEO Hong Kong Leung Chun-ying melupakan gagasan tersebut.

baca selanjutnya: http://goo.gl/YXIrZH

kalau di indonesia siapa yang bisa menggerakkan yaaa?
lebih ngeri gegara tsnya salah kamar.... emoticon-Takut (S)