alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/544fceae12e257984a8b456c/sinabung-gembira-blusukan-daerah-perdana-jokowi-besok-sambangi-pengungsi-sinabung
[Sinabung Gembira] Blusukan Daerah Perdana, Jokowi Besok Sambangi Pengungsi Sinabung
Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal mengunjungi pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di Kecamatan Kaban Jahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu 29 Oktober besok. Sejak dilantik sebagai Presiden ke-7 RI pada 20 Oktober silam, kunjungan tersebut adalah blusukan perdana Jokowi sebagai kepala negara ke daerah.

"Bapak Presiden besok ke Sinabung untuk memberikan bantuan semacam tabungan dengan menggunakan kartu elektronik," kata Sekretaris Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Bambang Widianto di Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Menurut Bambang, pemberian bantuan kepada para pengungsi akan tercatat seperti penerima bantuan langsung, sementara kartu elektronik tersebut berfungsi sebagai saldo yang dapat dicek melalui telepon seluler.

Ia berharap, sistem pemberian bantuan kepada pengungsi Sinabung menjadi model bagi pemberian bantuan warga miskin lainnya. Sedangkan untuk pencairannya, ujar dia, antara lain dapat melalui penarikan melalui mesin anjungan tunai mandiri atau penyaluran melalui sejumlah toko waralaba atau kantor pos.

Mengenai nilai bantuan yang diberikan, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan belum mengungkapkannya karena masih tergantung dengan presiden. Sejauh ini pemerintah telah mengurangi titik pengungsian korban erupsi Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara menjadi 12 dari 16 lokasi untuk mempermudah penanganan.

"Korban Sinabung yang masih tetap sebanyak 3.284 jiwa atau 1.018 kepala keluarga (KK) itu sudah dipadatkan di hanya 12 titik dari 16 lokasi selama ini," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan singkatnya, Minggu 26 Oktober lalu.

Jokowi dijadwalkan bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, besok pukul 07.00 WIB. Adapun kunjungan Jokowi ke lokasi pengungsi Gunung Sinabung bukanlah yang pertama. Pada 10 Juni silam saat kampanye pilpres, Jokowi juga pernah ke sana. (Ant)

Sumber

Quote:Original Posted By rajamonyet

Untuk yang di bold :
Sedangkan untuk pencairannya, ujar dia, antara lain dapat melalui penarikan melalui mesin anjungan tunai mandiri atau penyaluran melalui sejumlah toko waralaba atau kantor pos.

Sungguh saya tidak dapat membayangkan apa yang terjadi ketika seseorang dengan perut lapar di tengah bencana alam dengan bermodalkan HP masuk ke Indomaret untuk mengisi perutnya..... emoticon-Frown

Selamat datang di Indomaret dan selamat berbelanja. emoticon-Big Grin Senyum karyawati cantik kepada mereka. emoticon-Ngakak

Silahken beli makanan kaleng kami tidak jual pembuka kalengnya.
Silahken beli indomie kami tidak jual panci dan airnya.
Silahken beli telur dan jangan tanya kami cara memakannya.
Silahken ditambahin. emoticon-Stick Out Tongue

Dan... Masih untung indomaretnya jauh dari lokasi bencana kalau Indomaretnya juga kena bencana bagaimana?
Ya wallahualam silahkan ditanyakan kepada presidenmu. Yang penting niat baiknya untuk rakjat Kab. Karo sudah kesampaian terserah untuk bantuan tunainya mau diapakan. emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
psitif tingking saja gan, ente koment kayaknya pesimis banget , belum kejadian ajah sudah nebak2 . jgn2 dukun yng janji bnuh dri klo wowo gagal itu ya hahaemoticon-Ngakak
blusukan perdana nih cuk


YANG SUKA NONTON BOKEP STREAMING GRATIS IGO & JAV
@ts pemikiranya sempit banget yak
lah emg ts kira pengungsi masih ketinggalan jaman emoticon-Malu (S)
rajamonyet atau ts pernah ikut bantu korban bencanakah bisa tertawa seperti itu dan hanya berfikir negatifnya saja?

Gw aktif di organisasi pecinta alam waktu kuliah dulu, dan cukup sering terlibat dalam bantuan bencana.

Tim gw termasuk salah satu yang pertama sampai di lokasi ketika bencana tsunami Aceh, bantu evakuasi korban/mayat, dan medis. Bahkan berlanjut hingga lebih dari satu tahun untuk melakukan assessment dan mendirikan posko bantuan disana, data-data assessment tim gw bahkan dipake oleh UN loh.

Begitu juga ketika bencana merapi dan papandayan, gw ikut ke lokasi.

Hasil evaluasi dari bentuk bantuan tunai atau sumbangan lain yang biasanya sering dilakukan oleh umum ialah bantuan tersebut tidak tepat sasaran, karena mereka biasanya hanya peduli dengan publikasi bahwa mereka telah membantu, tapi tidak/kurang mau tahu atau repot itu digunakan oleh siapa, yang penting sudah dipublikasikan dan sampai.

Jangan salah, sumbangan bencanapun masih suka di'tilep', bahkan oleh orang-orang lokal yang terkena bencana itu sendiri.

Kelemahan bantuan-bantuan begini biasanya ialah tidak adanya laporan pertanggungjawaban penggunaan dana dan barang sumbangan setelah disampaikan di lokasi. Padahal dana dan barang tersebut bisa dipakai oknum atau dijual kembali.

Gw sangat appreciate upaya sumbangan dalam bentuk electronic card, karena :

1. Mereka dapat memilih sendiri akan digunakan untuk apa uang bantuan tersebut.
2. Meminimalisir kebutuhan assessment akan apa yang harus diberikan apabila ingin menghindari bantuan dalam bentuk uang tunai yang rentan penyalahgunaan.
3. Laporan penggunaannya lebih dapat dipertanggungjawabkan tanpa harus melibatkan tim besar yang harus kontrol setiap saat dan beresiko dianggap intervensi/gerecokin orang lokal.

Apakah dipikir Sinabung itu pedalaman? apakah akses untuk ke kota untuk belanja kebutuhan sebegitu jauhnya, setau gw Sinabung bukan daerah pedalaman kok.

Ini ide yang sangat baik menurut gw. Sumpah, gw failed ngeliat kenapa ini dianggap buruk, kecuali kalau memang hanya ingin ngeliat buruknya saja. Care to explain?
Dibanding terima uang tunai..
Di pengungsian banyak malingnya, tidur dan barang semua bercampur sementara situasi memaksa butuh uang extra buat melewati bencana.


si rajamonyet PERNAH MIKIR NGAK? jangan2 DEBIT CARD, CREDIT CARD aja ente belum pernah pakai.. emoticon-Ngakak
sekarang ga boleh cash gan
biar gampang di audit .....

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Ide brillian untuk menghindari korupsi, yang ngamuk pasti koruptor yang kehilangan lapak. Miskin-miskin deh.......
Quote:Original Posted By chomolungma
rajamonyet atau ts pernah ikut bantu korban bencanakah bisa tertawa seperti itu dan hanya berfikir negatifnya saja?

Gw aktif di organisasi pecinta alam waktu kuliah dulu, dan cukup sering terlibat dalam bantuan bencana.

Tim gw termasuk salah satu yang pertama sampai di lokasi ketika bencana tsunami Aceh, bantu evakuasi korban/mayat, dan medis. Bahkan berlanjut hingga lebih dari satu tahun untuk melakukan assesment dan mendirikan posko bantuan disana, data-data assesment tim gw bahkan dipake oleh UN loh.

Begitu juga ketika bencana merapi dan papandayan, gw ikut ke lokasi.

Hasil evaluasi dari bentuk bantuan tunai atau sumbangan lain yang biasanya sering dilakukan oleh umum ialah bantuan tersebut tidak tepat sasaran, karena mereka biasanya hanya peduli dengan publikasi bahwa mereka telah membantu, tapi tidak/kurang mau tahu atau repot itu digunakan oleh siapa, yang penting sudah dipublikasikan dan sampai.

Jangan salah, sumbangan bencanapun masih suka di'tilep', bahkan oleh orang-orang lokal yang terkena bencana itu sendiri.

Kelemahan bantuan-bantuan begini biasanya ialah tidak adanya laporan pertanggung jawaban penggunaan dana dan barang sumbangan setelah disampaikan di lokasi. Padahal dana dan barang tersebut bisa dipakai oknum atau dijual kembali.

Gw sangat appreciate upaya sumbangan dalam bentuk elektronic card, karena :

1. Mereka dapat memilih sendiri akan digunakan untuk apa uang bantuan tersebut.
2. Meminimalisir kebutuhan assessment kebutuhan apa yang harus diberikan apabila ingin menghindari bantuan dalam bentuk uang tunai yang rentan penyalahgunaan.
3. Laporan penggunaannya lebih dapat dipertanggungjawabkan tanpa harus melibatkan tim besar yang harus kontrol setiap saat dan beresiko dianggap intervensi/gerecokin orang lokal.

Apakah dipikir Sinabung itu pedalaman? apakah akses untuk ke kota untuk belanja kebutuhan sebegitu jauhnya, setau gw Sinabung bukan daerah pedalaman kok.

Ini ide yang sangat baik menurut gw. Sumpah, gw failed ngeliat kenapa ini dianggap buruk, kecuali kalau memang orang yang hanya ingin ngeliat buruknya saja. Care to explain?


setuju ama pendapat nih agan ... gua dah 2 kali datangin pengungsian sinabung . memang bener mereka butuh bantuan berupa sandang dan pangan tapi harus di ingat kebanyakan produk2 tsb ada bisa saja di curi atau di ambil oknum2 tidak bertanggung jawab untuk kepentingan pribadi , karena itu kalo dgn adanya kartu debit tsb para pengungsi bisa mengatur sendiri dana yg di butuhkan , nah pemerintah kan bs ngecek setiap bulan pengungsi butuh dana berapa itu yg di jadikan data untuk kedepan atau untuk bulan berikutnya

TS kalo mau mencari kesalahan atau kekurangan jangan cuma kritik menghujat , coba pakai akal sehat bisa mengkritik juga memberikan masukan agar pemerintah bs lebih baik .

emoticon-I Love Indonesia (S)