alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/544f888b148b46af5b8b456b/warisannya-mantap-dpr-tersandera-rebutan-kursi
[WARISANNYA MANTAP] DPR ”Tersandera” Rebutan Kursi
DPR ”Tersandera” Rebutan Kursi Pimpinan
Tiga Kali Paripurna Gagal Menetapkan Alat Kelengkapan

Quote:JAKARTA – Rapat paripurna alat kelengkapan dewan kembali diskors. Sebab, kubu partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) hingga kini belum menyerahkan nama-nama anggota dewan yang akan menduduki setiap komisi. Artinya, sejak dilantik pada 1 Oktober, mereka ”tersandera” agenda perebutan kursi pimpinan.

Paripurna Kamis (23/10) merupakan lanjutan rapat hari sebelumnya. Pada Rabu (22/10), rapat wakil rakyat itu tidak menghasilkan keputusan apa-apa. Sebab, dua kubu dari Koalisi Merah Putih (KMP) dan KIH bersikukuh pada pendapat masing-masing. KMP hanya mau membagi enam alat kelengkapan dewan kepada KIH. Sementara itu, KIH menginginkan pembagian secara proporsional. Alhasil, rapat pun diskors.

Dalam lanjutan rapat kemarin, paripurna juga berjalan buntu. Pimpinan sidang Fahri Hamzah saat membuka sidang langsung mendapatkan interupsi dari PKB, Nasdem, PDIP, serta Hanura. Seperti sebelumnya, rapat itu akhirnya diskors lagi.

Anggota Fraksi PDIP Aria Bima mengatakan bahwa hingga saat ini partai yang tergabung dalam KMP masih enggan membagi pimpinan komisi dan sejumlah posisi ketua di alat kelengkapan dewan. ”Sampai sekarang mereka tetap ingin menguasai parlemen,” jelasnya.

Aria mengatakan, pihaknya sudah mengajukan kompromi kepada KMP. Yakni, mekanisme pembagian ketua komisi dan alat kelengkapan dewan secara proporsional lewat musyawarah mufakat. Namun, hal itu tidak disepakati. Bahkan, dia mengatakan, KIH rela menurunkan target mereka. ”Kami minta di semua komisi dan alat kelengkapan dewan yang jadi wakil dari KIH. Tidak ada satu pun ketua. Total ada 16. Tapi, mereka tetap saja tidak mau,” jelasnya.

Aria menambahkan, KMP terkesan tidak mau berbagi jatah pimpinan komisi. Dia menjelaskan, KIH diminta untuk mendatangi setiap parpol di KMP untuk melobi agar parpol itu mau berbagi jatah kursi pimpinan koalisi. ”Ini kan gila. Masak kami disuruh mengemis-ngemis ke Golkar ke Demokrat,” paparnya.

Menurut informasi, KMP rela membagikan kursi pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan ke KIH. Namun, jumlahnya minim, yakni enam kursi. Menanggapi itu, Aria menyatakan bahwa KMP haus kekuasaan. Sebab, total jumlah pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan mencapai 64 jabatan. ”Lha kalau kami dikasih hanya lima, membaginya gimana?” ucapnya.

Aria melanjutkan, jika itu tetap dipaksakan, tidak akan ada jalan keluar. Partai KIH tetap memilih pembagian proporsional. Atau paling minim KIH meminta jatah 16 wakil ketua komisi. ”Akan kami lobi terus. Itu harus goal,” jelasnya.

Lalu, bagaimana jika KMP bersikeras tidak mau menuruti permintaan KIH? Aria mengatakan akan membiarkan KMP menguasai parlemen. ”Biarkan saja mereka bersidang. Toh, tidak akan kourum. Karena putusan sidang harus didukung minimal enam fraksi. Sekarang kedudukan 5-5. Jadi, no way out,” terangnya.

Sekretaris Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat Saleh Husin menyatakan, harus ada upaya untuk mendorong pimpinan DPR melakukan rapat lobi antarfraksi. Hal itu penting agar ada titik temu sehingga pembahasan alat kelengkapan DPR tidak berlarut-larut. ”Harapan kita, Senin bisa diselesaikanlah,” kata Saleh.

Sementara itu, politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo mengatakan bahwa seharusnya KIH merelakan parlemen kepada KMP. Sebab, partai pendukung pemerintahan sudah mendapatkan jatah banyak di pemerintahan. ”Mereka kan menang. Jadi, biarkan kami di parlemen sebagai fungsi kontrol dan penyeimbang,” jelasnya. Bambang bahkan menuduh balik KIH yang haus kekuasaan. ”Mereka sudah dapat menteri. Kok juga ingin menguasai parlemen,” ucapnya.

Anggota Fraksi PAN Yandri Susanto menambahkan bahwa baru kali ini ada tiga kali rapat paripurna dengan agenda yang sama. Menurut dia, pimpinan DPR terlalu akomodatif terhadap kubu pendukung Jokowi. ”DPR tidak boleh tersandera dan tidak dapat segera berkerja akibat permainan politik yang dilakukan,” sorot Yandri.

Akhirnya, rapat paripurna kemarin (23/10) ditutup tanpa ada satu pun fraksi pendukung Jokowi yang menyerahkan daftar anggota. ”Kita tetap menunggu. Begitu ada yang ingin setor daftar, akan disahkan di paripurna,” kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang memimpin rapat. (aph/bay/c6/fat)


MANTAP

Komeng :

SBY memang MANTAP...UU WARISANNYA ISTIMEWA. DPR akan selalu gaduh gak kerja2.............emoticon-Ngakak UU MD 3 harus di revisi, UU pengadu domba pemecah belah bangsa.........



Tau partainya terperosok gak dpt suara...kader byk yg tertangkap. Di keluarkan UU yg mampu/memberi kesempatan partainya msh nongkring di kelengkapan DPR. UU Pilkada pun jg niatnya begitu berhubung Rakyat sdh cerdas...MEENTAL
Lalu, bagaimana jika KMP bersikeras tidak mau menuruti permintaan KIH? Aria mengatakan akan membiarkan KMP menguasai parlemen. ”Biarkan saja mereka bersidang. Toh, tidak akan kourum. Karena putusan sidang harus didukung minimal enam fraksi. Sekarang kedudukan 5-5. Jadi, no way out,” terangnya.

nah,...lo....
bakal ribut terus...
Quote:Original Posted By masutpb
Lalu, bagaimana jika KMP bersikeras tidak mau menuruti permintaan KIH? Aria mengatakan akan membiarkan KMP menguasai parlemen. ”Biarkan saja mereka bersidang. Toh, tidak akan kourum. Karena putusan sidang harus didukung minimal enam fraksi. Sekarang kedudukan 5-5. Jadi, no way out,” terangnya.

nah,...lo....
bakal ribut terus...


Strategi SBY patut di acungi jempol.........nantinya ada di bangun opini PARLEMEN jaman SBY lbh enak dan aman emoticon-Ngakak
pertanyaanya.. mereka rebutan kursi sampe ada dua kubu yg terpecah belah gitu buat apa sih..
tujuanya dpr itu sama kan.. untuk kpntingan rakyat..
pmikirany harusnya sma..
knpa kmp bsa smpe ingin menguasai parlmen.. smpe disikat abis smwa gitu..
sdangkn kubu KIH ingin proporsional.. ini yg wajar.. krna memang untuk bersama..
klo kmp keliatan bgt hnya untuk kpntingan klomlok..
aneeehh bgt!!!

#mesakebangsaku
Berantem lagi..emoticon-Big Grin
Jokowi bagi bagi kursi menteri juga pasti karena warisannya SBY emoticon-Takut

Gila juga SBY ini ya emoticon-Takut

emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By cassanova588


Strategi SBY patut di acungi jempol.........nantinya ada di bangun opini PARLEMEN jaman SBY lbh enak dan aman emoticon-Ngakak


piye kabare enak jaman ku tho emoticon-Ngakak
waduhh...
Quote:Original Posted By cacados.latos
Jokowi bagi bagi kursi menteri juga pasti karena warisannya SBY emoticon-Takut

Gila juga SBY ini ya emoticon-Takut

emoticon-Traveller


Ababil guoblok kl komeng selalu gak di pikir. emoticon-Ngakak sejak jaman Harto menteri itu hak PRESIDEN blok.
Sekarang gantian, pemerintah yang bisa ngeledekin DPR ga kerja. Sementara Bu Susi udah mau ngitung kapal, Pak Tjahjo mau bikin gath gubernur, Pak Yuddy udah nutup lowongan CPNS.
g slh gan, dlo kata almarhum gus dur DPR taman kanak kanak emoticon-Hammer
orang masih solid kog dibilang tersandera, masih sore jangan molor lu ts, bangun woy emoticon-Cape d... (S)
ava ts kog masih kaya orang cacingan???
Quote:Original Posted By cassanova588
Strategi SBY patut di acungi jempol.........nantinya ada di bangun opini PARLEMEN jaman SBY lbh enak dan aman emoticon-Ngakak


emang parah si kebo emoticon-Najis
Quote:Original Posted By uzuaan
g slh gan, dlo kata almarhum gus dur DPR taman kanak kanak emoticon-Hammer


memang taman kanak2 di tambahi UU nyeleh lagi yg isinya blok2an aka paket2an...sdh buyar dah DPR saling rebutan emoticon-Ngakak

Ini semua strategi politik yg hebat dr SBY emoticon-I Love Indonesia (S) pemerintahan saat ini mao di hambat di DPR nya kl DPR ribut trs gak bakal kerja2 tuh
Ts nya oon warisannya siapa hayo emoticon-Traveller
mending bubarin aja sekalian emoticon-Marah
mental pengemis
emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By brilie
Ts nya oon warisannya siapa hayo emoticon-Traveller


Katanya warisan emak lu? emoticon-Malu (S)

Org guoblok msk thread ini pasti komeng OOT emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By InRealLife
Sekarang gantian, pemerintah yang bisa ngeledekin DPR ga kerja. Sementara Bu Susi udah mau ngitung kapal, Pak Tjahjo mau bikin gath gubernur, Pak Yuddy udah nutup lowongan CPNS.

jadi ingat Fahri hamza emoticon-Embarrassment
»»»»»»»»»»»»»»» GEMBOK «««««««««««««««