alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/544f120c0d8b46ee068b456e/hari-pertama-dah-langgar-aturan-kpai-tak-etis-menteri-merokok-di-istana-negara
[Hari pertama dah langgar aturan] KPAI: Tak Etis, Menteri Merokok di Istana Negara
Quote:RMOL. Sebagai pejabat publik, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dinilai telah memperlihatkan aksi tak pantas dengan merokok di lingkungan Istana Negara, Jakarta.

Wakil Forum Rektor se Indonesia, Taufan Maulamin termasuk yang mempersoalkannya. Hal ini mengingat adanya aturan larangan merokok di lingkungan Istana Negara.

"Menteri Susi merokok di Istana langgar 4 aturan-Perda DKI 2/200/Pengendalian Pencemaran Udara," kicau Taufan melalui akun Twitternya @Taufin-Maulamin.

Merujuk Perda DKI nomor 2 tahun 2005 utamanya Pasal 13, disebutkan bahwa tempat umum, sarana kesehatan, tempat kerja dan tempat yang secara spesifik sebagai tempat proses belajar mengajar, arena kegiatan anak, tempat ibadah dan angkutan umum dinyatakan sebagai kawasan dilarang merokok.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Asrorun Niam Sholeh menjelaskan, jika mengacu Peraturan Bersama Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 188/Menkes/PB/I/2011 dan Nomor 7 tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok (KTR), maka lingkungan Istana Negara juga bagian dari perkantoran/tempat kerja. Diatur dalam Pasal 3 Peraturan Bersama itu, KTR meliputi fasilitan pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah, angkutam umum, tempat kerja, tempat umum, dan tempat lainnya yang ditetapkan.

"Artinya, merokok di kantor, apalagi dilakukan pejabat publik itu tidak menunjukkan kepatuhan terhadap hukum," tegasnya saat dihubungi RMOL, sesaat lalu (Senin, 27/10).

Padahal, lanjut dia, pejabat publik dituntut memberi keteladanan dan kepatuhan terhadap hukum. Kemudian pada aspek etika, menurut dia, pejabat publik apalagi menteri adalah contoh yang baik bagi seluruh masyarakat, termasuk di dalamnya anak-anaknya.

"Merokok di depan umum apalagi ini perempuan tentu tidak dibenarkan secara etika karena ini terkait buruknya keteladanan kepada anak," kritiknya.

Lebih lanjut Niam juga menyoroti aspek komitmen pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla yang mengedepankan revolusi mental. Menurut dia, jika konsen dan konsisten terhadap komitmen revolusi mental itu harusnya dimulai dari pejabat publik dengan menunjukkan keteladanan yang baik.

"Bagaimana bisa melakukan revolusi mental, menyapu bersih, memperbaiki mental ketika ada problem di pejabat publiknya," tanyanya.

Makanya, Niam menekankan, jauh-jauh hari KPAI merekomendasi kepada presiden terpilih bahwa di samping aspek bersih dari masalah hukum, termasuk didalamnya korupsi, pejabat publik juga harus bersih pada aspek moral dan ketahanan keluarga.

"Bagaimana mungkin seseorang yang gagal atau tidak bersih level kepemimpinan domestik menjadi di urusan publik. Artinya, syarat kepemimpinan publik itu harusnya tuntas pada urusan domestiknya," tegasnya.

Ketika ditanya kemungkinan KPAI melayangkan protes resmi atas aksi Menteri Susi, Niam mengatakan, seharusnya hukum berlaku untuk semua.

"Tidak ada yang kebal hukum," ujarnya.

Sesuai aturan yang diterbitkan Kementerian Sekretariat Negara, ada ketentuan larangan merokok di lingkungan Istana Negara. Pada butir ke-3 "Persyaratan Pengunjung Istana Negara, pengunjung Istana Negara dilarang merokok di dalam lingkungan Istana.[wid]


sembur


Menteri wiwik gaul2 alias gak tau aturan.. istana dah kek warteg aja..
lama2 panastak pada buka kios rokok didepan istana dah banyak potensial buyer

emoticon-Ngakakemoticon-Najisemoticon-Ngakak
ya dimaklumin saja lah, toh si Susi sebelumnya belum pernah ke Istana Negara... gak tau aturan aturan disana... jadi ya beliau nyantai nyantai aja..
Quote:"Artinya, merokok di kantor, apalagi dilakukan pejabat publik itu tidak menunjukkan kepatuhan terhadap hukum," tegasnya saat dihubungi RMOL, sesaat lalu (Senin, 27/10).

pengacara : itu merokok hari minggu, dilantik senin

dimana posisi pejabat NYA emoticon-Big Grin

hakim : KASUS DI BUYARKAN!!!!!
Quote:Original Posted By aduh.gue..lapar
ya dimaklumin saja lah, toh si Susi sebelumnya belum pernah ke Istana Negara... gak tau aturan aturan disana... jadi ya beliau nyantai nyantai aja..

Ane jg blm pernah ke istana, tapi tau disono kagak boleh ngerokok
Quote:Original Posted By INCUBATOR
pengacara : itu merokok hari minggu, dilantik senin

dimana posisi pejabat NYA emoticon-Big Grin

hakim : KASUS DI BUYARKAN!!!!!


Diliat esensi nya gan. Ngerokok di kantor aja di denda. Ini di istana negara
Quote:Original Posted By ulerbulu


Diliat esensi nya gan. Ngerokok di kantor aja di denda. Ini di istana negara


pengacara : kantor? minggu mana ada kantor buka emoticon-Big Grin

hakim : kasus tetep DIBUYARKAN
Salah sih cuma ya dimaklumin ajalah.. Kecuali terulang lagi..

Berlebihan sekali reaksinya, pada numpang tenar emoticon-Cape deeehh

Tuh kasus bully-bully senusantara, kasus pelecehan anak. Kasus pelacuran bawah umur di seputaran Jakarta aja gak diurus serius emoticon-Cape deeehh
Quote:Original Posted By ulerbulu

Ane jg blm pernah ke istana, tapi tau disono kagak boleh ngerokok


ya kan sampeyan udah lulus SMA mungkin S1 barangkali??

terus sampeyan khan lebih banyak waktu luang buat baca koran, jadi tau istana gak boleh ngerokok.

kalo si SUSI khan sibuk kerja ngurusin bisninya sendiri, sering di Luar Negeri..

\

kalau Susi jadi teladan buruk buat anak2, yang bawa anak2 kecil demo dan kampanye itu teladan yang baik?

panasbung paling senang permasalahkan hal yg begini-gini
emangnye KPAI siapa?
kalo dia gak milih menteri ya gak boleh ngritik menteri, lah yg milih menteri (Presiden) aje gak komen ape2.

Quote:Original Posted By amingrais
kalau Susi jadi teladan buruk buat anak2, yang bawa anak2 kecil demo dan kampanye itu teladan yang baik?

panasbung paling senang permasalahkan hal yg begini-gini


dan KPAI pun dicap panasbung

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ulerbulu

Ane jg blm pernah ke istana, tapi tau disono kagak boleh ngerokok


kalo mau ngerokok dibelakang gan deket setneg yang pintu masuknya dari jl majapahit emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By amingrais
kalau Susi jadi teladan buruk buat anak2, yang bawa anak2 kecil demo dan kampanye itu teladan yang baik?

panasbung paling senang permasalahkan hal yg begini-gini


emoticon-Ngakak (S)

Pokoknya kalo ada celah yah diserang emoticon-Embarrassment

Otaknya cuma sebatas itu, dari kecil emang dilatih mikir cuma segitu emoticon-Embarrassment

Pokoknya harus sirik emoticon-Embarrassment
Biar lah para menteri lebih ngejaga sikapnya di depan publik. Mereka emang salah dan mesti di tegur mau siapapun mereka. Termasuk presiden sekalipun kalo salah ya di tegur.
namanya dah asem... ya udut... emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
ditunggu petisi pembubaran KPAI dari panastak ya emoticon-Ngakak
Tetep aja harus di tegur lah emoticon-Malu (S)

=====

ane aja klo ngeroko di tempat yang tidak semestinya di tegur, masa mentri ngk emoticon-Malu (S)
UDUT SAMBIL BERAK TDK ETIS TAPI ENAKemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By reyvan3


dan KPAI pun dicap panasbung

emoticon-Ngakak


nggak ah... itu memang tugas KPAI.. tapi yang LEBAY2in berita begini yang bikin ngakak

Serang teroooss... emoticon-Ngakak
×