alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/544f03a2dc06bd77598b4569/tak-terdengar-lagi-istilah-bahasa-inggris-di-sidang-kabinet
Tak Terdengar Lagi Istilah Bahasa Inggris di Sidang Kabinet
Tak Terdengar Lagi Istilah Bahasa Inggris di Sidang Kabinet

Spoiler for Sumber:


Pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) istilah bahasa Inggris kerap terdengar baik dalam sambutannya di rapat terbatas maupun sidang kabinet.

SBY kerap menggunakan terminologi bahasa asing, baik dalam bidang hubungan internasional, ekonomi hingga pertahanan. Begitupun ketika memberikan keterangan pers, presiden ke-6 itu jamak menggunakan istilah asing.

Namun gaya tersebut sepertinya tidak diteruskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggantikannya. Dalam sidang kabinet perdana yang dipimpin Jokowi di kantor presiden, Senin (27/10), tak satu pun mantan gubernur DKI Jakarta itu menyelipkan istilah asing. Kalimat-kalimatnya pun cukup singkat.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan tiga arahan kepada para menteri. Poinnya adalah 34 menteri yang dipilihnya harus bisa menyukseskan visi misi presiden. Jokowi tak mau ada visi kementerian maupun ego sektoral.

Namun tampaknya bukan berarti Jokowi tak paham berbahasa asing. Buktinya saat menerima tamu-tamu negara di awal pelantikannya, presiden tersebut tak canggung berkomunikasi tanpa harus meminta bantuan penerjemah yang disiapkan mendampinginya.

“Ego sektoral harus dihentikan dan kita harus mulai dengan sebuah trasidi baru untuk bekerja lintas sektor,” kata Jokowi kepada menteri-menterinya.

Ya.., ini (bagian dari) revolusi mental. Kita harus bangga (dengan Bahasa Indonesia), apalagi hari ini Hari Sumpah Pemuda kan? Belum tentu pake istilah asing terlihat pintar..., (kita bisa liat) 10 tahun istana ini disesaki istilah istilah asing, tapi hasilnya? Biasa biasa aja (kan?) hehehe..., ndak ada yang istimewa kan? hehehe.

Penggunaan Bahasa Indonesia akan terus digalakan.., jangan sampai (generasi muda) lebih ngerti bahasa asing daripada bahasa sendiri. Ndak baik (itu).
Gue demen nih yang kaya gini gan. Bikin kepercayaan diri kita sebagai bangsa beradab kembali tumbuh emoticon-I Love Indonesia (S)

Selamat Hari Soempah Pemuda emoticon-Selamat
yg simple simple aja lah emoticon-Big Grin
Mantabss pak presiden emoticon-shakehand
Quote:Kalimat-kalimatnya pun cukup singkat.

dia emang ga bisa ngomong panjang2 emoticon-Ngakak

panjang dikit , ngaco.emoticon-Big Grin

emoticon-I Love Indonesia (S)
Bangga bacanya emoticon-Kiss
singkat padat jelas
yang penting bekerja keras Tak Terdengar Lagi Istilah Bahasa Inggris di Sidang Kabinet
Mudah mudahan generasi muda mengambil hikmah teladan ini dan semakin cerdas dalam berbahasa Indonesia.
e-Budgeting = penganggaran elektronik
e-Procurement = pengadaan logistik elektronik
e-Tax = pajak elektronik
lebih baik kerja masuk got daripada ngomong panjang dikit trus mulai ngaco..
Lanjutkan Mr. President!
Kerja..kerja..kerja..!!
kaga seru lah pak de
berita tentang lu, lu jg yg komentarin

jgn cuma dirapat aja om, itu dlm UU dan semua turunannya klo bs bahasa serapan dicari padanannya
Presiden terdahulu banyak pake istilah asing kan emang karena Amrik negeri keduanya gan emoticon-Wowcantik

"I love the United States, with all its faults. I consider it my second country."
(International Herald Tribune, Aug. 8, 2003)
ya karena kemampuan bahasa inggrisnya pak presiden sekarang tidak sebaik presiden sebelumnya emoticon-Smilie
Bagus lah itu, jadi gak kaya kebo bogor sok inggris emoticon-Big Grin
lebih baik kerja masuk got daripada ngomong panjang dikit trus mulai ngaco..
Lanjutkan Mr. President!
Kerja..kerja..kerja..!!
Quote:Original Posted By in.gus.we.trust
Presiden terdahulu banyak pake istilah asing kan emang karena Amrik negeri keduanya gan emoticon-Wowcantik

"I love the United States, with all its faults. I consider it my second country."
(International Herald Tribune, Aug. 8, 2003)


Njirrrr beneran tuh BeYo pernah ngemeng kek gitu?!?! Itu mah sama aja "pengkhianatan" kepada bangsa dan negara tuh!!! Masa presiden mbacodnya gitu?!?! emoticon-Mad (S)
Baguslah daripada tidak tahu apa yang dikatakan
(Bagi saya) ya biasa biasa aja.., mau pake (bahasa) Inggris oke, (pakai) Bahasa Indonesia ya oke juga.., tapi ya sebaiknya (memakai) Bahasa Indonesia. Itu kan bahasa kita, (dan kita) harus bangga. Gitu aja sih.., ndak ada yang istimewa lah... hehehe.
emoticon-I Love Indonesia

SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA

1928 - 2014

emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By pop.pop.duar
lebih baik kerja masuk got daripada ngomong panjang dikit trus mulai ngaco..
Lanjutkan Mr. President!
Kerja..kerja..kerja..!!


ane kangen presiden masuk got. emoticon-Kiss kapan nih mau masuk lg pak pres, mumpung di jogja nih byk gorong2 yg lg dibongkar.