alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/542f77531cbfaa7e5e8b456b/satu-hari-sebelum-lebaran-di-aceh-ada-meugang-apa-itu
Satu Hari Sebelum Lebaran di Aceh ada Meugang, Apa itu?
Setiap menjelang lebaran idul fitri atau pun idul adha, di Aceh selalu ada tradisi meugang. Meugang merupakan tradisi dimana masyarakat Aceh akan membeli daging di pasar untuk kemudian dimasak dirumahnya bersama keluarga pada setiap menjelang lebaran dan puasa ramadhan. Tradisi ini sudah sangat lama dan turun temurun. Selain H-1 atau H-2 lebaran, meugang juga ada setiap H-1 atau H-2 puasa bulan ramadhan.

Penampakan PIC :

Spoiler for Penampakan PIC:


Pada hari meugang, banyak pedagang yang menjual daging sapi atau daging kerbau, tentu pemandangan pasar berbeda pada hari biasanya. Demikian pula masyrakat berbondong-bondong untuk membeli daging meugang. Hampir setiap masyarakat Aceh melaksanakan tradisi ini. Biasanya masyarakat Aceh pada saat hari meugang akan berkumpul bersama keluarga untuk menikmati hidangan khas meugang. Kendati ada yang merantau, mereka juga akan pulang Kampung. Sampai ada istilah "jak ranggaho jeut, uroe meugang na di rumoh", artinya pergi kemanapun bisa, asalkan hari meugang ada di rumah.

Misalkan, para pelajar atau pun mahasiswa yang menuntut ilmu diluar kota dan pekerja yang merantau mereka tetap akan pulang kampung pada saat hari meugang. Meskipun kesibukan menghampirinya, namun meugang tetap dinikmati bersama keluarga di rumah.

Nah, hidangan apa saja yang dimasak ketika meugang? Pada saat hari meugang biasa akan ada masakan rendang, sop tulang, daging dimasak putih, terkadang hjga daging meungang ada yang dimasak bersama mie Aceh.

Sebenarnya tradisi ini memberi arti yang luar biasa. Dimana masyarakat Aceh pada hari tersebut menikmati daging, meskipun pada hari biasanya jarang menikmati daging. Ini merupakan salah satu cara mensyukuri nikmat Allah dengan memakan daging untuk perbaikan gizi. Juga, meugang sebagai pelestarian kuliner khas Aceh seperti yang disebutkan diatas.

Ada yang menarik juga saat meugang di Aceh. Harga sembako itu sudah pasti naik. Nah anomali pasarnya jelas sekali terjadi. Meskipun demikian, bagi pedagang hari tersebut harinya menggais rezeki, karena banyak pelanggan.

Dalam banyak riwayat, meugang pertama kali diperingati pada masa Kerajaan Aceh Darussalam yang dipimpin Sultan Iskandar Muda, yang berkuasa tahun 1607-1636 M. Istilah makmeugang diatur dalam Qanun Meukuta Alam Al Asyi atau Undang-Undang Kerajaan.

Kerajaan memerintahkan perangkat desa mendata warga miskin, kemudian diverifikasi oleh lembaga resmi (Qadhi) kesultanan untuk memilih orang-orang yang layak menerima daging. Sultan kemudian memotong banyak ternak. Dagingnya dibagikan kepada warga miskin secara gratis. Hal ini dilakukan sebagai wujud syukur dan bergembira menyambut Ramadan.


Spoiler for Lanjutan PIC ::


Spoiler for Yang sempat Selfi-an:


Yuk datang ke Aceh dan rasakan tradisi meungang. Menuju ke TKP YUK
Oooo baru tau ane gan,jadi nambah wawasan ane gan emoticon-thumbsup
Walaupun harga daging sapi diwaktu meugang melambung tinggi
Tapi antusias warga aceh untuk membeli daging tetap tinggi

Bahkan harga daging sapi tertinggi ada di Aceh emoticon-Ngakak

Kalo dijawa istilahnya itu Punggahan gan
Walaupun ga semeriah di Aceh emoticon-I Love Kaskus
Meugang hanya ada di aceh sepertinya ya emoticon-Big Grin