alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54297546582b2eee338b4568/buku-bantahan-untuk-quotborobudur-peninggalan-nabi-sulaimanquot
ane nyimak dulu gan

heran

kok ane tambah lama tambah heran
Ketika orang mengklaim sesuatu dengan berbau AGAMA ISLAM, seketika mereka jadi BUTA dengan apa yang dipelajari selama ini dan ditelannya mentah2
saya pribadi setuju, borobudur peninggalan nabi2 terdahulu,tapi jangan menyebutkan islam gan, islam muncul pada zaman nabi muhammad,memang sih kalo secara harfiah dikatakan islam karena berserah diri kepada allah, dan semua nabi samawi dari adam,noah,jonah,david, abraham,moses sampai yesus dan muhamad berserah diri kepada allah, dan untuk pembahasan lain,kalo ente bisa perhatiin dari segala kitab suci, semua itu tersambung jadi satu, yang menjadi satu kesatuan yaitu 1 tuhan, dan pelarangan terhadap penyembahan patung ataupun gambar, hanya saja selama ini hanya kaum muhammad yg terlalu mendalami kitab nya(mungkin sebagian orang kafir lebih menyebutnya fanatik, padahal mempelajari kitab tuhan taurat, injil, alquran dengan kefantikan berbeda) , pada injil, taurat, weda, semua meyakini satu tuhan dan menolak akan patung2 atau gambar (karena jelas tuhan itu tak berupa), adapun berbeda dengan pengikut nabi yesus , moses dan nabi2 lainnya, kebanyakan dari umat lainnya lebih percaya pemuka agama daripada kitabnya(maaf bukan bermaksud menyinggung), ingat nabi itu jumlahnya ada ratusan ribu, bagi kaum islam memang mengimani hanya 25 nabi, tapi bukan berarti menolak ratusan ribu nabi lainnya, bisa saja diantara nya pengikut itu dari umat hindu atau budha,, hanya saja pengikutnya yg membeda2 kan dengan membuat kelompok2 yang mereka sebut "agama". sedangkan agama baru dibuat setelah zaman muhammad melalui alquran "agama yg di ridhoi allah adalah islam" dan kitab sebelum nya tidak ada satupun menyebut agama, entah itu kristen atau lainnya, jadi agama baru ada sekitar abad ke 600m, hanya saja saat muhammad mendeklarasikan agama islam, kelompok yg bertentangan dengan beliau membuat koloni atas nama agama, padahal tuhan setiap manusia sama, hanya berbeda nama saja, perintah pun sama hanya cara penyampaian setiap nabi berbeda, misal zaman nabi yesus penyebutan allah dengan nama bapa, karena pada zamannya sebutan bapa dan anak adalah hal yg sopan dalam penyampaian, begitu pula yhweh dalam umat yahudi, dan dalam islam tuhan memiliki banyak nama dan alangkah baiknya meyebutkan 99 nama baik, tetapi bukan berarti menghardik sebutan lainnya hanya karena berbeda bahasa, sebagai satu contoh ingat perintah pelarangan makan babi dan minum arak/anggur bukan muhammad tapi yesus pertama lah yg melarang melalui allah, beliau hanya perantara, kemudian disampaikan tuhan melalui perantara berikutnya yaitu muhammad, semua nya satu kesatuan dengan sumber tuhan yang sama, dan untuk masalah patung borobudur, patung disana bukan berarti sesembahan, karena pada zaman sebelum taurat turun media penyampaian pesan dari tuhan ke umatnya yaa melalui patung, hanya saja setan membujuk manusia untuk menyembahnya, dan membujuk bahya ini lah rupa tuhan(ingat tuhan ga berupa, tuhan berbeda dengan makhluk ciptaannya, makhluk diciptakan sendiri saja berbeda dengannya apalagi patung hanyalah ciptaan manusia) maka oleh karena itu tak heran di semua kitab suci melarang untuk penyembahan patung, mungkin ga banyak orang di dunia ini yang bisa menghubungkan semua kitab suci , ane baru nemu satu si zakir naik...intinya semua kita bersaudara, keturunan adam dan eve, nabi2 rosul kita sama semua yang membedakan bukan Tuhan, tapi manusia itu sendiri,, karena sifat manusia adalah perusak,, akhir kata ane kutib sedikit copas dari alquran surat ruum.. Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).(QS. 30:41)
Quote:Original Posted By hondasuprafit
Kebetulan ane baca thread ini setelah melihat berita viral di Facebook tentang "kapal nabi nuh yang diduga dibuat di pulau jawa" dari situlah ane teringat tentang klaim bahwa borobudur adalah peninggalan nabi sulaiman yang sempat bikin heboh dimana berita ini sempat ane baca taun 2013 lalu.

Dari sinilah ane sebagai seorang muslim ikut komen juga.
Tahun 2007 waktu ane masih kuliah, ane mengunjungi tempat wisata "Candi Prambanan" saat libur lebaran. Di tempat wisata tersebut terdapat museum dimana disitu disimpan peninggalan-peninggalan lain yg ada di lokasi candi dan yang mau ane terangkan disini adalah, bahwa di tempat itu pula ada diorama dan keterangan bagaimana proses bangunan candi itu dibuat, dari bagaimana cara membuat relief yang diukir di bahan bangunan candi yang berupa batu andesit sampai bagaimana cara nyusun bebatuan candi yang udah ada reliefnya itu dengan cara ditumpuk dan dipasangkan sampai menjadi bangunan candi yang utuh. Ane nulis ini untuk menjelaskan pertanyaan bagaimana bisa membuat bangunan candi dengan ribuan relief zaman itu,padahal belum ada traktor belum ada Crane dsb.
Ya jelas adalah tehkniknya!!!
Setiap zaman punya tehkniknya sendiri-sendiri kalau mau bikin bangunan.

Yang ane mau jelaskan lagi yang kedua adalah, bahwa candi-candi yang dibangun pada saat itu ada "Aturan Standar" dimana aturan standarnya di sesuaikan dengan tata cara pembangunan candi yang ada di india. Dari bahan bangunan yang dipakai, sampai pada ketinggian berapa meter dari permukaan laut candi-candi ini dibangun sesuai dengan kepercayaan masyarakat penganut hindu-budha zaman itu.

Disini ane menjelaskan bahwa masyarakat kita sudah berinteraksi dengan masyarakat dari negeri india, dimana orang-orang india juga didatangkan kemari untuk terlibat dalam proses pembuatan candi-candi itu. Ada yang membantu merancang relief-relief dan patung-patungnya, ada yang menjadi arsitek bangunan candinya dan ada yang ikut jadi tukang bangunannya.

Dari sanalah ane hanya komen bahwa yang bikin candi-candi itu bukan bangsa jin atas perintah nabi sulaiman seperti yg dikemukakan pendukung teori KH.Fahmi Basha dimana mereka bawa-bawa Al-Quran yang merujuk pada surat Al Nahm tentang kisah nabi sulaiman dan negeri Saba,tapi para pekerja yang sebagiannya adalah para biksu dimana mereka terlibat dalam proses pembuatan relief candi dimana sebelum dipahat, batu andesit ini dilukis dulu dengan semacam cat untuk membuat polanya, baru dipahat dengan obyek gambar 3 dimensi di setiap batunya.

Candi borobudur hanyalah salah satu, dari sekian banyak candi yang dibangun di wilayah itu.
Struktur bangunan dari bahan yang digunakan sama susunan relief ada beberapa persamaan dengan candi-candi yang dibangun di wilayah india.
Candi-candi ini ditinggalkan penduduk karena sering terjadi gempa bumi dan letusan gunung berapi, contohlah seperti gunung merapi yang sekali-sekali meletus, maka penguasa pemerintahan saat itu memindahkan pusat kekuasaannya ke jawa timur.

Analoginya kalau itu yang bangun nabi sulaiman walaupun dikerjakan oleh bangsa jin, jadi candi-candi sekitarnya sampai yang ada di india juga bikinan nabi sulaiman juga dong. Itu sama saja menandakan kalau nabi sulaiman itu bukan turunan bani israil melainkan orang hindu-budha yang berasal dari india...

Buku Bantahan untuk "Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman"

Contoh bangunan candi yang ada di india..


iya betul sekali

Sebelum batu itu dipahat untuk membuat relief, sebelumnya dilukis dulu. Dan sebelum dilukis, di atas batu itu dipahat tulisan untuk menandai tema relief itu. Dan di beberapa relief, sampai saat ini masih bisa dilihat tulisan tsb
Misalnya ada relief yang menggambarkan keadaan surga, di atasnya pigura relief tertulis "svarga"

Borobudur itu bukti bahwa leluhur bangsa Indonesia itu terampil dan punya kemampuan.
Kalau bilang bikinan jin, ya itu sama saja mengatakan leluhur bangsa indonesia tak punya kemampuan bikin candi

Susah dibantah burobudur peninggalan nabi sulaeman

Justru buku bantahan yg menjelaskan bahwa burubudur bukan peninggalan nabi sulaeman sulit karena memang KH Fahmi sangat jelas detil menjelaskannya malah mengajak kita semua untuk mengungkap misteri burobudur lainya sesuai Al Quran, bagi para pemeluk agama budha tidak usah kecil hati yg pasti burobudur adalah warisan budaya dunia yg harus dijaga bersama
sepertinya itu memang patung budha pada umumnya dibelahan dunia.
masak islam mengenal patung??

Isra mi'raj

Bergerknya suatu benda melebihi kecepatan cahaya bagi umat islam itu mungkin saja terjadi bahkan peristiwa Isra Mi'raj Nabi Muhamad SWA wajib diyakini terjadinya bukan sekedar mungkin

Wah rasis gak nih gan?
Mantap yaa klaim kiri kanan haha

Atau memang umat islam mengenal sidharta gautama?
nabi sulaiman raja besarnya yahudi.kalo emang benar kenapa kaum yahudi kaga kesini buat klaim nih candi kaya dipalestinaemoticon-Wkwkwk
bikin malu aja nih lama lama
[QUOTE=seno.panyadewa;542985fd9252336b7f8b4568]



salam

gan, bantahan terhadap sintesis KH fahmi basya belum terbantahkan begitu juga di perkuat oleh Kalammullah yaitu Al-Qur'an.
klo kita melihat dengan bukti sejarah dahulu saat zaman pra sejarah sebelum adanya kertas,boleh jadi saat ini sekiranya tidak ada media kertas mungkin kita cara mengabadikan orang yg kita cintai dengan membuat patung,begitu pula zaman batu semua yang ada dan sering di gunakan waktu masa zaman batu ,contoh pisau ,tumbak,tempat tinggal /candi semua terbuat dari batu.

apa yang relif tersebut gambarkan belum ada bisa sesempurna menjelaskan secara ilmiah KH Fahmi Basya dengan referensi kitab suci Al-Qur'an,dan disana gamblang menjelaskan kisah-kisah yg terjadi di dalam gambar tersebut dengan bukti-bukti yang logis dan realis, bukan akalan-akalan semata.

Weleh mau komen sensitif nih gan
Agak sara soalnya
emoticon-Hammer2
ninggalin jejak dulu om
Kalo emang yg bikin bener nabi sulaiman, kenapa gak ada kisahnya baik di alquran atau pun alkitab?
Di alkitab pun gak ada satu pun kisah tentang raja salomo yg bangun candi, ada juga bangun bait Allah, itu pun desain dan konstruksinya dijelaskan di alkitab dan yg pasti ukuran dan bentuknya beda jauh dgn candi borobudur...

Kok menurut ane agak menyedihkan kalo sampe harus menerbitkan buku yg membantah "klaim" yg sangat mengada2 ini, membuktikan kalo masih banyak orang yg gampang bgt dibodohi dgn mengatasnamakan agama emoticon-Hammer
Borobudur adalah Peninggalan Nabi Sulaiman

hoax klo pakai referensi sejarah yg di tulis oleh orang Barat
saya lebih yakin sama petunjuk sejarah yg ada di kitab Suci
Salah 1 tanda mulai dekatnya kiamat yang tidak lain ulama bodoh itu banyak bertebaran di muka bumi (no SARA) emoticon-Cape d...

Nice buku dibantah buku emoticon-Toast
Quote:Original Posted By pangaskarto
Borobudur adalah Peninggalan Nabi Sulaiman


Coba baca komen diatas mu deh emoticon-Shakehand2
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
waduh kok kayak2 nya serem kalo beneran kejadian