alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5420f1ce620881b93a8b456d/pembukaan-cupu-panjala-2014prediksi-kejadian-di-indonesia-budaya-suprantural-lokal
Pembukaan Cupu Panjala 2014,Prediksi Kejadian di Indonesia (Budaya Suprantural Lokal)
Pembukaan Cupu Panjala 2014,Prediksi Kejadian di Indonesia (Budaya Suprantural Lokal)

Hasil Pembukaan Cupu Kyai Panjala

Sebanyak 16 penerjemah pembukaan cupu kyai panjala di Padukuhan Mendak, Girisekar, Panggang, telah usai Selasa (23/9/2014) dini hari.

Berikut hasil terjemahaan pembukaan cupu kyai panjala.

Selatan Timur ada kulit kayu, Selatan barat ada gambar orang perempuan gemuk duduk menghadap Selatan Barat, Selimut dari wiwitan sampai sepertiga lebih kemrisik kering, Selatan timur ada gambar ikan laut, sebelah Utara ada gambar bola dua terus sebelah timur selimutnya kotor.

Sebelah Timur ada gambar samurai, Sebalah Utara ada gambar atlet putrid, Selimut sisi tengah, Barat, Timur, Utara dan Selatan bersih, Sebelah Timur ada gambar ayam betina menghadap ke Selatan, Sebelah Timur ada gambar nagga saling membelakangi menghadap Utara dan Selatan, Sebelah Utara ada huruf (L P) berwarna merah, Sebelah Barat ada angka 31.

Sebelah Timur ada gambar telapak kaki besar, Sebelah barat ada gambar pria dari dada ke atas, Sebelah Barat ada gambar dada ke atas, Sebelah Timur muncul kembang suket, Utara Barat berwujud daun jati, Sebelah Timur ada angka empat sebelah Selatan ada kepala sapi.

Sebelah Utara muncul bentuk senar, Sebelah utara ada bentuk pasir, selimut 18 lembar yang nglemek 1, Selimut 19 yang 18 selimut kering satu nglemek, Selimut satu lembar nglemek. Selimut satu lembar berbercak merah memutar, Tutup peti bagian tengah berlubag, Cupunya yang semar kinandu doyong ke Utara, Palang kinantang tegak tetapi tutup amblek masuk, Cupu kenthiwiri doyong ke Utara Barat

sumber : http://gunungkidulpost.com/2014/09/i...-kyai-panjala/
Cupu Panjolo : Tradisi Melihat Ramalan Alam dan Politik Indonesia


Ritual Cupu Panjolo yang memprediksi tanda-tanda iklim dan alam untuk kepentingan pertanian di Dusun Mendak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ternyata semakin diminati masyarakat setelah dianggap mampu memprediksi iklim politik dan pemerintahan nasional.

Dalam catatan para sesepuh desa, Cupu Panjolo telah merekam jatuh bangunnya rezim dan situasi politik, mulai dari mantan Presiden Soekarno hingga Susilo Bambang Yudhoyono saat ini. Ritual akan digelar hingga dini hari dengan membuka ratusan lembar mori putih yang membalut tiga buah cupu peninggalan Kyai Panjolo, sekitar 550 tahun lalu.

Fenomena ramainya acara Cupu Panjolo bisa menjadi potret bahwa orang-orang di kampung ternyata menyukai gosip politik di samping memang ingin mengetahui prediksi pertanian. Mereka datang dari berbagai kota, mulai Yogyakarta, Bantul, Klaten, Solo, dan lain-lain.

Suasana persiapan syukuran untuk ritual Cupu Panjolo di Dusun Mendak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang

Ritual ini mulai fenomenal dan makin banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah sejak 1960-an ketika dianggap mampu memprediksi masuknya Irian Jaya (sekarang Papua) ke Indonesia, dan juga gambaran kejatuhan rezim berkuasa (Soekarno).

"Dulu pengunjungnya paling 50-an orang. Sejak 1960-an itulah diminati karena memberi gambaran kehidupan politik nasional juga," kata Medi Suminarno (71), salah satu anggota trah Kyai Panjolo.

Isyarat masuknya Irian Jaya ke Indonesia, begitu masyarakat menafsirkan, ditandai dengan gambar Irian Jaya pada mori. "Selanjutnya, kejatuhan Soekarno ditandai dengan gambar terjungkalnya becak," kata Medi.

Kejatuhan Soeharto ditandai dengan robohnya pohon tinggi besar tanpa daun dan tanpa ranting. Adapun peristiwa kerusuhan seputar reformasi 1998 ditandai dengan gambar potongan tubuh berupa tangan, kaki, dan bercak darah. "Gambaran seperti itu memang ada di beberapa tahun pembukaan cupu, tetapi pada sekitar tahun 1998 itu makin terlihat," kata Medi.

Naiknya Gus Dur dianggap juga terekam di memori Cupu Panjolo. "Waktu itu, di mori ada gambar pandita, Gus Dur kan memang sifatnya seorang pandita," kata Medi.

"Sedangkan naiknya Megawati Soekarnoputri terekam dengan adanya gambar ayam betina," begitu kata Medi. "Untuk naiknya Habibie, tak terekam di Cupu Panjolo. Tapi, ketika Habibie melepaskan Timor Timur yang kini menjadi Timor Leste, di mori tertera gambar peta Timor Timur," papar Medi.

Berkuasanya Susilo Bambang Yudhoyono juga tak terekam Cupu Panjolo. Pada masa SBY ini, gambar mori lebih dipenuhi dengan tanda-tanda adanya bencana alam. Kasus lumpur di Porong, Sidoarjo, misalnya terekam dengan ditemukannya lumpur pada mori pembungkus cupu. Letusan Gunung Merapi sebelumnya diisyaratkan dengan adanya gambar gunung yang mengeluarkan asap.

Tahun 2010, isyarat yang hingga kini diingat masyarakat adalah perbedaan posisi tiga cupu setelah dikeluarkan dari balutan mori, yang menandakan masih ada kisruh kepentingan di tingkat elite politik.

Tidak meramal

Dwijo Sumarto (69), trah Kyai Panjolo yang kini dipercaya memegang amanat Cupu Panjolo, mengingatkan bahwa pihaknya tak menyediakan ramalan dan tak akan menafsirkan gambar-gambar yang keluar sebagai sebuah ramalan. "Kalau saya menafsirkan ramalan, itu mendahului Yang Mahakuasa," katanya.

Apa yang beredar di masyarakat merupakan tafsir pribadi masyarakat dan tak ada kaitannya dengan ramalam dari trah pemilik Cupu Panjolo. "Kami hanya membacakan gambar-gambar yang keluar di mori pembungkus cupu, selanjutnya terserah masyarakat bagaimana menafsirkan gambar itu," katanya.

Ramalan 2012

Menurut Ki Dalang Simunjoyo, dari kelima lembar selimut diyakini bahwa sepanjang 2012 bakal terjadi pertumpahan darah dengan korban manusia sebagai akibat tindak kekerasan. Suasana itu dilambangkan oleh gambar gir dan rantai. Sedang gambar Togog mengisyaratkan bakal bermunculan pembela-pembela orang salah.

Sedang selimut kedua bagian barat menghadap utara terdapat kepala sebesar sebutir beras, diatasnya ada titik membentuk angka tiga. Di bagian barat daya muncul wayang Begawan Durno naik hewan dan dibelakangnya ada telapak kaki. Disusul gambar Gatutkaca dan gambar kepala raksasa (Buto) dengan mulut menganga dan siap melahap siapa saja.

Nahh, yang menggelikan di selimut lain muncul gambar wanita duduk tanpa busana disusul darah segar berwarna merah kekuningan, gambar kepala monyet dan kepala manusia menghadap ke atas. Bahkan, muncul gambar Gunung Merapi yang bagian atasnya ada angka lima. Hal ini diramalkan dalam lima tahun ke depan, masih membahayakan.

Munculnya gambar Durno melambangkan bahwa selama 2012 kasus korupsi bakal merebak dengan jejak takm jelas juntrungannya. Wanita telanjang mengisyaratkan maraknya prostitusi hingga wanita simpanan koruptor.

"Pejabat tak malu melakukan korupsi dan makan uang rakyat. Saat tertangkap, mengaku tidak tahu dan masih banyak aksi demonstrasi, kekerasan hingga goro-goro," kata Simunjoyo.

Lalu muncul gambar anak kecil berkucir memegang botol, gambar anjing 'mendongak' menghadap selatan dan perempuan berserempang menghadap barat . Di sana jugab ada gambar bulus ke arah selatan, gambar kuda dengan kaki depan diangkat ke atas serta Candi
Borobudur berselimut lembab. Yang lebih mengejutkan kotak penyimpanan tiga cupu terguling ke timur.

Menurut keterangan fenomena seperti kotak penyimpan cupu terguling jarang ditemui. Sepanjang 60 tahun baru kali ini terjadi. Meski kotak penyimpanan terguling, posisi Cupu Kyai Semar Tinandu dan Kalang Tinantang tetap tegak. Sedangkan Kyai Kentiwiri miring ke kiri mengikuti tergulingnya kotak.

''Semoga tak terjadi apapun, tapi berkah untuk semua masyarakat,'' kata juru kuci Cupu Kyai Panjolo, Dwijosumarto yang tak bisa menyembunyikan rasa was-was menghadapi masa depan bangsa dan negara ini.

sumber : kompas.com dan dari berbagai sumber
numpang baca2 dlu puh yodha emoticon-Big Grin
bakal rame sprtinya ini trit :shekehand
SEJARAH CUPU PANJALA

Cupu Panjala adalah tiga buah cupu yang disimpan dalam kotak kayu berukuran kurang lebih 20x10x7 cm dan dibungkus dengan ratusan lembar kain mori. Selanjutnya cupu ini disimpan di dalam sebuah ruangan yang tak boleh dimasuki oleh siapa pun selama setahun, sampai acara pembukaan Cupu Panjala berikutnya digelar kembali.

Sejak dimulai pembukaan Cupu Panjala pertama kali, benda ini telah mengalami 3 kali perpindahan, sesuai dengan permukiman para ahli waris dari Kyai Panjala. Cupu Panjala diwariskan secara turun-temurun dari generasi tertua ke generasi berikutnya yang lebih muda. Sejak tahun 1957 sampai sekarang, Cupu Panjala berada di Desa Mendak Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di rumah Bapak Dwijo Sumarto yang merupakan menantu dari generasi ke-7 dari trah Kyai Panjala.

Prosesi pembukaan Cupu Panjala ini merupakan agenda tahunan yang telah mendapatkan pengesahan dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Pada setiap tahunnya, para abdi dalem dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat datang untuk membantu prosesi pembukaan Cupu Panjala.
Dalam pelaksanaannya, para abdi dalem yang membuka kain mori Cupu Panjala harus memakai pakaian adat Jawa dan berpuasa selama setengah hari sebelumnya, termasuk Bapak Dwijo Sumarto.

Dari tahun ke tahun, sambutan masyarakat untuk melihat secara langsung prosesi pembukaan Cupu Panjala selalu meningkat karena tidak ada larangan bagi siapa pun untuk datang. Masyarakat yang datang banyak yang membawa ayam jago dan beberapa bahan makanan yang nantinya akan dimasak dan dimakan oleh semua orang yang datang di acara pembukaan Cupu Panjala. Mereka yang membawa ayam dan bahan makanan biasanya adalah orang-orang yang membayar nazar karena keinginannya terkabul (sebagai ungkapan rasa syukur) berkat ramalan dari Cupu Panjala. Selain itu, makanan juga datang dari orang-orang yang mempunyai hajat (keinginan) atau meminta berkat dari Cupu Panjala.

Besarnya sambutan masyarakat yang datang di acara pembukaan Cupu Panjala tak lepas dari keyakinan sebagian masyarakat yang mempercayai bahwa gambar yang terlihat dalam lapisan kain mori merupakan ramalan yang bisa dipercaya. Gambar tersebut kemudian diterjemahkan dan dianggap sebagai ramalan yang dihubungkan dengan keadaan sosial, perekonomian, lingkungan hidup (alam), bahkan perpolitikan. Padahal, jika ditilik dari segi sejarah, awalnya pembukaan Cupu Panjala dilakukan sebagai upaya untuk meramal kondisi pertanian.

Prosesi pembukaan Cupu Panjala dimulai dari kisah Kyai Panjala. Konon, kisah ini bermula ketika seorang bapak yang merupakan murid Sunan Kalijaga kehilangan anaknya di laut. Melihat sang murid tertimpa musibah, Sunan Kalijaga berusaha membantu dengan berpesan agar selama proses pencarian di laut, sang bapak harus berpuasa tujuh hari tujuh malam, membawa segenggam nasi, dan jala. Pesan Sunan Kalijaga dipatuhi oleh sang murid.

Ketika jala dilemparkan ke laut, sang bapak akhirnya dapat menemukan anaknya berikut barang berharga yang ikut terjala. Salah satu barang berharga tersebut berbentuk cupu. Sang anak yang ketika ditemukan dalam kondisi terjala akhirnya diberi nama Kyai Panjala, sedangkan cupu yang ditemukan disebut Cupu Panjala.

Cupu yang berhasil ditemukan kemudian dibungkus dengan kain mori karena diyakini merupakan barang berharga dan bertuah. Setelah dibungkus dengan kain mori, cupu yang berbentuk cawan kecil tersebut kemudian disimpan di lemari. Cupu yang disimpan tersebut berjumlah tiga buah dan diberi nama Kyai Semar Tinandu, Kyai Palang Kinantang, dan Kyai Kethiwiri.

Beberapa saat kemudian, cupu yang tersimpan di lemari dibuka. Ketika cupu dibuka ditemukan tanda-tanda bercak air yang menempel di lapisan kain mori. Tanda-tanda ini nampak seperti gambar dan dibaca sebagai tanda zaman (ramalan) dan dimanfaatkan untuk memprediksi situasi pertanian. Tak jarang dalam setiap pembukaan Cupu Panjala, ditemukan pula beberapa benda seperti jarum, gabah kering, kulit kacang, dan lain sebagainya. Benda-benda ini juga diterjemahkan sebagai satu rangkaian pendukung ramalan.


sumber : dari beberapa sumber
info yg menarik puh,nyimak dulu..emoticon-linux2
emoticon-shakehand
Foto...

Pembukaan Cupu Panjala 2014,Prediksi Kejadian di Indonesia (Budaya Suprantural Lokal)

Pembukaan Cupu Panjala 2014,Prediksi Kejadian di Indonesia (Budaya Suprantural Lokal)

Pembukaan Cupu Panjala 2014,Prediksi Kejadian di Indonesia (Budaya Suprantural Lokal)
Quote:Original Posted By Kwek.Kwek.Kwek
info yg menarik puh,nyimak dulu..emoticon-linux2
emoticon-shakehand


om kwekwek kemana aja? emoticon-Big Grin


@puh yodha ane ijin nyimak ya emoticon-linux2
Quote:Original Posted By badfreakz


om kwekwek kemana aja? emoticon-Big Grin


@puh yodha ane ijin nyimak ya emoticon-linux2



silahkan gan...
Pembukaan Cupu Panjala setahun yang lalu (2013) dan keakuratan akan kejadian

Cupu Kyai Panjolo di rumah ahli waris Dwijosumarto di Dusun Mendak, Girisekar, Panggang, Selasa (8/10/2013) dinihari beraroma politik. Salah satunya, kain terlihat gambar bintang lima di sebelah barat laut.

Warga yang berada didekat pembukaan cupu menafsirkan, pemilihan presiden 2014 bakal terjadi pertarungan seru dari kalangan jenderal.

Ada beberapa catatan penting sesuai dengan yang diumumkan Dwijosumarto selaku ahli waris sekaligus juru kunci, pada lembar mori pembungkus cupu, antara lain,

1. Kain kafan pembungkus cupu dalam keadaan kering.
2. Sepertiga kain kafan nampak kotor.
3. Sebelah barat laut ada gambar telapak tangan,
4. Bagian barat laut ada gambar tokoh wayang Gatotkaca,
5. Kain kafan nampak basah,
6. Bagian Barat ada Gajah jongkok seakan akan bangun,
7. Sebelah barat ada anak kecil menantang dan mengacungkan pistol.
8. Bagian barat daya ada gambar ikan air,
9. Bagian timur ada kepala naga menghadap ke utara,
10 Bagian Barat laut ada gambar kelinci di dekatnya ada gambar kepala lelaki dan wanita. Sedang disisi barat daya ada wanita bersandar menghadap ke timur,
11. Sekeliling kain kafan kotor,
12. Sebelah barat ada gambar bola kaki,
13. Bagian tenggara ada bercak darah kering. Gambar
14. Bagian timur ada gambar kepala sapi,
15. Sebelah barat gambar wayang tokoh Durna.

sumber : dari beberapa sumber
mantap infonya ni TS emoticon-I Love Indonesia (S)
Baru tau ternyata ada prosesi seperti itu, emoticon-Smilie
Monggo dilanjut puh pembabarannya, izin nyimak emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By badfreakz
om kwekwek kemana aja? emoticon-Big Grin


@puh yodha ane ijin nyimak ya emoticon-linux2


hay omemoticon-Salaman
akhir" ini ane nongkrongnya di trit forsup regional bromo om emoticon-Big Grin
emoticon-Toast
Fenomena cupu panjala adalah kekayaan tradisi spiritual dan supranatural lokal, masing-masing budaya mempunyai tradisi dan tatatan supranatural dan spiritual yang tidak sama, tidak ada kewajinan untuk mempercayai cupu panjala bagi yang tidak percaya dan tidak perlu reaksi yang berlebihan juga.

Apa yang saya fahami, cupu merupakan media komunikasi antara anak turun dengan leluhurnya sendiri. Bagi leluhur yang sudah berada di alam kamulyan tak ada lagi realitas kehidupan yang tertutup tabir rahasia. Sehingga dengan mudah mengetahui apa yang bakal terjadi dialami oleh anak turun generasi penerusnya.

Bukan hal yang sulit untuk menyampaikan tanda-tanda peringatan, pepeling, nasehat kepada yang masih hidup di dunia. Salah satu caranya melalui penyampaian tanda-tanda zaman seperti dalam perlambang dalam kain pembungkus Cupu Panjala.

Betul dan benar bahwa Tuhan Mahakuasa, namun Tuhan menyampaikan petunjuk tidak selalu secara langsung kepada umat manusia. Terkadang melalui leluhur, melalui orang yang masih hidup, atau famili, teman, bahkan bisa juga dari musuh anda sendiri.
budaya supranatural emoticon-Toast
puh yodha, ijin nyimak puh emoticon-linux2
Ijin nyimak puh..
Quote:Original Posted By deadmanksih4
budaya supranatural emoticon-Toast


Quote:Original Posted By .ganesha.
puh yodha, ijin nyimak puh emoticon-linux2


emoticon-Salaman
Ijin nyimak mbah puh..
Salam knl puh TS....

Mnmbah wawasan spritual, budaya indonesia
salam rahayu kang mas yodha .... emoticon-shakehand

ijin nyimak yoo emoticon-linux2
×