alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/541f9cb9d44f9f30748b456d/bagi-agan-aganwati-yang-ingin-menjadi-guru-montessori
Bagi Agan/Aganwati yang ingin menjadi GURU MONTESSORI
Bagi Agan/Aganwati yang ingin menjadi GURU MONTESSORIHalo agan/aganwati sekalian. Thread ini ditujukan kepada semua yang tertarik untuk menjadi guru TK dengan sistem ajar montessori. Sebelumnya, saya jelaskan terlebih dahulu mengenai metode pengajaran MONTESSORI

Metode Montessori didasarkan pada sebuah pendekatan yang ditemukan oleh Maria Montessori, dokter dan pendidik asal Italia.

Menurut Maria, anak-anak akan mengalami suatu masa yang disebut masa peka, yaitu masa di mana anak mencapai kematangan tertentu. Hal ini sangat penting, sebab menjadi modal anak untuk belajar.

Ciri khas sekolah:
• Menekankan pada kemandirian, kebebasan dengan batasan tertentu, dan menghargai perkembangan anak sebagai individu yang unik.

• Mencampur anak usia 2 ½ tahun sampai 6 tahun dalam satu kelas, sebab anak-anak kecil akan belajar dari anak-anak yang lebih besar.

• Murid boleh memilih kegiatannya sendiri, yang sudah dirancang untuk rentang usianya.

• Guru tidak memberi instruksi, melainkan akan menjelaskan sesuatu ketika ditanya anak.

• Menyediakan keteraturan, yaitu belajar dan istirahat pada waktu yang sudah tetap.

• Anak-anak diajarkan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan suasana kerja sama dengan teman-teman mereka.

• Menyediakan bahan atau materi belajar yang dibutuhkan anak pada setiap tahap perkembangannya.

• Lingkungan belajar yang memfasilitasi gerakan fisik yang dibutuhkan anak. Misalnya, bahan pelajaran diletakkan di rak, mulai dari yang paling bawah sampai atas.

Jadi, anak akan berjongkok saat mengambil peralatan di rak paling bawah, dan berdiri ketika mengambil peralatan di rak bagian atas. Kegiatan fisik berdiri-jongkok ini penting untuk kelenturan dan koordinasi tubuh. Selain itu, disediakan peralatan bermain, seperti prosotan.

• Seluruh fasilitas, seperti kamar kecil, wastaffel, kitchen zinc, tombol lampu (saklar), dan rak untuk menyimpan bahan pelajaran, dibuat sesuai ukuran anak-anak untuk memudahkannya membangun kemandirian.

Kelebihan:
• Masa peka anak mendapat rangsangan yang maksimal.

• Metode mengajar yang non tutorial akan memudahkan anak untuk menyerap informasi.

Kekurangan:
Metode ini tidak digunakan di sekolah umum, sehingga anak-anak yang akan melanjutkan ke sekolah umum butuh usaha keras untuk beradaptasi.

Karakteristik anak yang pas:
Anak-anak dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik cocok dengan metode ini.

source from: [url]http://www.parenting.co.id/article/usia.sekolah/ciriciri.metode.sekolah.montessori/001/004/244
[/url]


Metode Montessori ini akhirnya dikembangkan oleh business company yang bergerak pada bidang edukasi, yaitu Modern Montessori International (boleh cekidot webnya di www.modern-montessori.com). Asal muasal company ini adalah dari London, dan akhirnya ingin mengembangkan metode Montessori di Asia Pasifik, dengan begitu membuka cabang group yang kantor pusatnya di Singapura. Tahun ini, Modern Montessori Intenational Group sudah buka di Indonesia (boleh cekidot webnya www.mmi-indonesia.com). Dan di MMI Group Indonesia diadakan program diploma bagi agan/aganwati sekalian yang ingin menjadi guru TK (anak-anak umur 2,5 thn- 6 thn).

Program Diploma Montessori yang diadakan di Singapura juga banyak diikuti oleh agan-agan dari Indonesia. Dengan alasan banyaknya jumlah partisipan diploma yang berasal dari Indonesia terbang ke Singapura untuk mengikuti diploma ini, maka MMI Group memutuskan untuk membuka cabangnya di Indonesia. Sertifikat Diploma yang didapatkan para partisipan ketika sudah menyelesaikan program diploma di MMI Group adalah sertifikat Diploma in Montessori yang diterbitkan oleh Montessori London (pusat).

Sekarang ini di Jakarta sudah banyak TK yang menganut sistem ajaran Montessori, seperti:
- Jayakarta Montessori School, di Kemang
- Indonesia Montessori, di Utan Kayu
- Montessori Gading Permata School, di Kelapa Gading
- Caterpillars Montessori, di Muara Karang
- Nasional Montessori, di Menteng
- Modern Montessori Internasional, di Menteng dan PIK
Dan masih banyak TK lainnya

Program Diploma kami yaitu selama 8 bulan, dan kelas pertama di Indonesia akan mulai pada bulan November 2014. Jadwalnya 3 minggu sekali, setiap hari Rabu, Kamis, dan Jumat. Jam 17.30 - 21.30. Biaya ntk program ini sebesar USD 2800, boleh dengan cicilan 4x, setiap bulannya 700 USD. Kalau di Singapur langsung harganya USD 9400, harga di Indonesia kami turunkan jauh karena memang menyesuaikan dengan biaya pendidikan di Indonesia emoticon-Kiss (S)

Jadi, bagi agan/aganwati sekalian yang tertarik untuk menjadi guru dengan metode Montessori, dapat mengambil diploma Montessori terlebih dahulu di perusahaan kami emoticon-Kiss

Boleh datang langsung ke kantor + campus kami di:
EPIWALK Komplek Rasuna Epicentrum, Kuningan Jakarta Selatan, lantai 7. Kami buka dari jam 09.00 - 18.00


Untuk info lebih lanjut silahkan email ke:
admin@mmi-indonesia.com

enquiry@mmi-indonesia.com

Telfon: 021- 2991 2274

emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
Biaya pendidikannya brp gan dan brp lama diploma nya?
Quote:Original Posted By antiaging123
Biaya pendidikannya brp gan dan brp lama diploma nya?


Hallo agan! Untuk periode program diplomanya adalah 6 bulan, dan kelas di Indonesia akan dimulai pertama kali pada bulan November 2014. Karena ini adalah kelas perdana MMI Singapura di Indonesia, maka kami memberikan biaya promo yaitu 2.800 USD, berbeda dari harga aslinya di Singapura yaitu 9.400 USD. Biaya ini kami sesuaikan dengan keadaan di Indonesia.

Jika tertarik, boleh email langsung ke alamat email diatas (ane juga nanti yang bales hehehe), atau kunjungi booth kami di World Education Expo tanggal 3-4 Oktober di Balai Kartini emoticon-Kiss (S)
emoticon-Sundul emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul
emoticon-Sundul