alexa-tracking

Jakarta Indie Music Festival 2014

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/541a513e138b466a788b4584/jakarta-indie-music-festival-2014
Thumbs up 
Jakarta Indie Music Festival 2014
Jakarta Indie Music Festival 2014[img]Music gue, karya gue, untuk semua orang adalah semangat musisi indie dalam berkarya. Istilah populer dikalangan pecinta music indie adalah “DIY” alias Do It Yourself. DIY memang menjadi keunikan yang membedakan dengan musisi non-indie atau lebih dikenal sebagai musisi mainstream. Karena musisi indie melakukan cipta lirlk, aransemen lagu, produksi album, bahkan distribusi penjualan album mereka lakukan secara mandiri untuk eksistensinya. Lalu bagaimana eksistensi mereka bisa diakui atau dinikmati oleh pecinta music sehingga mereka terus semangat dalam berkarya. Yah, walaupun untuk eksistensi mereka melakukannya secara mandiri atau independen dalam berkarya, namun dalam prosesnya mereka tetap membutuhkan orang lain. Seperti dalam hal distribusi album, banyak musisi indie yang menitipkan album karya mereka di distro yang menjual berbagai pernak-pernik khas indie. Bahkan, ada yang membagikan album maupun lagu mereka secara gratis, baik secara online maupun offline. Berbagai cara mereka lakukan agar eksistensi dan karya mereka dikenal secara luas dikalangan masyarakat. Oleh karena itu, keberadaan komunitas pecinta music indie sangat penting bagi eksistensi musisi-musisi indie. Selain menikmati hasil karya musisi indie, peran komunitas pecinta music indie juga mendukung pertumbuhan indsutri kreatif penopang musisi indie, seperti keberadaan distro-distro sebagai selling point dari eksistensi musisi indie.

Jakarta sebagai kota metropolis yang terkenal sebagai melting pot bagi seni budaya nasional maupun internasional mulai dikenal sebagai kota music indie selain Bandung, Jogja, maupun Surabaya sejak lama. Potensi eksistensi musisi dan komunitas pecinta music indie apabila didukung oleh pemerintah tentunya akan mendorong pertumbuhan industri kreatif dibidang musik maupun souvenir/merchandise. Oleh karena itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bermaksud memprakarsai kegiatan Jakarta Indie Music Festival (JIM-FEST) dengan tujuan memberikan wadah bagi kreativitas musisi Indie di Indonesia, khususnya Jakarta.

PLH Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat DISPARBUD Provinsi DKI Jakarta mengatakan, “kegiatan JIM-FEST merupakan prakarsa dari DISPARBUD sebagai dukungan pemerintah dalam mengembangkan potensi music indie di Jakarta, kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan dalam 2 hingga 3 tahun mendatang, diharapkan penyelenggara sanggup melaksanakan kegiatan ini secara mandiri.” Bapak Drs. Rus Suharto, M.Si selaku Kepala Seksi Komunitas, Bidang Pemberdayaan Masyarakat menambahkan, “Pada dasarnya seluruh lapisan kesenian perlu difasilitasi dan diberdayakan. Dalam hal ini, komunitas indie diberi kesempatan untuk berprestasi karena kami melihat ada usaha dari komunitas ini untuk membangkitkan ekonomi kreatif.

Pendaftaran bagi para peserta yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan JIM-FEST cukup memberikan CD berisi minimal 2 lagu karya original peserta, mengisi formulir pendaftaran, dan melampirkan profil band/music peserta serta link social media dan video youtube yang berisi penampilan peserta yang mendaftar ke penyelenggara. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 15 s.d. 27 September 2014. Proses seleksi dilaksanakan untuk memilih 20 Peserta Finalis yang berhak tampil pada pergelaran Konser JIM-FEST. Tim Seleksi yang telah ditunjuk untuk event ini adalah para pelaku industri musik Indie di Indonesia yang sudah beberapa tahun ini memberikan andil yang cukup besar terhadap perkembangan musik indie, diantaranya adalah : Puji Adi Andaya, David Karto, Sam alatas, dan Aldo SIanturi serta terdapat juga beberapa artis maupun Media yang selama ini mendukung gerakan indie music di Indonesia.

Press Conference untuk mempublikasikan kegiatan ini kepada masyarakat luas akan dilaksanakan pada hari Kamis, 9 Oktober 2014. Sedangkan technical meeting akan dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Oktober 2014. Pergelaran Konser Jakarta Indie Music Festival sendiri akan diselenggarkan pada tanggal 18 s.d. 19 Oktober 2014 dan akan menampilkan artis-artis ternama yang sudah mendulang sukses luar biasa pada jalur indie musik ini. Selain itu untuk memeriahkan Pergelaran konser JIM-FEST, penyelenggara juga akan menghadirkan bazaar merchandise khas indie.

Ayo, tunggu apalagi bagi kamu-kamu yang ngaku sebagai musisi indie dan ingin mengembangkan potensi kamu. Yuk, segera kirim CD lagu kalian minimal 2 lagu karya original dan formulir pendaftaran beserta profil band/artis ke penyelenggara JIM-FEST yang telah ditunjuk oleh DISPARBUD DKI Jakarta atau informasi lebih lanjut, silahkan hubungi WA: Drajat (0812.9168.9802), email: dki.jimfest@gmail.com atau kunjungi facebook grup kami di Jakarta Indie Music Festival (JIM-FEST).
emoticon-Matabelo ane penikmat musik indie gan
×