alexa-tracking

[Share] Kosa Kata Untuk Yang Baru Merantau

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5415cb48bccb170a4a8b456f/share-kosa-kata-untuk-yang-baru-merantau
Saran Penggunaan kosa kata Bagi Rakan yang Baru Merantau
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

langsong aju beh


Bagi rakan-rakan ulon tuan yang baru akan hendak merantau ke luar Aceh, ada beberapa kosa kata yang mesti jadi perhatian, soalnya terdapat perbedaan penggunaan kata-kata tsb. Jangan sampai ketika sudah di daerah orang, orang lain malah tidak mengerti maksud dari omongan kita emoticon-Bingung (S)
oleh sebab itu, TS disini hendak membantu rakan2 sekalian dalam mengkonvert (ciya ilaaahhh emoticon-Cape d... (S)) beberapa kosakata yang menjadi perhatian ketika digunakan di luar provinsi aceh emoticon-Jempol


Quote:Honda/kereta -> motor
Spoiler for nyan hai:

Quote:Cagak -> standar
Spoiler for buka laju bang:

Quote:Stipo -> tip-ex
Spoiler for nyan tengku:

Quote:Kali (sekali) -> banget
Spoiler for contoh:

Quote:Qe (kau) -> kamu, anda
Spoiler for apaluqeeeeeeeeee -.-:

Quote:Jumpa -> ketemu
Spoiler for contoh:

Quote:Kompas (pemerasan) -> palak
Spoiler for buka bang:

Quote:Atret -> mundur
Spoiler for cek:

Quote:Lem cap kameng -> lem aibon
Spoiler for vvvv:

Quote:Galon (spbu) -> spbu
Spoiler for nyaann ban...:

Quote:Kates -> pepaya
Spoiler for ppy:

Quote:Labi2 -> angkot
Spoiler for ulekareng ulekareeeeeeeeeenggg:

Quote:Selop -> sandal
Spoiler for gadoh tip uro jumat:

Quote:Leting -> tingkat
Spoiler for contoh:

Quote:Tengok -> lihat/liat
tamah bacut
Quote:minyak makan -> minyak goreng
Quote:minyak (bbm) -> bensin
Spoiler for contoh:

tamah lom bacut emoticon-Big Grin dari agan genk10z
Quote:Original Posted By genk10z
BL > Plat
Stip > penghapus
palak (gondok,marah) > dongkol, kesal
cok > saklar
doorsmeer emoticon-EEK! > cuci mobil / motor
omen,omak emoticon-Ngakak (S) > buset, waduh
korek > mancis
rokok mild > sampurna/sampoerna
keroan pensil > rautan
rol > penggaris
sabun B emoticon-Bingung (S) > sabun colek
teh dingin > es teh



mungkin sementar itu dulu, karena ts sudah mentok.. emoticon-Sorry
bagi rakan2 yang ingin bantu menambahkan silakan, nanti TS taro di pejwan

terimong geunaseh
bantu update
gan.
gelar tikar dolo emoticon-linux2
menarik ne emoticon-Kiss (S)


bisa ne buat agan2 yg ada masukan. bsa d bantu ts nya for update emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By aneuk.aceh
menarik ne emoticon-Kiss (S)


bisa ne buat agan2 yg ada masukan. bsa d bantu ts nya for update emoticon-Big Grin


makasih gan, kalo ada masukan langsung aja, biar ts hantamkan di pejwan. emoticon-Shakehand2
waah thread bagus nih gan emoticon-Cendol (S)

pengalaman pertama ikut forum diskusi di luar aceh ternyata ane punya kendala juga di bahasa, maklum tanyoe awak aceh, hahaha
smoga ada penambahan kosa kata yang lain emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By jamespotter
waah thread bagus nih gan emoticon-Cendol (S)

pengalaman pertama ikut forum diskusi di luar aceh ternyata ane punya kendala juga di bahasa, maklum tanyoe awak aceh, hahaha
smoga ada penambahan kosa kata yang lain emoticon-Jempol


makasih gan, hanya ingin membantu kawan2 saja emoticon-Toast
BL > Plat
Stip > penghapus
palak (gondok,marah) > dongkol, kesal
cok > saklar
doorsmeer emoticon-EEK! > cuci mobil / motor
omen,omak emoticon-Ngakak (S) > buset, waduh
korek > mancis
rokok mild > sampurna/sampoerna
keroan pensil > rautan
rol > penggaris
sabun B emoticon-Bingung (S) > sabun colek
teh dingin > es teh


mikir dulu emoticon-Amazed
Quote:Original Posted By genk10z
BL > Plat
Stip > penghapus
palak (gondok,marah) > dongkol, kesal
cok > saklar
doorsmeer emoticon-EEK! > cuci mobil / motor
omen,omak emoticon-Ngakak (S) > buset, waduh
korek > mancis
rokok mild > sampurna/sampoerna
keroan pensil > rautan
rol > penggaris
sabun B emoticon-Bingung (S) > sabun colek
teh dingin > es teh


mikir dulu emoticon-Amazed


sabon B ?? emoticon-Bingung (S)
hahaa betul gan, lupa ane masukin. emoticon-Ngakak
ane taro di pejwan ya gan emoticon-2 Jempol
*Nambah dari Langsa*
Air Kosong >> Air Mineral / Air Putih
Es Kosong >> Air dingin / es
Sudaco >> angkot
Cak >> coba
Sor >> Suka
Ekstra >> Iklan (TV)
Anak muda emoticon-Bingung (S) >> bintang utama (TV)
Musing >> mutar
Kaco >> Aduk

ntar, cak ane pikir dulu emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By ari.hyaz


sabon B ?? emoticon-Bingung (S)
hahaa betul gan, lupa ane masukin. emoticon-Ngakak
ane taro di pejwan ya gan emoticon-2 Jempol


ane tambah satu gan emoticon-Ngakak
pigi >> pergi




Quote:Original Posted By broryga
*Nambah dari Langsa*
Air Kosong >> Air Mineral / Air Putih
Es Kosong >> Air dingin / es
Sudaco >> angkot
Cak >> coba
Sor >> Suka
Ekstra >> Iklan (TV)
Anak muda emoticon-Bingung (S) >> bintang utama (TV)
Musing >> mutar
Kaco >> Aduk

ntar, cak ane pikir dulu emoticon-Hammer (S)


Ekstra emoticon-EEK! baru dengar kata2 ntu emoticon-Big Grin

Ketawan anak langsanya nih emoticon-Big Grin
Gak sexan tambah "metiko" sama "kedan" gan ? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By genk10z


Ekstra emoticon-EEK! baru dengar kata2 ntu emoticon-Big Grin

Ketawan anak langsanya nih emoticon-Big Grin
Gak sexan tambah "metiko" sama "kedan" gan ? emoticon-Big Grin


kedan itu kawan ya gan? emoticon-Hammer (S)

Angek: iri
Bedangkik = pelit (kadang dipleserin jadi padangkik)
Asen: hak milik emoticon-Hammer (S)
monja : tempat jualan baju bekas..
bahasa gaulnya Langsa 11:12 lah sama Medan, cumanbeda logat ngomongnya aja emoticon-Hammer (S)
patarana / pliek u ada yg tau puh apa bahsa jkt48 nya emoticon-Ngakak

bigung ane... ada tetangga kakak2 ane di sana yg minta kirimin itu n nanya nama apa, ane bilang klo bahasa aceh pliek u n bahasa indo nya PATARANA (baru tau dr temen di bilang itu versi panton48 nya gan... emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By broryga


kedan itu kawan ya gan? emoticon-Hammer (S)

Angek: iri
Bedangkik = pelit (kadang dipleserin jadi padangkik)
Asen: hak milik emoticon-Hammer (S)
monja : tempat jualan baju bekas..
bahasa gaulnya Langsa 11:12 lah sama Medan, cumanbeda logat ngomongnya aja emoticon-Hammer (S)

ya betol
kedan itu kawan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By tcorner
patarana / pliek u ada yg tau puh apa bahsa jkt48 nya emoticon-Ngakak

bigung ane... ada tetangga kakak2 ane di sana yg minta kirimin itu n nanya nama apa, ane bilang klo bahasa aceh pliek u n bahasa indo nya PATARANA (baru tau dr temen di bilang itu versi panton48 nya gan... emoticon-Ngakak


nah kan udah tuh Patarana.
kalo bahasa gaulnya jkt48 gak tau.
bagusnya ya patarana, umum.
Quote:Original Posted By genk10z

ya betol
kedan itu kawan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin



nah kan udah tuh Patarana.
kalo bahasa gaulnya jkt48 gak tau.
bagusnya ya patarana, umum.


jd patarana itu bahasa indo nya puh ya emoticon-Ngakak

Wah gak asing kata2nya emoticon-Ngakak

Ane lahir d langsa terus tinggal d langsa sampe kelas 6 sd (sekitar tahun 1993 sampai tahun 2005) terus pindah medan dari smp sampe sma ane d medan terus tamat sma lulu snmptn k jawa timur cuma kuliah 3 semester terus pindah kuliah k bandung ampe sekarang emoticon-Smilie


Ane tambahi :

Paleh = curang
Raon raon = keliling kota
Pipet = sedotan
Pajak = pasar
Cop bles/cop = izin/berenti bentar dari permainan (biasa d gunakan anak kecil yang lagi main)

Apa lagi yah emoticon-Big Grin

Ouh iya mana tau ada temen ane masa kecil dulu d sini :

Nama ane chaydir,,,
Ane dulu tinggal d jalan iskandar muda langsa pb blang pase,,,
Ane tk d nurul khadijah terus sd di min pilot no 444 paya bujuk,,,
merantau ke luar aceh atau ke jakarta om TS?
ke sumut jg keluar aceh, bahasa ga beda jauh sama sini
Quote:Original Posted By misuari
merantau ke luar aceh atau ke jakarta om TS?
ke sumut jg keluar aceh, bahasa ga beda jauh sama sini


Medan Aceh beda sikit kalok bahasa cem begini emoticon-Big Grin
cak qe naek ke Pekanbaru, udah rada bingung ntik orang itu
apalagi kalok mintak bombon ya kan.
sempat kenak kopi pancung udah seram dipikir emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By PriNx


Medan Aceh beda sikit kalok bahasa cem begini emoticon-Big Grin
cak qe naek ke Pekanbaru, udah rada bingung ntik orang itu
apalagi kalok mintak bombon ya kan.
sempat kenak kopi pancung udah seram dipikir emoticon-Stick Out Tongue

makanya...TS nya bikin ke luar Aceh...tapi kuliat yang di post satu lebih pas kalok dibikin ke jakarta yakan
Quote:Original Posted By misuari
merantau ke luar aceh atau ke jakarta om TS?
ke sumut jg keluar aceh, bahasa ga beda jauh sama sini


Quote:Original Posted By PriNx


Medan Aceh beda sikit kalok bahasa cem begini emoticon-Big Grin
cak qe naek ke Pekanbaru, udah rada bingung ntik orang itu
apalagi kalok mintak bombon ya kan.
sempat kenak kopi pancung udah seram dipikir emoticon-Stick Out Tongue


sundol2 trid lama
ntah hapa emoticon-Nohope emoticon-Ngacir