alexa-tracking

[Share] Kosa Kata Untuk Yang Baru Merantau

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5415cb48bccb170a4a8b456f/share-kosa-kata-untuk-yang-baru-merantau
Saran Penggunaan kosa kata Bagi Rakan yang Baru Merantau
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh


langsong aju beh


Bagi rakan-rakan ulon tuan yang baru akan hendak merantau ke luar Aceh, ada beberapa kosa kata yang mesti jadi perhatian, soalnya terdapat perbedaan penggunaan kata-kata tsb. Jangan sampai ketika sudah di daerah orang, orang lain malah tidak mengerti maksud dari omongan kita emoticon-Bingung (S)
oleh sebab itu, TS disini hendak membantu rakan2 sekalian dalam mengkonvert (ciya ilaaahhh emoticon-Cape d... (S)) beberapa kosakata yang menjadi perhatian ketika digunakan di luar provinsi aceh emoticon-Jempol


Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

tamah bacut
Quote:

Quote:

tamah lom bacut emoticon-Big Grin dari agan genk10z
Quote:


mungkin sementar itu dulu, karena ts sudah mentok.. emoticon-Sorry
bagi rakan2 yang ingin bantu menambahkan silakan, nanti TS taro di pejwan

terimong geunaseh
bantu update
gan.
gelar tikar dolo emoticon-linux2
menarik ne emoticon-Kiss (S)


bisa ne buat agan2 yg ada masukan. bsa d bantu ts nya for update emoticon-Big Grin
Quote:


makasih gan, kalo ada masukan langsung aja, biar ts hantamkan di pejwan. emoticon-Shakehand2
waah thread bagus nih gan emoticon-Cendol (S)

pengalaman pertama ikut forum diskusi di luar aceh ternyata ane punya kendala juga di bahasa, maklum tanyoe awak aceh, hahaha
smoga ada penambahan kosa kata yang lain emoticon-Jempol
Quote:


makasih gan, hanya ingin membantu kawan2 saja emoticon-Toast
BL > Plat
Stip > penghapus
palak (gondok,marah) > dongkol, kesal
cok > saklar
doorsmeer emoticon-EEK! > cuci mobil / motor
omen,omak emoticon-Ngakak (S) > buset, waduh
korek > mancis
rokok mild > sampurna/sampoerna
keroan pensil > rautan
rol > penggaris
sabun B emoticon-Bingung (S) > sabun colek
teh dingin > es teh


mikir dulu emoticon-Amazed
Quote:


sabon B ?? emoticon-Bingung (S)
hahaa betul gan, lupa ane masukin. emoticon-Ngakak
ane taro di pejwan ya gan emoticon-2 Jempol
*Nambah dari Langsa*
Air Kosong >> Air Mineral / Air Putih
Es Kosong >> Air dingin / es
Sudaco >> angkot
Cak >> coba
Sor >> Suka
Ekstra >> Iklan (TV)
Anak muda emoticon-Bingung (S) >> bintang utama (TV)
Musing >> mutar
Kaco >> Aduk

ntar, cak ane pikir dulu emoticon-Hammer (S)
Quote:


ane tambah satu gan emoticon-Ngakak
pigi >> pergi




Quote:


Ekstra emoticon-EEK! baru dengar kata2 ntu emoticon-Big Grin

Ketawan anak langsanya nih emoticon-Big Grin
Gak sexan tambah "metiko" sama "kedan" gan ? emoticon-Big Grin
Quote:


kedan itu kawan ya gan? emoticon-Hammer (S)

Angek: iri
Bedangkik = pelit (kadang dipleserin jadi padangkik)
Asen: hak milik emoticon-Hammer (S)
monja : tempat jualan baju bekas..
bahasa gaulnya Langsa 11:12 lah sama Medan, cumanbeda logat ngomongnya aja emoticon-Hammer (S)
patarana / pliek u ada yg tau puh apa bahsa jkt48 nya emoticon-Ngakak

bigung ane... ada tetangga kakak2 ane di sana yg minta kirimin itu n nanya nama apa, ane bilang klo bahasa aceh pliek u n bahasa indo nya PATARANA (baru tau dr temen di bilang itu versi panton48 nya gan... emoticon-Ngakak
Quote:

ya betol
kedan itu kawan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Quote:


nah kan udah tuh Patarana.
kalo bahasa gaulnya jkt48 gak tau.
bagusnya ya patarana, umum.
Quote:


jd patarana itu bahasa indo nya puh ya emoticon-Ngakak

Wah gak asing kata2nya emoticon-Ngakak

Ane lahir d langsa terus tinggal d langsa sampe kelas 6 sd (sekitar tahun 1993 sampai tahun 2005) terus pindah medan dari smp sampe sma ane d medan terus tamat sma lulu snmptn k jawa timur cuma kuliah 3 semester terus pindah kuliah k bandung ampe sekarang emoticon-Smilie


Ane tambahi :

Paleh = curang
Raon raon = keliling kota
Pipet = sedotan
Pajak = pasar
Cop bles/cop = izin/berenti bentar dari permainan (biasa d gunakan anak kecil yang lagi main)

Apa lagi yah emoticon-Big Grin

Ouh iya mana tau ada temen ane masa kecil dulu d sini :

Nama ane chaydir,,,
Ane dulu tinggal d jalan iskandar muda langsa pb blang pase,,,
Ane tk d nurul khadijah terus sd di min pilot no 444 paya bujuk,,,
merantau ke luar aceh atau ke jakarta om TS?
ke sumut jg keluar aceh, bahasa ga beda jauh sama sini
Quote:


Medan Aceh beda sikit kalok bahasa cem begini emoticon-Big Grin
cak qe naek ke Pekanbaru, udah rada bingung ntik orang itu
apalagi kalok mintak bombon ya kan.
sempat kenak kopi pancung udah seram dipikir emoticon-Stick Out Tongue
Quote:

makanya...TS nya bikin ke luar Aceh...tapi kuliat yang di post satu lebih pas kalok dibikin ke jakarta yakan
Quote:


Quote:


sundol2 trid lama
ntah hapa emoticon-Nohope
emoticon-Ngacir