alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5412fd2e138b46580b8b456e/tips-memasak-aneka-makanan-pake-rice-cooker-anak-kost-masuk
Tips memasak aneka makanan pake Rice Cooker (Anak kost masuk)
Assalamualaikum wr.wb

Hidup merantau a.k.a ngkost jauh dari keluarga membuat kita harus bener bener mandiri dan kreatif. Meski ane cewe dulu dirumah ga pernah masak tapi pas dikostan mulai coba masak selain mie instan. Ya itung itung belajar masak sebelum nikah ntar emoticon-Malu (S)
Trit ini khusus untuk di kamar kos. Sekali lagi, kamar kos. Kamar. Bayangkan kamar tidur ente, dibuat untuk masak memasak. Tips ini akan sangat cocok untuk temen-temen yang bernasib seperti ane. Hanya ada kamar kos. Tidak ada dapur pribadi atau dapur umum.

Cukup punya Rice cooker masak apapun jadi tanpa harus punya skill chef. Nah masakan apa aja sih yang bisa dimasak di Rice Cooker. Okeh cekidot :


Quote:1. Mie Instan
Tips memasak aneka makanan pake Rice Cooker (Anak kost masuk)

Lumrah lah ya. Mie instan bisa dimasak dengan rice cooker. Caranya sama seperti masak di menggunakan kompor, cuma kompor dan pancinya diganti pakai rice cooker.
•Tuang air minum ke dalam wadah rice cooker
•Set rice cooker ke kondisi “cooking”
•Tunggu sampai air dalam rice cooker berbuih
•Masukkan mie dan Masak sampai matang. Lebih lama dibanding kan dengan menggunakan kompor. Kira-kira 5 – 10 menit an lah.
•Buat variasi, bisa dimasukin telor, bakso, atau sayur. Sajikan bersama bumbu kemasan yang sudah tersedia di dalam bungkus mie instant.


2. Nasi Goreng
Tips memasak aneka makanan pake Rice Cooker (Anak kost masuk)

Wuahaha. Bisa banget masak nasi goreng di dalam rice cooker. Ya bisa lahh… namanya aja rice cooker, yang artinya Pemasak Nasi. Berarti nasi goreng pun juga bisa dong. Caranya sbb :
•Masak beras sampai jadi nasi di dalam rice cooker.
•Taruh nasi di piring, dan cuci dulu wadah yang digunakan masak nasi tadi biar bersih. Kalau saya sih, nggak pake dicuci. Langsung dipakai lagi. (*males*)
•Siapkan rice cooker. Dan kondisikan dalam keadaan “cooking” bukan “warm”
•Masukkan mentega. Mentega ini, sebagai pengganti minyak goreng. Biarkan sampai meleleh ya bok.
•Masukkan irisan bawang putih. Karena bawang putih aman dimakan dalam kondisi matang atau mentah, jadi kalau proses masak di dalam rice cooker ini dirasa kurang matang, masih aman buat dimakan. Inget, tingkat panas rice cooker sama kompor beda ya. Don’t expect too much lah. Aduk-aduk. Saya ngaduknya cukup pakai sendok aja.
•Masukkan Irisan bakso atau sosis atau kornet. Better pilih yang siap makan. Jadi udah pasti mateng nya gitu lho. Aduk aduk. Sesuaikan kata hati, mau diaduk sampe kapan. Hahah. Ya kalau dirasa udah cukup, ya udah nggak usah diaduk lagi.
•Masukkan bumbu nasi goreng instant. Yeey…ini kalau buat saya wajib hukumnya. Pilih bumbu instant yang sudah matang. Aduk aduk.
•Masukkan nasi. Aduk-aduk sampai semuanya tercampur rata. Tutup rice cookernya sekitar 5 – 10 menit. Fungsinya, biar semua bahan tadi tercampur dan termasak dengan matang.
•Di-incip dulu cin. Kalau kurang asin, tambahin garam. Kalau kurang manis, tambahin saos atau kecap. Dan setelah itu, nasi goreng siap disantap!


3. Pasta
Tips memasak aneka makanan pake Rice Cooker (Anak kost masuk)

Iseng-iseng saya nyoba bikin pasta. Dan ternyata bisa! Hyeey… Caranya sbb:
•Masak air minum sampai berbuih di dalam rice cooker. Pastikan rice cooker dalam kondisi “cooking”
•Masukkan mentega secukupnya.
•Masukkan pasta. Antara mentega dan pasta boleh dibolak-balik. Tujuan nya biar pastanya nggak lengket.
•Setelah dirasa empuk , tiriskan.
•Pasta sudah matang. Sekarang masak saosnya.
•Masukkan mentega secukupnya ke dalam wadah rice cooker bekas bikin pasta tadi. Rice cooker dalam kondisi “cooking” ya.
•Setelah mentega leleh, tumis bawang putih. *boleh ditambah bawang bombay*
•masukkan bakso/sosis/daging ayam cincang/kornet atau topping apapun yang dirasa masih mentah. Dimasukin duluan ya. Biar mateng duluan. Aduk-aduk.
•Masukkan bumbu saos pasta siap saji. Aduk-aduk.
•Diincip lagi cin. Kalau mau agak pedesan, kasih saos sambal atau irisan cabe. Kalau kurang asin, kasih garem.
•Tiriskan. Saos Pasta sudah jadi..! Tinggal dituang ke atas pasta yang sudah ditiriskan di awal tadi. Siap santap..!


4. Sop
Tips memasak aneka makanan pake Rice Cooker (Anak kost masuk)

Mau masak sop apa pun, bisa pakai rice cooker juga lho. Sop makaroni, sop ayam, atau apapun lah. Caranya sbb :
•Masukkan air ke dalam rice cooker.
•Nggak perlu sampai berbuih, setelah itu masukkan ayam cincang mentah. Masak sampai ayam nya matang.
•Lalu masukkan sayurannya. terutama wortel. Biar empuk duluan.
•masukkan irisan bawang putih. aduk-aduk.
•Masukkan bumbu sop siap saji. aduk-aduk.
•Selama proses di atas, lama-lama air akan mendidih. Setelah dirasa semuanya matang, diincip lagi. Hehe. Kalau kurang asin atau manis, ya tambahkan garam atau gula lah ya. Dan, siap makan deh..! simple kan.


5. Bubur
Tips memasak aneka makanan pake Rice Cooker (Anak kost masuk)

Hampir sama seperti masak nasi menggunakan rice cooker. Cuma, takaran air nya dibanyakin. Dan tambahkan topping-topping yang sudah matang lain ke dalamnya. So beres lah


6. Omelet
Tips memasak aneka makanan pake Rice Cooker (Anak kost masuk)

Bisa? Bisa lahh…. Pakai rice cooker lagi. Cuma waktunya sampai telor matang, lebih lama. Jadi, harus lebih sabar…! Caranya sbb :
•Posisikan rice cooker dalam keadaan “cooker”
•Lelehkan mentega di dalamnya.
•Kocok telur, tambahkan garam, topping lain seperti irisan bawang, bakso, sosis, keju, boleh dicampur juga, lalu masukkan ke dalam wadah rice cooker.
•Tunggu sampai matang. Bolak balik aja. Ntar juga mateng sendiri. *inget, sabarr…*
•Siap santap! Enak dimakan pakai saus


7. Mashed Potato
Tips memasak aneka makanan pake Rice Cooker (Anak kost masuk)

Rebus kentang yang sudah dicuci bersih di dalam rice cooker, setelah matang dapat dikupas di bawah air mengalir. Jangan lupa membersihkan wadah rice cooker karena nanti akan dipakai kembali. Setelah mengupas kentang, haluskan lalu masukkan kembali ke rice cooker, tambahkan garam dan susu cair secukupnya. Lalu diaduk – aduk terus hingga tercampur dengan baik. Dapat ditambahkan merica sesuai selera, ketika sedang mengaduk dalam rice cooker atau ketika akan disajikan


8. Agar agar
Tips memasak aneka makanan pake Rice Cooker (Anak kost masuk)

Memasak agar – agar dengan rice cooker juga mudah. Hanya perlu merebus gula pasir, air dan agar – agar bersamaan, sambil sesekali diaduk sampai mendidih. Walaupun caranya mudah, tetapi Clovers harus cermat karena bila dibiarkan dalam keadaan mendidih, air dapat meluap – luap. Hati – hati ya.




Tambahan
Quote:
1. Nasi Liwet Sunda
Tips memasak aneka makanan pake Rice Cooker (Anak kost masuk)

Siapkan beras seperti biasa. Berikan extra air supaya nasi menjadi lebih lembek. Siapkan pula bumbu-bumbu seperti irisan cabe merah, bawang merah, dan sesendok mentega. Sisipkan juga daun jeruk, daun salam dan sereh. Masak nasi dalam magic jar seperti biasa.


2. Nasi Kebuli
Tips memasak aneka makanan pake Rice Cooker (Anak kost masuk)

Siapkan beras yang telah dicuci bersih dan masukkan ke dalam container Rice Cooker. Buat kuah gulai khusus untuk kabuli yaitu, tumis bumbu gule siap pakai. Setelah harum masukkan tulang-tulang kambing yang telah dipotong kecil-kecil. Tumis dan masukkan sejumlah air sampai daging yang menempel di tulang menjadi sedikit lebih empuk. Setelah itu perkirakan jumlah air yang akan dipergunakan untuk memasak nasi, lal;u masukkan ke dalam container magic jar beserta tumisan gulai daging kabuli. Masak nasi kabuli sampai matang.


3. Nasi Kuning
Tips memasak aneka makanan pake Rice Cooker (Anak kost masuk)

Siapkan beras yang telah dibersihkan. Siapkan juga air kunyit dan air jeruk nipis. Alasi Rice cooker dengan daun pandan, salam, sereh, daun jeruk. Masukkan beras air jeruk nipis dan air kunyit. Terakhir masukkan santan kental. aduk sebentar pencet tombol masak di magic jar. Letakkan juga di atas sendiri telur untuk disandingkan dengan nasi kuning nanti.




Ane nulis trit ginian jadi laper gan emoticon-Malu
Sekian dari trit ane
Semoga menjadi inspirasi bagi para anak kostan




Thanks buat Sumber :
1. [URL="http://rewinnita.wordpress.com/2013/08/16/tips-memasak-di-kamar-k[/size]os/"]Sumber utama[/URL]
2. Sumber kedua
3. Sumber ketiga
bikin pizza jg bisa loh gan..
waah
kayaknya ts sama ama ane nih






sama-sama anak manusia emoticon-Salaman
ane pernah bikin popcorn gan emoticon-Hammer (S)
pertanyaan ane sekarang cuman 1
anak kost emang punya bahan2 dan alat2 nya emoticon-Bingung (S)
emoticon-Ngakak
emoticon-Peace
Quote:Original Posted By fazalia
bikin pizza jg bisa loh gan..

waah ane belom pernah nyoba gan. ntar kapan2 deh ane coba emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By Pencabul
waah
kayaknya ts sama ama ane nih

sama-sama anak manusia emoticon-Salaman


emoticon-Hammer2

Quote:Original Posted By parabot.euy
ane pernah bikin popcorn gan emoticon-Hammer (S)

emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By bestplayer
pertanyaan ane sekarang cuman 1
anak kost emang punya bahan2 dan alat2 nya emoticon-Bingung (S)
emoticon-Ngakak
emoticon-Peace

alatnya cuma Rice cooker atau magic com doank gan. bahan'a ngutang dulu ke warung emoticon-Ngakak
Wah kok bisa ? emoticon-Bingung

Biasanya anak kos itu tidak mau ribet, mau nya instan, emoticon-Big Grin
Nasi Instan, Mie Instan, lauk Instan dll emoticon-Ngakak (S)
wah emang bisa ya gan masak omelet, mesti buka tutup rice cookernya dong gan kan tuh omeletnya dibolak balik emoticon-Bingung (S)
mantep nih gan., emoticon-Matabelo

ntar ane coba kalo udah waktunya ngekost., emoticon-Big Grin
boleh dicoba tuh, ane bookmark ye, kalo bisa sih sama caranya
Kreatif sekali TS nya...
Apa lagi yang smpe bisa bikin omelet..
Percobaan ane pke rice cooker belum sampai ke tahap untuk menggoreng emoticon-Ngakak
jadi pengen mkn mashed potato ny..,
emoticon-Matabelo





Tips memasak aneka makanan pake Rice Cooker (Anak kost masuk)
TSnya master kos-kosan emoticon-Ngakak
bikin ngiler aja nih emoticon-Matabelo
kebetulan ane ada rice cooker nih, ntar ane coba deh di kost emoticon-Ngakak
ntar ane coba deh gan . . . emoticon-Matabelo
nais inpo gan
emoticon-Matabelo yang boneng gan alatnya cuman itu aja emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
ane cuma bisa masak mi dan nasi emoticon-Cool
Ane Kos Gk prnah Makan , Cukup Minum Aer Putih emoticon-army
Ah bikin ane laper aja ente gan emoticon-Belo
Udah malem lagi mau ngutang makanan ke siapa emoticon-Frown
Quote:Original Posted By elnafil
emoticon-Matabelo yang boneng gan alatnya cuman itu aja emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
ane cuma bisa masak mi dan nasi emoticon-Cool


senjata utamanya cuma itu ganemoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By kaskusl0ver
Ane Kos Gk prnah Makan , Cukup Minum Aer Putih emoticon-army


hemat banget gan emoticon-Ngakak