alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/540dac4cbdcb1738698b456a/aneh-tapi-nyata---makan-upil-ternyata-bagus-untuk-kesehatan
Thumbs up 
Aneh Tapi Nyata - Makan Upil Ternyata Bagus Untuk Kesehatan
Quote:Bismillahirrahmanirrahim

Quote:Aneh Tapi Nyata - Makan Upil Ternyata Bagus Untuk Kesehatan
Siapa sih yang gak pernah ngupil?.....Pasti semua orang pernah mengalami keadaan risih di daerah lubang hidung nah itu yang disebut fase mau ngupil...oke anpa basa basi langsung aja tentang si upil kita

Seorang ilmuwan Kanada mengklaim bahwa mengorek upil lalu memakannya bukan kebiasaan buruk, bahkan bisa menyehatkan tubuh. Benarkah kebiasaan yang banyak dianggap jorok itu bagus untuk kesehatan? Ini penjelasan dokter spesialis THT.

"Saya belum pernah membaca literatur ilmiahnya," kata Dr Agus Subagio, SpTHT dari RS Puri Indah mengomentari pendapat tentang ngupil yang diklaim bisa menyehatkan tubuh, saat dihubungi detikHealth Jumat (3/5/2013).

Menurut Dr Agus, ngupil bukanlah perilaku yang sehat sehingga tidak perlu dijadikan kebiasaan. Selain jorok dan membuat orang di sekitar merasa tidak nyaman, ngupil juga berisiko melukai mukosa hidung dan memicu infeksi. Bahkan bisa merusak tulang rawan di hidung.

Pendapat bahwa ngupil bisa meningkatkan daya tahan tubuh dilontarkan oleh seorang ilmuwan dari University of Saskatchewan, Profesor Scott Napper. Menurut Prof Napper, mengorek upil lalu memakannya berarti memperkenalkan sistem imun dengan kuman-kuman yang ada di upil.

"Alam mendorong kita untuk melakukan sesuatu yang berbeda karena ada manfaatnya melakukan perilaku tertentu, termasuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Jadi mungkin ketika Anda memiliki dorongan untuk mengorek hidung dan memakannya, Anda hanya melakukan sesuatu yang alami," ujar Napper seperti diberitakan detikHealth sebelumnya.

Meski menjijikkan dan sulit diterima akal sehat, Prof Napper juga mengujikan teorinya tersebut ke para mahasiswanya. Sayang, tidak pernah ada kabar lebih lanjut tentang hasil eksperimen tersebut. Bahkan bagaimana reaksi para mahasiswa saat disuruh makan upil, juga tidak pernah diungkap.

"Tujuan saya adalah jika saya bisa mengajarkan suatu hal yang bisa Anda beritahukan kepada orang lain di luar lingkup kelas ini, maka saya sudah meminta Anda untuk sedikit berpikir mempertanyakan hal-hal ini. Dan saya pikir cara ini bisa berhasil," terang Napper kala itu.

source from health.detik.com