alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/540bb7a398e31beb038b4567/lima-tips-atur-keuangan-di-usia-muda
Inspiratif 
Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda
Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda
Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda


semoga gak repost emoticon-Malu
Spoiler for norepost:

Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda
PROLOG
Quote:
Spoiler for pekerja_muda:

Halo gan, kali ini ane pengen share sebuah artikel yang telah ane baca. Artikel ini sangat bermanfaat buat agan-agan yang telah berkarir di usia muda. cekidot emoticon-Malu
Rentang usia 20-an merupakan waktu potensial bagi generasi muda untuk mulai berkarir dan mewujudkan cita-citanya. Namun, rentang usia 20-an juga merupakan masa di mana banyak orang masih sulit mencapai kestabilan hidup, utamanya dalam mengatur kestabilan finansial pribadi. Agar Anda mencapai kemapanan finansial sebelum mengakhiri rentang usia 20-an, lima tips jitu di bawah ini adalah jawabannya.

Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda
Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda
Quote:1. Ketahui dengan benar alur pemasukan dan pengeluaran
Spoiler for 1.:

Anda mungkin sudah sangat sering mendengar imbauan ini, namun apakah Anda telah benar-benar memperhatikan dan menerapkannya dalam pola keuangan Anda? Mungkin banyak yang menjawab belum, dan sebenarnya hal itu umum ditemui pada angkatan kerja di rentang usia 20-an.

Sumber masalah utama dari hal ini adalah masih terus berjalannya proses peralihan seseorang menuju kedewasaan. Banyak angkatan kerja di rentang usia ini kerap kali lupa diri akan penghasilan yang didapatnya, dan tak jarang menghabiskannya pada hal-hal yang bersifat impulsif.

Sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk mulai menerapkan kedisiplinan dalam mengelola keuangan Anda. Pahami dengan seksama perbandingan penghasilan dan kebutuhan hidup Anda.

Utamakan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang bersifat primer terlebih dahulu, baru kemudian hal-hal yang bersifat sekunder hingga tersier. Jangan pula mudah terpengaruh dengan beragam penawaran komersial di luar sana sebelum Anda benar-benar menyeleksinya dengan cermat.

Anda dapat memanfaatkan beragam panduan dan alat bantu kelola keuangan, baik secara manual maupun terkomputasi, untuk mendukung pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda

2. Mulai menabung
Spoiler for 2.:

Jangan pernah terlalu lama terlena dengan buaian ungkapan 'nikmati masa muda'. Jika Anda terlena dengan hal tersebut dan mengabaikan tata kelola keuangan demi memenuhi hasrat jiwa muda, maka bukan tidak mungkin Anda akan sering merasa tidak cukup dengan penghasilan yang Anda peroleh.

Untuk menghindari hal buruk tersebut, maka sebaiknya segera tabungkan sebagian penghasilan Anda, minimal 15 persen dari total pendapatan ke dalam rekening tabungan.

Lebih disarankan lagi untuk segera menabungnya sesaat ketika Anda telah mendapat penghasilan rutin tiap bulannya. Jika ditanya apa manfaat dari menabung? Anda akan menemukan jawaban baiknya di kemudian hari.

Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda

3. Membangun dana darurat
Spoiler for 3.:

Jangan samakan tabungan dengan dana daurat, melainkan pisah kedua dana tersebut. Umumnya disarankan untuk menyisihkan 10 persen dari penghasilan rutin untuk dana darurat.

Adapun fungsinya adalah untuk dana talangan awal ketika memang tengah dibutuhkan. Manfaat lainnya adalah dengan adanya dana darurat, maka tabungan Anda pun akan aman, sehingga Anda dapat terus fokus mewujudkan impian masa depan Anda tanpa harus terpotong dananya ketika sewaktu-waktu membutuhkan dana darurat.

Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda

4. Kendalikan utang Anda
Spoiler for 4.:

Organisir utang Anda, baik utang langsung maupun tagihan kartu kredit, berurut dari yang berbunga kisaran tinggi hingga rendah. Di dalam kehidupan saat ini, menghindari utang hampir mustahil karena umumnya banyak orang sulit untuk meraih apa yang diimpikannya dengan cepat, sebagai contoh dalam kepemilikan rumah, kendaraan, atau bahkan modal usaha.

Agar Anda tidak terjebak dengan utang yang Anda ambil, maka kenali lebih dalam bentuk utang saat hendak mengajukannya. Jika memungkinkan, ambillah utang tersistem yang berada dalam satu payung lembaga perbankan, sehingga Anda dapat mengatur moda pembayaran yang sesuai dengan kemampuan dan fleksibilitas Anda. Banyak bank dan lembaga keuangan sejenis yang mulai menerapkan hal ini, kenali hal tersebut mulai sekarang.

Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda

5. Pikir ulang pengeluaran Anda
Spoiler for 5.:


Terkait dengan poin pertama, sebaiknya Anda mengecek ulang rencana keuangan yang telah Anda susun. Telusuri kembali daftar pengeluaran yang Anda rencanakan dan tangguhkan rencana-rencana yang sekiranya memang masih dapat Anda tunda.

Sebagai contoh untuk pengeluaran fashion, dibandingkan Anda membeli baju baru untuk sebuah acara, mengapa tidak melirik isi lemari dan merencanakan padu padan busana Anda untuk tampilan baru yang berbeda dan lebih segar.



Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda
EPILOG Quote: Sebenarnya, mengelola keuangan demi masa depan bukanlah sesuatu hal yang sangat rumit dan sulit untuk dilakukan. Hal tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan apa yang disebut dengan aktivitas perencanaan keuangan. Jika seseorang menjadi pintar dan cerdas, tentu akan bijak mengelola keuangannya, sehingga masa depan akan lebih dapat dipersiapkan dan sejahtera.
Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda
Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda

Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda

Lima Tips Atur Keuangan di Usia MudaLima Tips Atur Keuangan di Usia Muda
Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda
Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda Lima Tips Atur Keuangan di Usia Muda

KOMENTAR AGAN-AGAN

Quote:Original Posted By YONTAKKEMANA
Sangat bermanfaat gan buat ane..secara ane juga sadar diri masi foya2 dengan penghasilan yg ane dapat dari pekerjaan ane.
Ga pernah kebayang untuk nabung ataupun dana darurat.
Emang bener gan,,hampir rata2 ketika ane tolak ajakan untuk menghamburkan uang dari temen2 ane pasti mereka bilang "mumpung masi muda bro,,kapan lagi" zzzzzz emoticon-Cape d... (S) kata2 itu yang selalu bikin ane ga bisa nolak secara ane belum berkeluarga.
Berasanya pas adik ane butuh biaya buat bayar kuliah,dan urgent banget karena udah deadline sedangakan ane ga lagi megang duit :emoticon-Frown


wah... semoga ente bisa lebih mengatur keuangan ente ya gan emoticon-Belo
emang benar kita secara gak sadar ngabisin duit kita buat sesuatu yg kurang penting.... sehingga apabila ada hal yg "mendadak" atau "tak terduga" kita bisa kelabakan karna gak megang duit emoticon-Berduka (S)


Quote:Original Posted By Atamagayoi
alhamdulillah ane sekrang punya tabungan darurat.. ya lumayan kalo belom ngambil uang diatm bisa pake tabungan darurat dulu... dulu uang receh ane taro ngasal dan alhasil jadi uang yang gak berguna, tapi sekrng uang receh ane taro di tabungan ternyata sangat bermanfaat kalo kepepet bisa di pake buat beli makan
ayey


hahaha... the power of recehan emoticon-Hammer (S)

bener bgt tuh gan... recehan kalo disimpan.. gak terasa nambah banyak emoticon-Big Grin
lumayan tuh buat beli pengganjal perut emoticon-Malu


Quote:Original Posted By godzila99
menurut ane mumpung masih muda ga ada tanggungan banyak mending banyakin sodaqoh ama bahagiain ortu, ane yakin tuh duit bakal diganti lebih gede


BOLD emoticon-Belo
setuju sama ente emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By 33asa
iya gan udah ane mulai dari tahun lalu emoticon-Big Grin
walaupun emang awalnya berat apalagi liat lingkungan kerja emoticon-Ngakak
pada highclass dari kendaraan ampe gadget emoticon-Hammer2


ternyata godaan melawan lingkungan berat juga ya gan emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By 33asa


woyajelas gan emoticon-Cool
emang sih gak bilang apa2 tapi tetep aja kurang nyaman, ane aja udah lama kerja hape masih si emen emoticon-Big Grin
yang laen ampir 3 bulan sekali gonta-ganti emoticon-Ngakak
jauh dari dalam lubuk hati terasa nyesek gan emoticon-Ngakak
tapi mau gimana lagi yang jalannin untuk kedepannya kan kita sendiri gan emoticon-Jempol


mantap gan emoticon-thumbsup

walau dalam hati nyesek.. tetep semangat buat berhemat emoticon-2 Jempol
kesabaran adalah kuncinya emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By suwuk
tambahin gan emoticon-Cool
jangan pernah menyianyiakan uang recehan,
baik dari hasil kembalian rokok ataupun nemu di jalanan emoticon-Cool

ambil aja gan, terus taruh di mana kek, laci, celengan, terserah agan aja,
nanti kalo agan lg butuh tinggal buka laci atau celengan, dan wuala, ente punya penunjang nyawa yg siap di tukar di minimarket terdekat emoticon-Cool


trust me, its work emoticon-Cool




uang receh bisa jadi bermanfaat pada saat darurat emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By 26sport
wah berguna banget infonya gan utk ane yg baru berkeluarga agar hemat...



semoga bermanfaat gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By tipetstore
mau nambahin dikit gan
agar pendapatan kita g mengalir dari satu arah
kita bisa sisihkan minimal 10% dari pendapatan kita untuk berbagi, ane udah pernah mencoba dan hasilnya sungguh d luar dugaan gan
sempat ane lupa diri dan bersyukur, tapi mulai saat ini udah ane terapin lagi.


nice sharing gan emoticon-Big Grin
jangan lupa bersyukur


Quote:Original Posted By kuroisu99
bener banget gan. harus kelola pengeluaran dengan baik dan rajin menabung.

tips menabung versi ane (ane mahasiswa): ada target pengeluaran per hari (buat ane sih 25ribu). sisa uang bulanan langsung masuk ke tabungan.
terus kl hari ini ada sisa uang, ane masukin ke tabungan sementara. kl suatu saat butuh dana lebih, tinggal ambil di tabungan sementara. dengan cara ini ane (yg bulanannya 1jt) bisa nabung paling ga 300rb sebulan.


mantap nih sarannya... buat yg masih kuliah emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By opipii
menurut agan TS, sebaiknya tabungan darurat itu ditaruh di atm atau kita pegang tunai/cash? ane cuma punya satu rekening, apakah ane harus buka rekening lain biar tabungan ane di rekening ini bisa ga jebol? makasi TS emoticon-Big Grin


kalo pengen praktis sih, disimpan sendiri aja... (tunai)
tapi kalo gitu, godaan buat ngambilnya semakin besar emoticon-Big Grin
ini bekerja apabila agan punya pengendalian diri yg bagus emoticon-Big Grin

tapi kalo dikit2 gak tahan pengen diambil.. mending di atm aja, krn proses ngambilnya bikin malas emoticon-Ngakak (S) emoticon-Hammer (S)


Quote:Original Posted By hensetiawan
Setuju gan, masa muda di saat kita blm punya tanggungan sebanyak ketika udah berkeluarga adlh saat yg plg tepat untk menabung utk masa depan. Meskipun itulah pasti byk godaan, secara bs dbilang okb krn awal2 kita punya penghasilan sendiri dan kita bebas mau ngapain aja dgn uang yg kita punya. Kalo dulu ane sblm punya penghasilan udah bikin perencanaan mau ane apakan uang yg akan ane terima. Misal buat bantu ortu sodara, atau buat barang2 yg pingin kita beli, tp tetep sesuai kemampuan. Jd, bgt ane udah dpt gaji tetap ane udah tau ke depannya uang itu mau buat apa. Nah kalo udah terpenuhi semua baru ane berkomitmen utk mulai berhemat. Nah ane saranin, buat investasi prroperti aja gan. Kagak ada ruginya dah, mnurut ane, tidak ada investasi yg lebih besar keuntungannya selain properti.


iya gan.. ane juga sebenarnya pengen investasi sih... cuman bingung caranya emoticon-Hammer (S)
ane kayaknyaa mau coba invest properti nih emoticon-Big Grin
tapi tunggu dulu sampe ada penghasilan tetap emoticon-Hammer (S)
Bagus gan
ntar buat buku catatan keluar masuk uangnya
Jadi klo mau beli permen tulis deh di pengeluarannya 200 rupiah

Susahnya klo beli sesuatu d toko kembaliannya permen emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By silentorch
Bagus gan
ntar buat buku catatan keluar masuk uangnya
Jadi klo mau beli permen tulis deh di pengeluarannya 200 rupiah

Susahnya klo beli sesuatu d toko kembaliannya permen emoticon-Hammer (S)


ya berarti untuk besok gak usah beli permen emoticon-Ngakak (S)
Semua emang udah harus dipersiapkan dari usia muda gan, salah satunya ya keuangan buat masa depan emoticon-Big Grin
kalo ane sih buat nyiapinnya dengan cara nabung aja gan emoticon-I Love Kaskus (S)
ane lagi coba itu semua. thx gans
klo ane nabung ama catet keuangan aja gan. emoticon-2 Jempol
jangan terlalu boros dan jangan terlalu banyak ngutang, nanti kita yang pusing emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-Peace

moga HT deh Amiin emoticon-Rate 5 Star
klu ane biasanya kalap klo shoping gadget gan emoticon-Cape d...
udah lupa semua aja masalah-masalah keuangan yng penting beli emoticon-Cape d...
thanks tipsnya gan, bisa ane gunakan untuk memper baiki keuangan emoticon-Shakehand2
Waaaw semoga ht deh gan emoticon-Matabelo
~kalo ane c, justru menghindari kartu kredit gan,
Memang bnyk kemudahan, tp bs bikin konsumtif
semua kembali ke mindset masing2 dan kesadaran dirinya sendiri
yg susah tu menahan keinginan beli brg kalo ada diskon besar emoticon-Big Grin
alhamdulillah ane sekrang punya tabungan darurat.. ya lumayan kalo belom ngambil uang diatm bisa pake tabungan darurat dulu... dulu uang receh ane taro ngasal dan alhasil jadi uang yang gak berguna, tapi sekrng uang receh ane taro di tabungan ternyata sangat bermanfaat kalo kepepet bisa di pake buat beli makan
ayey
Wah bagus nih.. Kebetulan ane terhitung boros juga meski uda niat2 hemat masi abis jg emoticon-Cape d...
klo untuk kartu kredit sih penting ga penting sebenernya asal tau batasan aja sih emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By silentorch
Bagus gan
ntar buat buku catatan keluar masuk uangnya
Jadi klo mau beli permen tulis deh di pengeluarannya 200 rupiah

Susahnya klo beli sesuatu d toko kembaliannya permen emoticon-Hammer (S)


ditempat ane juga masih ada toko yg ngasih kembalian permen emoticon-Hammer (S)

Quote:Original Posted By krnwn_indigo


ya berarti untuk besok gak usah beli permen emoticon-Ngakak (S)


krn sudah ada kembalian permen emoticon-Nohope

Quote:Original Posted By smartprett
Semua emang udah harus dipersiapkan dari usia muda gan, salah satunya ya keuangan buat masa depan emoticon-Big Grin
kalo ane sih buat nyiapinnya dengan cara nabung aja gan emoticon-I Love Kaskus (S)


benar gan emoticon-Big Grin
mulai sekarang kalo punya pemasukan sebaiknya ditabung emoticon-Big Grin
Ok ntar ane coba terapkan tips nya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By superfrank12
ane lagi coba itu semua. thx gans


thanks udah mampir gan emoticon-Rate 5 Star
Ane baru2 ini udah mulai Menabung., sedikit demi sedikit lama2 jadi bukit
Quote:Original Posted By rayhanar
klo ane nabung ama catet keuangan aja gan. emoticon-2 Jempol
jangan terlalu boros dan jangan terlalu banyak ngutang, nanti kita yang pusing emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-Peace

moga HT deh Amiin emoticon-Rate 5 Star


benar gan emoticon-Big Grin
jgn boros dan gampang mengutang emoticon-Ngakak (S)

aamiin.. doain ye emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By mr.wolfram
klu ane biasanya kalap klo shoping gadget gan emoticon-Cape d...
udah lupa semua aja masalah-masalah keuangan yng penting beli emoticon-Cape d...
thanks tipsnya gan, bisa ane gunakan untuk memper baiki keuangan emoticon-Shakehand2


wah... kalo mau ngikutin perkembangan techno bisa boros gan emoticon-Hammer (S)
soalnya bentar2 keluar lagi keluaran yg terbaru... emoticon-Malu (S)