alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5408723ea3cb174b228b456f/ask-tapa-itu-apa
ask tapa itu apa??
orang jaman dulu katanya kok sering tapa kegunaannya buat apa sih .
maaf saya pendatang baru .
kata orang ga makan berbulan2 segala apa ga rusak pencernaan nya ya ??

yg tau komen dong
trimaksih .
Quote:Original Posted By bedezoleng
orang jaman dulu katanya kok sering tapa kegunaannya buat apa sih .
maaf saya pendatang baru .
kata orang ga makan berbulan2 segala apa ga rusak pencernaan nya ya ??

yg tau komen dong
trimaksih .


Untuk Kaji diri,
Siapa saya, dan saya siapa.. emoticon-rose

Rahayu
Quote:Original Posted By bedezoleng
orang jaman dulu katanya kok sering tapa kegunaannya buat apa sih .
maaf saya pendatang baru .
kata orang ga makan berbulan2 segala apa ga rusak pencernaan nya ya ??

yg tau komen dong
trimaksih .


ane ga tw gan,,tapi pngen komen..thx emoticon-Shakehand2
udah dijawab ama aki aki di atas ane semua emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By .ganesha.
udah dijawab ama aki aki di atas ane semua emoticon-shakehand


puh ganesha emoticon-Salaman

sungkem dulu puh emoticon-Salaman
Quote:Original Posted By nyamuknak4l


puh ganesha emoticon-Salaman

sungkem dulu puh emoticon-Salaman


Waduh malah ane yg harus sungkem nyungsep ama sesepuh emoticon-Salaman
Quote:Original Posted By .ganesha.
udah dijawab ama aki aki di atas ane semua emoticon-shakehand


Tuh....atas ane manggil puh...emoticon-Matabelo
Malem mas nogo....emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By lusena


Tuh....atas ane manggil puh...emoticon-Matabelo
Malem mas nogo....emoticon-Smilie


Malam mbak emoticon-Smilie
Piem'an aja yuk emoticon-Malu
Quote:Original Posted By bedezoleng
orang jaman dulu katanya kok sering tapa kegunaannya buat apa sih .
maaf saya pendatang baru .
kata orang ga makan berbulan2 segala apa ga rusak pencernaan nya ya ??

yg tau komen dong
trimaksih .


fisiknya bisa rusak gan , tapi mungkin jiwanya jadi sehat emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bedezoleng
orang jaman dulu katanya kok sering tapa kegunaannya buat apa sih .
maaf saya pendatang baru .
kata orang ga makan berbulan2 segala apa ga rusak pencernaan nya ya ??

yg tau komen dong
trimaksih .



Org dulu suka tapa, karena org dulu blm mengenal agama dan mereka percaya akan adanya Tuhan yg Maha Tunggal jd mereka mencari dgn menyendiri/bertapa

Knp badan nya gk rusak, karena ketika kta bertapa/meditasi kita bisa melupakan sifat keduniawian kta. Jd kta lupa nafsu dunia..

Just share aja.. skrg bahasa kerennya meditasi spiritual..

Sory newbie sok tau
orang sekarang jg banyak yg tapa gan.....

terutama pas tanggal tua.....
Quote:Original Posted By nyamuknak4l


ane ga tw gan,,tapi pngen komen..thx emoticon-Shakehand2


Dasar nyamuk nakal emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By nyamuknak4l


ane ga tw gan,,tapi pngen komen..thx emoticon-Shakehand2


Quote:Original Posted By ringgaundil.kw


Dasar nyamuk nakal emoticon-Hammer


ngakak gan emoticon-Ngakak btw tunggu penjelasan sepuh dibawah ini
Quote:Original Posted By .ganesha.


Malam mbak emoticon-Smilie
Piem'an aja yuk emoticon-Malu


Hayuuk....emoticon-Malu (S)
Ajarin ilmu-nya yaa emoticon-Malu (S)

mana ane tau. ane juga belum pernah tapa
Quote:Original Posted By lusena


Hayuuk....emoticon-Malu (S)
Ajarin ilmu-nya yaa emoticon-Malu (S)



akuh juga mau dunks diajarin emoticon-Malu (S)
Gan...
Coba ente banyak2 baca..
Riwayat2 datangnya petunjuk samawi..

Nabi Musa berpuasa dan berdiam di gunung sinai selama 40 hari

Nabi Isa melakukan hal yg sama selama 40 hari

Nabi Muhamad dalam riwayat pernah melakukan hal yg tidak jauh berbeda di gua hira...

Gajah mada bersumpah palopo
~bersumpah untuk mengalami penderitaan sampai nusantara ditahklukan

Sidharta gautama mendapat pencerahan ketika bertapa di pohon bodhi (arab: tin)

tapa/topo
~Tetompo ing Palopo
#Menerima penderitaan
Ane sitirkan serat wedhotomo

...dst...
Panembahan senopati
Kepati amarsudi
Sudaning howo lan nepsu
Pinesu topo broto
...dst...

Panembahan senopati
Bersungguh sungguh mengusahakan
Berkurangnya hawa dan nafsu
Dikekang melalui topo broto


Topo itu ada macem2 nya

Topo broto: berdiam diri ditempat sepi, mengekang hawa nafsu


Topo ngrame : berada di tempat ramai, merasakan kesusahan orang banyak



Inti tapa untuk mengekang hawa nafsu

Tidak makan itu hanya bagaian dari tapa.
Quote:Original Posted By khiepoet


Untuk Kaji diri,
Siapa saya, dan saya siapa.. emoticon-rose

Rahayu


nah betul puh

tapa mangan
tapa melek
tapa mingkem
tapa kungkum
tapa mlaku
tapa kalong
dan bnyk tapa2 lainnya
Quote:Original Posted By S4m1ns
Ane sitirkan serat wedhotomo

...dst...
Panembahan senopati
Kepati amarsudi
Sudaning howo lan nepsu
Pinesu topo broto
...dst...

Panembahan senopati
Bersungguh sungguh mengusahakan
Berkurangnya hawa dan nafsu
Dikekang melalui topo broto


Topo itu ada macem2 nya

Topo broto: berdiam diri ditempat sepi, mengekang hawa nafsu


Topo ngrame : berada di tempat ramai, merasakan kesusahan orang banyak



Inti tapa untuk mengekang hawa nafsu

Tidak makan itu hanya bagaian dari tapa.


betul puh. tapa brata bnyk di ceritakan di pewayangan untuk mendapatkan pencerahan atau keadilan